selasar-loader

Bagaimana cara Alibaba mengalahkan eBay di China?

Last Updated Nov 15, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Arfi Bambani
Cofounder dan Chief Content Officer Selasar

Pada September 1998, eBay melakukan initial public offering di Amerika Serikat. Nilai perusahaan e-dagang customer to customer ini melonjak dari $2 miliar menjadi $30 miliar dalam satu setengah tahun setelah IPO. Kemunculan eBay ini membuat sejumlah wirausahawan Cina meluncurkan perusahaan yang mirip, di antaranya terdapat Shao Yibo.

Shao yang pulang dari Harvard Business School pada Juni 1999 mendirikan EachNet sebagai e-dagang seperti eBay di China. Tak perlu waktu lama bagi situs ini untuk bersaing dengan situs-situs sejenis. Belakangan, EachNet diakuisisi eBay, dijadikan eBay versi China.

Di saat yang sama, Alibaba yang merupakan e-dagang business to business atau menghubungkan perusahaan dengan perusahaan juga sedang berjaya. Jack Ma, pendiri Alibaba, berpikir bahwa inilah saatnya untuk memasuki pasar e-dagang konsumen seperti yang dilakukan eBay.

"Saat itu, hanya ada dua perusahaan di Cina yang memahami pasar online, eBay dan Alibaba. Saya khawatir bahwa beberapa pedagang besar di eBay akan mengembangkan bisnisnya dan bersaing di segmen B2B," kata Jack Ma.

Jack Ma kemudian menyiapkan beberapa pentolan Alibaba, mengasingkan mereka di sebuah tempat di mana dulu Alibaba.com dirancang, dan menugaskan mereka untuk menyiapkan situs Taobao.com, sebuah situs C2C yang akan menjadi lawan eBay di masa depan. Jack Ma mengibaratkan, eBay adalah hiu di lautan lepas, sementara Taobao adalah buaya di Sungai Kuning. Tentu di Sungai Kuning, buaya lebih hebat daripada hiu.

Taobao kemudian berhasil mendapatkan traction pengguna dengan beragam pendekatan yang tak dilakukan eBay. Beberapa hal yang dilakukan Taobao adalah sebagai berikut.

1. Jika eBay menerapkan komisi atas penjualan, Taobao menggratiskan biaya kepada pengguna.

2. Jika eBay menjual produk standar, Taobao membolehkan perdagangan yang tidak standar seperti menjual tali sepatu, sol sepatu, dan lain-lain.

3. Taobao berpikir bagaimana membuat dagangan banyak dan karena banyak akan menghasilkan daya tarik untuk membeli.

4. Taobao membuat rancangan user interface dan user experience yang lebih baik, yang lebih sesuai dengan pasar Cina.

5. Taobao menggunakan payment system yang disebut Alipay, yang berbeda dengan eBay yang mengandalkan kartu kredit. Sementara kita tahu, penetrasi kartu kredit di Cina sangat kecil.

Itu belum termasuk sejumlah keunggulan lain Taobao sehingga pelan-pelan mereka menguasai pasar C2C Cina.

Namun, kekalahan eBay sebenarnya terjadi karena dirinya sendiri. Sejak mengakuisisi EachNet, peran Shao Yibo semakin mengecil sampai kemudian dia mengundurkan diri. Peran Silicon Valley semakin dominan sementara yang mengetahui bagaimana pengguna tentu para petinggi eBay di Cina. Sederetan kekacauan-kekacauan itu terjadi sampai pada akhirnya membuat eBay bertekuk lutut kepada Alibaba.

 

Answered Nov 15, 2017