selasar-loader

Mengapa BPJS Ketenagakerjaan penting?

Last Updated Mar 2, 2018

BPJS Ketenagakerjaan adalah penyelenggara jaminan sosial para tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.  Lalu, apa pentingnya BPJS satu ini?

1 answer

Sort by Date | Votes
Selasar Informasi
Akun Selasar untuk Berbagi Informasi

BPJS Ketenagakerjaan menjadi penting karena beberapa alasan. Berikut ini adalah 5 alasan penting untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Risiko Kecelakaan yang Tinggi

Angka kecelakaan kerja di Indonesia terbilang cukup tinggi. Data tahunan menunjukkan bahwa jumlah korban kecelakaan kerja bisa mencapai 103.000 orang per tahunnya, dikutip dari Cermati. Dari 103 ribu orang yang mengalami kecelakaan kerja, sebanyak 2400 orang di antara mengalami kematian per tahun. Artinya, jika ada rata-rata delapan orang per hari yang meninggal akibat kecelakaan kerja. Jumlah ini tentu menjadi sebuah angka yang sangat besar dan patut menjadi bahan pertimbangan.

Sedihnya, diperkirakan sebagian dari korban kecelakaan adalah orang-orang yang belum memiliki BPJS Ketenagakerjaan atau belum menjadi peserta. Jika orang yang bersangkutan memiliki tanggungan (berupa keluarga), tentu tanggungan korban keselamatan kerja tersebut akan kesulitan dalam melanjutkan hidupnya bila tanpa jaminan sosial semacam BPJS Ketenagakerjaan.

Maka dari itu, selain mematuhi prosedur keselamatan (terutama bagi mereka yang bekerja di sektor konstruksi atau profesi kerja risiko tinggi lainnya), menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu menjadi suatu hal yang penting.

Perlindungan yang Ditawarkan

BPJS Ketenagakerjaan memang selama ini identik sebagai “asuransi” yang berkaitan dengan risiko kecelakaan kerja, mulai dari cacat fisik hingga kematian. Namun, cakupan pertanggungannya bukan hanya itu, melainkan lebih luas lagi.
Para peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengakses beberapa perlindungan sekaligus dalam satu produk asuransi saja. Ini tentu berbeda dengan jenis asuransi lain yang pada umumnya hanya akan memberikan satu cakupan perlindungan saja.

BPJS memberikan beberapa perlindungan, di antaranya adalah

  • kecelakaan kerja,
  • persalinan,
  • kehamilan,
  • cacat fisik,
  • pensiun, dan
  • kematian.

Menguntungkan

Tahukah Anda jika iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Anda setorkan setiap bulan sebenarnya dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan pada berbagai instrumen investasi?

Menurut data yang ada, pada tahun 2016 lalu, hasil pengembangan iuran BPJS Ketenagakerjaan di berbagai instrumen investasi mencapai angka 10%. Besar sekali, bukan?

Oleh karena itu, setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa ikut menikmati hasil pengembangan dana dari iuran yang disetorkan setiap bulan. Semakin muda Anda terdaftar sebagai peserta, semakin besar manfaat yang akan Anda dapatkan saat pensiun kelak.

Bisa Diikuti oleh Selain Karyawan Perusahaan

BPJS ketenagakerjaan juga dimungkinkan untuk bisa diikuti oleh mereka yang bukan berstatus sebagai seorang pekerja/karyawan dalam sebuah perusahaan. Saat ini, program BPJS juga bisa diikuti oleh para pengusaha, pebisnis, wiraswasta, dan berbagai profesi lainnya. Besaran iuran yang akan dibayarkan akan disesuaikan dengan upah minimum provinsi atau upah minimum kabupaten.

Cek Saldo Mudah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Ini adalah dua di antaranya.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS
Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS ini adalah cara yang paling praktis. Anda tidak perlu menggunakan akses internet. Dengan menggunakan hp jadul sekalipun cara ini bisa Anda lakukan.

