selasar-loader

Bagaimana cara menguasai permainan bola basket dengan cepat?

Last Updated Mar 7, 2018

Permainan bola basket jadi tren yang tidak luntur di sekolah. Buktinya, selalu ada kompetisi bola basket setiap ada class meeting. Bagaimana cara menguasainya dengan cepat? Haruskah saya berlatih melemparkan bola seperti bounce pass dan chest pass dulu atau langsung memasukkan bola ke ring?

1 answer

Sort by Date | Votes
Selasar Informasi
Akun Selasar untuk Berbagi Informasi

Permainan bola basket adalah olahraga berkelompok yang terdiri dari dua tim berlawanan dengan anggota masing-masing 5 orang. Tujuan permainan bola basket adalah memperoleh poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Dalam permainan bola basket, ada tiga posisi yang bisa diisi oleh kelima pemain. Ketiga posisi itu adalah Forward yang bertugas mencetak poin dan memasukkan bola ke dalam ring lawan, Defense yang bertugas menghadang lawan, serta Playmaker yang memegang peran mengatur alur bola dan merancang strategi permainan.

Jika kamu ingin menguasai permainan bola basket dengan cepat, kuasai terlebih dahulu teknik dasarnya.

Teknik dasar permainan bola basket

Dalam permainan bola basket, ada beberapa teknik dasar yang wajib dikuasai, yaitu dribbling, passing, shooting, pivot, dan rebound. Namun, yang paling penting untuk dikuasai adalah dribbling, passing, dan shooting. Dengan menguasai ketiganya, kamu secara tidak langsung akan mampu menguasai dua teknik lainnya.

Dribbling

Dribbling dalam permainan bola basket adalah teknik menggiring bola menggunakan tangan. Ini adalah teknik paling dasar yang perlu segera dikuasai. Inti dari dribbling adalah kontrol terhadap bola, bertujuan untuk membawa bola menghindari lawan serta mengumpannya pada rekan satu tim.

Penguasaan teknik dribbling yang baik akan memudahkanmu menguasai teknik-teknik lainnya. Nah, penguasaan teknik dribbling dalam permainan bola basket berfokus pada pergelangan tangan yang luwes dan jemari yang mengarahkan putaran bola.

Inti dari dribble dalam permainan bola basket ada di jari, pergelangan tangan, dan lengan. Lebarkan jari untuk memudahkan kontrol terhadap bagian atas bola. Mulai pantulkan bola ke lapangan. Begitu bola memantul ke atas, usahakan tahan dengan memfokuskan kekuatan tangan pada jari, bukan telapak tangan, pada ketinggian setara pinggang. Lakukan berulang-ulang.

Setelah mampu mengontrol bola sambil berdiri, cobalah untuk melakukan hal yang sama sambil berjalan. Lalu, coba dribble bola sambil berlari.

KrP4oRVk7LW1dd1QYYl9D9cq-YEvj2sx.gif

xJzWw5L09JNsg2kAA7Lqh7GnIHXFJM_s.gif

QYu2kcOce9kyuUXJq-WwJz0Kj342OJAx.gif

Usahakan juga agar bola selalu berputar ke arah kita, bukan ke depan karena akan menyebabkan bola sulit dikontrol, kecuali jika kamu sudah lihai dalam dribble dan ingin melakukannya sambil berlari.

Ada dua jenis dribble pada permainan bola basket.

Teknik dribble pertama dalam permainan bola basket adalah dribble tinggi. Teknik menggiring bola ini dilakukan secara cepat untuk memasuki wilayah pertahanan lawan. Dribble tinggi dilakukan dengan berlari atau berjalan cepat ketika pemain yang memegang bola berada jauh dari pemain lawan. Jadi, teknik yang baru saja kamu lakukan di atas adalah dribble tinggi.

ZZkX_i9lpfEFCli_dAzzHZOj91ClTqxm.gif

Lalu, teknik dribble kedua dalam permainan bola basket adalah dribble rendah. Dalam permainan basket, teknik dribble rendah diterapkan untuk mempertahankan bola dari serangan lawan. Teknik ini digunakan ketika pemain berhadapan langsung dengan lawan dan ingin mencari celah ketika lawan tengah lengah.

