selasar-loader

Apa yang membuat traveling ke Turki menjadi begitu Istimewa?

Last Updated Dec 28, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Muhammad Isa
Konsultan Wisata Islam Dunia | +62-856-850-8039 (WA)

iDKIuz2MY4ZdkfQfR7Y0RNsCVMV28tir.jpg

Bicara tentang seberapa istimewanya melakukan petualangan budaya di Turki, mungkin setiap orang memiliki jawaban uniknya masing-masing. Ada sebagian orang yang memang mengkhususkan diri untuk traveling ke Turki dan ada juga sebagian lainnya yang menggabungkan petualangan budayanya tersebut dengan ibadah Umrah.

Berdasarkan pengalaman saya traveling ke Turki, ada beberapa hal yang membuat negara tersebut menjadi begitu istimewa. Diantaranya adalah:

A. Turki punya Istanbul
Y542VhYwE4B87Ve9nl544-8KlpsI0hXY.jpg

Saya pikir, Istanbul adalah kota museum. Hampir semua tempat bersejarah yang ingin kita temui di Turki ada di Istanbul. Sebut saja Hagia Sophia, Blue Mosque, Tokapi Palace, Maiden's Tower, Grand Bazars, sampai ke pengalaman melintasi Selat Bosphorus yang banyak terlihat banyak sekali peninggalan sejarah di sana.

B. Negeri Islam

kfeP6qJQlaSrwPYiGsT6tntmxikYbEV3.jpg
Tidak sulit mencari masjid (meski tidak sebanyak di Indonesia) dan makanan halal di sana. Mungkin sedikit sekali terdapat musholla atau masjid kecil di Turki. Hampir semua masjid di Turki besar-besar dengan arsitektur masjid khas Ottoman yang sangat mewah.

C. Persinggungan Budaya Eropa dan Asia

VZQ2iL5B8Rgf-5-lVEtOzbRBF5htcXkw.jpg
Khususnya Istanbul dan beberapa daerah di sekitarnya, Turki tidak seperti Asia. Sangat Eropa dan metropolis. Saya bisa bilang, tidak ada pria dan wanita muda yang jelek di Turki. Bahkan banyak pemuda pemudi Istanbul (khususnya) yang lebih cantik dibandingkan dengan pemeran sinetron Turki yang marak belakangan ini.

Budayanya juga layaknya Eropa. Menarik untuk dikaji lebih lanjut. Di dekat Taksim Square, ada sebuah jalan panjang. Mirip seperti Jalan Legian di Bali. Sangat hidup di malam hari dengan makanan dan minuman halal, juga haram bertebaran di sana. Muda mudi Turki Eropa lalu lalang hingga menjelang pagi. Ketawa-ketiwi untuk sekadar minum teh atau pun ngobrol menghabiskan malam. Menarik!

D. Rasa Makanan yang (cukup) dapat diterima

OG77TVd3v9BUsDxKxe8AJ_Ey9Y7u92no.jpg
Dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, Turki merupakan negara dengan rasa makanan yang bagi saya cukup bisa dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. Agak sedikit "datar", tapi masih ada rasanya.

Bagi orang Indonesia yang kangen kebab, Anda dapat merasakan Doner Kebab, kebabnya orang Turki. Rasanya tidak se-tasty kebab Indonesia. tapi lumayanlah. Doner enak ditutup dengan Yoghurt, makanan penutup lainnya khas Turki. Mengkonsumsi Yoghurt secara teratur inilah yang mungkin menjadi rahasia penduduk Turki (khususnya yang muda-muda) memiliki berat badan Ideal.

E. Tempat Belajar Sejarah

PBxrvG_Z8jwKAYA31QZKcb2-qKG7e0Cl.jpg
Berkunjung ke Turki, tidak akan pernah lengkap jika tidak mengunjungi Istanbul. Seperti saya sudah singgung dalam poin pertama, Istanbul penuh dengan situs kebudayaan. Belum lagi jika kita sedikit ke luar Istanbul, kita bisa lihat dan kunjungi banyak sekali bekas peninggalan bangsa Romawi Timur di sana, sebut saja beberapa tempat seperti Ephesos, Dalaman, Selçuk, Antakya ataupun Edirne.

Tunggu apa lagi, yuk persiapkan petualanganmu selanjutnya ke Turki! 

