selasar-loader

Apa saja fakta BPJS Kesehatan yang wajib diketahui?

Last Updated Mar 2, 2018

BPJS Kesehatan tentu bukan hal yang asing di telinga kita. Namun, bisakah kamu memberitahukan fakta-fakta terkait badan usaha penyelenggara sistem jaminan kesehatan nasional ini? Yuk, jawab tantangan Selasar dengan sharing ilmu kamu di sini!

4 answers

Sort by Date | Votes
Zulfian Prasetyo
Penikmat sejarah

BPJS Kesehatan dalam Sejarah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Ini yang saya dapat dari Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pasal 1 ayat 1.

Pada pasal 6 ayat 1 UU No.24 tahun 2011, BPJS Kesehatan menyelenggarakan jaminan kesehatan. Berdasarkan landasan hukum ini, kita bisa artikan bahwa BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, baik dalam bentuk Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun Kartu BPJS Kesehatan. Sepengetahuan saya dari tulisan Mbak Benedikta Desideria, sistem ini berawal dari ide Prof. Dr. Gerrit Augustinus Siwabessy.

WFp5Qr7oJvSa7ZurvK0DC2P5ARXFtvZa.jpg

Prof. Siwabessy sebenarnya adalah Bapak Atom Indonesia. Kiprahnya dalam mengembangkan tenaga atom diawali dari kekhawatiran Presiden Soekarno pada Amerika Serikat (AS) yang sedang iseng-iseng bermain bom.

Pada 1952, AS berhasil meledakkan bom hidrogen pertamanya. Ini membuat Presiden waswas sehingga ia membuat Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) dan menunjuk Prof. Siwabessy sebagai penanggung jawabnya. Selain menerima Bintang Mahaputera III pada 1976, namanya juga diabadikan oleh negara pada sebuah reaktor nuklir terbesar di Asia Tenggara berkekuatan 30 MW yaitu Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy, berlokasi di Serpong, Tangerang, Jawa Barat.

Lho, kok orang nuklir dibawa-bawa ke ranah kesehatan? Apa hubungannya?

Nah, pada 1966, Prof.Siwabessy diangkat Presiden Soekarno menjadi Menteri Kesehatan. Tugas ini diembannya hingga 29 Maret 1978 semasa pemerintahan Presiden Soeharto. Selama masa jabatannya itu, selain merangkap sebagai Ketua Tim Dokter Pribadi Presiden, Prof.Siwabessy juga melakukan banyak sekali program kesehatan, seperti program Keluarga Berencana (KB), Puskesmas, Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA), juga penanggulangan penyakit menular seperti malaria, TBC, cacingan, kolera, tifus, disentri, sampai dengan upaya penanggulangan penyakit kanker.

Selain program-program tersebut, Prof.Siwabessy memiliki program semacam jaminan kesehatan nasional yang saat itu dikenal sebagai Asuransi Kesehatan Nasional (Askes), dijalankan oleh Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK). Seiring berjalannya waktu, Askes bertransformasi menjadi JKN-KIS yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan.

Siapa pesertanya kala itu? Para kakek dan bapak kita yang saat itu berprofesi sebagai PNS dan tentara, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.

Itu sih yang saya tahu. Ada yang mau menambahkan?

Answered Mar 2, 2018
Duljahari Wilakamar
Orang tua yang senang belajar apa saja

Peserta BPJS Kesehatan ini awalnya memang PNS dan TNI-Polri (dulu ABRI), melengkapi jawaban Mas Zulfian. Iurannya dipotong dari gaji sehingga ketika pensiun nanti mereka tinggal jadi penerima jaminan kesehatan semesta sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sayangnya, ini tidak lagi berlaku ketika Askes ganti nama jadi BPJS Kesehatan.

Yang saya tahu dari sini, target kepesertaan JKN kabarnya juga berbeda-beda setiap tahun. Bila pada zaman dulu target peserta adalah PNS dan TNI-Polri, pada 2014 targetnya adalah penerima bantuan iuran eks-ASKES, TNI/POLRI, eks-Jamsostek dan lain-lain. Lalu, pada 2015, target peserta BPJS Kesehatan adalah para pelaku usaha besar, usaha menengah, dan usaha kecil. Target kepesertaan JKN pada 2016 adalah pelaku usaha mikro.

