selasar-loader

Bagaimana cara mudah cek saldo Jamsostek?

Last Updated Mar 6, 2018

Kamu menyetor uang tiap bulannya melalui perusahaan untuk membayar iuran Jamsostek. Lalu bagaimana cara mudah cek saldo Jamsostek yang telah kita setor?

2 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Informasi
Akun Selasar untuk Berbagi Informasi

PT Jamsostek sudah berubah nama menjadi Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau biasa disebut BPJS Ketenagakerjaan. Perubahan nama ini telah diatur Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011. Lalu bagaimana dengan iuran Jaminan Hari Tua (JHT) yang selama ini kamu bayarkan ke Jamsostek? Bagaimana cara cek saldo Jamsostek?

Tenang, semua iuran beserta hasil iuran dari Jaminan Hari Tua (JHT) yang selama ini dibayarkan ke PT Jamsostek, saldo kamu akan tetap utuh dan tidak hilang. Hanya saja nama pengelolanya kini berubah, bukan lagi PT Jamsostek, tetapi BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah bertahun-tahun gaji kamu dipotong untuk iuran Jaminan Hari Tua Jamsostek yang kini menjadi BPJS Ketenagakerjaan, tentu ada rasa penasaran dalam diri kamu untuk mengetahui jumlah atau kisaran dana yang kelak bisa kamu nikmati. Cek saldo JHT ini paling tidak dilakukan minimal 6 bulan atau satu tahun sekali.

BlFm0lOSIheYWubrXAnMoE0xbeJYlsOx.jpeg

Tahukah kamu jika iuran Jamsostek atau kini menjadi BPJS Ketenagakerjaan yang kamu setorkan setiap bulan dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan di berbagai instrumen investasi? Menurut data yang ada, pada tahun 2016 lalu, hasil pengembangan iuran JHT BPJS Ketenagakerjaan di berbagai instrumen investasi mencapai angka 10%. Oleh karena itu, setiap peserta Jamsostek/ BPJS Ketenagakerjaan bisa ikut menikmati hasil pengembangan dana dari iuran yang disetorkan setiap bulannya.

Menarik bukan? Yuk mari kita cek saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki dengan cara berikut:

1. Cek Saldo Jamsostek/ BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS

Cara cek saldo Jamsostek/ BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS ini adalah yang paling praktis. Kamu tidak perlu menggunakan akses internet, bahkan menggunakan hp jadul sekalipun cara ini bisa kamu lakukan.

Untuk dapat menikmati layanan ini, kamu diwajibkan melakukan registrasi dengan mengetik DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#Nama Lengkap#Tanggal Lahir#Nomor Peserta BPJSTK lalu kirim ke 2757.

Setelah registrasi di atas berhasil, kamu dapat melakukan pengecekan saldo dengan cara mengetik SALDO (spasi) Nomor Peserta BPJSTK lalu kirim ke 2757.

Untuk saat ini, layanan cek saldo Jamsostek/ BPJS Ketenagakerjaan melalui sms hanya bisa dinikmati oleh peserta yang menggunakan operator Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Layanan ini sangat praktis dan dikenakan biaya Rp165/sms. Namun karena kepraktisannya, masyarakat justru sering menemui kegagalan saat melakukan layanan ini. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya adalah nomor handphone yang digunakan telah berubah, berbeda dengan nomor hp yang didaftarkan pada saat mendaftarkan kepesertaan Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.

2. Cek Saldo Jamsostek/ BPJS Ketenagakerjaan melalui BPJSTKU

BPJSTKU adalah aplikasi terbaru yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah peserta dalam mengecek saldo JHT. Dulunya aplikasi ini bernama BPJSTK mobile. Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan download aplikasi tersebut di sini.

Setelah download, lakukan registrasi dengan mengisi seluruh isian yang terdapat dalam formulir secara lengkap.

Setelah itu, kamuakan menerima PIN yang akan dikirimkan langsung ke email yang kamu daftarkan. Login menggunakan alamat email yang terdaftar dan pin yang dikirimkan ke email kamu. Setelah berhasil masuk ke halaman utama, akan ada pilihan layanan, pilih menu layanan tersebut, lalu pilih lihat kartu dan saldo JHT. Kamu akan diminta memasukkan pin yang sama seperti yang kamu masukkan ketika login. Berhasil, kamu dengan mudah cek saldo Jamsostek/ BPJSTK kamu.

Aplikasi yang berada di Playstore ini untuk memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan saldo Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini aplikasi yang bernama BPJSTKU tampil dengan interface yang memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Berikut adalah fitur yang bisa digunakan dalam aplikasi BPJSTKU ini:

A. Login dan Daftar Baru

Fitur yang pertama ialah menu daftar dan Login untuk yang sudah mendaftar, untuk masuk ke aplikasi ini memang harus dilakukan yang pendaftaran. Cara mendaftarnya cukup mudah hanya dengan alamat email saja Anda sudah bisa melakukan pendaftaran. Anda juga bisa Login menggunakan Google+ untuk masuk ke dalam aplikasi ini.

B. Saldo JHT

Fitur yang kedua adalah fitur yang memungkinkan peserta BPJS ketenagakerjaan mengetahui jumlah saldo JHT-nya. Fitur ini yang sangat diincar para pencari kerja karena mampu melakukan pengecekan saldo yang masuk dan cara mengklaim/ mencairkan uang mereka yang di BPJK Ketenagakerjaan atau Jamsostek ini. Fitur tambahan di bagian ini adalah

  • Cek Saldo JHT

Fitur ini memungkinkan peserta untuk melihat rincian dari mulai Jumlah Saldo, Nama Perusahaan Tempat anda Berkerja, Jumlah Karyawan, dan Gaji Pokok Perusahaan tersebut.