Answered Dec 28, 2017
Ikhbal Zamzammi
Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Bandung

Iya, mas.. Turki memang selalu menjadi daya tarik bagi wisataman mancanengara khusunya umat Muslim se Dunia. Karena Turki merupakan negara dengan sejarah peradapan yang begitu banyak mulai dari perang salib, dan pusat muncumlnya agama didunia. Seperti halnya dengan negara Mesir. Tukri sendiri oleh umat muslim merupakan salah satu bekas zamn keemasan emas dibawah Kerajaan Turki Ottoman. Dan sekarang pun Turki merupakan negara yang mempu menjadi cerminan bagi negara muslim didunia, melalui presidennya yang fenomenal Erdogan.

Answered Dec 29, 2017
Syifa Aziza
Mahasiswi Bisnis Islam FEB UI 2015.

Traveling ke Turki bagi warga negara Indonesia menjadi istimewa karena banyak faktor. Menurut pengalaman saya, inilah berbagai faktor traveling ke Turki menjadi begitu istimewa:

Pertama, karena banyaknya situs bersejarah di Turki.

Faktor utama sebuah negara menjadi sangat menarik untuk dikunjungi adalah karena situs bersejarah yang dimilikinya. Turki merupakan negara yang memiliki banyak situs bersejarah bagi peradaban, bagi beberapa agama dan ras. Istanbul, yang dulunya adalah Konstantinopel, yang merupakan benteng terkuat dalam sejarah yang butuh bertahun-tahun bagi muslim untuk menembusnya. Hagia Sophia, yang dulunya merupakan gereja, lalu berganti fungsi menjadi masjid, lalu kini menjadi museum. Salah satu hal yang unik dari Hagia Sophia adalah unsur agama Kristen dan Islam tidak hilang ketika diubah menjadi museum. Kini lukisan tokoh suci dan malaikat versi kristen serta kaligrafi Allah dan Muhammad serta empat khalifah juga terpajang berdampingan. Ini menunjukkan bahwa ketika terjadi pergantian fungsi dari gereja menjadi masjid, umat muslim tidak menghilangkan lukisannya, melainkan hanya menutupnya. Kemudian Blue Mosque, Istana Dolmabache, Topkapi, Selat Bosphorus, Galata Tower, dan lainnya menjadi bukti bahwa dari segi sejarah Turki memiliki kisah yang sangat banyak dan bangunan fisik yang unik dan indah, yang hingga kini tidak hanya dapat memuaskan keingintahuan akan sejarah, namun juga sebagai kebutuhan warganet penggiat media sosial, yaitu menjadi tempat untuk berfoto dan diunggah ke media sosial.

 

Kedua, Turki adalah negara yang strategis secara letak geografis.

Turki berada di perbatasan dua benua yaitu antara Eropa dan Asia. Keduanya dipisahkan oleh selat Bosphorus, yang juga menjadi tempat wisata. Turki mengalami empat musim sebagaimana negara Eropa pada umumnya, namun temperatur cuaca di Turki tidak terlalu ekstrim. Turki cukup akrab dengan temperatur masyarakat Asia sehingga tidak sulit bagi warga negara Indonesia untuk beradaptasi. Contoh yang saya alami di antaranya pancaran sinar matahari dan hembusan angin yang tidak jauh berbeda dengan Jakarta saat Turki mengalami musim panas. Hanya saja angin di Turki terasa lebih kencang, mungkin ini juga yang menyebabkan model pemakaian jilbab di Turki berbeda dengan di Indonesia. Angin ini juga mungkin menjadi faktor banyaknya burung abu-abu yang beterbangan secara berkelompok dan berkumpul di jalanan untuk diberi makan oleh penduduk sekitar. Jika traveling ke Turki pada waktu yang tepat, kita dapat melihat mekarnya bunga tulip yang sangat indah.

 

Ketiga, budaya yang tidak jauh dari budaya muslim.

Di antara banyak situs bersejarah di Turki sangat erat kaitannya dengan sejarah Islam. Islam pun menjadi pemandangan yang umum dan lazim seperti maraknya pemakaian jilbab hingga cadar dan kebiasaan sholat. Letak geografis yang strategis juga berperan dalam menghasilkan budaya yang bercampur antara budaya Asia dan budaya Eropa. Turki bukanlah negara Islam, meskipun dalam sejarah pernah menjadi kekhalifahan. Turki tetap negara sekuler namun memang cenderung lebih ramah terhadap muslim sejak kepemimpinan Erdogan. Pemandangan Islam memang umum, tetapi sangat berbeda dengan Indonesia yang merupakan negara ketimuran, pemandangan budaya Eropa seperti bermesraan di tempat umum juga menjadi hal yang cukup lumrah.

