selasar-loader

12 answers

Sort by Date | Votes
Goro Suseno Tumanggor
RUMAH KEPEMIMPINAN REGIONAL 6 MEDAN ANGKATAN 8 | Universitas Sumatera Utara

Ada beberapa cara untuk mengatasi depresi

1.  Rutin berolahraga

Dengan rutin berolahraga, dapat membantu tubuh kita lebih sehat, terutama bila berolahraga di pagi hari dapat menghirup udara segar, dapat pula menyegarkan pikiran kita, dan membuat hari kita menjadi lebih positif.
 

2. Berjalan-jalan

Tentu hampir semua manusia di dunia ini sangat senang jika berjalan – jalan. Maka, ada baiknya bila sobat pergi berjalan – jalan, bis ke pegunungan, pantai, ataupun danau. Lebih baik lagi jika, udara di tempat yang kita tuju masih sejuk, dan kita dapat menghirup udara segar disana.
 

3. Tersenyum dan tertawa

Segala masalah yang ada di dunia ini pasti terdapat jalan keluarnya. Oleh karena itu, tersenyum dan tertawalah atas segala masalah yang dihadapi.
 

3. Berfikir positif

Ya memang sulit untuk berpikir positif bila kita sedang dihantui perasaan tidak tenang dan dihantui depresi. Namun, tidak ada salahnya untuk kita belajar beroikir positif selalu.
 

4. Meditasi

Sebuah penelitian dilakukan tentang meditasi, didapat bahwa meditasi dapat mencegah depresi. Meditasi memberikan dampak tenang bagi diri yang melakukannya.
 

5. Yoga

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat memberikan dampak positif bagi tubuh, yaitu dapat mengatasi gangguan emosi, depresi berat, mengurangi stress, dan meningkatkan kualitas diri.
 

6. Bercerita

Jika sobat punya masalah ada baiknya berceritalah ke orang terdekat. Ini sangat ampuh sekali untuk mengatasi depresi. Karena, masalah yang dihadapi pasti akan terasa lebih ringan lagi bila ada orang terdekat yang mengetahui. Bukan tidak mungkin, jika mereka memberika saran dan nasehat yang baik untuk masalah yang kita hadapi.
 

7. Berserah diri pada Tuhan YME

Cara yang satu ini tentu cara yang paling ampuh, dengan berserah diri pada Tuhan YME meyakinkan kita bahwa semua sudah digariskan oleh NYA. Untuk orang islam dengan beristigfar dan membaca ayat-ayat al Qur'an akan membantu mendamaikan hati. Begitu pula dengan agama yang lainnya. Dengan melakukan kebaikan dan berserah diri akan membuat hati damai dan jauh dari depresi.

Answered Dec 1, 2017
Syukri Yandi
Mahasiswa FMIPA UI | Peserta Rumah Kepemimpian Regional 1 Jakarta

1. menangis di seperti sepertiga malam terakhir
2. menyibukkan diri dengan aktivitas produktif (olahraga, prestasi)
3. bersabar dan bersyukur

Answered Dec 2, 2017
Resa Paksi Mandariska
Pendididikan Dokter UGM | Rumah Kepemimpinan Reg 3 Yogyakarta

Woman enjoying sunlight

Depresi merupakan salah satu gangguan psikis yang bisa menyerang siapapun. Gangguan ini bisa menjangkiti semua kalangan umur. Untuk mengatasi depresi, dibutuhkan aksi. Namun, melakukan aksi selama masa depresi sangatlah sulit. 

Hal yang bisa mengatasi depresi adalah perkara yang paling sulit kita lakukan selama kita mengalami itu. Namun ada perbedaan mendasar antara sulit dan tidak mungkin. Percayalah, segala sesuatunya masih mungkin jika kita mau berusaha sekuat tenaga untuk mengatasinya. Karena jika kita hanya membayangkan hal-hal yang menyenangkan, olahraga, bermimpi banyak hal tidak akan memperbaiki kehidupan kita sama sekali.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

1. Tetaplah terhubung
Saat  depresi, kita cenderung nyaman untuk merasa sendiri; mengurung diri di dalam kamar, tidak mau diganggu. Ketahuilah bahwa dengan melakukan kontak sosial, kita bisa mengurasi depresi. Boleh jadi saat kita berniat untuk melakukan kontak sosial, ada perasaan-perasaan semacam takut dan malu dengan keadaan kita. Hal itu perlu diabaikan. Tetap paksalah diri untuk melakukan kontak sosial. Hal yang terbaik adalah kontak di dunia nyata, karena cara konvensional ini belum bisa tergantikan dengan ponsel, chit-chat, dan lain sebagainya.