Nah, sepertinya pada tahun 2017-2018, target peserta BPJS Kesehatan adalah anak muda alias millenials alias kids zaman now karena BPJS sudah meluncurkan aplikasi. Namanya kalau tidak salah BPJS Kesehatan Mobile, JKN Mobile, atau Mobile JKN ya? Pokoknya begitulah! Hehehe. Menarik juga menyimak langkah-langkah pemerintah dalam mempermudah proses pendaftaran layanan jaminan kesehatan nasional ini.

Saya sendiri sebenarnya masih berharap sistem jaminan kesehatan nasional yang baru ini memberikan pelayanan kesehatan seumur hidup sebagaimana Askes dulu sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan negara menjadi optimal. Tapi mungkin fokusnya sekarang adalah memaksimal jumlah peserta sehingga pemasukan semakin banyak dan nantinya pelayanan bisa lebih optimal. Mudah-mudahan. Demi Indonesia yang lebih sehat!

Answered Mar 2, 2018
Fani Widiaschatzi
Love to learn, learn to love

Peserta BPJS Kesehatan bisa berobat saat mudik.

Ini adalah fakta tentang BPJS yang saya tahu dari Kepala Grup Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan, Fachrurrazi. Melalui keterangan pers pada Kamis, 15 Juli 2017, ia mengimbau peserta BPJS Kesehatan untuk membawa kartunya saat mudik, karena bila terjadi sesuatu, mereka bisa berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Ini yang saya kutip dari sebuah situs berita. ”Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan ini berlaku sejak 19 Juni sampai 2 Juli 2017. Jangan lupa, ini hanya berlaku bagi peserta yang tidak telat bayar iuran (jadi mendingan jangan telat bayar deh, hehehe). Saya belum tahu apakah kebijakan yang sama akan diberlakukan kembali tahun ini. Mudah-mudahan deh, ya.

Untuk mengecek iuran peserta, peserta BPJS dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile (mungkin maksudnya Mobile JKN) pada Menu Cek Iuran, sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan. Saya melihat ada pertanyaan di Selasar tentang fitur yang sebaiknya ada pada BPJS Kesehatan mobile (Ini linknya: Apa fitur yang sebaiknya ada pada BPJS Kesehatan Mobile?). Seru juga, tuh!

Di samping itu, selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

Answered Mar 2, 2018
Ade Ratri
Konselor pendidikan

Fakta terbaru yang harus kamu ketahui adalah bahwa BPJS Kesehatan kini telah memiliki aplikasi online yang dinamakan dengan Mobile JKN yang dilengkapi dengan belasan fitur yang akan membantu peserta BPJS untuk memantau segala hal yang berhubungan dengan administrasi BPJS Kesehatan.

Pembuatan aplikasi tersebut berdasar pada adanya pengetahuan bahwa perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi semakin pesat, di antaranya penggunaan perangkat telepon pintar yang saat ini sudah dimiliki sebagian masyarakat, jumlah pengguna telepon pintar di Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 100 juta orang, serta tren teknologi saat ini mengarah ke penggunaan mobile application (Apps yang banyak digunakan seperti media sosial saja mencapai 92 juta pengguna atau sekitar 32% dari populasi).

Saat ini peserta atau calon peserta BPJS Kesehatan dapat men-download aplikasi ini melalui Google Play Store maupun Apple Store. Aplikasi Mobile JKN berjalan dengan baik bila menggunakan perangkat mobile dengan sistem  operasi Android 4.0 ke atas dan iOS 10 sangat dianjurkan. Dengan Aplikasi Mobile JKN, akses pelayanan BPJS Kesehatan kini ada dalam genggaman.

6i1tsoTF_iZLIcDpljZSOYie7qT6Qo0i.jpg

Adanya Mobile JKN menjadi salah satu cara bagi BPJS Kesehatan untuk melakukan peningkatan pelayanan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, terdapat peningkatan jumlah peserta BPJS yang men-download JKN Mobile menjadi target yang terus digenjot oleh BPJS Kesehatan. Sudah kah kamu men-mendownload BPJS online?

