selasar-loader

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Last Updated Dec 2, 2016

4 answers

Sort by Date | Votes
Rezha Taufani
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

aksi-penolakan-kurikilum-2013-3.jpg

Sewaktu awal masuk kampus saya langsung di gembleng sama senior-senior untuk turun ke jalan memperjuangkan hak saya sendiri untuk masalah uang semester yang menigkat bengkak dibandingkan dengan angkatan senior-senior saya. Kebetulan saya masih culun waktu itu, belum pernah sama sekali ikut yang namanya demonstrasi. Maklum, di pesantren saya cuma biasa melihat demonstrasi dari berbagai kelas masyarakat yang ditayangkan di berita saja.

Waktu itu saya didorong untuk orasi di depan banyak orang, apalagi membelakangi gedung kampus yang isinya staf dan birokrat kampus semuanya hahaha. Tapi semenjak aksi ini terjadi, rentetan aksi terjadi dengan mengangkat tema uang kuliah yang benar-benar naik drastis tanpa ada bentuk penjelasan secara kronologis kepada kami mahasiswa waktu itu.

Saya lebih memilih bergerak tanpa membawa bendera yang warna-warni, yang saya bawa cukup bendera jurusan saya waktu. Saya memilih bergerak atas ideologi dan fakta masalah yang terjadi di jurusan saya ketimbang dibawa oleh kepentingan pihak lain. Bisa dibilang singa liar lah untuk pergerakan ketika dikampus. he..he

Answered Aug 5, 2017

Menurut saya, ada dua. Pertama, masa orientasi. Maba (mahasiswa baru) diarahkan untuk dapat mengenali lingkungan kampus, termasuk fasilitas-fasilitasnya. Mereka juga akan diberikan beberapa motovasi diri untuk beradaptasi terhadap hal-hal yang akan dijumpai dalam kampus.

Kedua, hal dan pengalaman baru. Dalam hal pertemanan, misalnya, mahasiswa baru pasti akan mendapat teman-teman baru yang tentunya berasal dari berbagai penjuru daerah. Berkaitan dengan pengalaman baru, mahasiswa baru kelak akan menjumpai pengalaman-pengalaman yang mungkin belum didapatkan saat belum menjadi mahasiswa.

 

Answered Aug 5, 2017
Lutfiningtyas Maharani
Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM l Rumah Kepemimpinan Region 3 Yogyakarta

Menentukan masa depan alias tujuan.

Menurut saya, itu adalah peristiwa besar yang harus saya mulai dari kehidupan kampus. Bagi saya, dunia kampus seperti makan di restoran atau tempat makan prasmanan. Sangat beragam, lauk dan sayurnya. Nafsu berkata, cicipi semuanya. Namun, logika menangkal. Berapa banyak uang yang ada di dompet? Seberapa besar kapasitas perut menapung isi makanan?

Seperti itulah dunia kampus. Bila tanpa perencanaan matang terkait tujuan apa yang ingin digapai, kita akan terombang-ambing seperti gabus mengapung di lautan.

Answered Nov 18, 2017
Dian Fhaatma Thaib
Core Lead Team Psychological First Aid (PFA) F. Psikologi Universitas Indonesia

YpEPInMULNU7OiPok1KGxlDMMEDqRSLD.jpg

[Peristiwa itu bernama identity confusion]

Setiap jenjang dan fase kehidupan yang kita jalani tentu ada peristiwa besar terjadi,  salah satunya dimasa perkuliahan, satu dua peristiwa besar pasti pernah terjadi dimasa ini. Sebagai seorang mahasiswi yang berkesempatan belajar di psikologi,  saya mendapat banyak pengetahuan baru seputar isu-isu perkembangan manusia,  hal itu banyak saya temukan di mata kuliah Psikologi Perkembangan di semester 3 lalu. 

Masa kuliah menjadi salah satu isu penting mengingat masa ini melibatkan 2 tingkatan  perkembangan berdasarkan rentang usia yaitu masa remaja dan dewasa awal. Dua tingkatan ini menjadi krusial,  sebab fase identity confusion terjadi disini. Masa remaja yang erat kaitannya dengan pencarian identitas,  keinginan menemukan banyak hal baru serta emosi yang belum stabil menjadi karakteristik paling umum pada remaja.

Saat SMA,   pembahasan mengenai pencarian identitas ini mungkin terdengar lumrah dan biasa,  namun setelah saya belajar lebih lanjut saat kuliah, saya mulai memahami bahwa proses tersebut sungguh bukan perkara sepele dan enteng-enteng saja. Proses pencarian identitas itu tidak pernah semudah kedengarannya  dan hal itu turut saya rasakan sendiri. 

