selasar-loader

Apa menurut kamu studi banding ke luar negeri ke beberapa negara maju untuk guru itu perlu dilakukan?

Last Updated Dec 25, 2017

Libur tlah tiba-libur tlah tiba~ siapa yang paling males kalau liburan datang, karena ga bisa dapat uang jajan atau karena ga bisa main ama temen-temen? Yeaah tos~~ pertanda kamu sukaa banget yang namanya nongkrong di sekolah. Kalau udah bahas sekolah, tentu juga ada kisah dengan guru juga kan? Baik itu kenangan dengan cara mengajarnya, atau kisah lainnya. Mereka berusaha memberikan pengajaran yang terbaik untuk kita. Namun terkadang untuk meningkatkan kualitas mengajar yang lebih baik dirasa perlu untuk melakukan studi banding. Nah, saya mau tau dong pendapat kamu, apa menurut kamu studi banding ke luar negeri ke beberapa negara maju untuk guru itu perlu dilakukan? Apalagi bila kita sebagai pemuda yang memberikan akses pada guru untuk keluar negeri.

Terimakasih atas jawaban yang telah selasaers sampaikan,

berdasarkan hasil poling dan jawaban dari rekan-rekan, berikut ini ringkasan ulasan yang dapat dihimpun

https://www.selasar.com/jurnal/40659/Bantu-Guru-Melihat-Dunia-PPI-Dunia

10 answers

Sort by Date | Votes
Irsyad Al Ghifari
Staff Ahli Presidium Nasional FoSSEI 2017-2018| Mahasiswa Berprestasi IPB 2018

Perlu, agar menjadi refleksi dan pembelajaran bagi pendidikan Indonesia

Answered Dec 31, 2017
Ahmad Fauzan Kamaluddin
Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan Jakarta

Sangat perlu, untuk menambah wawasan dan kapasitas guru dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia

Answered Jan 1, 2018
Alfian Nur Wahyudi
FKM UNAIR 2015, Heroboyo 8 RK Regional IV

perlu, dengan studi banding kita memperoleh manfaat sebagai berikut :


(1) untuk menambah wawasan kita tentang tempat lain
(2) untuk menimba pengalaman baru di ditempat lain
(3) untuk membandingkan tempat kita dengan tempat lain
(4) untuk menambah cakrawala berfikir kita

Answered Jan 1, 2018
Radhiyan Pribadi
Mawapres Utama FISIP Universitas Indonesia 2017-Rumah Kepemimpinan R1 Jakarta

Perlu sekali, karena sistem pendidikan di luar negeri sana itu berbeda-beda dan kita dapat mendapatkan pelajaran yang teramat sangat berharga. Contohnya, sewaktu saya menjadi siswa pertukaran pelajar di Amerika Serikat, saya melihat sistem pendidikan di Amerika sana sangat berbeda. Siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis semenjak SMA, dan tidak sekedar menghafal rumus. Bahkan, saya cukup jarang mendapat ujian pilihan ganda, karena ujian pada umumnya adalah menulis esai dan tugas-tugas yang lebih seru. Jadi, kita bisa melihat mengapa Amerika menjadi negara maju karena sistem pendidikannya yang mendorong siswanya untuk berpikir dan tidak sekedar menghafal, bisa diterapkan juga di Indonesia

Answered Jan 1, 2018
Firdausa Febi Alfaris
BEM FPIK IPB, BEM KM IPB, IPB MENGAJAR

Sangat perlu menurut saya, karena sistem pendidikan di dunia ini sangat beragam. Meskipun saya belum berkesempatan merasakan sistem negara lain (semoga segera merasakan), tapi saya melihat beberapa sistem di youtube dan cerita-cerita dosen saya. Keberagaman tersebut dapat menjadi peluang untuk mengembangkan skill mengajar guru kita atau sekedar memperluas sudut pandang guru-guru kita. Namun, seandainya studi banding ke luar negeri masih agak sulit dilakukan, saya rasa cukup dengan memberikan materi atau Microtheaching dengan pemateri yang telah merasakan mengajar di luar negeri. 

Answered Jan 1, 2018
Alfian Rahman
Mahasiswa Teknik Geofisika ITB | Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Perlu, karena kita dapat membandingkan seberapa besar perbedaan kita dengan negara maju tersebut, baik dalam hal ekonomi, sosial, politik, energi, lingkungan, dll. Perbedaan atau gap inilah yang harus dikejar agar seminimal-minimalnya kita dapat menjadi negara yang lebih baik dan syukur-syukur kalau kita mampu menyaingi negara maju tersebut.