Caranya, pantulkan bola dengan ketinggian rendah (posisi tubuh membungkuk) sehingga memudahkan kontrol. Dengan teknik ini, kamu akan lebih mudah dan lincah dalam bermanuver sehingga lawan bisa terkecoh.

Passing

Kita berlanjut ke teknik mengumpan (passing). Ini adalah teknik dasar kedua. Dalam permainan bola basket, teknik mengumpan pada prinsipnya dilakukan dengan cara melemparkan bola kepada rekan satu tim. Lemparan dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan.

Terdapat enam jenis passing yang sering ditemukan dalam permainan bola basket.

Pertama, Overhead Pass. Teknik ini dilakukan dengan cara melempar bola dengan ketinggian di atas kepala. Overhead passing bisa digunakan ketika kamu sedang dikepung oleh lawan.

gdwzdITg-QGKM3EjePFCeqcotcwgd9Bj.gif

Kedua, Chest Pass. Ini adalah teknik mengumpan dengan cara melempar bola dengan ketinggian di depan dada menggunakan dua tangan. Chest pass bisa kamu gunakan jika ada teman yang berada di dekat kita.

-p3RLtRucASIjbur5uk9DsLZ_uFnxJ1t.gif

Agar tidak mudah terbaca lawan, pemain biasanya menggunakan gerakan tipuan ke arah lain sebelum melakukan chest pass. Kamu juga bisa mengoper teman di depanmu sambil menengok ke arah lain atau mengoper ke samping sambil tatapan mengarah ke depan.

Ketiga, Baseball Pass. Dalam permainan bola basket, baseball pass adalah teknik melempar yang mirip dengan gerakan melempar bola pada permainan baseball. Dengan teknik ini, kamu bisa mengejutkan lawan dengan lemparan tidak terduga.

Keempat, Bounce Pass. Teknik ini dilakukan dengan cara memantulkan bola ke bawah agar bisa diterima oleh rekan satu tim sekaligus menghindari hadangan lawan. Ini adalah kebalikan overhead pass.

4ZJ7zTUPrQWSAEO5nd3CPI0U1-kmIgqr.gif

Kelima, Hook Pass. Hook pass dilakukan dengan satu tangan dengan posisi melipat di atas bahu. Teknik ini digunakan untuk merusak pertahanan lawan.

Terakhir, Under Pass. Ini bukan istilah konstruksi saja lho, ya. Dalam permainan bola basket, under pass adalah teknik mengumpan yang dilakukan dari arah pinggang.

Shooting

Teknik shooting merupakan teknik dasar ketiga yang wajib dikuasai pemain demi mendapatkan poin, terutama jika kamu berposisi sebagai forward. Dalam permainan bola basket, shooting bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan memakai dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan.

Shooting dalam permainan bola basket dilakukan dengan tiga cara, yaitu dengan menggunakan teknik set shot, jump shot, hook shot, fade away shot, dan slam dunk. Lebih lanjut mengenai teknik ini akan dibahas di bagian bawah artikel ini.

Pivot

Pivot adalah gerakan penyelamatan bola dari jangkauan lawan dengan cara bergerak memutar, namun hanya menggunakan satu kaki. Kaki lainnya boleh berputar, namun tidak boleh melangkah karena ia berfungsi sebagai poros gerakan memutarmu tadi.

Biasanya, gerakan pivot diikuti dengan melakukan 3 gerakan lainnya yakni dribbling, passing dan shooting. (Inilah sebabnya kamu disarankan untuk benar-benar menguasai ketiga gerakan itu terlebih dahulu.)

zCJUREFB1TpAr6KpdMI5DcR9NkDskjh2.gif

Rebound

Rebound adalah gerakan mengambil bola yang sebelumnya gagal masuk ke dalam ring. Gerakan rebound dilakukan dengan cara menangkap atau mendapatkan hasil pantulan dari bola yang sebelumnya...(more)

Answered Mar 7, 2018