selasar-loader

Bagaimana cara membuat cerita cinta romantis?

Last Updated Mar 5, 2018

Saya ingin menjadi penulis, namun sulit sekali menulis cerita cinta yang romantis. Bagaimana caranya? Mohon bantuan para suhu penulis di Selasar. Terima kasih sebelumnya.

2 answers

Sort by Date | Votes
Selasar Tips
Akun Selasar untuk berbagi tips menarik

Cerita cinta romantis adalah tema tulisan yang paling populer di dunia. Ada begitu banyak kisah cinta yang selalu mampu menggugah emosi pembacanya. Beberapa di antaranya bahkan tak lekang oleh waktu, seperti kisah cinta Sam Pek Eng Tay dan Romeo & Juliet.

Menjadi penulis cerita cinta romantis memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangannya adalah persaingan yang ketat dengan banyak sekali karya bertema serupa. Kelebihannya adalah pasar yang sudah ada, sehingga cerita cinta romantis tidak akan kekurangan peminat. Artinya, selalu ada orang dari berbagai jenjang usia yang menggemari genre satu ini.

Lalu, bagaimana cara membuat cerita cinta romantis? Begini caranya.

1. Permainan kata-kata

Cerita cinta romantis biasanya memiliki keunggulan dalam permainan kata-kata. Tentu kata-kata yang dimaksud ialah yang selalu mampu menghadirkan nuansa manis dalam pikiran Anda.

rH6mbxAW1sFxo77bcI3VEr4sGhIwyv6H.jpg

Kelihaian bermain kata-kata tentu tidak diraih dalam semalam, kecuali bila seseorang mempunyai kecerdasan linguistik yang tinggi. Kabar baiknya, Anda bisa melatih kemampuan tersebut. Belajarlah menulis puisi cinta. Baca lagi cerpen cinta romantis yang dulu Anda temui di sebuah majalah. Cari dan catat diksi-diksi cinta yang romantis namun tidak murahan. Pelajari elemen-elemen yang membuat hati Anda tersentuh.
 
2. Bersahabat dengan hujan

Hujan punya semacam kekuatan untuk meresonansikan masa lalu. Ia seringkali mampu membuat Anda teringat pada kenangan-kenangan manis bersama si dia, baik yang masih erat dalam genggaman maupun yang kini telah menjadi mantan.

iWUiHfCp9d6sRBc-_Jp-5wDp7q2mSi5Z.jpg

Beberapa orang penyair menjadi sangat produktif ketika musim hujan tiba. Hujan seakan mampu mengantarkan ilham untuk menulis kalimat-kalimat puitis melalui berbagai sarana menulis, mulai dari pena, mesin tik, hingga komputer jinjing. Anda mungkin bisa meniru proses kreatif mereka.

3. Cari sudut pandang unik

Meskipun sama-sama cerita bertemakan cinta, ada sudut pandang yang dapat dijadikan pembeda antara satu cerita dengan cerita lainnya. Tugas Anda adalah mencari sudut pandang yang tergolong unik. Dengan demikian, cerita Anda akan tampak berbeda dengan cerita-cerita cinta nan romantis pada umumnya.

Namun demikian, hukum ini tidak selalu berlaku. Beberapa kisah cinta yang dianggap romantis bisa jadi memiliki pola yang sama. Artinya, sudut pandang yang ditawarkan tidak unik.

Coba ingat-ingat lagi kisah cinta Anda di sekolah dulu. Adakah pengalaman romantis yang unik dari sana? Kalaupun tidak unik, masa lalu seringkali membawa nuansa yang sangat kuat untuk dijadikan kisah cinta. Bila Anda tidak percaya, lihat saja kesuksesan kisah Dilan yang sukses dan diangkat ke layar lebar. Padahal, isinya “hanya” kisah cinta dua orang anak SMA, sesuatu yang hampir semua orang alami.

Tentu ada sejumlah keunikan yang diangkat cerita tersebut. Tugas Anda adalah mencari dan mempelajarinya.

4. Tulis kegundahan dengan jujur

Cara paling mudah dalam menulis ialah dengan menuliskan hal-hal yang selama ini menjadi kegundahan kita. Kegundahan melahirkan rasa yang lebih kuat. Inilah yang memperlancar proses kreatif seseorang.

Namun, kegundahan itu tidak ada artinya bila Anda tidak jujur dalam menulis.

