selasar-loader

Apakah kemiskinan dapat berkurang secara signifikan apabila total biaya mahar politik pilkada serentak 2018 dialokasikan untuk mengentaskan kemiskinan?

Last Updated Jan 17, 2018

6 answers

Sort by Date | Votes
Anonymous

Jelas bisa 

Answered Jan 21, 2018
Muhammad Andika Widiansyah Putra
Agribisnis IPB 2014 | Pegiat FLP Bogor | Peserta Rumah Kepemimpinan Bogor

Menurut saya, ini tergantung bentuk pengalokasiannya. Kemiskinan tidak akan mampu diselesaikan begitu saja hanya dengan pengalokasian dana sekian triliun kepada masyarakat. Kemiskinan tidak dapat dientaskan hanya dengan pemberian subsidi, misalnya, atau hal-hal sejenis itu.

Saya rasa, andaikata pengalokasiannya tepat, kemiskinan bisa dientaskan. Caranya adalah melalui pengelolaan dana bersama oleh masyarakat desa atau pembukaan tempat-tempat usaha baru, pembangunan fasilitas publik yang mampu mendorong ekonomi, atau hal-hal lain sejenis itu.

Tapi, andaikata pengalokasiannya hanya dalam bentuk 'pembagi-bagian uang' kepada masyarakat miskin, saya rasa kemiskinan akan terus menjadi sahabat kita entah sampai kapan.

Answered Jan 25, 2018
Abid Famasya
Software engineer, lifelong learner

MD7RjEbg_2yyIyYr2nltuJJU3Fm_7NI3.jpg

Bisa ya, bisa tidak. Tetapi jika yang dimaksud adalah pemberian uang subsidi tunai, rasanya tidak. Kemiskinan adalah hal yang kompleks, tidak bisa menggeneralisir bahwa dengan subsidi secara tunai akan mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Banyak faktor penyebab kemiskinan seperti ketidakstabilan ekonomi, kurangnya pendidikan, bahkan faktor lingkungan.

Faktor-faktor tadi harus dilihat dan dianalisa akar penyebabnya. Di bidang pendidikan misalnya. Pengalokasian dana lebih untuk menaikkan kualitas pendidikan bisa jadi lebih memberi efek jangka panjang dibandingkan memberi uang tunai.

Jadi, menurut saya, kemiskinan dapat dientaskan melalui alokasi yang tepat, meskipun dampaknya tidak bisa dilihat dalam jangka waktu yang singkat.

Sumber gambar: https://surabayapost.id/wp-content/themes/sbypos/timthumb.php?src=https://surabayapost.id/wp-content/uploads/2018/01/images-40.jpeg&w=847&q=100

Answered Jan 25, 2018
Ainuz Zaim Hamami
Teknik Mesin dan Biosistem IPB 2015. Peserta Rumah Kepemimpinan Bogor

Jawabannya tentu tergantung, Karena dalam mengentas kemiskinan tak cukup hanya 1 variabel yang diselesaikan. Namun, jika semua berjalan cateris paribus dengan baik. biaya politik ini jika memang di alokasikan ke pengembangan Sumber daya, bisa 

Answered Feb 6, 2018
Rizky Aditya Darmawan
Peserta Rumah Kepemimpinan reg. Bogor

Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang atau satu keluarga tidak dapat memenuhi kebutuhan pokoknya. Penyebab kemiskinan secara garis besar dibagi dua yaitu struktural dan kultural, singkatnya kemiskinan struktural terjadi sebab keterbatasan akses yang dimiliki oleh masyarakat sehingga kebutuhan pokok tidak terpenuhi(disebabkan eksternal). Sedangkan kemiskinan kultural disebabkan dari individu masyarakat sendiri dimana terdapat sifat-sifat negatif yang menyebabkan masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhannya(faktor internal). Seringkali kemiskinan yang terjadi adalah kombinasi dari kedua tipikal kemiskinan diatas. Sehingga tidak hanya pemberian materil melainkan juga pengembangan Masyarakat guna meningkatkan kualitas SDM dan menjadikan masyarakat mandiri. Jadi jika dana mahar pilkada dialokasikan untuk pemberantasan kemiskinan maka sangat mungkin dapat mengurangi kemiskinan di Indonesia, namun belum cukup untuk memberantas kemiskinan

Answered Feb 6, 2018
Yusup Ridwansyah
Calon Peneliti, Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu data-data terkait kemiskinan di Indonesia saat ini? mengetahui tentang besaran dan persebaran kemiskinan serta penyebabnya. Masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, golongan, dan keyakinan tentunya memiliki korelasi dengan kondisi kemiskinan saat ini. Data lain yang perlu kita ketahui adalah data riil atau estimasi mahar politik saat ini. Meskipun tidak sedikit media dan tokoh politik yang "membocorkan" nilai mahar politik untuk mendaftarkan diri maju sebagai kepala daerah atau pemilihan lainnya, tetapi data tersebut belum kuat untuk dijadikan sebagai acuan yang tepat. Konflik kepentingan bisa saja "membumbui" mengenai dana mahar politik yang harus digelontarkan. Setelah kita mengetahui dua data diatas, kita dapat melakukan penghitungan untuk mengetahui dampak yang terjadi jika dana mahar politik dialihkan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Tetapi, kemiskinan di Indonesia memiliki beragam sebab yang salah satunya adalah "budaya miskin". Karakter masyarakat yang senang mendefinisikan dirinya adalah seorang yang miskin akan sangat sulit mengatasinya jika hanya mengandalkan alokasi dana mahar. Sehingga kesimpulannya adalah dana mahar politik tidak cukup untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia secara signifikan tetapi hanya mengurangi dalam satu waktu/momen saja. kemiskinan dapat berkurang secara signifikan jika dana tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan masyarakat miskin agar dapat berdaya.

Answered Feb 28, 2018

Question Overview


8 Followers
508 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Mengapa kemiskinan kronis banyak ditemukan di perkotaan?

Apa yang harus dipersiapkan ketika tahu akan jadi gelandangan?

Mengapa masih ada kelaparan di berbagai belahan dunia?

Apakah sanksi hukum terbaik yang menimbulkan efek jera bagi seorang miskin yang mencuri karena lapar? Mengapa?

Bagaimana rasanya menjadi orang miskin?

Kenapa banyak orang miskin di Indonesia?

Apakah suatu saat kemiskinan bisa benar-benar hilang?

Bagaimana cara untuk mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia?

Apa yang perlu dipersiapkan ketika akan menggelandang (homeless)?

Menurutmu poin manakah yang paling vital dalam 17 pilar Sustainable Development Goals?

Mengapa tingkat survival warga minoritas lebih tinggi/ulet di tengah kehidupan warga mayoritas?

Apakah membayar utang atau bersedekah yang lebih didahulukan?

(Masih) Mampukah mahasiswa turun ke masyarakat?

Aplikasi atau teknologi apa yang baik digunakan dalam mengatasi bencana alam (banjir, kebakaran, gempa bumi, dan tsunami) di Indonesia yang mengaktifkan masyarakat dan masih berbasis kearifan lokal?

Apakah hipnoterapis mempunyai kemampuan menyembuhkan?

Sebetulnya apa saja ideologi politik yang hari ini ada di Indonesia?

Mengapa orang Indonesia suka menggunakan aplikasi Path?

Mengapa lelucon terkait "jomblo", "jodoh", "galau", dan sejenisnya laku keras di Indonesia?

Mengapa banyak orang Indonesia yang sering ke puskesmas?