2. Melakukan hal yang kamu sukai
Lakukanlah hobi yang kita sukai. Memancing, menari, memasak, dan lain sebagainya mampu meringankan depresi kita. Hal lainnya adalah memelihara binatang. Merawat binatang bisa mengisi waktu-waktu kosong kita sehingga dapat mengurangi gejala depresi.

3.  Bergerak
Orang yang mengalami depresi pasti enggan berolahraga. Kita cendrung meringkuk di kamar dan tidur seharian. Ketahuilah bahwa olahraga adalah senjata ampuh melawan depresi.

4. Makan makanan yang sehat
Orang yang depresi cenderung malas makan. Jadilah energinya semakin lemah, baik secara fisik maupun secara psikis.

5. Merasakan sinar matahari
Cahaya matahari bisa meningkatkan hormon serotonin dan meningkatkan mood kita. Luangkan waktu untuk mencari cahaya pada pagi hari

Sumber : 
https://www.helpguide.org/articles/depression/coping-with-depression.htm

----
Demikianlah. Secara garis besar, penanggulangan terhadap depresi bisa dilakkan melalui 2 (dua) hal:

1. Bangun persepsi yang positif.
Orang yang merasa mengalami masalah besar itu belum tentu besar secara faktual. Bisa jadi, itu terjadi karena pikirannya sendiri yang dibesar-besarkan. Selain itu, boleh jadi seseorang menjadikan suatu perkara sebagai masalah, padahal sebenarnya yang ia khawatirkan bukanlah masalah sama sekali. Sebagai contoh, banyak sekali orang yang mengeluhkan hitamnya kulit, padahal kalau kita bisa menilik hati, itulah hal yang sepatutnya kita syukuri, bukan kita permasalahkan.

2. Kuatkan interaksi dengan Allah
Ingatlah, sebelum kita merasa memiliki apapun, kita memiliki Allah. "Jagalah" Allah maka Allah akan menjagamu. Luangkan waktu untuk berdoa kepada-Nya, curhat kepada-Nya, karena dialah yang Mahakuat dan Mahakuasa atas semua hamba-Nya. :)

Answered Dec 2, 2017
Muhammad Rasyid R
Mahasiswa Teknik Kelautan ITS Surabaya-Rumah Kepemimpinan Surabaya

Depresi begitu membelenggu ketika selalu berada di aktivitas dan rutinitas yang tidak beragam. aktivitas dan rutinitas yang tidak ada tujuan besar akan mengarahkan kita pada kondisi tersebut.

perlu untuk diam sejenak dan memikirkan apa yang sudah di lakukan dan apa yang sedang di tuju. Ini akan memurnikan kembali semangat dalam hidup, kepercayaan diri, dan kondusifnya hati.

Hal yang paling sederhana untuk membantu mengurangi nya adalah dengan keluar dari rutinitas dan melaksanakan sesuatu yang sangat kita sukai. bertemu dengan orang yang paling dekat dengan kita. Dua hal ini akan membantu meredam depresi yang ada.

Answered Dec 2, 2017
Muhamad Fathan Mubin
#Psikologi UGM 2015 #Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 3 Yogyakarta

Depresi adalah afek negatif yang dialami oleh seseorang. Biasanya, depresi disebabkan oleh hal-hal yang kurang jelas dan berlangsung dalam waktu lama.

Depresi merupakan salah satu gangguan psikologis yang harus disikapi dengan baik. Cara yang bisa dilakukan ketika menghadapi depresi adalah dengan berusaha tenang dan secara sadar mengakui dan merasakan perasaan tersebut.

Silakan temui orang terdekat, bisa keluarga maupun sahabat untuk menjadi kawan terbaik mengisi saat-saat ketika Anda depresi. Selain itu, silakan mengisi aktivitas yang sekiranya bisa membuat hati senang dan menjauhi hal-hal yang bisa membuat sedih. Dengan begitu, depresi bisa diatasi dengan baik. 

Answered Dec 2, 2017
Hermansyah Lubis
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

secara defenisi depresi merupakan gangguan psikologis yan terjadi pada diri seseorang. Depresi bisa diakibitkan karena banyaknya tekanan emosional yang dihadapi seseorang. ketika anda mengalami depresi, banyka hal sebenarnya yang bisa anda lakukan untuk menghadapi, mulailah dengan melalkukan hal-hal yang anda senangi sehingga rasa depresi itu bisa teralihkan. Secara pribadi, ketika saya mengalami depresi, saya biasamengatasinya dengan membaca alquran (Berhubung karena saya muslim). Namun, itu semua tergantung anda dan kesukaan anda sendiri. Anda bisa mendengarkan musik, nonton movie atau mengambil cuti untuk liburan.

Answered Jan 1, 2018
Nunuh Nugraha
Department of chemistry IPB (2015) | Rumah Kepemimpinan

Depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati (mood) dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Menurut catatan WHO, setidaknya 350 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi dan lebih dari 800 ribu orang meninggal bunuh diri akibat depresi. 

