selasar-loader

Pekerjaan sambilan apa yang kamu lakukan ketika masih kuliah?

Last Updated Dec 2, 2016

6 answers

Sort by Date | Votes

tHCxJJKMBgL3mSE-pkchFITX1g9bIwJY.jpg

Menerima pengetikan dan servis komputer.

Answered Dec 11, 2016
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

RKVMRgAuV1Q4hRA9Nh0ANrLVvVBF1NFu.jpg

Mengajar les privat. Dengan mengajar les, selain mendapat penghasilan tambahan, kita juga dilatih untuk terus belajar agar bisa membuat murid kita mengerti dan bisa sepintar kita.

 

Sumber

Answered Dec 16, 2016
Annisa Nur Purnama Sari
Public Policy and Management UGM | Public Relation and Adm. sharingbareng.com

Hasil gambar untuk pekerjaan sambilan ketika kuliah

Bekerja paruh waktu adalah sebuah pilihan positif ketika kita sedang menempuh studi di jenjang perguruan tinggi. Bagi saya, mengambil keputusan untuk part time adalah cara yang tepat untuk melatih kemampuan, baik dari segi hardskill maupun softskill. Part time juga akan memperluas jaringan, karena dengan banyak teman, (semoga) dapat mempermudah masa depan kita juga. Ada yang perlu diingat, yaitu pekerjaan yang dilakukan bersifat sampingan dan pastikan tidak mengganggu tujuan awal dalam menyelesaikan kuliah.

Saya pernah mencoba berbagai macam pekerjaan sampingan, mulai dari menjadi fotografer, terjun di dunia sosial, jual pulsa, dan jual berbagai mode pakaian. Semua dilakukan dengan niat untuk mengembangkan kemampuan, serta belajar dari orang lain. Partner fotografi yang selalu memberi pandangan baru tentang fotografi. Di dunia sosial untuk membantu sesama, walaupun lebih fokus di bagian marketingnya sih. Setidaknya paham akan kegiatan yang dilakukan. Terakhir, dalam berjualan pulsa dan pakaian memang mengasyikkan, apalagi kalau diatur oleh diri sendiri (bukan di bawah orang lain). Usaha ini aku buka dengan modal yang tidak sampai lima ratus ribu rupiah. Hanya mental berani dan strategi pemasaran yang digencarkan. Alhamdulillah lagi, masih bertahan hingga kini. Tantangannya adalah kita harus terus berinovasi agar produk yang kita punya, memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Menurutku, selama tidak bertabrakan dengan kuliah, tidak masalah untuk dikembangkan. Toh, kita tidak tahu apa yang terjadi di dunia kerja nanti. Hitung-hitung untuk belajar mengenal realita hidup yang lebih menantang. Kita tidak perlu takut dengan IP di bawah standar. Inilah waktu yang tepat untuk kita bisa memanajemen waktu sebaik mungkin. Fight!

 

Ilustrasi via channel24indo.net

Answered Jul 13, 2017
Nurul Muizah
Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM | www.preservingideas.wordpress.com

Selama kuliah ini, pekerjaan sambilan yang paling enak sebenarnya mengajar. Karena mengajar adalah cara terbaik untuk belajar. Dimana tingkat retensinya bisa mencapai 80%. Selama kuliah ini, saya pernah kerja sambilan mengajar olimpiade di beberapa SMA di Jogja dan Jawa Tengah.

Berikutnya, adalah jualan atau lebih populer disebut danusan (dana usaha). Standar sih yang dijual seputar air minum, makanan riang, atau makan siang. Saya juga pernah jualan jurnal ramadhan, tapi dalam skala sangat kecil.

 

 

Answered Nov 2, 2017

Selama kuliah, saya pernah jual kue donat (duitnya per harinya lumayan, bisa untuk menutup makan siang), pernah ngajar privat (duitnya lumayan juga, 50ribu per pertemuan berdurasi dua jam, pasarnya jg agak tertutup karena market hanya ingin mahasiswa kampus tertentu), untung dari investasi temporer juga pernah (seumur-umur di kampus, kesempatan ini hanya sekali), jual pulsa juga pernah (ini untungnya tipis banget, jadi perlu modal besar supaya untungnya dapat dinikmati) dan lain sebagainya. 

Temen saya ada yg dapat duit rutin dari mengurus fotokopian di kelas, jual perlengkapan laboratorium, dan lain sebagainya. 

