selasar-loader

Bolehkah wanita menjadi vegetarian ketika sedang hamil?

Last Updated Nov 23, 2017

Menjadi wanita haruslah bijak, Terlebih pada saat menghadapi masa kehamilan biasanya ada banyak pertanyaan dari kaum hawa cantik bijak ini. Seperti pertanyaan yang satu ini  "Bolehkah wanita menjadi vegetarian ketika sedang hamil?"

eDF9XX5MGbyRXwfqMrVkvOHzISMgxSDc.jpg

Banyak wanita vegetarian khawatir tentang efek makanan yang mereka konsumsi terhadap perkembangan bayi mereka selama kehamilan. Di sisi lain, banyak yang bilang bahwa dengan perencanaan makan yang cermat, sebenarnya mereka tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

7 answers

Sort by Date | Votes
Anonymous

Saya pribadi, saya tidak setuju, sih.

Mempertahankan diet vegetarian selama kehamilan bisa menjadi pilihan sehat, namun perlu kita ketahui bahwa hal ini tidaklah semudah menghilangkan jerawat karena selama masa kehamilan tentunya kita membutuhkan nutrisi yang seimbang dan cukup.

Secara umum, semakin banyak makanan yang dilarang untuk dikonsumsi seorang vegetarian, maka semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Meskipun Anda bisa mengkonsumsi suplemen yang mungkin bisa mengisi kekurangan nutrisi tersebut, hamun apakah hal ini sehat?

G9MVuf1SCm35d52JiM5FJOxrA1wjWrFe.jpg

Seorang vegetarian lacto-ovo (yang juga makan susu dan telur), misalnya, bisa mendapatkan semua nutrisi yang dia butuhkan untuk kehamilan yang sehat melalui makanan dan suplemen multivitamin/mineral.

Di sisi lain, seorang vegetarian yang menghindari semua produk hewani perlu mengonsumsi suplemen vitamin B12 dan zat besi mungkin juga harus mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium, zinc, dan vitamin D.

Answered Nov 23, 2017

g5r-l8Apx5eeZ7arkivPIUYeDYjjlo9d.jpg

Menjadi vegetarian ketika hamil? Kenapa tidak?
Ada banyak alasan positif untuk tetap mempertahankan diet vegetarian selama masa kehamilan. Misalnya, sumber protein vegetarian lebih mudah diproses oleh ginjal. Bukanlah hal baru di mana makanan para vegetarian seringkali menjadi bagian dari cara memutihkan wajah secara alami sehingga selain sehat, makanan-makanan itu juga secara tidak langsung membantu merawat penampilan.

Menjadi vegetarian juga dapat membantu menjaga gigi dari kerusakan dan mencegah masalah umum selama kehamilan. Selain itu, diet vegetarian secara umum menurunkan risiko-risiko di bawah ini.

  • Obesitas
  • Hipertensi
  • Sembelit
  • Penyakit jantung
  • Diabetes tipe 2
  • Kanker
  • Batu empedu

Kelebihan lainnya menjadi seorang vegetarian adalah kebanyakan wanita vegetarian makan lebih sedikit makanan cepat saji dan mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi.

Answered Nov 23, 2017

Pp4AogERqnf6VONjOT8UrO_DHCPM0sMd.jpg

Jawaban pribadi saya adalah tidak. Mengapa?

Selama masa kehamilan, tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan janin. Bukan hanya tumbuh, melainkan juga berkualitas.

Jika Anda pernah hamil, pasti Anda tahu bahwa seorang ibu hamil memerlukan suplementasi asam folat dan zat besi.

Salah kaprahnya selama ini, masyarakat pada umumnya berpikir bahwa zat besi tinggi dikandung oleh bayam (karena Popeye adalah duta bayam yang populer). Namun nyatanya, zat besi tinggi terkandung dalam daging merah.

Bayangkan, jika Anda omnivora (atau pemakan segala) saja masih memerlukan suplementasi zat besi, bagaimana jika Anda vegetarian?

