selasar-loader

Mengapa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk?

Last Updated Nov 2, 2017

7 answers

Sort by Date | Votes
Muhammad Rizki Syahputra
S1 Ilmu Komputer USU|Rumah Kepemimpinan Medan

Bisa dibilang bahwa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk dan lambat. Contohnya adalah penggunaan CBT di kalangan pelajar akhir-akhir ini. Masih banyak pelajar di daerah yang bisa dikatakan "gaptek" untuk menggunakan IT. Mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkannya:

1. SDM
Faktor ini adalah faktor kunci yang mempengaruhi lambat dan buruknya perkembangan IT di Indonesia. Faktor pendidikan dan kurangnya sosialisasi tentang IT juga berdampak bagi SDM di Indonesia.

2. Faktor Geografis
Kondisi alam Indonesia yang sangat luas ini juga berefek pada perkembangan IT di Indonesia, yang menyebabkan tidak meratanya perkembangan teknologi.

 

#RumahKepemimpinan #Rk Medan

Answered Nov 3, 2017
Muh. Rizky Eka Arlin
CEO cognito.id, Microsoft Certified Professional

Kita sadar bahwa teknologi di Indonesia ketinggalan beberapa tahun dari negara maju. Teknologi seperti Internet of Things (IoT) yang di Amerika sudah heboh sejak beberapa tahun yang lalu, di Indonesia baru tahun kemarin terekspos secara besar-besaran ke permukaan melalui kegiatan Bekraf Developer Day

Saya melihat, ada beberapa faktor yang memperlambat perkembangan teknologi di Indonesia.

1. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia yang saya maksudkan tidak terbatas hanya kepada para praktisi, tapi juga kepada pengguna di Indonesia. Dari sektor seperti pertanian, misalnya, akademisi Indonesia telah menghasilkan banyak penelitian yang bisa meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia. Yang jadi masalah adalah ketidaksiapan petani tradisional untuk menerapkan teknologi tinggi. Bahkan, mereka sering skeptis terhadap teknologi. Hal ini adalah alasan dari mengapa hasil-hasil penelitian terhenti di taraf universitas saja, tidak sampai diproduksi oleh industri.

2. Ekonomi dan Infrastruktur

Tak dapat dipungkiri bahwa untuk menghasilkan teknologi-teknologi canggih, dibutuhkan dana yang besar mulai dari material, alat, dsb. 

Menurut saya, pemerintah harus mengambil langkah ekstrem dalam perkembangan teknologi di Indonesia, seperti melakukan tindakan sehingga masyarakat Indonesia mau menerima perkembangan teknologi. Atau bisa juga dengan memberikan skema pendanaan terhadap teknologi dengan Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) untuk level 8 ke atas.

#Jawabanku Oktober 2017 #Rumah Kepemimpinan #RK Regional Makassar

Answered Nov 3, 2017
Alfian Rahman
Mahasiswa Teknik Geofisika ITB | Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan

Jawaban utamanya hanya satu; minimnya dana penelitian yang dianggarkan APBN!

Semua teknologi (applied science) berasal dari hasil pengembangan ilmu (science). Kemajuan teknologi suatu negara dapat dilihat dari banyaknya jumlah publikasi yang dihasilkan oleh negara tersebut karena korelasi antara jumlah publikasi dan perkembangan teknologi sangat relevan. Sedangkan, jumlah publikasi Indonesia dibandingan dengan negara lain dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

SXQp1b9CHw0h6hofPDrXoTwMd1IiC68l.jpg

Sekarang, mari kita bertanya, kenapa jumlah publikasi kita sebegitu minimnya? Jawabannya memang beragam. Namun, salah satu faktor utamanya adalah minimnya dana riset kita, yaitu 0,1% dari Produk Domestik Bruto. 

Answered Nov 3, 2017
Muhammad Dzaky
Mahasiswa Fisika Teknik'15 Institut Teknologi Bandung

Dilihat dari potensi masyarakat yang berusaha walau dengan biaya sendiri, perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk dikarenakan minimnya dukungan dari pemerintah sendiri untuk memajukan dunia riset di Indonesia. Contohnya adalah Bapak Warsito Purwo Taruno, penemu alat terapi kanker Electro-Capacitive Cancer Therapy (ECCT), yang sulit mendapatkan izin dari pemerintah terhadap alat buatannya tanpa diberikan solusi yang nyata.

