selasar-loader

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat?

Last Updated Mar 7, 2018

Munculnya jerawat di wajah tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan, apalagi bagi kamu yang sangat peduli pada penampilan dan kesehatan wajahmu. Apalagi jerawat muncul tak kenal waktu dan kamu harus memastikan wajahmu bersih karena esok harus meeting dengan klien. Lalu Bagaimana cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat?

5 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Kamu kah yang telah googling semalaman ini untuk mencari cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat? Mungkin kamu panik sepulang kerja melihat cermin, lalu mendapati jerawat dengan asyik bertengger di pipi sebelah kanan kamu. Padahal besok adalah hari yang penting. Besok kamu harus presentasi di depan klien penting yang kebetulan adalan bos dari perusahaan besar yang proyeknya akan kamu handle.

3U_J3BDKpi2AL7t3OjjHk5IVwE_O4AJe.jpg

Tenang! Kamu tidak sendirian. Begitu banyak pria wanita, muda mudi, yang juga mengalami permasalahan yang sama dengan kamu. Muncul jerawat secara tiba-tiba di wajah mulusmu tentu sangat menyebalkan. Rasanya kamu ingin memiliki kekuatan untuk dapat menghilangkan jerawat ini dalam satu malam, mengingat besok adalah hari penting bagi perjalanan karier kamu dan menuntut kamu dalam keadaan terbaik, termasuk wajah yang selalu mulus.

Lalu bagaimana cara yang paling cepat dan efektif untuk mengatasi atau menghilangkan jerawat? Kamu harus mengikuti beberapa cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat di bawah ini. Beberapa menggunakan bahan alami, beberapa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitarmu. Pastikan kamu mencatatnya dengan seksama agar bisa kamu aplikasikan malam ini juga sehingga dapat mengurangi peradangan yang terjadi di kulit kamu karena munculnya jerawat.

1. Pasta gigi

SPNX8guO8ugGLN8_X6csBVEI6rX7KoEg.png

Banyak orang yang tidak percaya bahwa pasta gigi yang kamu gunakan untuk membersihkan gigi itu memiliki kandungan antibakteri yang bisa menjadi alternatif menghilangkan jerawat dengan cepat. Direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi RS Mt. Sinai New York, Zeichner, M.D mengatakan bahwa pasta gigi mengandung triclosan, yakni bahan antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun satu hal yang harus menjadi catatan, triclosan adalah bahan yang kontroversial karena menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika, triclosan dapat menyebabkan gangguan hormon. Meski begitu, pasta gigi dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dalam kondisi darurat karena terdapat baking soda dan alkohol di dalamnya. Pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung pemutih, pencuci mulut (mouthwash), dan pewarna. Gunakan pasta gigi secukupnya, tempelkan pada jerawat di wajahmu, diamkan selama semalaman, dan bilas dengan air hangat.

2. Obat tetes mata

OePcy5OCHGQFq-uzzAYlO_EEPDeq3g2H.jpeg

Tidak, kamu tidak salah baca. Obat tetes mata ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat mengurangi kemerahan pada jerawat dengan cepat. Bagaimana caranya? Adalah dengan ambil kapas lalu basahi dengan obat tetes mata. Setelah itu letakkan kapas tersebut ke dalam freezer. Diamkan selama semalam. Keesokan paginya, letakkan kapas tersebut ke atas jerawat yang sedang nangkring di wajahmu selama beberapa menit. Kulit akan meresap cairan tetes mata itu dan akan melakukan penyempitan sementara di pembuluh darah. Taraaaa! Merah pada jerawat kamu akan berkurang seketika. Jika belum, kamu bisa lakukan cara ini lagi.

3. Bawang Putih

vOcMM9PvPfKYxEHCk9D6lTe7AWRWslDt.jpg

Yap, pergilah ke dapur dan ambil 1 siung bawang putih. Kupas kulitnya, lalu usapkan bawang putih (jangan terlalu keras) ke bagian wajah yang terdapat jerawatnya. Diamkan selama 15 menit lalu bilas wajah kamu dengan air hangat. Atau bisa juga dengan menumbuk bawang putih hingga halus, lalu tempelkan ke jerawat kamu, diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah kamu dengan air hangat. Bawang putih ini mampu menjadi cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat secara alami karena bawang putih mengandung antioksidan, antibakteri, dan sulfur. Berbagai zat tersebut mampu menghilangkan jerawat yang muncul di wajahmu dalam waktu semalam.

