selasar-loader

Bagaimana cara berkompetisi dengan orang yang pintar dalam segala bidang?

Last Updated Dec 4, 2016

Karena saya sering merasa rendah diri.

2 answers

Sort by Date | Votes

-OFKTDHeWKd4hFlruebRETcQUwn7VNGo.png

Competition via Elegant Themes (AM).

Terkadang muncul rasa minder dan tidak percaya diri dengan kemampuan yang tidak sebanyak yang ia miliki. Namun jika mampu melihat segala sesuatunya dengan positif, berkompetisinya dengannya membuat saya lebih bertambah. Saya bisa mencuri energi positif darinya, bahkan mencuri kemampuannya agar saya bisa menjadi lebih baik. 

Answered Apr 14, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

jvzPWDMnTWzCOghCV04PAaio2yD2j4qO.jpg

Maaf, ya. Saya menyarankan, daripada berkompetisi dengan orang yang menguasai banyak hal (maaf, saya tidak percaya ada orang yang "pintar dalam segala bidang"), lebih baik mencari kekuatan diri sendiri dan fokus di situ. Jadikan kompetisi sebagai ajang untuk mengasah diri supaya diri sendiri bisa belajar banyak hal dari kompetisi yang dijalani. Karena inti dari kompetisi adalah sejauh mana pembelajaran kita pada kompetisi itu. Bukan seberapa hebat kita mengalahkan orang lain.

Kalau sasarannya hanya untuk mengalahkan orang lain. Setelah orang lain itu kalah, lalu apa? Apa yang diperoleh? Perasaan bangga? Untuk apa menyimpan perasaan bangga berlama-lama? Adakah mafaatnya? Kalau kompetisi kita pakai sebagai ajang belajar maka proses belajar akan bertahan lebih lama di dalam kehidupan kita dan akan jauh lebih bermanfaat. 

 

Satu lagi. Bahwa yang jauh lebih sulit adalah berkompetisi melawan diri sendiri. Kalau berkompetisi, cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut: 

  1. Untuk apa saya berkompetisi? (mengapa? apa pentingnya?)
  2. Apa manfaat yang saya dapatkan? (apakah akan lebih cakap dalam keterapilan tertentu? apakah bermanfaat bagi orang lain?)
  3. Setelah kompetisi ini, apakah saya lebih baik dari sebelumnya? (dalam bidang yang dikompetisikan)
Mudah-mudahan bermanfaat :)
 

 

Admin yth, saya mau ikut sayembara ini https://www.selasar.com/jurnal/35311/Sayembara-Selasar-Diperpanjang

Saya ingin hadiah Google Nexus, yah :)

 

Sumber gambar: kilatstorage.com (KAM)

Answered Apr 30, 2017