OwBq5M9ICDPSC4nANASS5-cnpE_k7LX6.jpg
sumber: brilio.net

Hal inilah yang membuat beliau ingin meninggalkan Indonesia untuk mengembangkan alatnya di luar negeri. Atau dengan Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie yang akhirnya dengan terpaksa menghentikan proyek pesawat CN-250 dikarenakan masalah politis dari IMF.

Lcldu4kXLdnF1TSh1n9b4RdmKuKi_Dzw.jpg
sumber: afr.com

Pada akhirnya, banyak ilmuwan Indonesia yang mengembangkan risetnya di luar negeri.

#jawabanku Oktober 2017  ##RK Regional Bandung

Answered Nov 3, 2017
Muhammad Rinal Fahlevi
Food and Science Technologist | Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Perkembangan teknologi yang sangat buruk tidak terlepas dari proses pengetahuan yang didapatkan seseorang, baik pada masa ia sekolah ataupun pada jenjang perguruan tinggi. Pendidikan atau pengetahuan yang ia dapatkan akan berdampak pada kemajuan pola pikir dan motivasi diri untuk meningkatkan pemahaman sehingga akhirnya muncul suatu karya nyata berupa teknologi.

Namun kenyataannya di Indonesia, pembangunan infrastruktur jauh lebih marak dilakukan ketimbang pembangunan pada sumber daya manusianya. Padahal, pembangunan pada sektor sumber daya manusia merupakan human invest yang akan memberi dampak positif pada kemajuan bangsa ini.

Jadi, jelas saja mengapa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk, karena memang kurangnya perhatian pada sektor pendidikan yang merupakan human invest yang sangat bermanfaat.

Answered Nov 3, 2017
Ghany Hanifan Muslim
Kang Ghany | S1 Fisika ITB | S2 M.Sc. in Financial Engineering, NTU

C4tJ0cKB56fC7u9_E5COB4RcFOzGiunA.jpg

Kenapa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk? Jawabannya jelas karena pemerintah tidak memberikan dana yang cukup agar dapat mendorong perkembangan teknologi seperti negara-negara berkembang. Sebelum kita mengkritik pemerintah akan hal ini, mari kita pikirkan kenapa pemerintah melakukan hal tersebut. Saya yakin orang-orang yang bekerja di pemerintah itu orang-orang pintar dan tidak semuanya korup, sehingga terdapat alasan yang rasional atas hal ini.

Menurut saya, ada 2 hal kemungkinan besar alasan yang diperhitungkan pemerintah. Namun pertama-tama, kita perlu mengetahui bahwa setiap negara tidak perlu bisa memproduksi segala hal. Negara A memiliki potensi agrikultur yang baik dan dapat memproduksi makanan secara efisien. Negara B memiliki potensi minyak yang baik dan dapat mengeksploitasi minyak secara efisien. Maka, negara A dan B bisa melangsungkan pertukaran. Negara A mengirim makanan kepada negara B dan negara B mengirim minyak ke negara A. Dengan begini, mereka dapat memiliki makanan dan minyak dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan memproduksi keduanya sendiri.

1. Indonesia tertinggal di bidang sains dan teknologi sudah sejak kemerdekaan. Sementara, dari taun 1900an, negara Barat telah mengembangkan Fisika Modern seperti Teori Gravitasi Einstein, Mekanika Kuantum, dll. Teori-teori tersebut, terutama Mekanika Kuantum adalah dasar dari perkembangan teknologi saat ini. Karena ketertinggalan yang jauh ini, akan sulit dan membutuhkan dana yang lebih agar kita dapat mengejar ketertinggalan tersebut. Sehingga, dengan memanfaatkan International Trade kita memilih untuk jadi konsumen teknologi dan produsen produk agrikultur. Dengan begitu, kita dapat memiliki teknologi yang sama dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan mengembangkan dan membuatnya sendiri.