Untuk dapat menikmati layanan ini, Anda diwajibkan untuk melakukan registrasi dengan mengetik DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#Nama Lengkap#Tanggal Lahir#Nomor Peserta BPJSTK lalu kirim ke 2757.

Setelah registrasi di atas berhasil, Anda dapat melakukan pengecekan saldo dengan cara mengetik SALDO (spasi) Nomor Peserta BPJSTK, lalu kirim ke 2757.

Untuk saat ini, layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS hanya bisa dinikmati oleh peserta yang menggunakan operator Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Layanan ini pada dasarnya sangat praktis, namun dikenakan biaya Rp165/SMS. Uniknya, karena kepraktisannya, masyarakat justru sering menemui kegagalan saat melakukan layanan ini. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya adalah nomor ponsel yang digunakan telah berubah, berbeda dengan nomor telepon seluler yang didaftarkan pada saat mendaftarkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dahulu.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui BPJSTKU
BPJSTKU adalah aplikasi terbaru yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah peserta dalam mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Dulunya, aplikasi ini bernama BPJSTK mobile. Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, download aplikasi tersebut di sini.

Setelah download, lakukan registrasi dengan mengisi seluruh isian yang terdapat dalam formulir secara lengkap.

Setelah itu, Anda akan menerima PIN yang akan dikirimkan langsung ke email yang Anda daftarkan. Login menggunakan alamat email yang terdaftar dan PIN yang dikirimkan ke email Anda.

Setelah berhasil masuk ke halaman utama, akan ada pilihan layanan, pilih menu layanan tersebut, lalu pilih lihat kartu dan saldo JHT. Anda akan diminta memasukkan pin yang sama seperti yang Anda masukkan ketika login. Selesai. Anda dapat dengan mudah cek saldo BPJSTK Anda.

 

Baca:
Bagaimana Cara Praktis Cek BPJS Ketenagakerjaan?

Answered Mar 2, 2018
Sponsored

Question Overview


2 Followers
271 Views
Last Asked 7 months ago

Related Questions


Wajibkah perusahaan memberi BPJS Ketenagakerjaan pada karyawannya?

Apa yang harus kita lakukan bila perusahaan tempat kita bekerja tidak memberi BPJS Ketenagakerjaan?

Apa manfaat yang didapat peserta BPJS Kesehatan jika tidak pernah klaim? Apakah uang iuran bisa ditarik kembali?

Apakah peserta BPJS yang sakit di luar negeri dapat dicakup layanan BPJS ?

Bagaimana cara mengukur pelayanan BPJS baik atau tidak?

Dengan adanya kewajiban menggunakan BPJS, apakah kita harus tetap memiliki asuransi lain (swasta)?

Apakah benar BPJS haram? Jika iya, mengapa?

Mengapa dan apa kendala utama pemerintah Indonesia tidak membuat BPJS Syariah?

Ke mana dana-dana pensiun dan BPJS diinvestasikan dan bagaimana return-nya?

Apa itu BPJS Online?

Bagaimana cara praktis cek BPJS Ketenagakerjaan?

Apa saja layanan pada BPJS Ketenagakerjaan Online?

Bagaimana cara mudah cek saldo Jamsostek?

Benarkah Jamsostek ketenagakerjaan sudah tidak ada?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Bagaimana cara memutuskan antara bekerja, berbisnis, dan melanjutkan S2?

Selain menjadi akademisi, karier apakah yang menuntut seseorang meraih pendidikan formal setinggi-tingginya?

Bagaimana cara Anda meniti karier dari bawah sampai ke puncak?

Bagaimana cara meniti karier sebagai seorang selebriti?

Apa yang membuat daya tawar seorang fresh graduate besar di mata perusahaan?

Mengapa seorang lulusan fakultas ekonomi/bisnis sangat menginginkan bekerja di Konsultan Asing/Perusahaan FMCG?

Pekerjaan apa yang paling Anda idamkan setelah kelulusan?

Berapa jumlah gaji yang pantas diterima oleh seorang fresh graduate perguruan tinggi?

Skill apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang pekerja profesional di 3 tahun masa kerjanya?