selasar-loader

Aspek apa saja yang harus dimiliki oleh aktivis dakwah?

Last Updated Jan 3, 2018

5 answers

Sort by Date | Votes
Muhammad Nurdiyansyah
Mahasiswa Ekonomi Syariah IPB | Rumah Kepemimpinan | Ketua BEM FEM IPB 2018

Jawaban ini merupakan lanjutan dari pernyataan 

Perkembangan dunia teknologi tidak bisa dipungkiri. Perkembangannya tentu harus disikapi dengan positif oleh pengelola zakat. Pelayanan yang efektif dan efisienlah yang diharapkan oleh muzaki. Selain itu pembangunan kapasitas Sumber Daya Amil (SDA) pun merupakan suatu hal penting yang perlu diperhatikan (Budianto, 2011). Dalam jangka pendek membangun kapasitas termasuk sulit dilakukan, memakan waktu, dan mahal biayanya. Akan tetapi langkah ini perlu dilakukan, agar visi dan misi yang telah dicanangkan bisa dicapai dengan hasil yang maksimal dan berkelanjutan. Serta hal yang terpenting adalah tercetaknya SDA yang profesional dan amanah.

Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) perlu melakukan peningkatan tranparansi lembaga kepada masyarakat., antara lain dengan mewajibkan OPZ untuk mempublikasikan kondisi lembaganya kepada masyakat luas melalui media massa, sosial media, website, maupun sarana teknologi lainnya. Transparansi ini penting untuk meningkatkan peran masyarakat untuk ikut mengawasi OPZ sebagai bagian tak terpisahkan dari sistem lembaga yang menyeluruh. Kebijakan pengawasan yang dilakukan oleh pihak otoritas pengawasan terhadap OPZ bertujuan untuk melindungi kepentingan muzaki agar dana zakat yang dibayarkan benar-benar tersalurkan sesuai amanah. Lalu, untuk menjaga keberlangsungan hidup OPZ sebagai lembaga perantara antara muzaki dan mustahik yang dipercaya oleh masyarakat.

Melalui pengkoordinasian dan pengawasan OPZ yang efektif, maka akan terwujud OPZ yang amanah dan profesional, terhindar dari mal-praktek dan mal-administrasi sehingga meningkatkan kepercayaan muzaki agar membayar zakat melalui OPZ. Masyakat akan semakin sadar bahwa untuk mencapai efektifitas pemanfaatan zakat, prasyarat utamanya adalah termobilisasi dan terkonsentrasinya dana zakat pada OPZ yang terkoordinir secara sistematis. Dengan konsentrasinya dana zakat secara optimal akan dimungkinkan pendayagunaan zakat yang lebih baik. Lalu, keberhasilan mobilisasi dana zakat berbasiskan teknologi maka akan semakin banyak mustahik yang terbantu. Selanjutnya, semakin amanah dan profesionalnya para OPZ, maka efektifitas penhimpunan dana yang dilakukan oleh semua OPZ akan mencapai titik optimalnya.

Sumber Daya Amil (SDA) merupakan pilar strategis yang akan mampu meningkatkan citra organisasi zakat, sehingga diperlukan sebuah upaya yang sistematis dan terintegrasi agar amil mampu memerankan posisi sebagai penggerak organisasi zakat secara optimal (Budianto, 2011). Penerapan manajemen modern mutlak diperlukan agar amil memiliki kompetensi yang dapat bersaing dengan SDM perusahaan profesional. Kesetaraan ini penting dan bahkan harus karena amil memiliki tanggung jawab yang lebih besar yaitu mengelola dana zakat yang merupakan salah satu rukun Islam.

Answered Jan 3, 2018
Muhammad Andika Widiansyah Putra
Agribisnis IPB 2014 | Pegiat FLP Bogor | Peserta Rumah Kepemimpinan Bogor

Sama seperti 'pekerjaan' lainnya, ada banyak kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang aktivis dakwah.

