selasar-loader

Bagaimana cara mengenalkan anak pada gawai (gadget)?

Last Updated Nov 29, 2017

7 answers

Sort by Date | Votes
Okky Tria Kurniadi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM

Pertama yang harus diperhatikan adalah seberapa anak sudah mengenal dunia offline (red: dunia nyata)? kenapa seperti itu, karena pemahaman anak yang masih belum sempurna terkait dimana dia harus memberikan prioritas dan perhatian akan membuat anak tersebut bias terkait anggapan dunia nyata mereka dengan dunia nyata yang asli. contoh paling real adalah beberapa gamers mereka merasa lebih hidup didunia online daripada dunia mereka asli, padahal ketika melihat gamers tersebut bisa saja sudah berumur 20 tahun. Orang dewasa saja yang secara nalar berpikirnya saja sudah lengkap masih bisa menyimpang secara persepsi personal, apalagi anak-anak.

Kedua, pahamkan pada si anak bagaimana menggunakan gadget dengan sekedarnya. beri tau kenapa harus mengenal gadget (bukan untuk main semata). bagaimana etika bermain gadget saat ada orang berbicara atau saat kumpul bersama keluarga.

dan yang terakhir adalah berilah contoh yang baik bagaimana menggunakan gadget dengan bijak. dan jangan mengenalkan gadget lebih jauh sebelum anak tersebut mulai terbiasa menirukan (tahap awal) dulu cara penggunaan gadget melalui diri anda, sebelum nanti anda memberikan hak anak untuk mengeksplorasi lebih jauh, namun juga harus ada controling juga.

yang perlu dipahami ialah tidak ada salahnya menggunakan gadget karena kebutuhan kita terkait update teknologi juga amat diperlukan, hanya saja bagaimana cara kita mengelola kebutuhan kita akan gadget. Kenalkan dulu lingkungan sekitar ajari terkait adab, norma, agama, dan sosial

Answered Dec 1, 2017
Gilang Farhan Ramadhan Mulyadi
Aeronautics and Astronautics Engineer-Rumah Kepemimpinan

Ibu adalah madrasah pertama. Setiap anak yang lahir dari rahimnya seharusnya menerima pendidikan pertama dari seorang ibu. Peran utama seorang ibu adalah mengenalkan anaknya akan dunia yang sesungguhnya.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh sebuah universitas, anak ynag pertama kali dikenalkan melalui dunia offline akan memiliki kecakapan pengetahuan yang lebih baik daripada mereka yang dikenalkan pembelajaran lewat media online atau lewat gadget.

Percobaan ini dilakukan pada dua anak kembar identik. Yang satu diajarkan melalui media offline seperti kertas, papan tulis, dan perantaraan guru. Sedangkan, yang satu lagi diperkenalkan pembelajaran lewat media-media gadget seperti kelas online, aplikasi online, dan sebagainya.

Saat diujikan, terdapat perbedaan yang signifikan antara satu dengan lainnya. Mereka yang belajar tanpa gadget memiliki kecakapan yang lebih baik dan intelektualitas ynag lebih baik daripada mereka yang belajar lewat offline.

Answered Dec 2, 2017
Azzam Muhamad Hafidz
Tukang Belajar di mana aja | Rumah Kepemimpinan A8

Belajar dari pengalaman pribadi ketika ikut membantu proses pendidikan literasi gadget kepada anak - anak di program pengabdian kemasyarakat dulu ketika SMA maupun saat Kuliah, satu hal yang penting. yakni kita harus memahami makna dari gadget itu sendiri, apa fungsi dan kegunaannya serta dampaknya, dari situ kita akan tahu bagaimana, cara seperti apa yang efektif dan kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan gadget kepada anak - anak. 

dalam tataran teknis, baiknya anak diberikan contoh dan didampingi untuk oleh orang tuanya untuk tidak tergantung pada gadget terlebih dahulu, sampai si anak kemudian mengetahui fungsi dan definisi dari gadget itu secara proporsional, sehingga kelak ia dapat survive dan percaya diri pada kemampuan dirinya tanpa perlu tergantung pada gadgetnya.

Answered Dec 3, 2017
Hafiyyan Fikri
Traveler, Intitute of Technology Bandung

Cara mengenalkan anak pada gawai (gadget) adalah dengan memperkenalkan gawai kepada anak melalui lingkungan terdekatnya terlebih dahulu. Tapi, perlu dipahami bahwa selain memperkenalkan kepada anak, orang yang memperkenalkan gawainya juga harus tahu kegunaan dan kebaikan dari penggunaan gawai terlebih dahulu.

Answered Dec 3, 2017
Zaki Vernando
Material Physics Student | Rumah Kepemimpinan

Pada zaman sekarang, tidak dipungkiri bahwa anak-anak begitu dekat dengan gawai (gadget). Namun sayangnya, walaupun terlihat sangat dekat dengan gadget, anak-anak masih banyak yang belum mengetahui apa saja kegunaan dari gadget tersebut, juga bagaimana efek dari gadget tersebut. Oleh karena itu, untuk mengenalkan gawai (gadget) kepada anak-anak, menurut saya disini penting sekali peran orang tua. Orang tua dapat mengenalkan kepada anak-anaknya apa saja sih fungsi dari gadget tersebut. Selain itu, penting juga bagi orang tua untuk mengenalkan bagaimana efek jika mereka (anak-anak) menggunakan gadget secara berlebihan.