Menurut saya, adanya BPJS Kesehatan Mobile atau dikenal dengan Apps-nya Mobile JKN sangat membantu peserta BPJS dalam mengecek kepesertaan. Akses informasi akun ini benar-benar tanpa batas. BPJS memberikan semua fasilitas pengecekan informasi dari akun yang BPJS yang dimiliki dalam satu genggaman melalui berbagai fitur dalam satu aplikasi. Tidak hanya itu, adanya fitur skrining riwayat kesehatan juga mampu membantu masyarakat untuk mengenali kesehatan tubuhnya sendiri.

Bagi pihak BPJS, aplikasi Mobile JKN ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi ke dalam bentuk Aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta di mana saja kapan pun tanpa batasan waktu (self service).

Tentu saja terobosan ini membuat peserta BPJS menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan segala aktivitas administratif. Peserta menjadi tidak wajib mendatangi kantor cabang BPJS terdekat karena semua sudah digantikan dalam teknologi yang diringkas di aplikasi Mobile JKN. Peserta menjadi tidak dirugikan secara waktu, tenaga, juga uang karena semua bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

Answered Mar 23, 2018

Question Overview


5 Followers
715 Views
Last Asked 11 months ago

Related Questions


Wajibkah perusahaan memberi BPJS Ketenagakerjaan pada karyawannya?

Apa yang harus kita lakukan bila perusahaan tempat kita bekerja tidak memberi BPJS Ketenagakerjaan?

Apa manfaat yang didapat peserta BPJS Kesehatan jika tidak pernah klaim? Apakah uang iuran bisa ditarik kembali?

Apakah peserta BPJS yang sakit di luar negeri dapat dicakup layanan BPJS ?

Bagaimana cara mengukur pelayanan BPJS baik atau tidak?

Dengan adanya kewajiban menggunakan BPJS, apakah kita harus tetap memiliki asuransi lain (swasta)?

Apakah benar BPJS haram? Jika iya, mengapa?

Mengapa dan apa kendala utama pemerintah Indonesia tidak membuat BPJS Syariah?

Ke mana dana-dana pensiun dan BPJS diinvestasikan dan bagaimana return-nya?

Apa itu BPJS Online?

Apa perbedaan antara asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaaan swasta dengan BPJS?

Bagaimana cara mudah daftar BPJS online?

Apa saja alasan menggunakan BPJS Kesehatan online?

Apa cara termudah cek BPJS Kesehatan?

Apa fitur yang sebaiknya ada pada BPJS Kesehatan Mobile?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Apa sajakah pengaruh D-Day bagi Sekutu pada Perang Dunia II?

Bagaimana dampak D-Day bagi Jerman pada Perang Dunia II?

Apakah kesalahan fatal Hitler yang membuat Jerman kalah pada Perang Dunia II?

Mengapa Perang Dunia II terasa lebih populer daripada Perang Dunia I?

Pesawat paling canggih apa yang tercipta saat Perang Dunia II?

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

Mengapa tentara Rumania dan Italia gagal menahan serangan Soviet di Stalingrad?

Pesawat tempur apa yang paling ditakuti saat Perang Dunia II?

Pesawat bom apa yang paling berbahaya saat Perang Dunia II?

Pesawat buatan Amerika Serikat atau Jerman yang lebih canggih pada Perang Dunia II?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Kinerja ketua KPK siapa yang paling baik; T. Ruki, Antasari Azhar, Busyro Muqoddas, Abraham Samad, atau Agus Rahardjo?

Mengapa selama ini kaum pria lebih banyak tersangkut kasus korupsi dibandingkan perempuan?

Apakah hukuman yang paling memberikan efek jera untuk koruptor laki-laki?

Apakah hukuman yang paling memberikan efek jera untuk koruptor perempuan?

Apakah Anda setuju hukuman mati untuk para koruptor?

Mengapa sosok Presiden RI secara otomatis juga menjabat sebagai panglima militer tertinggi di negeri ini?

Apakah keluarnya surat perintah penyidikan juga berarti ada tersangka?

Mengapa Lampung terkenal sebagai provinsi yang tinggi tingkat kriminalitasnya?

Bagaimana negara seharusnya melindungi HAM atas saksi kasus korupsi?