Ketika menghadapi depresi, menurut saya pertama yang harus dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu penyebab depresi tersebut agar tepat penanganannya.Teknik pengobatan dan perawatan depresi sangat tergantung kepada jenis dan penyebab dari depresi yang dialami. Terdapat berbagai jenis obat antidepresan yang bisa digunakan dan beberapa penanganan yang bisa dilakukan sendiri. Perubahan hidup seperti sering berolahraga dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol dapat memberikan keuntungan bagi penderita depresi. Anda juga bisa bergabung dengan kelompok-kelompok terapi untuk berbagi cerita dan saling memberi dukungan. Cobalah untuk selalu berbagi cerita kepada orang-orang terdekat Anda tentang masalah yang sedang dihadapi. Penderita juga sangat disarankan untuk menemui dokter terutama jika depresi telah berlangsung lama atau parah. Makin dini penanganan depresi, kemungkinan pemulihan secara menyeluruh bisa didapatkan. 

Ketika berbagai upaya tidak bisa ditempuh, langkah utama yang bisa dilakukan adalah berserah diri dan meminta kepada Allah SWT agar lekas diberi kesembuhan. Karena sesungguhnya Allah SWT lah yyang maha menyembuhkan 

Answered Jan 2, 2018
Herman Palani
Economics student of UGM | RK 8 Yogyakarta

Fenomena depresi sering kali ditemui dikalangan masyarakat. Penyebabnya bisa macem-macem seperti, skripsi yang terus ditolak, lamaran yang ditolak, atau motif lain yang menyebabkan orang menjadi sedih. Dalam keadaan seperti ini keterbukaan sangat penting. Hindari menyendiri di kamar. Percayalah bahwa selalu ada harapan dari semua masalah yang timbul. Semangatlah dan mulailah untuk mengambil langkah pertama. Jangan biarkan kesedihan menguasai. Itu sangat berbahaya dan bisa berakhir  pada tindakan bunuh diri

Answered Jan 2, 2018
Henny Pratiwi
HENNY PRATIWI_FASILKOM_UNIVERSITAS SRIWIJAYA_CALON PENDAFTAR SELEKSI BAKTI NUSA

Cara menghadapi depresi adalah lebih memahami kembali arti dari kesabaran dan keikhlasan, menerima kenyataan dengan sadar bahwa itu semua adalah ketetapan Tuhan dan kembali menjalani hidup dengan sebaik-baiknya. Jika depresi masih pada tahap awal, ikuti terapi minum obat dengan teratur dan lakukan konsultasi permasalahan dengan orang yang tepat sebelum berlanjut periksa ke psikiater atau rumah sakit kejiwaan.

Berhentilah menyesali kesalahan yang pernah dilakukan dan berhenti menyalahkan orang lain. Hiduplah dengan kedamaian dengan keluarga tercinta. Nikmati hidup yang telah kita miliki sekarang.

Answered Jan 15, 2018
Delfitria
Mahasiswi Psikologi katanya menarik. Tapi lebih menarik puisi dan photography

Saya hanya akan menyampaikan DUA cara menghadapi depresi yang pertama kali harus Anda lakukan sebelum berlanjut pada pengobatan klinis. Ketahuilah satu hal, depresi adalah gangguan kesehatan mental. Ketika menggangggu, kesehatanmu terutama mental juga sedang tidak baik-baik saja. Seperti sakit pada umumnya yang membutuhkan pengobatan, depresi juga sangat butuh pengobatan. 

Memang, sebagian dari kita belum memahami perbedaan penggunaan kalimat depresi atau stress atau hanya kelabilan biasa. Namun, jika kamu sudah merasa tertekan, mari kita pikirkan cara penyelesaiannya.

1. Talk to someone

Memang, saya juga pernah merasakan bagaimana sulitnya mencegah diri ini untuk bercerita dengan orang--bahkan sahabat sekalipun mengenai masalah yang sedang kita alami, apalagi jika masalahnya berupa aib yang membuat kita depresi. Namun percayalah, kita sangat butuh berbicara dengan orang lain disaat depresi seperti ini.Seperti kampanye yang dilakukan oleh BEM FPsi UI 2017 lalu melalui Psychology Summit 3rd #Itsokaytotalk dengan penyebaran awareness ke beberapa fakultas. 

Jika tidak kuat untuk bercerita mengenai apa yang kamu rasakan tentang hidup ini, kamu bisa mendatangi peer counseling kampus, fakultas, atau komunitas seperti into the light. Telpon saja, bahkan katanya, Kemenkes akan segera mengaktifkan kembali hotline pertolongan yang bisa kamu gunakan untuk mencegah hal-hal berbahaya selanjutnya dari depresi. For the first, lets talk!

