selasar-loader

Apa itu penyakit difteri?

Last Updated Dec 22, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Amala Rahmatia Putri
Public Health, UI | Awardee Rumah Kepemimpinan Jakarta 8'

vjhGL5EMlD7uHUFH5DUGfQiIV_TM2_df.jpg

Menurut WHO, difteri adalah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Bakteri ini menghasilkan sejenis toksin/racun yang dapat menyerang jaringan dan organ tubuh manusia. Umumnya, jenis bakteri difteri ini menyerang selaput lendir pada tenggorokan dan terkadang amandel, sedangkan jenis lainnya yang lebih umum di daerah tropis biasanya menyebabkan luka pada kulit. 

Menurut WHO, kasus difteri lebih sering menyerang anak kecil yang tidak melakukan imunisasi. Namun nyatanya, di Indonesia, kasus difteri menyerang manusia segala umur. Pada tahun 2017 ini, menurut Dirjen P2P Kemenkes, Mohamad Subuh, umur termuda dari penderita yang terserang difteri adalah 3,5 tahun dan yang tertua adalah 45 tahun. Selain itu, kemunculan difteri juga tak terbatas pada musim tertentu. Sejumlah 593 kasus difteri telah dilaporkan sepanjang Januari hingga November 2017. (Kompas, 2017)

Penyakit difteri ini menular dari orang ke orang melalui percikan ludah penderita, seperti batuk atau bersin. Terkadang, penularan juga dapat terjadi melalui sentuhan langsung dengan luka terbuka akibat infeksi difteri atau bersentuhan tidak langsung melalui pakaian/barang-barang yang sudah terkontaminasi bakteri C. diphtheriae. (CDC, 2016)

 

Referensi:

http://www.who.int/immunization/topics/diphtheria/en/ 
http://sains.kompas.com/read/2017/12/07/080900823/kemenkes--difteri-tahun-ini-luar-biasa
https://www.cdc.gov/diphtheria/about/causes-transmission.html

Ilustrasi via onlinehealth.wiki

Answered Dec 26, 2017