selasar-loader

Makanan apa yang identik dengan Imlek?

Last Updated Feb 9, 2018

3 answers

Sort by Date | Votes
Sutiono Gunadi
I am a Food-Travel-Hotel writer, also interests on technology, movies, HIV/AIDS

lo9KbmdFWbF6ckF10dXa5v2Fm6oIxdNx.jpg

Menurut kepercayaan Tionghoa, yang diutamakan pada malam menjelang Imlek adalah reuni keluarga, saat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul dan melakukan makan malam bersama. Jumlah menu makanan yang harus tersedia di meja makan berbeda-beda, ada yang menyatakan harus 7 macam, 8 macam, atau 9 macam.

Tujuh macam makanan yang minimal harus ada pada meja makan saat malam Imlek adalah pangsit dan lunpia yang melambangkan kejayaan, mie yang melambangkan panjang umur, ikan yang melambangkan kemakmuran, buah jeruk dengan warna kuning seperti emas yang melambangkan keberuntungan, kue keranjang yang melambangkan kehidupan yang selalu manis dan meningkat (biasanya disusun ke atas) dan ronde yang melambangkan keakraban di dalam keluarga.

Beberapa tahun terakhir ini, ada beberapa rumah makan yang menyediakan salad yang diolah dan dimakan bersama, sebutannya salad yu sheng, yang terdiri dari lobak, wortel, ikan salmon, minyak wijen, saus buah plum dan gula pasir. Yang terpenting adalah saat mengaduknya harus setinggi mungkin, agar memberikan keberuntungan,

Beberapa keluarga juga ada yang menambahkan manisan, lambang manisnya kehidupan di tahun yang baru ini.

Selamat menyambut Tahun Baru Imlek 2569. Gong Xi Fa Chai

 

 

Ilustrasi via youthmanual.com

Answered Feb 9, 2018

kue bulan

Answered May 6, 2018
suwardi lim
Mahasiswa hukum, Universitas Bina Nusantara.

 

LxrLYqBjF8MIEtpMrXVTPaFvCqCtQepW.jpg

gambar di ambil dr : http://batamnews.co.id/berita-19629-ikan-dingkis-si-pembawa-keberuntungan-imlek-.html

Saya adalah keturunan Tionghoa, pengalaman saya dari kecil ikan dingkis adalah makanan yang pasti ada di rumah-rumah orang tionghoa di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Biasanya ikan dingkis dimasak dengan cara dikukus ataupun di masak asam pedas. Masyarakat disana mengkonsumsi ikan dingkis ketika imlek dikarenakan ikan-ikan dingkis bertelur di bulan imlek, masyarakat percaya bahwa mengkonumsi ikan dingkis akan membawa keberuntungan. harga ikan dingkis bisa melonjak hingga 300rb/kg ketika di hari imlek dan bisa menurun hingga hanya 20rb/kg di hari biasa. Semoga informasi ini dapat membantu..

Answered Sep 20, 2018