selasar-loader

Jika olahraga penting, mengapa tidak banyak yang mau melakukannya?

Last Updated Jan 3, 2018

5 answers

Sort by Date | Votes
Rosyda Amalia
Sastra Indonesia UGM 2015 | Penulis buku "Belajar Keagungan Tuhan dari Alam"

1. Ribet.

Sebetulnya, yang membuat ribet adalah pikiran kita sendiri. Harus dengan pakaian olahraga lah, harus di lapangan lah, harus membawa minum lah, inilah, itulah. Padahal olahraga bisa dilakukan di mana saja, di rumah sekalipun. Olahraga ringan seperti push-up, sit-up, senam, mudah sekali dilakukan di dalam rumah.

2. Mahal.

Lagi-lagi, yang membuat mahal adalah pikiran kita sendiri. Harus ke gym-lah, harus menyewa coach, harus mempunyai alat olahraga yang canggih, dan lain-lain. Padahal, olahraga yang simpel dan menyenangkan saja ada. Skipping, misalnya. Kita tidak perlu beli alatnya. Karet gelang yang saling dikaitkan hingga panjang bisa menjadi alat untuk olahraga skipping. Coach? Oh, ayolah. Saya lebih senang menyebutnya dengan partner. Kita bisa berpartner dengan siapapun. Keluarga, teman, saudara, rekan kerja, dan lain-lain.

3. Menyita waktu.

Sama seperti 2 poin sebelumnya, alasan ini muncul karena kita buat-buat sendiri. Olahraga harus lama, menyita waktu, tidak sempat karena terburu berangkat ke kantor, weekend banyak tugas menumpuk, dan seabrek alasan lainnya, sehingga olahraga tampak tidak lagi punya jatah waktu dalam hidup kita. Padahal, olahraga ringan seperti push-up, sit-up, tidak membutuhkan waktu lebih dari 10 menit! Senam pun tidak lebih dari setengah jam. Itu pun kita tidak mesti melakukannya setiap hari, bukan? 24 jam dikali 7 hari katakanlah, 168 jam, tidak ada sedikitpun waktu barang 30 menit untuk berolahraga? Cukup menyedihkan.

Jadi, intinya adalah pikiran kita sendiri. Kalau dari awal sudah berpikir olahraga itu ribet, mahal, dan menyita banyak waktu, jelas akan sulit. Berpikirlah bahwa di balik semua itu ada kesehatan yang perlu kita jaga, untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.

Answered Jan 29, 2018
Awi Nanda Wijaksana
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Olahraga memang sangat penting dan bahkan bisa menyehatkan tubuh kita. Namun kenapa banyak orang yang tidak mau melakukkannya ?

Berikut alasannya menurut saya :

1. Merasa Tak Ada Waktu

Kesibukan aktifitas sehari-hari membuat orang-orang merasa tak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga.

2. Malu

Karena bentuk tubuh yang kurang oke, Anda pun tidak percaya diri memakai kostum olahraga yang cenderung melekat pada tubuh.

 

Answered Feb 1, 2018
Muhammad Rizki Syahputra
S1 Ilmu Komputer USU|Rumah Kepemimpinan Medan

SayTidak punya waktu untuk berolahraga

Tidak punya waktu? Masa, 5 atau 10 menit sehari saja anda tidak punya waktu. Sesibuk-sibuknya seorang presiden saja, saya yakin beliau pasti punya waktu 10 menit untuk berolahraga setiap harinya.

Olahraga ringan yang tidak sulit untuk dilakukan pastilah bisa dikerjakan dalam waktu 10 menit.

Jika Anda masih tidak punya waktu maka coba pikirkan kembali kegiatan apa saja yang jadi prioritas anda seharian.

Kita bisa menukar waktu olahraga dengan mengurangi untuk nonton TV, browsing internet, menonton atau membaca berita.

Melakukan olahraga selama 5 menit sehari tentunya akan membuat hidup anda ke depannya menjadi lebih sehat atau setidaknya anda tidak menderita sakit-sakit akibat dari masa lalu anda yang kurang berolahraga atau terlalu pelit dengan waktu 5 menit terhadap diri sendiri.

SayTidak punya sepatu atau pakaian olahraga

Ini adalah alasan yang paling mengada-ada agar tidak berolahraga, karena dengan mengenakan celana jins sekalipun kita dapat berjalan-jalan.

Tanpa sepatu, atau cukup dengan sandal pun kita bisa berjalan-jalan, bahkan tanpa alas kaki sekalipun kita dapat berlari-lari kecil di depan rumah atau berputar satu dua blok dari rumah kita.

Answered Feb 2, 2018

menurut Halosehat.com olahraga dapat meningkat kualitas tidur, seseorang yang menyempatkan diri untuk melakukan olahraga setelah melakukan aktifitas seharian, akan meningkatkan kualitas tidur, dengan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh kembali segar dan akan lebih siap melakukan aktifitas keesokan harinya.

2. membuat tubuh terlihat lebih bugar, setelah melakukan berbagai macam aktifitas, tubuh akan terlihat lelah letih dan lesu, dengan menyempatkan berolahrga ringan, akan dapat mengembalikan kebugaran tubuh, otot otott yang semula tegang akan kembali relax.

