selasar-loader

Apa yang akan terjadi jika seandainya Bumi benar-benar datar?

Last Updated Dec 4, 2016

16 answers

Sort by Date | Votes
Naufan Nurrosyid P
Pernah menjadi tukang bebersih di Lab TheoComp ITB

m1A23yDuqfHUTX63WGkEE0PFZ7GFv9bu.jpg

 

Sebelum lebih jauh, tulisan ini bukan tentang bantahan ‘konspirasi flat earth’ secara utuh. Diskusi ini hanya akan membahas dengan latar fisika sederhana, tentang kekacauan apa yang terjadi ketika Bumi kita benar-benar datar.

Gravitasi

Pertama dan yang paling utama adalah gravitasi.
Jika bumi kita ini berbentuk piringan datar, sungguh gravitasi akan menghancurkan bentuk bumi dan memaksanya kembali menjadi bentuk menyerupai bola.

Mengapa demikian? Karena gravitasi bekerja dari pusat massa sebuah benda. Gravitasi yang bertanggung jawab atas kaki-kaki kita yang masih menempel di tanah dengan tegap di belahan bumi mana pun kita berada.

Jika bumi berbentuk datar, gravitasi yang bekerja menjadi sangat tidak masuk akal. Ingat, bahwa setiap benda mempunyai pusat massa, termasuk piringan. Dengan asumsi demikian, setelah ‘mengetahui’ tebal bumi, pusat massanya terletak pada ½ kali tebal bumi dari tengah-tengah kutub utara. 

Well, gravitasi akan membuat semua benda tertarik menuju pusat massa tersebut. Dengan demikian ketika kita berada di daerah dekat batas piringan bumi tersebut, kita akan merasakan daya tarik yang semakin berat. Itu berarti, berjalan menjauhi kutub utara akan seperti mendaki gunung.

Tulang-tulang manusia juga akan berbeda. Manusia di daerah selatan (menjauhi kutub utara) akan memiliki postur yang lebih pendek, tetapi memiliki tulang yang lebih kuat dibandingkan dengan manusia-manusia di daerah utara.

Selain itu, gravitasi juga merupakan gaya fundamental yang bekerja pada hampir seluruh fenomena di alam semesta ini. Karena setiap benda bermassa dan berinteraksi satu sama lain akan merasakan gaya tarik tersebut.

Jika secara terpaksa gravitasi dihilangkan dari konsep berpikir kita, apa yang meyebabkan benda jatuh ke bawah? Akan banyak sekali pertanyaan lanjutan jika kita mengeleminasi keberadaan gravitasi.

Orbit bumi, rasi bintang, teknologi satelit, pesawat terbang, arsitektur, engineering, semua jenis teknologi pada sistem terbuka harus memperhitungkan gaya ini.

Medan Magnet Bumi

Bersama dengan atmosfer, bumi kita juga menghasilkan medan magnet yang berfungsi sebagai pelindung dari berbagai paparan kosmik jahat di alam semesta.

Sama seperti konsep medan magnet yang terjadi pada magnet batangan, bumi juga menghasilkan garis khayal yang dapat mengerakkan partikel bermuatan. Bagaimana medan magnet dapat terjadi di bumi?

Hal tersebut karena adanya lelehan logam sangat panas yang tersimpan di perut bumi, yang kemudian berputar terhadap sudut tertentu melalui aktivitas rotasi bumi yang berbentuk hambir bulat.

Rotasi dari lelehan logam tersebut secara sempurna menghasilkan medan magnet. Jika Bumi adalah piringan datar, entah apa yang akan terjadi dengan kita karena absennya pelindung magnetik ini.

Gerhana

Jika Bumi datar, gerhana tidak dapat terjadi. Gerhana terjadi ketika Bulan membelakangi bumi terhadap matahari. Pada gerhana bulan, cahaya matahari yang harusnya sampai ke bulan terhalangi oleh bumi.

Jika bumi datar, bagaimana caranya bumi berada di antara matahari dan bulan? Konsep serupa juga berlaku pada gerhana matahari.

 

v1Nj0HcXYD60TQNueZ5g8TEilEAsaJp8.jpg 

Horizon dan konstelasi bintang yang berbeda

Sederhananya, jika bumi datar, percobaan pengamatan tentang kapal laut yang melegenda itu tidak akan terjadi. Bulatnya bumi bertanggung jawab terhadap berbagai fenomena horizon kita ketahui.

Munculnya benda secara berangsur-angsur dari pandangan kita adalah karena bumi bulat. Benda akan tiba tiba terlihat utuh jika memang bumi itu datar.

Selain itu pernahkah mencoba mengamati suatu benda menggunakan teleskop darat? Ketika kita melakukan observasi terhadap benda, semisal pohon, mungkin teleskop kita tidak akan menemukannya.

Namun ketika kita menuju daratan yang lebih tinggi dari posisi awal, teleskop kita dapat menangkapnya! Hal tersebut mungkin terjadi jika bumi kita tidak berbentuk flat.