NzZcQshc985UauEHO_FdeGQAw8CYcZdF.jpg

Jika memang Anda merasa rapuh, ungkapkan saja kerapuhan itu tanpa rasa malu. Toh nanti Anda bisa menyamarkannya dengan nama palsu. Yang jelas, kegundahan bisa menjadi bekal dalam menulis kisah cinta romantis.

5. Definisikan lagi makna romantis

Cinta adalah sesuatu yang absurd. Konsekuensinya, setiap orang punya makna romantisnya masing-masing. Menurut A, seorang pria yang menjemputnya dengan mobil mewah meskipun itu mobil sewaan merupakan sosok yang romantis. Menurut B, tindakan pria tersebut bisa jadi dianggap norak karena definisi romantis di kepala B adalah tindakan-tindakan kecil yang dilakukan dengan sederhana. Bukankah Milea menganggap tindakan Dilan yang memberinya TTS pada hari ulang tahunnya itu romantis?

Pada akhirnya, setiap orang memang memiliki definisinya masing-masing tentang makna romantis. Seperti apa romantis menurut Anda?

6. Menjadi pendengar yang baik

Tuhan menciptakan dua telinga dan satu mulut pada manusia. Tentu penciptaan ini bukan tanpa arti. Manusia mungkin diharapkan untuk lebih banyak mendengar alih-alih berbicara.

Kebanyakan pemimpin mungkin tampak jagoan layaknya koboi-koboi Amerika karena lebih banyak berbicara daripada mendengar. Padahal, tidak ada salahnya untuk menjadi pendengar yang baik. Dengan duduk di bangku taman tepat di bawah pohon yang rindang seraya mendengarkan keluhan teman Anda yang baru saja “jadian”, Anda bisa menghasilkan satu cerpen cinta romantis.

5IGuuAJlnyboshXdXV3om6KtKefc86Tc.jpg

7. Mulai dari akhir

Ini mungkin terdengar kontradiktif. Kebanyakan penulis baru tampak kesulitan dalam menyelesaikan tulisannya karena ia tidak menentukan akhir (ending) dari tulisannya terlebih dahulu. Padahal, menentukan akhir cerita dapat membantu mereka untuk lebih cepat menyelesaikan cerita sebelum energi kreatif mereka habis.

Cerpen cinta romantis maupun novel romantis biasanya memiliki akhir cerita yang bahagia (happily ever after). Alasannya, kebanyakan pembaca berharap bahwa kedua tokoh yang saling mencintai sudah seharusnya bersatu dan memadu kasih satu sama lain. Contoh untuk kasus ini adalah kisah cinta Cinderella.

Namun, tahukah Anda persamaan antara antara kisah Sam Pek Eng Tay dan kisah Romeo & Juliet?

Jika Anda jeli, keduanya justru berakhir tragis!

Dalam kisah cinta Sam Pek Eng Tay, diceritakan bahwa Sam Pek sakit hati hingga meninggal dunia akibat cintanya pupus di tangan orang tua Eng Tay. Eng Tay yang kemudian diharuskan menikahi perempuan lain pun terhalang oleh badai ketika melewati kuburan Sam Pek. Ia meminta orang-orang untuk menggalinya, lalu memutuskan untuk terjun ke dalam kuburan Sam Pek dan bergabung dengan jasad pria yang dicintainya.

Pun demikian halnya dengan kisah cinta Romeo dan Juliet; Romeo minum racun saat mengira Juliet telah meninggal. Juliet yang terbangun pun memutuskan untuk bunuh diri dengan pisau setelah mengetahui lelaki pujaannya mati karena minum racun.

Akhir yang tragis mampu membuktikan...(more)

Answered Mar 5, 2018
Andara Geofani
Suka membaca, Engineer, Hobi Makan

Cerita cinta romantis adalah tema tulisan paling disukai di seluruh dunia. Menurut data dari Romance Writers of America, genre ini mampu menghasilkan keuntungan hingga 1,08 miliar dolar per tahunnya. Tentu ini belum termasuk dengan novel-novel selfpublishing yang belum mampu di-track keuntungannya karena tidak melalui penerbit resmi.