 

Keempat, makanan yang cukup akrab dengan lidah Indonesia.

Jenis makanan di Turki umumnya tidak sama dengan Indonesia, karena perbedaan rempah yang digunakan. Namun, banyak makanan yang cukup ramah bagi lidah Indonesia seperti nasi kebuli atau biryani, kebab atau doner, berbagai daging, roti, dan fast food. Jenis makanan di Turki sebenarnya lebih mirip dengan makanan di Palestina, menurut pengakuan orang Palestina di Turki yang saya temui. Namun jika orang Indonesia yang pergi ke Turki terbiasa dengan makanan yang berbumbu, disarankan untuk membawa sambal, kecap, boncabe, dan sejenisnya karena pelengkap makanan tersebut tidak tersedia di Turki. Penyedap rasa yang disediakan biasanya hanya garam atau cairan jeruk. Selain itu, tidak sulit juga mencari makanan halal di Turki karena selain banyak warga muslim, jenis makanan atau minuman yang diharamkan bagi umat muslim juga bukan menjadi makanan khas Turki. 

 

Kelima, infrastruktur yang modern.

Faktor ini mungkin erat dijumpai di negara maju yang dapat dilihat dan dirasakan melalui teratur dan nyamannya fasilitas publik seperti contohnya alat transportasi umum. Sistem cashless dalam transportasi, fasilitas transportasi yang beragam dan nyaman menjadi faktor penting ketika bepergian saat traveling. Keteraturan dan sikap disiplin yang berlaku juga menjadi cerminan penting bagi majunya suatu negara. Turki memiliki beberapa jenis transportasi seperti tramvay (kereta listrik), metrobus (bus seperti transjakarta), metro (kereta listrik bawah tanah), serta kapal. Sebagian besar alat trasportasi tersebut menggunakan kartu yang bisa diisi ulang, kecuali untuk sebagian kecil jenis transportasi seperti taksi dan semacam angkot.

Answered Dec 31, 2017

Question Overview


4 Followers
454 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa destinasi wisata yang menurut Anda paling keren di Indonesia?

Apa saja tempat wisata yang belum terkenal di Indonesia, tetapi memiliki potensi yang luar biasa?

Apa tempat wisata paling menarik di Indonesia yang pernah Anda kunjungi?

Bagaimana rasanya mengunjungi pulau-pulau terluar di Indonesia?

Seperti apa rasanya pergi ke luar negeri untuk pertama kali?

Bagaimana cara traveling dengan biaya murah?

Apa alasan terbesar Anda melakukan travelling budaya?

Pengalaman traveling apa yang paling berkesan dalam hidup Anda? Mengapa?

Dari semua negara yang pernah Anda kunjungi, mana yang terbaik (Selain Indonesia)? Mengapa?

Dari semua makanan dari negara lain yang pernah Anda konsumsi, mana yang terbaik? Mengapa?

Apa yang harus dipersiapkan saat akan memulai bisnis travel dan mengapa hal itu penting?

Mengapa First Travel diberhentikan OJK?

How To Book Online Cab with Decibelcabs for outstation ?

Where Is Online Delhi Taxi ?

Apa Beda Backpacker dengan Flashpacker?

Apa hal yang paling menarik dari Turki?

Apa yang membuat negara Turki sangat istimewa di mata Anda dan ceritakan alasannya?

Apa itu adaletname?

Apa yang membedakan Erdogan dibandingkan Presiden Turki yang lain dalam hal kepemimpinan negara?

Mengapa pemerintah Turki memblokir Wikipedia?

Mengapa Turki tidak menyetujui sanksi yang dijatuhkan atas Qatar?

Apa destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Turki?

Apa masjid yang paling menarik di Turki?

Apa sebenarnya penyebab utama kemunduran Kekhalifahan Islam di Turki?

Faktor apa yang paling menentukan kemenangan Kemal Attaturk sehingga akhirnya menjadikan Turki sebagai negara sekuler?