Answered Jan 3, 2018
Galih Fajar Ramadhan
Mahasiswa Teknik Biomedis ITB

Sangat perlu, karena jika kita belajar dari sejarah, hampir semua bangsa yang saat ini menjadi negara maju pada awalnya belajar dari bangsa yang terbaik pada masanya. Kemudian, mereka mengolah, menyesuaikan dan menerapkan ilmu yang mereka dapat dari bangsa lain untuk bangsa mereka sendiri sehingga mereka berkembang menjadi bangsa maju. Beberapa negara yang mengalami hal tersebut adalah Jepang dan banyak negara di Eropa, seperti Italia, Jerman, Perancis, Inggris, dan banyak bangsa lainnya.

Answered Jan 3, 2018
Nadiyah Hidayati
Mahasiswi Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian UGM

Menurut saya itu perlu dilakukan, utamanya pada negara-negara yang pendidikannya sangat maju. Pada beberapa buku yang saya baca disampaikan bahwa pendidikan di luar negeri jumlah mata pelajaran anak SD SMP jauh lebih sedikit yaitu 4-6 mata pelajaran dengan 2 diantaranya mata pelajaran wajib dan yang lain bebas memilih sesuai dengan ketertarikannya. Sedangkan di Indonesia, yang mana biasanya anak-anak diharuskan untuk mengikuti 12 mata pelajaran dalam tiap minggunya, ditambah lagi kadang seorang anak dinilai dari kemampuannya menjawab ulangan semua pelajaran tersebut, padahal dalam ratusan halaman materi bisa jadi hanya 10 soal saja yang dikeluarkan. Penting utamanya adalah bagaimana menanamkan pemahaman dan kemampuan anak dalam menganilisis suatu permasalahan yang kemudian mampu menemukan solusinya.

Namun hasil dari studi banding juga tidak diterima mentah-mentah. Kita tetap harus memfilter dan mengkombinasikannya dengan nilai-nilai yang kita anut di Indonesia, seperti nilai agama maupun nilai moral. Sehingga pendidikan membentuk karakter dan cara berfikir anak menjadi lebih baik lagi.

Answered Jan 4, 2018
Muh. Pudail
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara UNHAS - 2014 - Rumah Kepemimpinan 7 Makassar

Kualitas pendidikan di pengaruhi oleh kualitas fasilitas, dan terpenting adalah kualitas tenaga pengajarnya. Jika dipertanyakan mengenai perlukah guru ke luar negeri untuk studi banding jawaban nya adalah perlu dilakukan karena sangat banyak tentunya manfaat yang bisa di dapat seperti halnya memperluas wawasan guru, mendapatkan bahan perbandingan dalam proses pembelajaran, mendapatkan pengalaman, dan tentunya menambah tenaga ahli dalam pembelajaran.

Namun hal tersebut untuk dilakukan, harus di rencanakan dengan baik, karena studi banding ke luar negeri memerlukan banyak anggaran. Selain itu orang yang melakukan studi banding bagusnya guru yang memiliki standar yang baik, mengingat standar dari guru indonesia dari berbagai daerah berbeda-beda. Namun jika tidak bisa studi banding  keluar negeri, dalam menambah wawasan guru seperti halnya belajar dengan online dan lain-lain yang pada intinya bisa menikatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Answered Jan 5, 2018
Nining Ardianti
Mahasiswi Fakultas Kehutanan UGM 2014.|Rumah Kepemimpinan Regional 3 Angkatan 8

Survei yang bertujuan untuk mengetahui pendapat terhadap studi banding ke luar negeri ini dilakukan dari tanggal 25 hingga 26 Desember 2017. Ada 220 responden dengan mayoritas perempuan (52,3 persen) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan di luar negeri.

Ketua Komisi Pendidikan PPI Dunia Fadlan Muzakki mengatakan, hasil survei menunjukkan bahwa 90 persen responden mengatakan perlu dilakukan studi banding ke luar negeri.

Alasannya, guru perlu membuka wawasan yang luas bagaimana jiwa seorang guru seharusnya. Standar seorang guru yang masih nasional bisa dinaikkan ke standar internasional. Alasan kedua perlu studi banding sebagai bahan perbandingan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam proses mengajar.

Di Indonesia, Fadlan, masih sangat banyak guru honorer. Biasanya mereka baru saja selesai studi S1 FKIP dan kemudian menjadi guru yang dimana metode mengajarnya pasti mirip dengan guru-guru sebelumnya.