Pertama, tentu wawasan yang luas sangat diperlukan. Aktivis dakwah bukanlah orang yang hanya duduk dan berdzikir di masjid seperti orang yang tengah terjebak di dalam gua tanpa ada keinginan untuk keluar. Wawasan sangat penting untuk dimiliki guna mengikuti perkembangan terbaru dari apa yang terjadi di lingkungan sekitar, termasuk wawasan dalam ilmu-ilmu praktis yang bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak. Sebab pada hakikatnya aktivis dakwah bergerak untuk memberikan manfaat bagi banyak orang.

Kedua, tekad yang kuat dan tujuan yang lurus. Ujian yang dihadapi tidak akan mudah, bahkan terkadang sangat melelahkan. Kekuatan tekad diperlukan agar mampu untuk terus bertahan di tengah terpaan ujian. Selain itu, memiliki tujuan yang lurus akan sangat bermanfaat saat kelelahan menyapa.

Ketiga, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia. Poin ini menjadi penting karena para aktivis dakwah akan bersentuhan langsung dengan banyak orang di luar sana. Kemampuan komunikasi yang baik akan memudahkan para aktivis dakwah untuk menyampaikan pesan-pesan penting kepada orang lain. Kemampuan berinteraksi juga sangat diperlukan untuk membantu para aktivis dakwah agar diterima di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

Keempat, kemampuan adaptasi terhadap lingkungan yang baru serat pemahaman terhadap sifat, sikap, dan lingkungan sosial dari masyarakat.

Kelima, keinginan untuk terus belajar dan berkembang.

Dan lain sebagainya.

 

Pada intinya, seorang aktivis dakwah sudah seharusnya mampu menjadi sosok yang dapat dijadikan panutan oleh masyarakat. Sosok yang tidak hanya memiliki kapasitas di dalam ilmu-ilmu agama, akan tetapi juga menjadi sosok yang memiliki kapasitas di dalam ilmu-ilmu pasti maupun sosial-humaniora.

Answered Jan 24, 2018
Syifa Aziza
Mahasiswi Bisnis Islam FEB UI 2015.

Aspek yang harus dimiliki aktivis dakwah atau dai adalah aspek kepribadian muslim yang baik dan aspek kepribadian dai yang baik.

Menurut saya, aspek kepribadian muslim yang baik mengacu kepada 10 muwashofat atau karakteristik ideal seorang muslim, yaitu:

-aqidah yang lurus

-ibadah yang benar

-akhlak yang kokoh

-fisik yang kuat

-wawasan yang luas

-bersungguh-sungguh atas menjaga nafsunya

-teratur dalam segala urusannya

-pandai menjaga waktu

-mandiri

-bermanfaat bagi orang lain

 

kemudian aspek kepribadian dai di antaranya adalah:

-mengenal kondisi muslim saat ini, terutama di wilayah objek dakwahnya

-mengenal stakeholder yang ada di wilayah dakwahnya untuk menciptakan sinergi dan meminimalisasi konflik.

-menjadi teladan di manapun berada, menunjukkan keindahan Islam

-bersifat rabbani, yaitu mengajarkan dan sambil terus belajar

Answered Feb 2, 2018
Fiqhi Fauzi
Mahasiswa FMIPA USU 2014 | Rumah Kepemimpinan 8 | Sekjen Inkubator Sains USU

Yang harus dimiliki aktivis dakwah adalah kepribadian yang beriman, bertakwa serta berilmu. Selain itu, ada indikator yang dikatakan aktivis dakwah dengan mengacu pada 10 muwashofat kader, yaitu : 

-aqidah yang lurus

-ibadah yang benar

-akhlak yang kokoh

-fisik yang kuat

-wawasan yang luas

-bersungguh-sungguh atas menjaga nafsunya

-teratur dalam segala urusannya

-pandai menjaga waktu

-mandiri

-bermanfaat bagi orang lain

Answered Mar 1, 2018
Hafizhul Islam
Rumah Kepemimpinan | Materials Eng.

Pemahaman yang baik, keikhlasan semata-mata hanya berharap ridho Allah, senantiasa beraktivitas positif dan melakukan amal-amal nyata, bersungguh-sunggguh, rela berkorban, teguh, dan lainnyha

Answered Apr 5, 2018