  • Rincian Saldo

Fitur ini memungkinkan Anda melihat rincian uang yang masuk di BPJS ketenagakerjaan atau Jamsostek yang Anda miliki. Rincian ini sangat lengkap, file rincian ini berbentuk berkas, tetapi yang sudah di-scan dan berformat file Pdf. Anda juga bisa mengirimkan File itu ke email Anda sebagai bukti bila Saldo yang masuk tidak sesuai.

  • Klaim Saldo JHT

Klaim Saldo JHT yang artinya mengambil seluruh saldo yang berada di BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek Anda bila Anda telah keluar dari tempat Anda bekerja. Dengan cara klaim melalui Aplikasi ini, Anda tidak perlu melakukan antrean di kantor BPJS Ketenagakerjaan, cukup melakukan pengajuan berkas secara online. Untuk mengajukannya, Anda diharuskan mengisi data dan berkas lengkap yang sudah di-scan minimal 1 Mb, tidak boleh lebih dari itu. Adapun berkas yang wajib dilampirkan adalah Kartu Tanda Penduduk, Plaklaring Perusahaan, Surat Rekomendasi, Kartu Tabungan, Kartu Keluarga, dan Kartu BPJS.

Bila ingin mencairkan uang yang berada di BPJS Ketenagakerjaan, Anda sudah harus dalam keadaan nonaktif bekerja di tempat sebelumnya minimal 1 bulan.

Simulasi

Ini adalah Fitur BPJSTKU yang memungkinkan Anda untuk menghitung perkiraan berapa saldo yang akan masuk ke akun BPJS yang Anda miliki.

Simulasi Saldo JHT

Cara menghitungnya pun sudah tertera di dalam aplikasi...(more)

Answered Mar 6, 2018
Zulfian Prasetyo
Penulis dan Editor

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang paling mudah bagi saya adalah dengan aplikasi pada telepon seluler atau handphone. Mengapa? Karena aktivitas manusia di dunia maya itu banyak sekali, dan semuanya dapat dilakukan melalui telepon genggam. Yang saya perhatikan, kalau kita ingin bisnis yang menitikberatkan pada layanan, ya bikin saja aplikasinya di Playstore maupun Appstore. BPJS sepertinya memahami hal ini dengan baik. Buktinya, mereka meluncurkan dua aplikasi, yaitu Mobile JKN untuk BPJS Kesehatan dan BPJSTKU.

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Kamu sebaiknya mendaftar terlebih dahulu di website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selanjutnya, masukkan email yang kamu daftarkan dan PIN akun BPJS kamu. Jika sudah mempunyai akun lama di Jamsostek, kamu dapat login menggunakan ID dan password dari akun lama tersebut.

s7whMbIxEx5x3v8xsrhWJaGC4SRiaBj3.png

Setelah mendaftar di website, kamu bisa mendownload aplikasi BPJSTKU di Playstore dan Appstore.

s4jezIEG0V7BvzHDlK87TfiyWudGzVCD.png

Setelah mendownload, login di aplikasi BPJSTKU dengan akun yang telah ada.

9BXsyuskc8ZOwKGpgBMMrXZFuZppCCuH.png

Setelah berhasil login, pilih menu JHT (Jaminan Hari Tua) yang berada di bagian bawah layar dan berbentuk celengan ayam jago. Di sana, akan ada tiga pilihan, yaitu Rincian Saldo JHT, Cek Saldo JHT, dan Klaim Saldo JHT. Pilihlah Cek Saldo JHT.

IFuZXpn797VTyMb0EIcMZvipMFm1SnfX.png

Informasi mengenai saldo JHT yang terkumpulkan akan muncul pada layar ponsel kamu.

v0BvrkHaoe6s51H_aNxYPRSlybDKs5nU.png

Buat saya, ini adalah cara cek saldo jamsostek paling mudah.

Bagaimana kalau jumlah memory ponsel kamu tidak memungkinkan buat install aplikasi baru? Kita pakai cara kedua, yaitu dengan menggunakan eSaldoJHT. Dengan menggunakan fasilitas ini, kita bisa mendapatkan informasi saldo, keterangan upah, dan total saldo JHT kita.Caranya cukup mudah. Proses awalnya sama, yaitu regitrasi akun di website BPJS Ketenagakerjaan sekaligus aktivasi akunnya melalui email kita. Setelah itu, saldo JHT berikut rinciannya akan dikirimkan melalui email dalam bentuk dokumen PDF yang terenkripsi.

Agar lebih jelas, kita bisa simak video di bawah ini.

 

Ada hal yang perlu saya beritahukan kepada teman-teman di Selasar. Saya kurang tahu juga apakah cara ini masih dimungkinkan atau tidak untuk sekarang ini. Pasalnya, sistematika maupun prosedur BPJS ini berubah-ubah terus, bikin bingung. Saya sempat cek dengan mencari eSaldo JHT di website resmi BPJS Ketenagakerjaan, tetapi tidak ada fitur yang demikian di antarmukanya.

JO9z4eeoTaXdsBBpRSYAVXSNWgM4baVv.png

Dari bagian Layanan Peserta, kita akan diarahkan untuk mengklik bagian Tenaga Kerja untuk cek saldo, e-Klaim JHT, dan cetak Kartu. Karena saya mau cek saldo JHT, ya saya klik bagian itu, tombol hijau bertulisan Masuk.

Sayangnya, saya kemudian diarahkan ke laman Google Play yang di dalamnya ada aplikasi BPJSTKU.

Jadi, sepertinya ini memang satu-satunya cara, atau lebih tepatnya cara paling mudah, untuk mengecek saldo JHT. Tidak perlu jalan ke luar rumah, bisa dilakukan dari tempat tidur sekalipun. Hehehe.

Answered Mar 21, 2018