Answered Jan 1, 2018
Awi Nanda Wijaksana
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Tak bisa di pungkiri bahwa saat ini dunia sudah dipenuhi dengan yang namanya gadget. Hampir setiap lini usia sudah menggunakannya termasuk anak-anak. Oleh karena itu, perlu diberikan arahan atau petunjuk ke anak-anak agar memakai gadget sesuai mestinya, dengan kata lain gadget harus bersifat positif. Peran orang tua sangat besar disini, karena jika tanpa pengawasan dari mereka maka anak-anak bisa terjerumus ke dalam hal yang tak baik. 

Answered Jan 2, 2018
Komunitas Anak Pintar
Akun resmi Anak Pintar, tempat berkumpulnya anak-anak indonesia

Berteman dengan gadget masih menjadi perdebatan yang menarik di kalangan profesional dan juga orangtua. Teman sepermainan saja sangat mungkin memiliki aturan yang berbeda dari orangtuanya terkait dengan penggunaan Gadget. Hal itu mungkin disebabkan oleh plus dan minus yang ada dari penggunaan gadget tersebut.

Mengingat plus dan minus yang ada, berdasarkan pengalaman praktek, pengalaman pribadi, dan literature terkait, Kami menemukan beberapa cara pertemanan yang adaptif dengan gadget.

1. berikan sesuai usia dan perkembangannya. Pastikan beberapa hal ini terpenuhi sebelum kita mulai memberikan gadget atau meningkatkan penggunaan gadget anak kita.

2. Berikan gadget sesuai dengan usianya.

3. berikan batasan waktu yang jelas. pembatasan waktu dapat dilakukan dengan cara benar-benar membatasi waktu yang ada atau dengan cara2 lain yang dengan tidak disengaja akan mempersingkat waktu anak berinteraksi dengan gadget.

4. Pengawasan secara intensif. Anak nonton youtube disamping ibu mengerjakan tugas di laptop? hmm.. dipastikan secara berkala cek apa yang anak lihat.. karena youtube blm sepenuhnya child friendly walaupun kita sudah memasang securitynya sesuai keinginan kita.

5. Pastikan anak memiliki kegiatan yang seimbang. Selain berinteraksi dengan gadget pastikan anak berinteraksi langsung dengan teman-temannya.. bermain diluar ruangan.. melakukan olahraga atau berlatih sendratari atau kegiatan seni lainnya.

*Junior Explorer adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan team klikpsikolog untuk memberikan alternative kegiatan bagi anak2 dengan tujuan mencapai keseimbangan perkembangan diaspek fisik motorik, kognisi, emosi, dan terutama sosial.

6. Contoh. Ya anak2 akan mencontoh perilaku kita orangtuanya. percuma menetapkan time limit penggunaan gadget kalau kita sendiri tidak men-time limit diri kita. percuma menerapkan aturan , no gadget during dinner time.. kalau kita masih ada whatsapp meeting di jam makan malam.. anak-anak itu peniru ulung.. diawal-awal, oirangtualah yang mereka tiru.

7. Tingkatkan Digital Quotient anak. Ini dapat dilakukan sejak kecil dengan secara konsisten menerapkan cara 1-6.

Answered Jan 10, 2018

Question Overview


10 Followers
506 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana cara mengatasi anak yang manja?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Benarkah anak yang suka tantrum memiliki kecerdasan di atas rata-rata?

Bagaimana cara yang tepat membuat anak yang pemalu menjadi aktif di kelas?

Benarkah anak yang 'fatherless' berpotensi menjadi kemayu? Mengapa?

Bagaimana cara mengatasi anak yang memiliki rasa ingin tahu berlebih?

Mengapa anak lebih baik tidur di kamar sendiri alias terpisah dari orangtuanya?

Bagaimana cara mendidik anak yang terpisah jauh dari orangtuanya?

Seberapa signifikan pengaruh pendidikan orangtua terhadap tumbuh kembang anak?

Bolehkah orangtua memaksakan mimpinya yang tertunda kepada anaknya? Mengapa?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Sejauh apakah The Return of Superman mempengaruhi cara didik orangtua kepada anaknya di Korea juga Indonesia?

Bagaimana biasanya kondisi mental anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan broken home?

Bagaimana cara membuat anak tertarik membaca?

Bagaimana menghadapi anak yang melakukan pelecehan seksual?

Keluarga apa yang menurut anda ideal?

Apa pertanyaan tersulit yang pernah ditanyakan oleh anak Anda dan apa jawaban Anda ketika itu?

Apakah Kamu Menghadiri Kelas Animasi 3D Komunitas Anak Pintar

Bagaimana membujuk anak yang tidak mau sekolah agar kembali sekolah?

Bagaimana memotivasi anak untuk belajar dengan mandiri?

Bagaimana mengatasi masalah belajar pada anak?

Apa saja yang perlu diperhatikan tentang tumbuh kembang anak usia sekolah?

Faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan pada anak?

Seberapa penting penerapan aturan bagi anak di keluarga?

Bagaimana mengelola stress sebagai orang tua?

Bagaimana cara menghadapi depresi?