selasar-loader

Mending orang Jawa atau Sunda?

Last Updated Nov 3, 2017

Sebenarnya sama ae, karena dua-duanya sama-sama pribumi. hehe
tapi sebagai orang jawa yang merantau di tanah pasundan, ibarat kisah si kabayan emang bener kalau orang sunda tu mayoritas kalem-kalem sih. kalo di cerita si kabayan kenapa males karena semuanya udah ada di sini, g usah ngapa-ngapain tetap bisa idup. so that why orang sunda lebih kreatif orang-orangnya, karena lenih banyak gabutnya kali yaa, wkwkwk. (just kidding). tapi bener juga sih, karena julukan kota kreatif juga dari bandung, band band nasional juga banyak dari bandung, yang mayoritas orang sunda asli.

kalo jawa sendiri dbagi dua nih, ada jawa tengah yang terdiri dari jateng dan jogja, sama jawa timur. kalo cluster jateng-jogja tu lebih kalem sih orang-orangnya, bisa dilihat dari bahasanya yang lebih slow juga, kalo cluster jatim tu lebih keras, lebih suka ngegas bahasanya (karena penulis dari cluster jatim nih,hehe)

tapi kalo dilihat dari orang-orangys sih, to be honest orang Sunda lebih bening-bening, wkwkwkw. apalagi cewek-ceweknya. ukhti-ukhtinya apa lagi, so that's why banyak mojang perantauan yang betah kalo merantau dimari karena ya ituu salah satu faktornya, hehe.

tapi apapun itu meskipun berbeda, itu yang membuat kita berwarna. ibarat es campur tu makin enak kalo makin banyak isinya. mau jawa, sunda atau bahkan suku-suku yang lain itulah indonesia, yang tidak hanya punya probumi, tapi milik kita semua, Warga Negara Indonesia

3 answers

Sort by Date | Votes
imam laksono
Mahasiswa Unversitas Airlangga Email: lmamlaksono@gmail.com ig: imamsolikin.dl

Jawa

Answered Nov 10, 2017
Alfian Rahman
Mahasiswa Teknik Geofisika ITB | Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Jawa, karena punya nilai-nilai tata krama yg kuat

Answered Jan 3, 2018
Jhoice Noor Syahid Admaja
Mawapres III Universitas Padjadjaran | Awardee Rumah Kepemimpinan 8 | Astra1st 6

Tidak dapat dipilih, suku bukan lah menjadi pemisah diantara kita. setiap suku memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing yang tidak dapat menjadi tolak ukur mana yang lebih baik. Bukan berkompetisi tapi Berkolaborasi

 

#JawabankuApril

Answered May 3, 2018

Question Overview


5 Followers
1192 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa falsafah terbaik orang Jawa yang dapat diterapkan secara universal dalam kehidupan sehari-hari?

Apa yang Anda ketahui tentang Suku Jawa?

Dapatkah Anda mengungkapkan isi hati sebagai orang Jawa dan apa harapan Anda tentang kehidupan?

Mengapa Jawa sangat padat penduduknya dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia?

Bagaimana tanggapan Anda mengenai budaya Jawa?

Siapa yang pertama kali menciptakan ajaran kejawen dan apa pengaruhnya terhadap penyebarluasan agama Islam di Nusantara?

Siapa wali songo dan apakah peran mereka benar-benar signifikan dalam perkembangan ajaran Islam di Indonesia?

Kenapa Presiden Indonesia terpilih selalu dari suku Jawa?

Apa yang membuat orang Jawa terkenal sabar dan kalem?

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata Yogyakarta?

Apa falsafah terbaik orang Sunda yang dapat diterapkan secara universal dalam kehidupan sehari-hari?

Mengapa orang Sunda sangat sulit berbicara terus terang?

Dapatkah Anda mengungkapkan isi hati sebagai orang Sunda dan apa harapan Anda tentang kehidupan?

Bagaimana rasanya memiliki nama 'Asep'? Apa kisah di balik nama itu?

Restoran Sunda manakah yang bikin kamu ketagihan dan apa penyebabnya?

Apa yang membuat suku Sunda sangat unik jika dikaji secara sosiologi?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Apa 5 makanan yang wajib dicoba di Gresik?

Mengapa memetik bunga sakura di Jepang dianggap tidak sopan?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Mengapa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk?

Bagaimana menumbuhkan keberanian anak untuk bermimpi?

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda?

Apakah pemimpin itu berasal dari karakter yang sifatnya introvert?

Apa menurut kamu studi banding ke luar negeri ke beberapa negara maju untuk guru itu perlu dilakukan?

Pilih mana, menjadi mahasiswa pengabdi IPK atau pengabdi organisasi mahasiswa?

Bagaimana pengalaman pertama mendongeng di depan anak-anak?

Apa nama kafe dengan konsep paling unik di Indonesia?