Soal duit, itu urusan sampingan sebenarnya. yang paling utama adalah membangun profesionalisme (terutama manajemen diri). Karena ketika kuliah sambil bekerja, maka kita akan berusaha menjaga kualitas service/layanan yang kita berikan kepada klien. Kita juga akan belajar untuk manajemen waktu secara baik. Tidak hanya waktu yang harus dikelola, tetapi juga konsentrasi ketika bekerja. 

Answered Aug 6, 2018
rimba kita
Pengelola http://www.jemberpulsa.com

Kalau menurut saya, pekerjaan sambilan yang sesuai dengan mahasiswa yang masih kuliah adalah dengan menjalankan bisnis agen pulsa. Sebab, selain tidak terikat oleh waktu, modal yang dibutuhkan tergolong kecil. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal mulai dari 50rb saja.

Untuk Menjalankannya juga sangat simpel, gak harus punya skill khusus. Seperti kita tahu, area kampus adalah area yang memiliki banyak penghuni. Dan sebagai mahasiswa yang masih aktif kuliah, tentunya anda memiliki banyak teman atau kenalan di kampus. Itu merupakan modal penting untuk menjalankan bisnis agen pulsa.

Dengan banyaknya teman, secara tidak langsung kita sudah punya calon pembeli atau pasar sudah ada untuk berjualan pulsa.

Tidak hanya pulsa reguler, dengan menjadi agen pulsa, anda juga bisa menggunakan saldo yang telah didepositkan tadi untuk berjualan produk lain dari turunannya, seperti pulsa kuota data, pulsa listrik, paket chatting dll.

Bila ini anda jalankan dengan baik, InsyaAllah akan menutupi biaya kebutuhan selama kuliah, silahkan dicoba saja toh resiko berbisnis agen pulsa ini minim banget.

Pelajari selengkapnya: http://www.jemberpulsa.com/2018/11/agen-pulsa-dan-kuota.html

Answered Dec 13, 2018

Question Overview


7 Followers
988 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana Anda mendapatkan IPK tertinggi sewaktu kuliah?

Apa manfaat aktif organisasi selama masa kuliah yang Anda rasakan?

Apa nasihat Anda untuk remaja kuliahan sebagai bekal menghadapi masa depannya?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Bagaimana cara kuliah tanpa merepotkan orang tua?

Keisengan apa yang paling kamu ingat sebagai mahasiswa?

Apa yang paling kamu sesali dari masa-masa kuliah?

Bila kamu diberikan kehidupan kedua sebagai mahasiswa, apa yang akan kamu lakukan?

Bagaimana cara mendapatkan keringanan biaya kuliah?

Bila kamu ditakdirkan bebas finansial sebelum lulus kuliah, masihkah kamu kuliah?

Apakah warna jaket almamater Universitas Gadjah Mada (UGM)?

Lebih penting mana, IPK atau organisasi?

Mengapa kita harus kuliah?

Bisakah kesuksesan diraih tanpa harus kuliah?

Apa motivasi terbaik Anda untuk seseorang yang mulai jenuh kuliah?

Apa strategi terbaik untuk mendapatkan IPK tinggi tapi tetap santai dalam kuliah?

Bolehkah ikut BEM meskipun sebenarnya tidak tertarik dengan dunia pergerakan mahasiswa?

Ketika menyadari bahwa Anda salah jurusan, apa yang Anda lakukan?

Pernahkah Anda di-drop out (DO) ketika kuliah?

Apa peristiwa paling menyebalkan ketika sedang mengerjakan skripsi?

Apa pekerjaan favorit generasi milenial?

Apa yang menyebabkan seseorang resign/pindah kerja ke tempat lain?

Mana yang lebih disukai anak muda zaman sekarang yang baru lulus, jadi PNS, kerja di salah satu BUMN, karyawan swasta, atau bikin startup/berwirausaha?

Bagaimana cara agar kita dapat memiliki capaian karier yang baik di perusahaan?

Mengapa durasi kerja harus delapan jam per hari?

Bagaimana sistem pembayaran driver Gojek? Apakah mereka menerima semua atau ada sistem komisi dengan perusahaan Gojek?

Apa rutinitas yang biasa anda lakukan ketika jenuh dengan pekerjaan?

Apa alasan terbaik untuk pindah tempat kerja?

Apakah menjadi orang kaya itu penting?

Apa yang seharusnya dicari perusahaan dalam merekrut tenaga kerja agar bertahan lama di perusahaan?