2. Tingkat kemiskinan di Indonesia. Kita ketahui bahwa masih banyak kemiskinan yang ada di pulau Jawa, apalagi di luar pulau Jawa. Pemerintah memiliki dana yang terbatas untuk digunakan, sehingga perlu dibuat prioritas dalam penggunaan dana tersebut. Sebanyak 765 triliun dari 2.080 triliun APBN ditransfer ke daerah dan Dana Desa. Karena teknologi bukanlah masalah utama di Indonesia, meskipun teknologi di Indonesia maju, hanya orang-orang menengah ke atas yang dapat menggunakannya, sehingga program pengembangan dan penyejahteraan daerah-daerah lah yang lebih penting dilakukan di Indonesia.

Catatan: Kedua hal di atas merupakan opini saya pribadi. Saya tidak tahu apakah itu benar-benar alasan yang pemerintah gunakan atau tidak. Mungkin ada alasan-alasan yang lebih penting atau alasan-alasan tambahan yang diperhitungkan oleh pemerintah dalam penggunaan APBN. Saya tidak memiliki kualifikasi di bidang kebijakan dan hanya memiliki pengetahuan ekonomi dasar. Silakan dipikirkan kembali apa yang saya tulis dan mohon dikoreksi jika terdapat kesalahan.

Catatan dari catatan: Saya tulis keterangan tambahan tersebut karena banyak masyarakat Indonesia yang melihat artikel opini di internet dan menganggapnya sebagai fakta.

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Nov 4, 2017
Habibie Satrio Nugroho
Computer Science, University of Sumatera Utara | Rumah Kepemimpinan R6 Medan

Indonesia merupakan pasar teknologi yang besar, terkait pengguna teknologi yang lebih dari setengah total penduduknya, menjadikan negara ini sebagai tempat pengembangan teknologi.

Kalau dikatakan buruk menurut saya tidak, karena Indonesia masih menjadi pasar perkembangan teknologi, cuma pengguna teknologi nya belum tepat guna. Akhirnya banyak teknologi-teknologi yang sudah ada dan berkembang di Indonesia tidak digunakan semana baiknya.

serta ada beberapa faktor yang menjadikan Indonesia tidak siap menjadi tempat perkembangan teknologi.

1. Korupsi

Indonesia negara dengan korupsi yang cukup tinggi di dunia, mengakibatkan pengalokasian dana nya tidak tepat, hingga banyak hal pendaan yang dapat disalurkan untuk pengembangan teknologi menjadi terhambat.

2. Fasilitas tidak memadai

Walaupun kita menjadi pusat pasar pengembangan teknologi, tetapi disini kita hanya dijadikan user dan bukan di jadikan seorang developer, hal inilah yang disebab kenapa Indonesia buruk dalam pengembangan teknologi, karena pola pandangnya itu terlihat dari sisi pengguna atau pembuat atau pengembang.

3. Anak Muda

Point ini yang menjadi krusial, walaupun tidak semua anak muda, tetapi hampir rata-rata pemuda di Indonesia belum menggunakan teknologi secara tepat guna. Hingga banyak dari mereka memiliki teknologi tetapi tidak pandai untuk menggunakannya.

Indonesia masih memiliki peluang untuk menjadi macan Asia dalam pengembangan teknologi, tinggal bagaimana wadah-wadah nya menjadi fasilitas,dan pemuda nya dapat menjadi fasilitator hingga pemerintah bisa menjaadi penyedia materil dan moril dalam pembelajaran untuk pengembangan teknologi.

Answered Dec 2, 2017

Question Overview


10 Followers
1334 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Mengapa Anda menyukai Wali dan lagu-lagu apa yang masih Anda ingat grup band ini?

Apa yang akan terjadi jika semua nasabah suatu Bank menarik semua uang mereka?

Bagaimana menumbuhkan keberanian anak untuk bermimpi?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Mengapa banyak anak perempuan yang menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Pemimpin Indonesia yang ideal di mata anak muda?

Apakah pemimpin itu berasal dari karakter yang sifatnya introvert?

Apa menurut kamu studi banding ke luar negeri ke beberapa negara maju untuk guru itu perlu dilakukan?

Mending orang Jawa atau Sunda?

Pilih mana, menjadi mahasiswa pengabdi IPK atau pengabdi organisasi mahasiswa?

Bagaimana pengalaman pertama mendongeng di depan anak-anak?

Apa nama kafe dengan konsep paling unik di Indonesia?