Menulis cerita romantis sehingga mampu menyentuh perasaaan pembaca adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki penulis roman. Tidak hanya Romeo and Juliet, Sam Pek Eng Tay, Laila Majnun, juga berbagai romansa hadir memperkaya khazanah dunia fiksi roman di dunia. Hampir di setiap negara memiliki cerita cinta yang melegenda dan menjadi kisah turun temurun yang wajib dibaca oleh genarasi di sana.

m1Cy1_2rnoCzjlke4L7f7eiOHERAS-FL.jpg

Untuk menghasilkan karya dengan cerita cinta yang layak untuk terus dikenang, tentu tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian penulis. Menurut Jennifer Lawler, seorang penulis yang telah menulis 15 novel roman dalam berbagai subgenre dan juga mantan editor akuisisi untuk penerbit romansa, ia memberikan beberapa tips khusus kepada para penulis agar mampu menulis cerita romantis yang patut mendapat tempat di hati pembaca. Bagaimana caranya?

1. Baca kisah roman

7fmdyQXOmX9fEG8g72Kd_mVPViLGIlFT.jpg

Tentu sangat mengejutkan jika ada penulis yang ingin membuat genre ini, tetapi ia tidak pernah menjadikan dirinya sebagai pembaca kisah roman. Jika kamu sendiri sebagai penulis tidak tertarik untuk membaca genre roman, bagaimana bisa kamu berpikir kamu akan menulis roman? Tahukah kamu, membaca kisah roman ternyata akan membantu kamu untuk fokus pada subgenre roman apa yang akan kamu tulis. Kamu akan semakin kaya dan mengetahui seluk beluk genre ini karena kamu adalah pembaca yang selalu menbaca genre roman.

2. Ikuti rumusnya

v__NgM1OKJrFpfdy2mv2eoEdcyWlADRA.png

Rumus membuat cerita cinta ini tentu tidak seperti rumus matematika yang kamu pikirkan. Tapi kamu harus mengetahui, saat membaca genre ini, biasanya pembaca mengharapkan beberapa hal, seperti:

  • Seseorang yang dia cintai dan bagaimana dia mampu mendapatkan simpati dari orang yang dicintainya
  • Konflik yang masuk akal. Konflik ini harus mampu menjadi alasan mengapa dia dan orang yang dicintainya tidak bisa bersatu.
  • Bahagia selamanya. Ending seperti ini tidak harus diakhiri dengan menikahnya dia dengan orang yang dicintainya. Namun cerita yang mampu menjelaskan bagaimana sang tokoh mampu menerima segala perbedaan yang terjadi dan berkomitmen satu dengan yang lainnya.

Kira-kira itulah rumus atau kerangka besar yang harus ada pada cerita cinta yang sedang kamu tulis.

3. Fokus pada emosi

UFLBHqP_JcjCN2CPqCYQ2sSSErOZWzJN.jpg

Pada dasarnya pembaca membaca genre ini karena mereka ingin merasakan sesuatu. Roman yang baik memiliki hikmah di baliknya, meskipun terdapat banyak sisi gelap tokoh atau peristiwa yang tidak diinginkan yang ada di dalamnya. Dalam menulis cerita romantis, kamu harus mampu membangkitkan emosi pembaca, membuat emosi pembaca teraduk-aduk karena membaca kisah pengorbangan tokoh untuk orang yang dicintainya. Pastikan cerita cinta ini tidak berkisah mengenai cinta bertepuk sebelah tangan karena cerita cinta yang romantis adalah tentang kisah saling mencintai satu sama lain yang dapat ikut serta mengaduk-aduk emosi pembaca.

4. Jangan “gantung”

U8K3w1ofq2rZ4VFPv6y9wJCLq361qH1C.jpg

Meskipun cerita cinta lebih banyak berkisah mengenai perasaan, menghabiskan banyak waktu untuk berkutat isi kepala tokoh tentu adalah hal yang membosankan. Kamu harus terus menulis sampai mampu membawa cerita pada kesimpulan atau ending yang baik. Kamu bisa membawa cerita lebih hidup dengan memperlihatkan emosi yang dirasakan tokoh saat konflik terjadi.

5. Perhatikan alur!

nw7-ltSkb2KQkJHVP90NVFNw6sRytdE7.png

Jangan sampai kamu menulis roman dengan memberikan perspektif yang melompat lompat dari tokoh yang satu ke tokoh yang lain pada sebuah alur yang terjadi. Hal ini akan membingungkan pembaca dan pembaca akan kesulitan memahami yang terjadi. Kamu juga sebaiknya tidak terlalu lama mendeskripsikan perasaan tokoh hingga terlalu dalam. Ini sangat menyebalkan karena pembaca akan diajak untuk menyelami isi kepala tokoh terlalu lama tanpa tahu kapan akan mengetahui akhir dari konflik pada cerita cerita romantis yang kamu buat.

