selasar-loader

Pelajaran terbaik apa yang kamu dapatkan dari kehidupan kampus?

Last Updated Dec 2, 2016

5 answers

Sort by Date | Votes
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

wrIKM6wR-9BfDu433opXGCF1V56cOJ5D.jpg

Kehidupan kuliah merupakan persiapan besar menuju kehidupan pascakuliah, seperti kehidupan di dunia kerja dan kehidupan setelah berkeluarga.

Karenanya, akan sangat baik apabila saat kuliah kita tidak hanya fokus pada kegiatan akademik saja, tetapi juga mengembangkan soft skill seperti kemampuan bersosialisasi.

 

sumber gambar: blogspot.com

Answered Dec 15, 2016
Jauhar S. Muhammad
Your friendly counselor, Mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga

Gambar terkait

Well, menurutku, ga ada yang beda sih.

Semua pelajaran (nonakademik lho ya) yang ada di kampus bisa juga kok kita dapetin di dunia nyata. Dari kemampuan organisasi, manajemen waktu, kemampuan berbicara, semuanya bisa kok kalian dapetin. Tapi, bagiku sih kampus merupakan "fasilitator" penyedia semua kebutuhan kemampuan yang kita perlukan dunia nyata. Apalagi dengan adanya sistem perkuliahan, kita bisa lebih tahu apa konsekuensi dari yang kita lakukan. 

Misalnya, kalau malas, ya nilai jelek, kalau cuek pendiem, ya ga punya temen, kalau gimana ya gimana, ada banyak banget pokoknya. Jadi (hehe), kalau balik ke pertanyaan awal, apa sih pelajaran terbaik yang aku dapetin dari kampus itu? Jawabannya adalah.....

Rasain aja deh dunia perkuliahan, nikmatin tiap momennya, ga bisa dijelasin lagi hahaha *peace

 

Ilustrasi via blogspot.com

Answered Jul 14, 2017
Saraqael Nareswara
Petualang, Seniman, Mahasiswa s1 Psikologi di UNAIR

H5nsKlRx22NRll3rDoKUKrkFwivExwUN.jpg

Mungkin lebih tepatnya bukan pelajaran terbaik, pelajaran yang menyenangkan di kampus adalah pelajaran yang mampu membuat saya untuk menjalani hidup ini menjadi lebih baik. Pelajaran itu adalah Psikologi Kepribadian. Mungkin teorinya banyak, tapi banyaknya teori itu membuat saya lebih suka untuk mengamati, mendengarkan, dan melakukan action untuk hidup bersama mereka. Bukan hanya diam merenung, tetapi diam untuk membiarkan mereka bersuara, mengamati dan membiarkan mereka bertingkah apa adanya, dan bertingkah laku yang cocok di publik namun tetap membuat mereka bahagia. Itulah yang saya dapatkan ketika saya enjoy sama pelajaran ini.

 

 

Answered Jul 17, 2017
Lutfiningtyas Maharani
Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM l Rumah Kepemimpinan Region 3 Yogyakarta

Pelajaran yang paling menarik selama di kampus adalah belajar memiliki alasan yang dapat dipertanggung jawabkan. Karena dunia kampus sangat bebas. Perubahan status siswa jadi Mahasiswa bermakna punya sesuatu yang lebih, lebih dewasa, lebih berfikir moderat, lebih bisa bertanggung jawab dan tentunya lebih bijaksana. Karena menurut saya dunia kampus mengajarkan kita untuk memiliki konstruksi berfikir yang dapat dipertanggung jawabkan tak hanya asal-asalan apalagi sekedar ikut-ikutan

Answered Nov 2, 2017

Ketika memasuki dunia perkuliahan, saya merasa menjalani kehidupan yang berbeda dari kehidupan sebelumnya, yaitu masa-masa masih sekolah dulu. Kehidupan kampus mengajarkan arti kemandirian, belajar untuk bertanggung jawab dari segala tindakan yang kita lakukan, serta membuat sebuah keputusan. Jalan yang akan kita ambil akan menentukan masa depan dan ada di tangan kita sendiri.

Terkadang, terasa menyenangkan jika kita dapat bersosialisasi dengan banyak orang dari berbagai daerah, menemukan banyak sekali karakter pribadi orang lain, serta menemukan berbagai macam permasalahan dan hal-hal lainnya. Hal-hal seperti inilah yang membuat kita bersikap dewasa.

Menurut saya, kehidupan kampus secara tidak langsung akan merubah sebagian besar pola pikir kita di masa lalu. Dari sini, berbagai macam permasalahan akan dihadapi. Secara tidak langsung dan tanpa disadari, pandangan arah hidup akan berubah.

Answered Nov 25, 2017

Question Overview


6 Followers
1088 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Universitas apa yang paling indah di dunia?

Apa tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Siapa teman terbaik yang pernah kamu kenal di kampus?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?

Ketika ada mahasiswa senior yang memberikanmu ancaman di awal masa kuliah, apa yang kamu lakukan?

Mata kuliah apa yang paling susah menurut Anda dan mengapa?

Mata kuliah apa yang paling mudah menurut Anda dan mengapa?

Apa pembelajaran paling berharga yang Anda dapatkan ketika di kampus?

Apa saja bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan mahasiswa untuk belajar sekaligus mendapatkan pendapatan, tapi tidak begitu mengganggu kuliah?

Apakah warna jaket almamater Universitas Gadjah Mada (UGM)?

Lebih penting mana, IPK atau organisasi?

Mengapa kita harus kuliah?

Bisakah kesuksesan diraih tanpa harus kuliah?

Apa motivasi terbaik Anda untuk seseorang yang mulai jenuh kuliah?

Apa strategi terbaik untuk mendapatkan IPK tinggi tapi tetap santai dalam kuliah?

Bolehkah ikut BEM meskipun sebenarnya tidak tertarik dengan dunia pergerakan mahasiswa?

Ketika menyadari bahwa Anda salah jurusan, apa yang Anda lakukan?

Pernahkah Anda di-drop out (DO) ketika kuliah?

Apa peristiwa paling menyebalkan ketika sedang mengerjakan skripsi?

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?