 

CzdrXSX8vsVzCQ66cSAi1hHL_cgVWGpI.jpg

Xpm7HyJF6RM2LzbPLiRIvQ69X52FpMrV.jpg

Konstelasi bintang juga harus sama jika kita ingin bumi berbentuk datar. Faktanya, pengamatan konstelasi dari bumi dipengaruhi secara relatif terhadap posisi pengamat.

Gugus yang kita lihat di langit kita saat ini, akan berbeda dengan pengamatan yang dilakukan di kutub utara.

EdtyMTO8MzQ8swqSZgAP1uUcY_kGaMsD.jpg

 

Waktu

Jika bumi kita ternyata datar dan model matahari yang mengitari bumi di daerah katulistiwa benar, maka kita bisa menyaksikan matahari kapan pun kita mau. Dengan Phytagoras saja, dapat dijelaskan bagaimana rapuhnya model tersebut (model matahari yang hanya berjarak 5000 KM dan ukurannya yang hanya 50 KM).

Namun sekarang coba kita amati dari segi visualisasi sederhana. Perbedaan waktu siang dan malam ini terjadi karena bagian bumi yang memang membelakangi matahari, sehingga tidak mendapatkan cahaya matahari.

Jika bumi datar, bagaimana ada perbedaan siang dan malam? 

Distorsi arah juga sangat kuat pada model bumi datar. Jika bumi datar, matahari akan terbit dari timur dan tenggelam di barat laut.

Juga jejak prespektif matahari di seluruh belahan bumi akan sama, yaitu melengkung, bukannya meninggi kemudian turun secara lurus.

 

ApXUg6rgvBUdOugyJNDhz2oXaoSotSBS.jpg 

 

Gerak Newton

Gaya sentrifugal, momen Inersia, arah dan besar torsi, semuanya akan benar-benar berbeda antara benda bulat yang berotasi dan bergerak memutari suatu benda yang lebih besar gaya gravitasinya, dibandingkan dengan piringan.

 

yrVpcH4p4ZpSOYIMkEBcTHUebx1KRSGp.jpg

 

 

Jadi apa yang terjadi jika bumi ternyata datar?
Maka bumi akan memaksa dirinya untuk kembali ke bentuk bulat.

Mengapa? Fisika!

 

#A2A

 

Answered Jan 23, 2017

rWLHvXcgXyLYBNWqFGxvVPpJtC90Bjh7.jpg

Mengapa terjadi insiden penerbangan pesawat Bali - Los Angeles, penerbangan malah mendarat sementara di Alaska?

 

sumber gambar: blogspot.com

Coba jelaskan rute-rute penerbangan yang tak masuk AQAL dan tidak sesuai dengan PETA BUMI BULAT /GLOBE ?

Jelaskan Penulis. 

Answered May 17, 2017

xmETYNjmRrxQ9ebvZz3FzQSL0XKxjQ-8.jpg

Mesti tahu yang dijelaskan flat earth, bro. Baru Anda bisa membantah, jangan bantah jika tidak mengerti tentang hal tersebut.

 

sumber gambar: hipwee.com

Answered May 17, 2017

Gambar terkait

Haha lucu. Semua itu sudah terjawab Bung!! Kalo ga sibuk buka Youtube Flat Earth 101.

Gambar via i.ytimg.com

Answered May 18, 2017
Anonymous

Hasil gambar untuk bumi datar

Gravitasi itu sendiri tak dapat dijelaskan oleh Newton. Kalau Anda paham betul dengan gravitasi, mengapa awan melayang, dan balon helium mengapung? Kalau gravitasi ada, mengapa tak berlaku di air?

Yang menyebabkan benda-benda tak mengapung bukanlah gravitasi melainkan berat jenis. Berat jenis kita sebagai benda padat lebih berat dari berat jenis udara.

Gambar via hipwee.com

Answered May 18, 2017

Saya juga ragu dengan flat earth, tapi teori Anda ada bantahannya di Youtube Pak.

Gambar terkait

Gambar via static-sls.smf.aws.sanomacloud.net

Answered May 20, 2017

Permasalahannya.. Jika sudah membahas Flat Earth, maka Gravitasi itu hanya omong kosong.

So, kajiannya seperti memaksa.

Jika Bumi Datar, maka Gravitasi tak ada. Benda Jatuh bukan karena Gravitasi, tapi karena Berat Jenis Benda. 

Kenapa batu tenggelam, kayu melayang, gabus mengapung? Karena beda Berat Jenis terhadap Air. 

Kenapa batu lebih cepat jatuhnya, dan gabus lebih lambat jatuhnya, karena Berat Jenis terhadap udara yang berbeda.

So, ada yang bisa dijelaskan lebih dari artikel saudara?

Answered May 23, 2017

Hasil gambar untuk gravitasi

Jika gravitasi itu memang benar adanya, bagaimana Anda menjelaskan balon yang melayang di udara? Antigravitasikah? 

Gravitasi = HOAX

Yang menyebabkan benda jatuh dari atas ke bawah itu BERAT JENIS bukan gravitasi. 

Jika teori Anda hanya berdasarkan rumus-rumus dan gambar animasi, itu hanya sebatas asumsi. Buktikan dengan eksperimen-eksperimen nyata.