6. Perjelas kisah cinta yang kamu tulis

MspFFWQJR32okSWD4SHrq4wSf9Shq3rK.jpg

Di banyak kisah cerita romantis, banyak penulis yang menjadikan sejarah sebagai latar cerita mereka atau tepat-tempat bersejarah sebagai latar tempat yang mendasari berlangsungnya cerita. Hal itu membuat penulis sibuk menceritakan latar sebagai salah satu deskripsi penting dari unsur cerita. Tapi satu yang harus menjadi perhatian kamu, cerita romantis dari tokohmu lah yang utama yang harus kamu sampaikan kepada pembaca. Jangan sampai kamu menulis hal mengenai perjuangan hidup tokoh hingga 50 halaman dan lupa menyelipkan cerita cinta yang harusnya terjadi.

7. Ceritakan ketertarikan antartokoh

x4Xwrms5fYJ6eNBAtEaG5cPcKTcasXP1.jpg

Pembaca perlu diyakinkan bahwa tokoh yang kamu ciptakan memang menarik dan pantas dicintai. Ketertarikan fisik menjadi hal yang penting dibangun dalam menulis roman. Tentu tidak melulu mengenai hal-hal yang berbau seksual, tetapi hal yang mampu meningkatkan kesan pembaca dalam membaca tokoh yang saling mencintai.

Kira-kira itulah tips yang bisa kamu ikuti ketika kamu ingin membuat cerita cinta romantis yang akan disukai pembaca. Jangan lupa, pastikan kamu pernah jatuh cinta sebelum kamu menulis cerita cinta romantis untuk orang lain. Selamat menulis!

Answered Mar 19, 2018
Sponsored

Question Overview


5 Followers
406 Views
Last Asked 3 months ago

Related Questions


Apa cerita yang paling longlasting sepanjang sejarah?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan teman sekelas?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan teman sepermainan?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan teman sekolah?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan kekasih atau pasangan Anda?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan ayah Anda?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan ibu Anda?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan anak-anak Anda?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan guru Anda?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan kepala sekolah Anda?

Bagaimana cara membuat cerpen yang surealis?

Bagaimana solusi agar seseorang pandai merangkai kata ke dalam cerita?

Berapa honor menulis cerpen atau puisi di media massa di Indonesia?

Siapakah Goenawan Muhammad?

Apakah pengarang cerita khawatir ide yang sama telah ditulis orang lain?

Siapa pengarang fiksi ilmiah terbaik di Indonesia?

[Lomba Cipta Cerpen dan Puisi] Melawan Korupsi Melalui Tulisan? #MudaMelawanKorupsi

Bagaimana cara membuat cerpen anak?

Cerita anak seperti apa yang paling berkesan bagi Anda?

Adakah karya sastra yang memiliki tema tentang parfum?

Apakah yang dimaksud dengan penulisan kreatif?

Apa puisi Chairil Anwar yang paling Anda sukai?

Siapa sastrawan paling "nyastra" menurut Anda? Mengapa?

Mengapa pada masa sekarang sangat sedikit penulis Indonesia yang memiliki kualitas layaknya Pramoedya Ananta Toer?

Dari mana cara termudah memulai mencari ide untuk menulis novel?

Bagaimana cara paling efektif untuk mengembangkan alur dalam menulis novel?

Bagaimana proses kreatif saat pertama kali menulis novel?

Siapakah sastrawan Indonesia paling Anda sukai? Mengapa?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Bagaimana rasanya ditinggalkan oleh orang yang sangat dicintai?

Lagu apa yang membuat Anda teringat pada mantan kekasih?

Siapa nama mantan pacar pertama kamu? Bagaimana kabar dia saat ini?

Bagaimana cara mendekati/PDKT dengan wanita yang benar?

Siapakah cinta pertama Anda?

Gejala apakah yang biasanya dialami oleh orang yang sedang jatuh cinta?

Seperti apa patah hati (broken heart) terhebat yang pernah Anda alami?

Apakah menyukai pria mapan lantas membuat perempuan menjadi materialistis (matre)?