selasar-loader

Mengapa bawang merah bisa membuat kita menangis?

Last Updated Nov 10, 2017

Bagi beberapa orang, mengiris bawang merah bukanlah masalah besar. Tapi bagi sebagian lainnya, hal ini dapat menyebabkan reaksi âsengatanâ yang menyebabkan keluarnya air mata dan ketidaknyamanan karena bagi wanita bisa saja melunturkan produk perawatan wajah yang sedang dipakai, sedangkan bagi pria bisa jadi kelihatan cengeng gitu, ya! Hehehe.

Jadi, kenapa mencincang atau memotong bawang merah dapat membuat kita menangis?

 

1 answer

Sort by Date | Votes
Anonymous

Enzim dalam bawang melepaskan gas yang menyengat saat Anda mengirisnya, lalu saat gas bersentuhan dengan mata dan membentuk asam sulfat yang mengakibatkan rasa pedih di mata. Jadi mengapa bawang yang membuat Anda sehat, tapi juga dapat membuat Anda menangis? Itu mungkin karena mata Anda lebih sensitif. Pasalnya, beberapa orang hanya merasakan sedikit atau bahkan tidak terhadap reaksi asam sulfat tersebut.

Ada orang yang memiliki sensitivitas mata yang lebih rendah. Sementara beberapa orang merasa bahwa mereka telah memakai lensa kontak untuk mengurangi air mata ketika mengiris bawang, tapi mungkin benda ini tidak memberikan efek signifikan terhadap beberapa dari penggunanya.

 

Mengatasi ketidaknyamanan yang disebabkan bawang merah

Sebagai ibu rumah tangga, Anda tentunya haruslah memahami cara mengakalinya. Saya punya tips agar tidak menangis ketika sedang mengiris bawang merah. Berikut adalah tips dari saya.

  • Untuk meminimalkan ketidaknyamanan yang dipicu bawang merah, Anda dapat membekukan bawang sebelum memotongnya. Suhu dingin menyebabkan pelepasan enzim lebih lambat.
  • Anda juga bisa memotong bawang dari ujung atas di mana bagian kulit bersatu, bukan dari ujung bawah di mana batangnya berada, hal ini karena enzim lebih terkonsentrasi di bagian bawah bawang.
  • Jika bawang merah menyebabkan Anda menangis dalam skala yang parah, coba gunakan pelindung mata saat mengirisnya, seperti memakai kacamata renang. Hal itu benar-benar membantu (paling tidak terbukti) bagi saya.

Answered Nov 10, 2017