selasar-loader

Apakah mendengarkan musik mengganggu konsentrasi berkendara?

Last Updated Mar 1, 2018

Mendengarkan radio dan musik dianggap melanggar Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 1 menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto. Benarkah demikian?

6 answers

Sort by Date | Votes
Winona S Sunukanto
Mahasiswi K3 FKM UI 2015. Aktivis Anti Pornografi bersama Komunitas POPCORN.

Sebenarnya ada berbagai macam pendapat dalam menanggapi hal ini. Musik berguna untuk mengisi kekosongan suasana yang mungkin agak *krik* ketika kita berkendara. Terkadang kita pun menjadi lebih bersemangat dan menikmati perjalanan kita ketika diiringi dengan musik. Namun pertanyaannya adalah, apakah mendengarkan musik mengganggu konsentrasi ketika berkendara? Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini sebenarnya. Pertama, kita ahrus tahu apakah sang pengemudi merupakan seseorang yang mudah sekali pecah konsentrasi nya ketika mendengarkan sebuah lagu? Jika ternyata pengemudi tidak merasakan adanya masalah ketika berkendara dan mendengarkan musik maka seharusnya pengemudi tidak akan terpecah konsentrasinya. Kedua adalah alasan dari sang pengemudi untuk mendengarkan musik. Apakah itu rutinitas? Apakah itu bentuk dari kesedihan hati sang pengemudi setelah menghadapi suatu hal yang cukup buruk dan mencoba mendengarkan musik untuk menenangkan namun malah membuat pengemudi semakin galau dan memecahkan konsentrasinya? Tergantung konteks tujuan dari sang pengemudi. Jika pengemudi kondisinya sedang tidak stabil maka lebih baik pengemudi tersebut mendengarkan musik saja, jangan sambil mengendarai kendaraannya. Ketiga adalah apa yang dikendarai oleh pengemudi tersebut? Apakah mobil? Atau motor? Atau bus besar yang berisi anak-anak sedang pergi bertamasya sambil bernyanyi lagu riang gembira? Khusus untuk pengendara motor, saya sarankan untuk tidak mengendarai motor sambil mendengarkan musik karena dikhawatirkan pengendara tidak terlalu memperhatikan keadaan dari sekitarnya baik dalam bentuk perubahan jalan ataupun bunyi peringatan kereta yang akan lewat dan hal lainnya.

Answered Mar 2, 2018
Najmi Ramadhani
Ketua BEM FEB UGM 2017, Student Ambassador di PT Astra International Tbk

Tergantung dari jenis musik yang didengarkan. Apabila musik berirama kencang maka pola mengemudi akan mengikuti pola nya yang kencang. Begitu pula saat irama musik lembut. Selain itu, kondisi jalan yang dilewati juga berpengaruh. Jalan yang sering dilewati akan lebih mudah secara otomatis diserap oleh otak karena telah menjadi kebiasaan dan lebih sedikit ancaman terganggunya konsentrasi.

Answered Mar 2, 2018
Okky Tria Kurniadi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM

Pertama adalah semua itu kembali pada individu dan kondisi masing. Bagaimana tingkat konsentrasi pengemudi hingga kondisi lalu lintas didaerah tersebut.

Namun, sebagai pemerintah tentu tidak akan bisa mempertimbangkan aspek" mikro seperti itu. Pendekatan secara general yg dilakukan pemerintah saat ini. Sehingga bisa mengakomodir kondisi secara mayoritas.

Sekecil apapun, yang namanya noise akan selalu menjadi noise. Terlepas dari seberapa impact yang ditimbulkan

Answered Mar 2, 2018

menurut , musik dapat memberikan efek pengemudi untuk menghayal, dan genre musik yang didengarkan , juga berpengaruh terhadap kecepatan manusia dalam berkendara, apabila musik yang didengarkan merupakan musik hip hop, rock and roll, dan beat, akan meningkatkan kecepatan, apabila alunan musik nya pop, atau jazz akan memberikan emosi yang tenang, apabila di tinjau menurut The British Royal Socrety For Prevention of Accidents (RoSPA, 2007) bahwa volume dari musik yang dimainkan yang harus diperhatikan, karenakarena volume yang tinggi dapat menurunkan tingkat kewaspadaan pengemudi sehigga dapat membahayakan saat mengemudi.

Answered Mar 2, 2018
Muhammad Rasyid R
Mahasiswa Teknik Kelautan ITS Surabaya-Rumah Kepemimpinan Surabaya

Saya termasuk orang yang mendengarkan musik ketika berkendara. Musik tidak jadi masalah ketika di dengarkan saat perjalanan. mengatur volume musik dan tidak mendengarkannya dengan intensitas yang begitu serius adalah solusi ketika berkendara yang mendengarkan musik.

Namun, tidak semua orang mampu menjaga konsentrasinya ketika mendengarkan musik sambil berkendara. Demi keamanan lebih baik mengenali kemampuan pribadi apakah mampu mendengar musik sambil berkendara, atau tidak mendengarkan musik sama sekali.

Answered Mar 2, 2018
AHMAD ZIKRI
Rumah KePEMINPINan R6 Medan

Iya, bagi saya mendengar musik mengganggu konsentrasi kenderaan. Karena kita tahu bahwa tidak ada satu orangpun dari pemain bola kaki yang bermain bola sambil bermain HP (mendengar musik). Jadi sama halnya dengan kita berkendaraan, kalau kita berkendaraan ya berkendaraan saja jangan main HP (mendengar musik).

Answered Mar 2, 2018