3. menghilang kan stress, 

stress ditimbulkan karena tekanan dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar. hal ini akaan mempengaruhi permasalahan kesehatan bagi seseorang. olahraga apabila dilakukan akan meregangkan otot otot tubuh serta membuat fikiran menjadi lebih fressh.

4. meningkatkan mood

dengan berolahrga akan membantu menstimulasi zat zat kimia pada otak yang pada akhirnya akan membuat sesorang menjadi lebih santai dan bahagia

 

5. dapat terhindar dri berbagai jenis penyakit

berolahraga dapat menuruntkan resiko terjangkit beberapa penyakit, seperti jantung stroke, diabetes, osteoprosis maupan penyakit berbaha lainnya. 

 

olahraga memiliki banyak sekali manfaat, akan tetapi banyak orang yang belum memiliki kesadaran betapa pentingnya melakukan olahraga. olahrga sendiri tidak harus dilakukan secara berat, akan tetapi ada olahraga ringan yang dapat dilakukan didalam ruangan seperti halnya 7 minutes work out.

Answered Feb 2, 2018
Isdar Gazali
Departemen Manajemen Unhas 2014 || Rumah Kepemimpinan Reg. 7 Makassar Ang. 8

Image result for olahraga 

Semua orang tau bahwa olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun masih banyak orang yang acuh akan hal ini. Dengan segudang alasan, tidak punya waktu atau malu berolahraga sendirian. Ini sudah hal biasa dan perlu diubah. Olahraga harus dijadikan kebiasaan. Orang-orang yang berhasil melakukan olahraga secara rutin adalah orang-orang yang ampu menjaga motivasinya. Dari Tribun Kesehatan, berikut 10 hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar olahraga dapat dilakukan secara rutin.

1. Lakukan aktivitas yang bervariasi.
Tidak perlu ada aturan kegiatan yang Anda lakukan untuk berolahraga, seperti harus pergi ke gym atau membeli alat-alat olahraga tertentu. Aktivitas yang bervariasi seperti berjalan, berlari, tenis, bersepeda, kelas aerobik akan membuat olahraga tidak membosankan.

2. Carilah teman berolahraga.
Sudah banyak yang menyatakan bahwa olahraga akan terasa lebih menyenangkan dan termovitasi bila ada teman yang juga berkomitmen sama. Maka carilah teman yang dapat menjadi partner berolahraga Anda.

3. Buatlah olahraga sebagai prioritas.
Tidak ada kata negosiasi meskipun sesibuk apapun Anda. Ada baiknya lingkungan keluarga, teman, dan orang terdekat lain pun ikut mendukung niat baik ini sehingga mereka tidak akan "mengganggu" jadwal latihan Anda.

4. Lakukan olahraga lebih pagi.
Seringkali jika Anda memutuskan untuk berolahraga sore hari setelah bekerja akan mengurangi waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Maka ada baiknya Anda melakukan olahraga di pagi hari. Selain itu olahraga di pagi hari dipercaya akan menambah energi sepanjang hari.

5. Olahraga sepulang kerja  
Sebagai alternatif, olahragalah saat pulang dari bekerja. Selain di pagi hari, inilah waktu yang juga baik untuk berolahraga. Bawalah peralatan olahraga saat berangkat bekerja sehingga Anda tidak "tergoda" untuk bersantai dulu di rumah setelah pulang kerja.

6. Tetap berolahraga meskipun capek bekerja.
Jangan jadikan capek bekerja sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Karena olahraga justru akan membuat badan segar.

7. Catat aktivitas olahraga Anda.
Ada baiknya Anda memiliki catatan tentang lama Anda berolahraga, sejauh mana sudah berjalan atau bersepeda, berat badan Anda, atau apapun yang berhubungan dengan olahraga Anda secara rutin. Ini membuat target Anda (ketika berat badan ideal jadi tujuan Anda) menjadi lebih cepat tercapai.

8. Berikan tanda olahraga Anda sudah membuat progres.
Tanda yang bisa Anda cermati antara lain: pakaian lama Anda cukup kembali, tidur malam lebih berkualitas, berpikir lebih jernih, lebih berenergi, denyut jantung lebih santai, dan lain-lain.

9. Berjalanlah.
Berjalan adalah jenis latihan yang baik. Ada baiknya pula Anda mencatat langkah atau jarak yang telah ditempuh selama berjalan dalam sehari. Jika menurunkan berat badan adalah tujuan, maka minimal Anda harus berjalan 10.000 langkah perhari.

10. Berikan penghargaan pada diri Anda.
Sudahkah Anda berikan penghargaan apabila Anda sudah berhasil memakai kembali celana jins lama? Berikanlah penghargaan kecil seperti pergi ke tempat yang disenangi atau beli sepatu baru. Penghargaan ini akan membuat Anda lebih termotivasi. 

Sumber:

http://www.tribunnews.com/kesehatan/2013/01/04/10-cara-agar-tidak-malas-berolahraga?page=2

https://www.brilio.net/life/ini-hubungan-olahraga-dan-tidur-yang-tidak-boleh-kamu-abaikan-hubungan-tidur-dan-olahraga-1506049.html

 

#Jawabanku Januari 2018 #Rumah Kepemimpinan #RK Regional Makassar

Answered Feb 3, 2018