selasar-loader

Apakah IBD?

Last Updated Dec 24, 2017

Singkatan dari Inflammatory bowel disease (IBD), apa dan bagaimana orang Indonesia mengenal penyakit ini?

2 answers

Sort by Date | Votes
Sayekti Yuliyanti
Mahasiswa FKM UI 2014 | @Popcornofficial

IBD merupakan singkatan dari Inflammatory Bowel Disease atau biasa disebut dengan penyakit radang usus. penyakit ini memiliki dua kondisi yaitu penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Kedua kondisi ini ditandai dengan peradangan usus di saluran gastrointestinal. Peradangan pada usus ini dapat menyebabkan kerusakan pada saluran GI (gastrointestinal). Bedanya dari dua kondisi tersebut adalah, penyakit crohn dapat mempengaruhi lapisan saluran pencernaan sedangkan kolitis ulserativa, penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. 

penyebab pasti penyakit ini tidak diketahui. berdasarkan pemeriksaan, IBD merupakan hasil dari kekebalan tubuh (sistem imun) yang rusak. Pada kondisi normal, sistem imun akan akan mempertahankan kondisi tubuh dengan melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Pada orang yang terserang IBD, sistem imun akan menyerang dirinya sendiri atau biasa disebut dengan autoimun. selain karena sistem imun, IBD juga dapat terjadi karena pengaruh genetik. 

gejala umum yang sering dijumpai :

diare persisten 
sakit perut
pendarahan pada rektum
kelelahan
penurunan berat 

 

referensi 
www.healthline.com/health/inflammatory-bowel-disease#symptoms
 

Answered Dec 28, 2017
Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta

Severe colitis noted during colonoscopy in a patie

 

Inflammatory Bowel Disease adalah suatu kondisi dimana terjadi disregulasi respon imun terhadap microflora usus. penyakit ini erupakan penyakit idiopatik yang berarti belum diketahui penyebab yang pasti. Dua jenis utama IBD adalah Ulcerative Collitis (UC) yang terkhusus pada daerah colon (usus besar) dan Crohn disease (CD) yang dapat mempengaruhi banyak segmen dari saluran pencernaan. ciri khas dari Crohn Disease adalah lesinya yang memiliki jarak satu dengan yang lainnya atau yang bisasa dikenal dengan "skip lesion". Faktor genetik dicurigai menjadi pemicu dari penakit ini.

Tanda dan Gejala :

Secara umum, manifestasi dari IBD tergantung dari area yang terkena. Perlu diketahui bahwasanya gejala ini bukanlah gejala spesifik, yakni 
- sakit perut
- gangguan buang air besar, bisa disertai mukus dengan/ tanpa darah atau nanah
- penurunan berat badan
- demam, berkeringat
- nyeri sendi, kelelahan
- gangguan pertumbuhan pada anak

World Gastroenterology Organization mengindikasikan gejala berikut berpotensi memiliki hubungan dengan gangguan inflamasi seperti :
- Diare
- Sembelit/ konstipasi
- gangguan buang air besar
- sakit perut 
- mual dan muntah

secara lengkapnya bisa dibaca di : https://emedicine.medscape.com/article/179037-overview

Answered Jan 2, 2018