4. Lidah buaya

xDfu3lEm0fvQ6DVbefG36BQv_1oWpDKF.jpg

Lidah buaya dipercaya secara turun temurun mampu membantu menjaga kesehatan rambut. Ternyata lidah buaya juga merupakan bahan untuk mengobati jerawat dan bekas jerawat secara alami. Lidah buaya juga terkenal akan manfaatnya dalam menghilangkan bekas luka bakar, mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, dan melawan infeksi. Untuk itu, lidah buaya juga sangat berkhasiat dalam menghilangkan jerawat. Kamu bisa ambil lidah buaya, potong menjadi dua bagian. Ambil gelnya dengan sendok dan oleskan ke jerawat kamu. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

5. Jeruk nipis

4iT4DV7UQMcYW8ibcFah5d5FVwKIeKyR.png

Buah jeruk jenis ini memang sudah sangat terkenal mampu menjaga kesehatan kulit wajah Jeruk nipis mengandung citrid acid, zat yang berfungsi memindahkan sel-sel kulit mati penyebab jerawat. Itu kenapa jeruk nipis sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Jadi kamu tak perlu ragu lagi untuk membuat ramuan jeruk nipis ini. Ambil jeruk nipis, lalu peras. Campurkan air perasan jenuk nipis dengan air mawar secukupnya. Lalu oleskan ramuan tadi ke bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bilaslah menggunakan air hangat. Agar jerawat tidak muncul kembali, lakukan cara ini seminggu dua kali yah guys.

6.  Aspirin

c0iDib7-Ik8FJRlLCAEpZwzm2uIPqiXb.jpg

Ternyata Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala loh! Aspirin yang mengandung asam salisilat ini bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah. Untuk mengatasi peradangan pada jerawat dalam waktu singkat ini, kamu bisa ambil Aspirin di kotak obat kamu, lalu belah aspirin menjadi separuh. Tambahkan air. Kemudian oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester untuk melindunginya. Biarkan selama 30 menit. Lalu bilas wajahmu dengan air hangat.

Mudah bukan berbagai cara mengatasi jerawat di atas? Agar jerawat ini tidak tumbuh subur karena betah nangkring di wajah kamu atau agar hal mengejutkan ini tidak terjadi di kemudian hari, kamu harus tahu dengan pasti apa penyebab mengapa jerawat itu dengan asyik bertengger di wajah kamu. Apalagi kalau jerawat itu menambah kesal kamu karena ternyata disertai dengan peradangan. Sebagai orang yang selalu beraktivitas di luar, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Jerawat hadir tidak tiba-tiba. Ia adalah akumulasi dari berbagai perilakumu juga loh. Jangan-jangan karena sebab di...(more)

Answered Mar 7, 2018
Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Pernah bangun pagi dan tiba-tiba sudah ada jerawat di wajahmu? Kamu mungkin jadi stres gara-gara besok kamu punya acara penting dan kamu tidak ingin jerawatmu mengganggu penampilan. Apalagi, membayangkan datang ke acara penting itu dengan jerawat yang membengkak di wajahmu. Aduh, nggak banget deh! Tapi santai saja, tidak perlu buru-buru stres karena sebenarnya ada cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat.

Jerawat berawal dari masalah kulit yang terkait dengan produksi kelenjar minyak. Ia terbentuk saat kelenjar minyak dalam folikel kulit terlalu aktif dan memproduksi minyak berlebih. Minyak inilah yang kemudian menyumbat folikel bersama sel kulit mati sehingga timbul benjolan dan terjadi peradangan yang selanjutnya kita kenal dengan nama acne atau jerawat.

Sebenarnya, jerawat tidak hanya muncul di wajah saja. Jerawat biasa tumbuh juga pada bagian punggung dan dada. Tapi, sebagian besar jerawat muncul memang muncul di bagian wajah.