2. Jalanlah ke luar rumah dengan someone atau sendiri!

Saat itu, aku benar-benar tidak ingin berbicara dengan siapa-siapa. Namun bukan berarti harus mengurung diri. Mengurung diri dirumah hanya akan membuatmu berpikir hal-hal yang berkaitan dengan itu-itu saja, kawan. Keluarlah, lihat penjual sayur yang kerjanya memaksa ibu-ibu untuk membeli sepotong ayam atau melihat langit yang cerah--cumulus maupun cirrus, mengejarmu saat mengalami kekhawatiran. 

Di rumah, kita tidak menemukan apa-apa, selain yang sudah ada. Maka, keluarlah!

Answered Feb 1, 2018
sumayah sumayah
Mahasiswa Fakultas Psikologi UI, peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

Depresi dapat timbul berupa perasaan rendah diri dan merasa tidak berguna. Depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental, dalam kadar keparahannya, depresi dapat mendorong seseorang bunuh diri karena merasa tidak berguna. Jika sudah didiagnosis mengalami depresi, individu tersebut harus ke psikolog untuk mengatasinya. Namun, untuk mengurangi intensitas perasaan depresi, seseorang perlu bercerita kepada orang lain. Didengarkan orang lain dapat menimbulkan perasaan lebih tenang, selain itu timbal balik yang positif dapat sedikit mengurangi perasaan tidak berharga tersebut. Perasaan tidak berharga juga biasanya timbul karena kita membandingkan diri kita dengan orang lain dan merasa diri kita lebih rendah dibanding orang lain. Bagi yang mengalami depresi mungkin ini susah, tapi berusaha menerima kelebihan dan kekurangan diri sendiri, dan memberikan apresiasi atas pencapaian kecil yang telah dilakukan. Misalnya, setelah menyelsaikan sebuah pekerjaan berkata kepada diri sendiri, "selamat wahai diri, kamu telah menyelesaikan satu tugas tepat waktu :)"

Answered Feb 2, 2018
Muhammad Rizki Syahputra
S1 Ilmu Komputer USU|Rumah Kepemimpinan Medan

izin memberikan pendapat pribadi :

1. Tilawah
2. Jalan Jalan ke tempat yang sunyi dari hingar bingar
3. Cerita dengan orang yang kita percayai
4. Menangis kalau itu menghilanglan depresi mu

Answered Apr 3, 2018

Question Overview


14 Followers
846 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa pertanyaan tersulit yang pernah ditanyakan oleh anak Anda dan apa jawaban Anda ketika itu?

Apakah Kamu Menghadiri Kelas Animasi 3D Komunitas Anak Pintar

Bagaimana membujuk anak yang tidak mau sekolah agar kembali sekolah?

Bagaimana memotivasi anak untuk belajar dengan mandiri?

Bagaimana mengatasi masalah belajar pada anak?

Apa saja yang perlu diperhatikan tentang tumbuh kembang anak usia sekolah?

Faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan pada anak?

Seberapa penting penerapan aturan bagi anak di keluarga?

Bagaimana mengelola stress sebagai orang tua?

Mengapa mengenali dan memahami diri penting sebagai bekal pengasuhan? Apa yang perlu kita ketahui tentang diri kita?

Apakah empati itu dan mengapa penting? Bagaimana cara untuk menumbuhkan empati pada anak?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Benarkah anak yang suka tantrum memiliki kecerdasan di atas rata-rata?

Bagaimana cara yang tepat membuat anak yang pemalu menjadi aktif di kelas?

Bagaimana cara mendidik anak yang terpisah jauh dari orangtuanya?

Bolehkah orangtua memaksakan mimpinya yang tertunda kepada anaknya? Mengapa?

Sejauh apakah The Return of Superman mempengaruhi cara didik orangtua kepada anaknya di Korea juga Indonesia?

Bagaimana biasanya kondisi mental anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan broken home?

Bagaimana cara membuat anak tertarik membaca?

Bagaimana menghadapi anak yang melakukan pelecehan seksual?

Keluarga apa yang menurut anda ideal?

Bagaimana rasanya mengalami depresi atau stres berat?

Bagaimana cara mengendalikan depresi yang menekan dan bangkit dari keterpurukan?

Bagaimana Linkin Park ke depannya pasca wafatnya Chester Bennington?

Apa solusi yang ditawarkan sistem ekonomi Islam ketika dalam suatu negara terjadi depresi?

Bagaimana cara meminta bantuan ketika depresi?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Bagaimana cara mengatasi anak yang manja?

Benarkah anak yang 'fatherless' berpotensi menjadi kemayu? Mengapa?

Bagaimana cara mengatasi anak yang memiliki rasa ingin tahu berlebih?

Mengapa anak lebih baik tidur di kamar sendiri alias terpisah dari orangtuanya?

Seberapa signifikan pengaruh pendidikan orangtua terhadap tumbuh kembang anak?