Dengan melakukan studi banding keluar negeri metode belajar-mengajar yang selama ini dipakai di Indonesia dapat terupgrade dan tentunya akan menghasilkan peningkatan kualitas pendidikan.

Selain itu, dengan studi banding akan merasakan first hand experience alias pengalaman langsung juga tidak kalah penting. Ini juga akan membuka potensi networking antara guru, melampaui batasan ruang dan waktu, juga negara.

Studi banding juga menambah jejaring serta engagement para pengajar dengan dunia pendidikan internasional sehingga diharapkan akan lahir metode-metode mengajar atau mendidik yang kian efektif dan efisien bagi setiap insan pembelajar di tanah air.

Alasan terakhir, terang Fadlan, karena Indonesia belum punya cukup ahli yang memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk mengambil keputusan dan menjalankan tugas negara. Kalaupun selama ini studi banding dirasa kurang efektif, yang salah bukan studi bandingnya.

Melainkan kemampuan belajar orang-orangnya, tempat studi bandingnya, ketidaksesuaian topik studi dengan keadaan di lapangan, dan hal-hal non-teknis lainnya.

Answered Apr 2, 2018

Question Overview


12 Followers
900 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Siapa Guru SMA paling favorit Anda dan mengapa beliau begitu mengesankan Anda?

Siapa Guru SD Favorit Anda?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang pemimpin guru?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang guru taman kanak-kanak?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang guru sekolah dasar?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang guru agama?

Seberapa besar arti Guru di mata Anda? Peristiwa apa yang paling menyentuh perasaan dengan Guru Anda?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan guru Anda?

Apa cerita tak terlupakan dan mengesankan yang Anda alami dengan kepala sekolah Anda?

Menurut pendapat Anda, apa kelebihan dan kelemahan kurikulum pendidikan kita saat ini?

Bagaimana pengalaman belajar di Columbia University?

Apa saja hal yang dirindukan dari Indonesia ketika sedang berpergian atau pergi ke luar negeri?

Bagaimana rasanya pertama kali melepas anak sekolah ke negara lain?

Apa kebiasaan khusus yang biasanya Anda lakukan ketika berada di Luar Negeri?

Apa yang menjadi motivasi seseorang untuk melanjutkan studi ke luar negeri?

Universitas apa yang paling direkomendasikan untuk mereka yang ingin melanjutkan studi politik di Belanda?

Apa saja persyaratan untuk memeroleh beasiswa ke luar negeri?

Apakah beasiswa ke luar negeri hanya diperoleh bagi mereka yang pintar saja?

Disiplin ilmu apa yang paling banyak diminati untuk melanjutkan studi ke luar negeri?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Apa itu Rumah Kepemimpinan? Apa saja program dan kegiatannya?

Kenapa Selasar akhir-akhir ini mengunggah tulisan para peserta Rumah Kepemimpinan?

Mengapa anda memilih Rumah Kepemimpinan sebagai tempat menimba ilmu, berproses, dan menginfakkan diri dalam lingkaran yang disebut keluarga?

Bagaimana Anda memaknai tujuan kehidupan?

Siapa orang yang selalu menyemangati hidup Anda?

Apa saja hukum-hukum fisika yang penting tapi tidak banyak diketahui orang lain?

Bagaimana cara yang masih dapat dilakukan manusia untuk memanfaatkan energi yang dikeluarkan oleh matahari?

Siapa Drs. Musholli, pendiri Nurul Fikri?

Bagaimana cara kamu mengatasi kesedihan?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Psikologi?

Bagaimana cara agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa yang kurang dari dunia kesehatan di Indonesia?

Apa yang membuat Steve Jobs sukses membangun Apple?

Apa rahasia kehebatan pasangan bulutangkis Tontowi Ahmad - Liliyana Natsir?

Apakah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) penting untuk memperoleh pekerjaan?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang membuat Demam Berdarah menjadi salah satu penyakit yang berujung kematian?

Apa tips yang paling efektif untuk melancarkan buang air besar?

Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi rasa bosan?

Apa itu asam urat?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Mengapa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk?

Bagaimana menumbuhkan keberanian anak untuk bermimpi?

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda?

Apakah pemimpin itu berasal dari karakter yang sifatnya introvert?

Mending orang Jawa atau Sunda?

Pilih mana, menjadi mahasiswa pengabdi IPK atau pengabdi organisasi mahasiswa?

Bagaimana pengalaman pertama mendongeng di depan anak-anak?

Apa nama kafe dengan konsep paling unik di Indonesia?