Gambar via melinweb.com

Answered May 26, 2017

Nonsense nih tulisannya.

Hasil gambar untuk nonsense

Gambar via smokles.files.wordpress.com

Answered May 27, 2017

Tulisan ini ngga keren blas.

Walaupun ditulis pakar, tapi ngga mutu.

Answered May 28, 2017

-N5TmmQ3V-cWPQBwf7szTm_mYyMnWZso.jpg

Tetap saja masih janggal. Kalau gravitasi itu ada, kenapa benda seperti balon udara bisa melayang ke udara? Berarti, bukan gaya gravitasi, melainkan masa jenis suatu benda. Lalu, tentang penglihatan. Perspektif saya, rasa itu dikarenakan keterbatasan jarak pandang manusia. Lalu, jika kita melihat pada setiap penerbangan, perhitungan geometri selalu menggunakan azimuth yang selalu berpacu pada titik utara. Kenapa demikian? Jadi, penjelasan tentang bumi bulat tidak cukup kuat. Teori Newton dan teori Einstein itu hanya teori. Belum jelas kebenarannya.

Answered May 28, 2017
Anonymous

MbkXxMfPOaVcs_JTSLdiO6mfDDJqglq1.jpg

Cuma mau menunjukkan bahwa dari sebelas jawaban, hampir semua ditulis oleh akun-akun yang hanya menjawab satu pertanyaan saja; pertanyaan ini. Dan yang saya pahami dari platform selasar ini bahwa setiap jawaban terbaru akan ditampilkan di kolom paling atas, a la linimasa. Maka perlu sesekali menulis jawaban baru dari akun baru untuk menjaga thread ini tetap disimak. Tidak perlu menjadi ahli telematika untuk menarik benang merah.

Artinya ini hanya pertanyaan troll, ditanyakan dan dijawab sendiri oleh satu orang dengan banyak akun. 

Quote: never argue with stupid people, they will drag you down to their level and then beat you with experience.

(Edited)

(sumber gambar: economist.com)

Answered May 29, 2017

rumus berat jenis = m. g/v

m=massa , g=grafitasi ,v=volume

koq ada gravitasi  dalam rumus nya??? 

Answered May 31, 2017
Anonymous

QxsYjvkoMwKNqhhfZMWsn50kdGtEKV-h.jpg

Tentang Gravitasi. Jika Anda jurusan MIPA pasti Anda akan dijelaskan tentang ini. Gravitasi itu tidak seperti yg dijelaskan di bangku SD,SMP, dan SMA. Semua yg kita pelajari keliru. Coba tonton di YouTube flatearth 101. Maka mungkin berbagai pertanyaan Anda bisa terjawab dengan gamblang tanpa kebingungan. Selamat mencari kebenaran. ^_^

 

sumber gambar: .420chan.org

Answered May 31, 2017

Hasil gambar untuk bumi datar

Tulisan gak berbobot.. masih menjelaskan.

Hal yang biasa, tidak ada yang istimewa.

The earth is flat.

Salam people power.

Gambar via hipwee.com

Answered Jun 3, 2017
Anonymous

Tidak apa-apa. Faktanya memang begitu. Silahkan buktikan sendiri, jangan cuma baca hoax dari NASA dan "ilmuan" bayaran Amerika. Pergi ke laut, lihat langitnya pasti datar tidak melengkung. Kebenaran pasti terungkap!

Answered Jun 3, 2017

Question Overview


and 6 more
24 Followers
5524 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Adakah kehidupan selain di bumi?

Mengapa permukaan bulan yang kita lihat di sini, selalu sama?

Mengapa pesawat tetap bisa terbang di atas bumi dan tidak terpengaruh dengan rotasi bumi?

Apakah mungkin jika pesawat terbang di suatu titik akan sampai lebih cepat di titik lain dengan menunggu bumi berotasi?

Mengapa nyamuk atau lalat tetap bisa terbang bebas meski ia di dalam mobil yang bergerak?

Berapa banyak sel yang dimiliki manusia sepanjang hidupnya?

Apa yang membuat sains di dunia Islam begitu maju di tahun 700-1100?

Mengapa jumlah jurnal ilmiah yang dilahirkan di Indonesia kalah jauh bila dibandingkan dengan negara lain?

Apa saja perusahaan besar di Indonesia yang memiliki banyak insinyur-insinyur dan ilmuwan-ilmuwan hebat Indonesia?

Apa saja prestasi ilmuan atau insinyur Indonesia yang diakui oleh dunia?

Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Apa alasan tidak ada informasi/berita hoax di Selasar?

Bagaimana cara membendung hoax?

Apakah mungkin sebuah berita hoax justru merupakan informasi rahasia dan A1?

Bagaimana cara polisi melacak akun Facebook palsu?

Apa pandangan Anda mengenai PortalPiyungan.com?

Mengapa pseudosience masih digemari masyarakat?

Apakah para lulusan sejarah dapat menangkal maraknya berita bersifat hoax?

Mengapa berita hoax sangat mudah menyebar?

Bagaimana cara menghilangkan/melawan berita hoax?