selasar-loader

Bagaimana lapangan pekerjaan bagi seorang lulusan astronomi?

Last Updated Jan 21, 2018

Bisa kerja di mana saja?

1 answer

Sort by Date | Votes
Manoressy Tobias
Calon Peneliti, Pusat Sains Antariksa, LAPAN

Untuk konteks di Indonesia, tidak sedikit senior saya di LAPAN sekarang merupakan alumni astronomi ITB. Saya sendiri tidak memulai karir akademik dari astronomi, melainkan teknik fisika, sehingga saya belum tahu persis mengenai persebaran alumni astronomi di Indonesia.

Sebagian orang yang saya tahu/kenal melanjutkan studinya hingga S2 atau S3, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini juga lazim di luar negeri, dimana mayoritas lulusan astronomi berkarir di sektor akademik dan penelitian, baik di universitas, observatorium, maupun lembaga penelitian lain. Ada juga beberapa yang melanjutkan hingga tingkat PostDoc. Ada juga yang bekerja di museum, planetarium; ada yang sebagai guru, ada yang sebagai jurnalis sains.

Tidak sedikit juga yang "banting setir" ke industri. Pada umumnya, lulusan astronomi memiliki pengetahuan dan skill terkait instrumentasi,  programming, penginderaan jauh, analisis spektrum, serta hal-hal teknis lain terkait komputer dan perangkat lunak. Berbagai kemampuan ini tentunya dibutuhkan dalam berbagai sektor, seperti aerospace, semikonduktor, maupun sektor-sektor lain.

Astronomi juga mulai "dikawinkan" dengan data science, artifical intelligence, dan machine learning. Tidak sedikit astronom yang kemudian berpindah karir menjadi data scientist. Tentunya, transisi-transisi dari satu sektor ke sektor lain tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan kemauan untuk terus belajar dan meng-upgrade skill.

Answered Mar 2, 2018