Tahukah kamu apa yang membuat jerawat bisa tiba-tiba muncul di wajahmu? Jerawat biasanya muncul karena beberapa faktor, seperti perubahan hormon, masa pubertas, iritasi akibat benda yang dikenakan, kecanduan merokok, stres, efek samping penggunaan kosmetik atau obat-obatan, dan keturunan.

Untuk menghilangkan jerawat secara cepat, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya tanpa efek samping. Cek caranya berikut ini.

Lidah buaya

gCReghqzvQcvFawd9LggVNQBxrfGbrPo.jpg

Lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan. Ia juga memiliki efek menyegarkan dan bisa membantu mengurangi gatal pada wajah. Sebuah studi yang dilakukan Mazandaran University of Medical Sciences, Iran, 2014 lalu menyebutkan bahwa penggunaan aloe gel dapat membantu penyembuhan jerawat lebih cepat dibanding menggunakan tretinoin saja.

Kalau kamu mau berusaha menghilangkan jerawat dengan lidah buaya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong daun lidah buaya segar dan bersihkan bagian berduri di samping. Lalu, kupas bagian kulit daun dan ambil bagian gel di tengahnya. Setelah itu, oleskan gel pada wajah, diamkan selama 3 sampai 5 menit. Dan terakhir, jangan lupa bilas dengan air bersih. Sebagai catatan, kamu perlu rutin melakukan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Bawang putih

NFqfUFC27maKJ25mvDlygkY9ngTEz1I6.jpg

Kalau kamu mau pakai alternatif ini, segeralah ambil satu siung bawang putih, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan bawang putih ke wajah; cukup dioleskan tipis-tipis saja, ya! Selanjutnya, diamkan selama 5 hingga 10 menit. Jika kulit terasa panas, segera bilas dengan air sampai bersih.

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa menggabungkan bawang putih dan tomat untuk menghilangkan jerawatmu. Caranya, ambil ¼ bagian tomat segar dan haluskan. Campur dengan 1 siung bawang putih yang juga sudah dihaluskan. Kemudian, aduk rata sampai membentuk pasta masker. Oleskan pada jerawat di wajah dan biarkan meresap sampai 10 menit. Terakhir, tentu saja, bilas dengan air hingga bersih.

Jeruk nipis

RMmNpx6LtOqoeYm8jRhAKpUa0pNNBSP4.jpg

Untuk menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis, selain dengan membuat air perasan jeruk nipis seperti yang dijelaskan dalam artikel di atas, kamu juga bisa menggunakan potongan atau irisan jeruk nipis. Caranya, kamu hanya perlu bersihkan dan iris jeruk nipis tipis-tipis. Kemudian, tempelkan irisan jeruk nipis tadi pada bagian wajahmu yang terdapat jerawat.

Tunggu beberapa saat hingga air di irisan jeruk nipis berkurang dan meresap pada kulit wajah kamu. Jika sudah dirasa cukup, bilas wajah menggunakan air hingga bersih. Selain ditempelkan, kamu juga bisa menggosokkan irisan jeruk nipis tadi secara langsung pada area wajah yang berjerawat. Jangan digosok terlalu keras, ya! Kamu cukup menggosoknya dengan lembut.

Kunyit

SY8QS9vAGEyX6Xa5aJQUKHttM0QhLdCG.jpg

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan dalam resep masakan Indonesia. Hebatnya, ternyata kunyit juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Studi menunjukkan bahwa senyawa antibakteri kunyit dapat menekan jerawat hingga 50–96%. Kulit juga mengandung senyawa chemoprecentative yang membantu regenerasi kulit dan penyembuhan luka.

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat jerawat, kamu bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan lain seperti madu, lemon, dan susu. Kalau di rumahmu tidak ada kunyit dan kamu juga tidak punya waktu untuk melembutkan, kamu bisa menggunakan bubuk kunyit yang tersedia di pasaran seperti gambar di atas.

Caranya, campur 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok makan madu murni lalu aduk hingga mengental, oleskan pada wajah, dan biarkan 20 sampai 30 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat kuku.