Usia remaja akhir umumnya terjadi di tahun pertama dan kedua masa perkuliahan, masa-masa ini menjadi sulit karena seorang individu semakin terdesak untuk segera menemukan siapa mereka sebenarnya dan bagaimana mereka ingin dikenal oleh orang lain. Desakan ini muncul karena banyaknya tanggung jawab beserta konsekuensi yang harus ditanggung sebagai manusia dewasa.  Karakteristik perkuliahan yang jauh berbeda dengan pengalaman pendidikan formal sebelumnya (SD,  SMP,  SMA) menambah rumit situasi yang ada. Keadaan seperti seperti kali pertama berpisah dengan orang tua,  gaya belajar baru, serta pertemuan dengan orang-orang yang sangat heterogen (terutama bagi anak rantau) dalam segi pemikiran, watak dan perilaku yang  juga turut  mengharuskan individu tersebut pintat-pintar dalam memilih arus pertemanan. Begitulah,  masa remaja khususnya remaja akhir kian pelik dengan segudang tuntutan kedewasaan plus tantangan kehidupan kuliah yang tidak bisa dikatakan biasa-biasa saja. 

Oleh karen itu, masa ini menjadi kritis sebab keputusan-keputusan yang diambil akan mempengaruhi kehidupan dimasa mendatang. Misalkan saat seorang mahasiswa memilih untuk menyibukkan diri di organisasi kampus,  keputusan ini akan mempengaruhi citra ia dimata orang lain seperti dianggap atau di cap sebagai seorang 'aktivis kampus',  tuntutan akademis dan organisasi akan mempengaruhinya dalam hal menaruh prioritas dan melatih beragam respon saat situasi tidak terduga hadir,  kegiatan ini pun juga sangat mungkin mempengaruhi pilihan karirnya kelak. 

Pada usia dewasa awal yang biasanya terjadi di tahun ketiga dan keempat perkuliahan,  seorang individu umumnya mulai membangun hubungan yang dekat dan intim dengan teman atau calon pendampingnya kelak. Hal ini akan menjadi suatu tantangan tersendiri  karena menjadi awal penentuan memasuki fase kehidupan selanjutnya, yakni fase dewasa yang sesungguhnya. 

Sebagai tambahan,  beberapa gejala atau gangguan psikologis mulai terjadi pada fase perkuliahan (usia remaja akhir-dewasa awal), hal ini yang menjadikan masa kuliah menjadi lebih berat dan beresiko.

Maka dari itu, untuk semua yang merasa banyak mengalami kebingungan,  frustasi,  rasa ingin  berhenti saat menjalani perkuliahan,  percayalah bukan kita sendiri yang mengalami hal tersebut. Ada banyak orang yang juga mengalami hal serupa. Karenanya,  alangkah lebih baik kalau kita mebagi segala keresahan dan kebimbangan tersebut,  sebab hal-hal yang berat jika dihadapi bersama tentu lebih mudah dan melegakan. 

Hidup mahasiswa,  selamat menemukan dan menyelesaikan apa yang sudah dimulai ;) 

Answered Dec 1, 2017

Question Overview


5 Followers
756 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Pelajaran terbaik apa yang kamu dapatkan dari kehidupan kampus?

Siapa teman terbaik yang pernah kamu kenal di kampus?

Ketika ada mahasiswa senior yang memberikanmu ancaman di awal masa kuliah, apa yang kamu lakukan?

Mata kuliah apa yang paling susah menurut Anda dan mengapa?

Mata kuliah apa yang paling mudah menurut Anda dan mengapa?

Apa pembelajaran paling berharga yang Anda dapatkan ketika di kampus?

Apa saja bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk belajar sekaligus mendapatkan pendapatan, tapi tidak begitu mengganggu kuliah?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Apakah warna jaket almamater Universitas Gadjah Mada (UGM)?

Lebih penting mana, IPK atau organisasi?

Mengapa kita harus kuliah?

Bisakah kesuksesan diraih tanpa harus kuliah?

Apa motivasi terbaik Anda untuk seseorang yang mulai jenuh kuliah?

Apa strategi terbaik untuk mendapatkan IPK tinggi tapi tetap santai dalam kuliah?

Bolehkah ikut BEM meskipun sebenarnya tidak tertarik dengan dunia pergerakan mahasiswa?

Ketika menyadari bahwa Anda salah jurusan, apa yang Anda lakukan?

Pernahkah Anda di-drop out (DO) ketika kuliah?

Apa peristiwa paling menyebalkan ketika sedang mengerjakan skripsi?

Bagaimana Anda memaknai tujuan kehidupan?

Siapa orang yang selalu menyemangati hidup Anda?

Apakah pendidikan anti korupsi sejak dini itu penting? Mengapa?

Apakah Anda tahu bahaya dari korupsi?

Siapa Drs. Musholli, pendiri Nurul Fikri?

Bagaimana cara agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Psikologi?

Apa yang membuat seseorang kurang disukai?

Apakah seseorang yang mempunyai kepribadian introvert bisa berubah menjadi seseorang yang berkepribadian ekstrovert?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang membuat Demam Berdarah menjadi salah satu penyakit yang berujung kematian?

Apa tips yang paling efektif untuk melancarkan buang air besar?

Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi rasa bosan?

Apa itu asam urat?

Apa menurut kamu studi banding ke luar negeri ke beberapa negara maju untuk guru itu perlu dilakukan?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang guru sekolah dasar?