selasar-loader

Mengapa saya justru merasa lelah ketika bangun tidur?

Last Updated Jan 12, 2018

Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya?

5 answers

Sort by Date | Votes
Khorido Hidayat
Forum Indonesia Muda Angkatan 19

Tidur merupakan suatu kebutuhan dari manusia. Dalam sehari, manusia disarankan untuk mengistirahatkan badannya untuk waktu 4-6 jam . Tapi apa jadinya jika kita sudah tidur, justru tubuh kita merasa lelah?

Pertama, kita bisa mencoba untuk memikirkan bagaimana posisi kita saat tidur. Jika tidur dengan posisi yang kurang baik, maka itu akan membuat tubuh kita menjadi lebih lemas, bukan lebih bugar. Di antara posisi tidur yang buruk antara lain adalah tidur dengan tengkurap, posisi kurang nyaman, dan beberapa kondisi lainnya yang menyebabkan aliran-aliran darah tertentu tidak bisa mengalir dengan baik. Maka dari itu, posisi tidur merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang kualitas tidur.

Answered Feb 1, 2018
Nararya Ahmad Dharmika
Industrial Engineer UGM |Rumah Kepemimpinan Yogyakarta| Indonesian Young Leaders

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya perlu tau apakah anda sudah tidur secara normal?
Normal disini berarti anda tidur dalam durasi yang wajar sekitar 7-8 jam dan dalam posisi yang benar (Tidak di alas yang membuat tidak nyaman)

Saya asumsikan anda sudah tidur secara normal. namun masih memiliki perasaan "lelah" ketika anda bangun. Maka, mungkin anda saat ini sedang mengalami Kekurangan Motivasi dalam menjalani hidup sehingga anda tidak menantikan apapun ketika anda bangun, yang justru menjadi trigger kelelahan anda. Saya rasa anda mungkin terlalu mengurung diri di rumah. Cara tercepat bagi saya untuk menghilangkan kelelahan itu adalah melakukan aktivitas fisik. Cobalah keluar rumah untuk sekedar melihat pemandangan atau membeli sebuah botol air. Kalau anda merasa sanggung, lakukan jogging yang selalu anda tinggalkan, dan nikmati keringat yang keluar dari jerih payah usaha anda. Setelah itu, perlahan coba temukan kembali motivasi hidup anda.


Yang pasti, kelelahan anda bukanlah tanpa sebab, justru menjadi pertanda. Dan tugas anda adalah menangkap arti pertanda itu.
Semoga membantu!

Nararya Ahmad

Answered Feb 1, 2018
Andini Ika
Mahasiswa Farmasi UI l Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional 1 Jakarta

Pada dasarnya tidur memang menjadi kebutuhan manusia untuk dapat mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Akan tetapi jika setelah tidur badan justru terasa lelah atau lemas, kemungkinan kualitas tidur kita dapat dikatakan kurang baik. Kualitas tidur yang kurang baik menurun sebenarnya dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya adalah tingkat stress yang tinggi, lingkungan di sekitar saat tidur yang kurang nyaman untuk tidur, rasa cemas, dan masalah psikologis lainnya. 

Selain karena kualitas tidur yang kurang baik, kondisi badan yang lemas setelah bangun tidur juga bisa disebabkan karena hal lain seperti anemia, dehidrasi, hipotensi, cuaca yang tidak baik, hipoglikemia (kondisi gula darah rendah), belum makan, terlalu banyak makan, terlalu lama tidur siang, kurang olahraga, efek samping obat tertentu, atau kondisi tubuh yang sedang tidak fit.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik sbenarnya ada beberapa usaha yang dapat dilakukan seperti istirahat yang cukup dan tidur 7-8 jam/hari, membatasi tidur siang 20-30 menit saja tiap harinya, memiliki jadwal olahraga teratur, minum air putih 2-3 liter/hari, makan makanan sehat dan bergizi, membiasakan pola hidup sehat. menghindari makan makanan yang berat saat akan tidur, menghindari konsumsi kafein saat malam hari, dan mengelola stress dengan baik

Apabila usaha diatas sudah dilakukan akan tetapi masih sering merasa lemas saat bangun tidur sebaiknya lakukan berkonsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kemungkinan penyebab badan lemas sehingga dapat bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Answered Feb 1, 2018
Awi Nanda Wijaksana
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Ada beberapa faktor penyebab seseorang merasa lelah saat bangun tidur, beberapa di antaranya adalah  hal berikut ini.

 

1. Perlengkapan Tidur Tidak Nyaman

Meskipun tidur lebih awal, belum tentu Anda akan merasa cukup tidur karena bisa tiba-tiba sering terbangun. Salah satu penyebabnya adalah perlengkapan tidur seperti bantal, kasur, selimut, guling dan sprei yang tidak nyaman. Untuk itu, selalu bersihkan perlengkapan tidur sebelum Anda tidur.

 

Pilih juga perlengkapan tidur yang membuat Anda nyaman, terutama bantal. Bantal yang baik akan menyangga leher dengan benar dan mencegah sakit punggung. Tidak ada salahnya untuk membeli alat tidur yang agak mahal dan berkualitas, karena peralatan tidur tersebut adalah investasi kesehatan Anda.

 

2. Sering Terbangun

Jika Anda sering terbangun malam hari, pasti keesokan harinya kepala akan terasa pusing dan badan merasa lelah. Untuk itu cari penyebab, apa yang membuat Anda sering terbangun. Entah itu berupa pencahayaan, suhu ruangan, suara atau hasrat ke toilet yang tinggi.

 

Cobalah untuk menyesuaikan cahaya dan suhu ruangan sebelum Anda tidur. Jika Anda sering ke toilet, jangan terlalu banyak minum dan buang air kecil sebelum tidur.

 

3. Berat Badan

  Seseorang yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas juga akan sering mengalami rasa lelah saat bangun tidur. Karena setiap saat tubuh mereka selalu bekerja keras, termasuk saat tidur.

 

Kerja jantung pun cukup keras dan tidak mampu memompa darah secara cepat ke seluruh tubuh. Hal itu membuat energi berkurang dan tubuh merasa lelah. Untuk itu, jika Anda memiliki berat badan kurang proporsional dan selalu merasa lelah termasuk ketika bangun tidur, segera lakukan diet dan berolahraga.

Answered Feb 1, 2018
Noviana Nur Sari
Fakultas Biologi UGM Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 3 Yogyakarta

1. Minum sebelum tidur

minum 1-2 gelas sebelum tidur baik untuk kesehatan karena saat tidur sel-sel tubuh masih tetap bekerja sehingga tubuh sering dehidrasi ketika tidur atau bangun tidur. Itulah yang membuat merasa lelah ketika terbangun karena bisa jadi ketika tidur sel-sel tubuh mengalami dehidrasi

2. Posisi yang benar

tidur dalam posisi yang benar dan rileks.

3. Matikan lampu

tidur dalam kondisi gelap dapat membantu memberikan efek rileks pad tubuh terutama sel-sel saraf mata sehingga memberikan ketenangan bagi kondisi tubuh agar lebih rileks sehingga tidak mengalami kelelahan.

Answered Mar 30, 2018