Ketumbar

1Wv01Io7EOkKteMvv-FJUqQys3nPK1JF.jpg

Sama seperti kunyit, bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memberi rasa gurih dan khas pada masakan ini juga ternyata bisa menjadi salah satu menghilangkan jerawat secara cepat dan alami.

Ketumbar mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan wajah, di antaranya mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antiokasidan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Ketumbar juga diperkaya dengan vitamin A, beta karoten, dan asam folat.

Untuk menghilangkan jerawat dengan ketumbar, kamu hanya perlu menghaluskan satu sendok teh ketumbar lalu mencampurkannya dengan dua sendok makan madu, aduklah hingga rata. Selanjutnya, oleskan ketumbar yang sudah dihaluskan tadi ke wajah dan biarkan selama 20 menit. Jangan lupa bilas dengan air hangat kuku.

***

Nah, kalau  di rumahmu sedang tidak ada bahan-bahan di atas, kamu tidak perlu risau. Kamu juga bisa menghilangkan jerawat dengan cepat menggunakan dua bahan ini.

Es batu

m8wsDJeAy7dl7_OFEL6S8qamXjmv0CBC.jpg

Sebenarnya, cara tercepat menghilangkan jerawat yang memerah adalah dengan es. Gunakan kain untuk menampung beberapa es batu dan letakkan pada bagian wajah yang terinfeksi. Diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan kamu tidak menekan terlalu kencang karena hal itu dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

Pasta gigi

KN-1pdyHLGP5-a7UALs3or-G7aNwlL-c.jpg

Mungkin kamu heran kenapa pasta gigi bisa disebut sebagai salah satu obat penghilang jerawat. Sebenarnya, itu karena pasta gigi mengandung silica yang membantu mengeringkan jerawat. Tapi,...(more)

Answered Mar 22, 2018
Tutur Jiana
K3 FKM '14 | DAI BEM FKM UNAIR | Rumah Kepmimpinan Surabaya '8

Ada banyak cara sih untuk menghilangkan Jerawat di Wajah, mulai dari modern sampai tradisional. Saya rasa metode Modern tidak perlu dijelaskan karena memang sudah banyak media yang telah menjelaskannya, tentunya dengan tujuan untuk memperjualbelikan produknya.

Oleh Karena nya disini Saya akan memberikan jawaban solusi masalah ini dengan cara/metode tradisonal yang Saya ketahui dan sudah pernah Saya coba sebelumnya. Apakah metode itu? Metode tradisional yang ampuh untuk masalah jerawat ini adalah dengan "Masker alami dari Air Tajin".

Pasti lah banyak yang kurang mengetahui perihal Air tajin ini. Baik, Saya jelaskan secara sekilas, bahwa Air tajin itu adalah Air yang kita ambil ketika memasak/menanak Nasi. Air ini diambil ketika nasi yang kita nanak sudah mendekati matang, nah disinilah Air-air yang masih ada diambil dan disebut dengan Air Tajin.

Cara penggunaan air ini sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pertama-tama adalah siapkan dulu air tajin Anda (Ambil air nanak nasi pada saat hampir masak/matang nasinya)

2. Bersihkan wajah dengan Air hangat.

3. Oleskan secara merata pada semua wajah Anda

4. Diamkan hingga mengering, dan pertahankan kondisi tersebut hingga kurang lebih 30 menit (Lebih efektif jika digunakan sebelum tidur malam, dan baru dibasuh dengan air untuk membersihkan)

5. Jika sudah, dilahkan bersihkan wajah Anda. Dijamin wajah akan lebih terasa mulus, jerawat pun hilang tanpa bekas.

InsyaAllah seperti itu tips yang Saya berikan. Semoga bermanfaat..

NB : Jangan lupa baca Bismillah sebelum memulai nya. hehehe

Answered May 6, 2018
jati komputer
jatikom merupakan dunia edukasi dan pendidikan

Dapat dengan mudah dicari cara menghilangkan bekas jerawat

Answered Sep 12, 2018

Coba berkunjung di blog ini : cara menghilangkan jerawat

Answered Nov 6, 2018