selasar-loader

Jika kamu bisa mengatasi satu masalah kesehatan di Indonesia, masalah apakah itu dan mengapa?

Last Updated Nov 21, 2017

Indonesia masih menghadapi berbagai permasalahan kesehatan. Di antara permasalahan-permasalahan itu, masing-masing dari kita tentu mempunyai pandangan tentang masalah mana yang paling perlu diatasi segera.

6 answers

Sort by Date | Votes
imam laksono
Mahasiswa Unversitas Airlangga Email: lmamlaksono@gmail.com ig: imamsolikin.dl

Penyakit yang ingin saya atasi adalah diabetes. Alasan saya memilih penyakit ini yaitu karena kini, banyak dari rakyat Indonesia yang terserang penyakit diabetes.

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula penderita. Selain itu, penyakit ini juga akan terwaris pada keturunan penderitanya. Setelah penyakit ini menyerang penderita, maka penyakit ini akan menyerang seluruh saraf pengguna yang paling terserang, yaitu mata. Ketika penderita terserang penyakit ini, akan terjadi kebutaan pada matanya.

Masyarakat Indonesia seakan meremehkan diabetes, padahal apabila telah terkena penyakit ini, maka akan sulit dalam penyembuhannya. Alasan lain saya memilih diabetes yaitu karena nenek saya meninggal karena penyakit ini.

Answered Nov 22, 2017
Aulia Hanifah
Mahasiswi Farmasi Universitas Indonesia | Tiara 8, Rumah Kepemimpinan Awardee

sebagai mahasiswa kesehatan, yang nantinya akan berkecimpung di dunia kesehatan Indonesia, tentunya saya mempunyai mimpi untuk memberikan pelayanan terbaik saya bagi masyarakat Indonesia. sejatinya, masalah kesehatan bukan dinilai dari punah atau tidaknya suatu penyakit. namun bisa atau tidaknya suatu negara dalam mencegah maupun menanggulangi suatu penyakit hingga angka harapan hidup di negara ini meningkat.

sederhananya, penyakit dapat diklasifikasikan menjadi dua, communicable (menular) dan non-communicale (tidak menular) disease. tentunya, seluruh jenis penyakit dapat dicegah penyebarannya. itulah mengapa ada peribahasa yang mengatakan "mencegah lebih baik daripada mengobati". untuk keduanya, perbaikan gaya hidup masyarakat dapat menjadi kunci utama untuk mencegah penyebaran suatu penyakit. misalnya, pengetahuan sesederhana tidak menggunakan alat makan bersama dengan penderita TBC dapat mencegah pencemaran TBC. atau, kebiasaan untuk berjalan santai 30 menit setiap hari baik bagi remaja maupun lansia dapat mencegah munculnya jantung koroner; makan makanan bergizi setiap harinya, mengurangi cemilan, dapat mencegah timbulnya diabetes nantinya.

untuk itu menurut saya, menyelesaikan masalah kesehatan bukan hanya sekedar mengatasi satu penyakit tertentu, namun mengupayakan bagaimana tenaga kesehatan dan para stakeholer yang terlibat di dalamnya dapat berusaha bersama-sama memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. saat ini, Indonesia memiliki program unggulan di bidang kesehatan yang bernama JKN, jika anda membaca runut sistem JKN yang ada di web kemenkes, sistem ini sesungguhnya sangat ideal untuk masyarakat Indonesia. namun realitanya, masih banyak pasien yang mengeluh terhadap diskriminasi dalam sistem ini maupun lambatnya pelayanan terhadap pasien yang menggunakan JKN. sehingga langkah yang ingin saya ambil adalah masuk ke dalam sistem dan mencari jalan tengah terhadap masalah yang ada. karena ketika saya menelisik dan mencoba memposisikan diri saya sebagai tenaga kesehatan di era JKN, setiap tindakan yang mereka lakukan, pastilah ada sebabnya. untuk itu,perlu untuk terjun langsung ke lapangan untuk menelaah dasar masalah yang ada.

Answered Nov 27, 2017
Ainna Fisabilla
Seorang pendongeng dan menekuni bidang sanitasi

Salah satu alasan saya mendirikan Emcekaqu adalah untuk mereduksi angka kesakitan anak akibat diare dan juga stunting yang sangat berkorelasi dengan keadaan sanitasi rumah tangga. Saya, sebagai calon tenaga kesehatan dan juga sebagai anak yang hampir meninggal akibat diare, memiliki keinganan yang sanagt besar untuk membuat Indonesia lebih baik pada masalah sanitasi yang dapat menyebabkan kedua penyakit diatas. 