Seberapa penting zat besi? Zat besi adalah pengikat oksigen dalam darah. Jika zat besi rendah, manusia akan kekurangan oksigen darah dan mengganggu keseimbangan seluler jaringan.

Allah swt tentunya menciptakan segala macam makanan halal di dunia ini dengan segala manfaatnya.

Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda.

Terima kasih.

(Fyi, saya juga pernah menjadi vegetarian)

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Nov 24, 2017
Maulida Ningrum
Suka Nulis Fashion di blog pribadi tentunya

kayakanya ga boleh karena wanita pas hamil harus mencukupi dari sisi gizi dan yang lainya jangan sampe lemes , kasian dekbay nya 

CMIWWW Jika perlu beliin kue yang enak2, bisa deh cek Harga Kue The Harvest Cakes mungkin doi suka hehehe

Answered Dec 9, 2017
Adibah Rasikhah Amanto
Health Nutrition UGM 2016

Wah pertanyaan yang sangat menarik. Saya akan coba menjawab sekenanya dulu, berhubung ini ilmu yang belum saya pelajari lebih dalam (Gizi Kesehatan).

Sederhanya, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi lebih banyak dari asupan hariannya. Karena nutrisi tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan metabolisme si ibu akan tetapi juga untuk membentuk calon adik di dalam rahim ibu. Iklan televisi sering memproyeksikan bahwa produknya kaya akan asam folat yang sangat dibutuhkan si bayi. Namun, menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa tidak hanya asam folat yang meningkat kebutuhannya saat hamil, ada beberapa mineral lain seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, natrium, kalsium, dan banyak lagi.

Sebenarnya saya juga masih ragu untuk mentidakpapakan pertanyaan di atas (rencana mau konsultasi dosen dulu- hehe). Hal yang ditakutkan adalah, adanya efek samping dari kekurangan suatu zat gizi apabila si ibu hamil adalh seorang vegetarian. Bukan berarti vegetarian tidak bisa memenuhi zat gizi hariannya :). Namun ada beberapa macam zat gizi yang lebih baik bioavabilitanya apabila berasal/ bersumber dari hewani, seperti zat besi.

Hal menarik lainnya adalah, saya belum begitu paham terkait metabolisme seorang vegetarian (baik murni vegetarian, laacto vege, ovo veg

Answered Dec 20, 2017
Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

Karena pertanyaannnya boleh atau tidak, maka jawabannya adalah boleh. Tetapi jika pertanyaannya lebih baik menjadi vegetarian selama hamil atau tidak, maka jawabannya adalah tidak.

Saya akan membahas beberapa hal untuk pertanyaan ini, yaitu pentingnya nutrisi yang adekuat terhadap kehaamilan, jenis-jenis vegetarian dan dampaknya terhadap ibu dan janin, serta tips untuk vegetarian selama kehamilan.

1.  Pentingnya nutrisi yang adekuat

Selama masa kehamilan, nutrisi harus menjadi perhatian khusus karena kebutuhan akan gizi tinggi dan perannya terhadap kesehatan Ibu dan janin yang sangat penting. Ditambah kebutuhan energi meningkat pada masa kehamilan sekitar 12 persen. Hal yang menjadi penekanan di sini adalah variasi makanan yang beragam. Vegetarian cenderung menghindari berbagai sumber makanan hewani. Sedangkan apabila ditilik kebutuhan nutrisinya, sebagain besar kandungan nutrisi yang dibutuhkan berada pada sumber makanan hewani, seperti protein, asam folat, zat besi, zinc, vitamin B12, kalsium, lemak, dan lain-lain.

Menjadi sebuah keharusan untuk ibu hamil (maun tidak) untuk mengetahui bahwa kandungan beberapa zat penting yang dibutuhkan lebih besar tersimpan dalam makanan yang bersumber dari hewani (seperti kandungan zat makanan yang disebutkan di atas). selain itu, penyerapan protein, zat besi, vitamin B12 dan lainnya lebih lambat pada makanan yang bersumber dari nabati (tumbuhan) sehingga akan mempengaruhi masa pemenuhan kebuhan tubuh ibu dan janin saat kehamilan.