Hal ini akrena diare masih menjadi pembunuh anak Indonesia di bawah umur 5 tahun kedua terbesar di Indonesia. Padahal, diare adalah penyakit yang amat snagat bisa dicegah. Mungkin, memang penyakit diare tidak bisa benarbenar lenyap di muka bumi, toh, kita aja yang memiliki sanitasi layak masih sering terkena diare kan? tapi saya ingin sekali mereduksi angka kematian Balita akibat diare di Indonesia dengan memperbaiki sanitasi di Indonesia

Answered Nov 29, 2017
Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

Saya sejak awal masuk ke dunia kesehatan memang sudah memilih untuk fokus pada kesehatan anak. Anak adalah usia emas yang sangat penting diperhatikan karena kelak mereka yang akan memimpin bangsa ini. Sehingga untuk masalaah kesehatan saya juga berfokus pada masalah kesehatan anak.

Menurut data dari World Health Organization (2015) penyakit saluran napas menjadi penyebab utama angka morbiditas dan mortalitas pada anak diseluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang. Penyakit saluran napas dapat dijumpai dalam berbagai bentuk, salah satunya yang tersering dalam bentuk pneumonia. Pneumonia merupakan bentuk infeksi saluran napas bawah akut di parenkim paru yang serius.

Di Indonesia, pneumonia juga menjadi penyebab utama kematian dan kesakitan pada balita (Pusdatin, 2016). Hal tersebut dikarenakan tanda gejala yang umum terjadi seperti demam, muntah, batuk pilek, kesulitan bernapas, nyeri dada dan lain-lain. Sehingga orangtua pada umumnya menganggap anak sakit ‘biasa’ dan diberikan penanganan seadanya. Pneumnia yang dialami seringkali terdeteksi saat kondisi anak semakin parah.

Oleh karena itu, deteksi dini pneumonia adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Orangtua perlu dikenali sejak dini tentang tanda gejala yang mungkin muncul dan tindakan yang seharusnya diambil dalam memberikan pertolongan pertama pada anak.

Kesehatan anak menjadi faktor penting dalam proses tumbuh kembangnya menuju rema dan dewasa yang mampu menuntukkan kinerja dan karakter yang diharapkan.

Referensi :

1. WHO (2015)

2. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI (2016)

Answered Nov 29, 2017
Ahmad Fauzan Kamaluddin
Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan Jakarta

Sebagai mahasiswa yang cukup aktif di berbagai kegiatan baik intra maupun ekstra kampus dan menjalani kegiatan perkuliahan pada umumnya. Saya seringkali menemukan penyakit yang mengganggu, kegiatan sehari-hari mahasiswa, yaitu anxiety disorder. Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah kecemasan yang intens dan berlebihan yang dialami seseorang, dengan frekuensi yang cukup sering, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk beberapa kasus, kecemasan berlebihan seringkali menimbulkan serangan panik bahkan berujung bunuh diri.

 

Answered Dec 2, 2017
Hermansyah Lubis
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Beberapa bulan lalu, saya pernah mengisisiasi sebuah gerakan yang saya sebut dengan GALAH (Gerakan lawan Hipertensi). Gerakan ini berfokus dalam peningkatan kesadaraan masyarakat akan pentingnya mencegah hipertensi. Hal ini dikarenakan banyak hari ini masyarakakat yang tidak sadar akan bahaya dari hipertensi itu sendiri, sehingga kebanyakan dari masyarakat hidup dengan lifestyle sesuka mereka dan jarang sekali masyarakat secara sadar rutin men-chek tekanan darah mereka. Nah, Jika saya disuguhkan dengan pertanyaan masalah kesehatan apa yang ingin saya atasi, maka jawabannya adalah masalah hipertensi. kenapa??, karena tekanan darah merupakan hal yang sangat vital dalam tubuh manusia. Jika tekanan darah ini bermasalah maka akan berdampak ke tubuh yang lainnya terutama jantung. Tingginya kasus hipertensi di indonesia juga yang akhirnya membuat penyakit seperti kardiovaskuler menjadi penyakit pembunuh nomor 1 di indonesia. Bayangkan saja, 1 dari 3 kematian di indonesia itu diakibatkan oleh  penyakit kardioavaskuler. Apabila kita runut kebelakang penyebab dari penyakit kardiovaskuler tersebut, tentu salah faktor penyebab utamanya karena penyakit hipertensi.

Answered Dec 2, 2017

Question Overview


8 Followers
435 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Manfaat Daun Sirsak Untuk mengobati Diabetes

Apa yang akan terjadi jika Anda tidur setelah makan?

Apakah ada kajian ilmiah mengenai keputusan menolak vaksin?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?