Misalnya protein. Protein dibutuhkan dalam jumlah yang cukup tinggi karena berperan dalam pertumbuhan janin (khususnya otak). Kualitas protein lebih tinggi didaakan dari sumber hewani seperti daging, unggas, seafood, telur, susu, dan produk susu. Protein hewani mengandung semua asam amino (ada 9) yang sangat diperlukan, sedangkan protein nabati terbatas yang rata-rata mengandung satu asam amino. Sehingga menjadi vegetarian saat hamil memungkinkan nutrisi yang kurang adekuat.

Contoh lainnya adalah zat besi, asam folat, dan zinc. Zat-zat tersebut hampir tidak dapat ditemukan pada makanan sumber nabati. Kandungan tersebsarnya terletak pada daging merah. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia yang ditandai dengan gangguan fungsi sel darah merah, kelelahan, kurangnya konsentrasi, peningkatan risiko infeksi. Dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa anemia selama hamil meningkatkan risiko perdarahan parcapersalinan, infeksi,ematian, hingga gagal jantung. Bagi janin sendiri, pertumbuhan akan menjadi lebih lambat, perkembangan motorik bayi tidak baik, berat bayi lahir rendah, dan kematian perinatal.

Pada beberapa penelitian lainnya juga mengemukakan bahwa kurangnya asupan vitamin B12 yang sering dialami oleh vegetarian menyebabkan kondisi kongenital pada jann, seperti hipospadia. Juga kekurangan-kekuranganzat nutri lainnya yang lebih tinggi terkandung pada makanan hewani menyebabkan hal-hal fatal (dapat dibaca pada sumber yang tercantum di bawah).

2. Jenis-jenis vegetarian dan implikasinya selama kehamilan

Tidak semua vegetarian memiliki risiko tinggi sesuai uraian di atas. hal tesebut dipengaruhi lagi oleh jenis-jenis dari vegetarian itu sendiri (meskipun pada umumnya non vegetarian mengkonsumsi makanan yang lebih bervariasi dibandingkan dengan semua jenis vegetarian). Vegetarian terdiri atas :

a.Vegan : keompok vegetarian yang sama sekali tidak mengkonsumsi semua makanan hewani dan turunannya seperti daging, telur, madu, royaljeli, yogurt, susu, dll.

b.Vegetarian Ovo : vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi telur.

c.Vegetarian Lacto : vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi susu.

d.Vegetarian Lacto-Ovo : vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi turunannya seperti telur, susu dan produk olahannya seperti yoghurt, keju, butter milk, dan produk turunan susu & telur lain.

Kelompok vegetarian yang paling berisiko adalah vegan karena sama sekali tidak mengkonsumsi sumber hewani juga turunannya. Sedangkan ketiga jenis vegetarian lainnya munn masih dapat memenuhi kebutuhan zat nutrient dari sumber hewani karena masih mengkonsusi telur (tinggi protein), susu (tinggi kalsium), dan lain sebagainya. Dalam beberapa penelitian juga menekankan tipe vegan-vegetarian yang memiliki ririsko tinggi mengalami defisiensi zat besi dan dampak-dampak serius lainnya (misalnya kongenital).

3.  Tips untuk Ibu hamil yang tetap memilih menjdi vegetarian

Seperti jawaban di atas, apabila pertanyaannya bolehkah menjadi vegetarian atau tidak maka jawabannya boleh. Akan tetapi, penting menjadi perhatian khusus bagi Ibu dan keluarga terhadap pemenuhan nutrisi yang tidak dapat ditolerir selama masa kehamilan. Karena vegetarian mengkonsumsi makanan yangkurang bervariasi, terlebih sumber hewani yang kaya akan nurisi yang dibutuhkan ibu selama hamil, maka satu-satunya jalan adalah mengkonsumsi makanan (yang terkategori sumber nabati) dalam jumlah yang lebih banyak dan harus dibarengi dengan suplemen sesuai kebutuhan yang kurang terpenuhi dari sumber nabati. Misalnya suplemen vitamin B12, zat besi, asam folat, kalsium, dan lain-lain.

Oleh karena itu, menjadi vegetarian maupun non vegetarian selama hamil sebetulnya tidak ada larangan berdasarkan hasil penelitian. Akan tetapi meningkatnya kebutuhan nutrisi pada ibu hamil menjadi alasan kuat untuk direkomendasikan ibu memilih untuk menjadi non vegetarian.

Saat wanita memilih akan menjadi Ibu, maka konsekuensinya dia tidak lagi memikirkan diri sendiri, tetapi juga generasi yang akan dilahirkan. Menjadi vegetarian memang hak setiap orang, termasuk ibu hamil. Tetapi menjadi non vegetarian adalah pilihan bijak untuk melahirkan generasi sehat.

 

Referensi :

1.Wennberg, A.L., Lundqvist, A., Hogberg, U., Sandtrom, H., Hamberg, K. (2012). Midwifery Journal : Wome’s experiences of dietary advice and ditary changes during

2.Lee, Amelia., Newton, M., Radclife, J., and Belski, R. (2017). Women and Birth Journal :...(more)

Answered Jan 4, 2018
Noviana Nur Sari
Fakultas Biologi UGM Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 3 Yogyakarta

jawabannya boleh, namun lebih baik tidak. Mengapa? karena semua asupan sang bayi didapatkan dari sang ibu sehingga menurut saya wanita harus memenuhi semua komponen mleiputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Ketika memutuskan menjadi vegetarian ketika kondisi hamil kurang tepat karena janin tidak mendapatkan semua komponen yang dibutuhkan, sedangkan sang ibu adalah penyuplai semua komponen yang dibutuhkan oleh janin. Oleh karena itu, jawabannya boleh namun lebih baik tidak.

Hasil gambar untuk 4 sehat 5 sempurna

Answered May 5, 2018

Question Overview


7 Followers
636 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Bagaimana Anda berhasil menurunkan berat badan?

Olahraga apa yang paling efektif untuk menurunkan berat badan?

Bagaimana pengalaman Anda diet food combining?

Apa itu Diet Ketogenic Fastosis?

Komitmen tersulit ternyata bukan pada pasangan tapi pada program diet, bagaimana menurut Anda?

Jenis diet apa yang Anda jalani?

Apakah mengonsumsi sayur secara rutin dapat menurunkan berat badan? Mengapa?

Makanan apa saja yang dapat dikonsumsi oleh orang yang sedang diet? Mengapa?

Apa saja jenis diet yang biasa dilakukan seseorang?

Diet jenis apakah yang aman bagi tubuh?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Apakah botol parfum wanita paling indah yang pernah Anda lihat?

Bagaimana cara mendekati/PDKT dengan wanita yang benar?

Apakah sebelum berhijab kita harus menghijabkan hati kita dulu?

Apakah menyukai pria mapan lantas membuat perempuan menjadi materialistis (matre)?

Calon istri atau istri seperti apa yang kamu dambakan?

Bagaimana laki-laki memandang wanita alpha?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Apa kriteria tingkatan tertinggi wanita salihah itu yang mau dipoligami?

Apa yang harus disiapkan di masa pra kehamilan untuk calon ibu?

Apa tanda-tanda kehamilan?

Kenapa bayi yang lahir zaman sekarang diberikan nama dengan penulisan aneh dan agak sulit diucapkan?

Bagaimana cara terbaik menjawab pertanyaan anak, "Bagaimana cara sperma dan ovum bertemu sampai terjadi kehamilan?"?

Apa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa mual saat hamil?

Bagaimana perasaan Anda ketika mengetahui Anda akan memiliki anak?

Bagaimana hukumnya jika seseorang bersenggama saat istri sedang hamil?

Apa perbedaan air ketuban dengan plasenta?

Apa saja penyebab keguguran pada kandungan?

Apa itu TORCH?