selasar-loader

Apa yang akan terjadi jika semua nasabah suatu Bank menarik semua uang mereka?

Last Updated Oct 26, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Ari Setiawan
Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UGM l Kepala Departemen Eksternal JMME FEB UGM

ketika nasabahbank menarik semua uang mereka maka jumlah uang beredar di masyarakat akan meningkat drastis. masyarakat akan cenderung lebih suka membelanjakan uang yang merea pegang sehingga permintaan akan barang dan jasa akan meningkat. ketika permintaan meningkat sedangkan tidak diimbangi dengan peningkatan penawaran barang dan jasa makan akan terjadi kenaikan harga secara dalam perekonomian. hal ini yang disebut infalasi, pada kasus ini inflasi yang terjadi adalah karena adanya tarikan permintaan yang tinggi dari masyarakat atau sering disebut dengan Demand Pull Inflation.

Answered Nov 2, 2017
Andre Basrija
Accounting Student of UNPAD | Awardee Rumah Kepemimpinan Bandung

Menurut saya, ada tiga pihak yang secara langsung merasakan imbas dari peristiwa penarikan semua uang yang dilakukan oleh nasabah pada suatu Bank.

Pihak pertama adalah BANK itu sendiri. Uang yang mereka kumpulkan dari nasabah adalah senjata dan nyawa utama mereka. Uang nasabah menunjukkan identitas kekayaan yang membedakan kekuatan bank yang satu dengan yang lainnya dalam menjalankan aktivitas operasional dan fasilitas keuangan yang mereka sediakan. Uang tabungan dari nasabah diputar lagi untuk nasabah yang lain, misalnya untuk pemberian pinjaman dan jasa kredit. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jika para nasabah suatu bank menarik semua uang mereka, maka dapat dipastikan Bank tersebut akan mati dan tidak dapat meneruskan kegiatan operasionalnya. Mengapa? Karena mereka tidak memiliki bahan bakar utama untuk menjalankan mesin keuangannya.

Selanjutnya adalah MASYARAKAT. Nasabah suatu institusi keuangan adalah masyarakat luas, bahkan hampir semua masyarakat memiliki akun di satu atau lebih Bank. Saat mereka menarik semua uang yang mereka miliki di Bank, maka jumlah cash on hand mereka akan sangat besar. Sifat manusia yang konsumtif akan membuat perputaran uang di masyarakat akan semakin cepat. Bertambahnya jumlah uang yang beredar di masyarakat dapat menyebabkan terjadinya inflasi karena masyarakat begitu mudahnya mengeluarkan atau menghabiskan uang yang mereka miliki mengingat banyaknya cash on hand mereka. Hal ini dibuktikan oleh formula Irving Fisher, yaitu M (money) x V (velocity) = P (price) x T (transaction). Saat jumlah uang beredar (M) besar dan kecepatan perputarannya ata perpindahannya (V) juga tinggi, maka jumlah transaksi (T) yang terjadi juga tinggi. Sisi kiri (M x V) yang bernilai tinggi akan membuat P (price) terpaksa meninggikan dirinya karena teman sisi kanannya (T) juga bernilai tinggi agar adanya hasil "sama dengan" antara sisi kiri dan kanan. Inilah yang dikenal dengan inflasi. Kenaikan harga yang disebabkan oleh kenaikan jumlah uang beredar, kecepatan peredaran uang, dan frekuensi transaksi.

Lalu yang terakhir sudah pastilah PEMERINTAH. Sesungguhnya pemerintah ini adalah pihak yang terlibat di titik akhir, yaitu regulasi. Saat jumlah uang yang dipegang masyarakat sangat besar, maka pemerintah akan berupaya menciptakan regulasi-regulasi yang mengurangi jumlah uang beredar tersebut agar nantinya inflasi dapat diatasi dan ditekan. 

Answered Feb 4, 2018

Question Overview


4 Followers
585 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Bagaimana cara Jerman membangun kembali ekonominya setelah Perang Dunia II?

Apakah kunci sukses pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pada puncak bonus demografi di Indonesia (2025-2035)?

Apakah penggunaan alat ukur Gross Domestic Product (GDP) masih relevan untuk menghitung tingkat kesejahteraan sebuah negara?

Mengapa perhitungan Gross National Product (GNP) jarang digunakan sebagai alat ukur kinerja ekonomi?

Apa yang Anda ketahui tentang Green GDP?

Apakah inflasi selalu berdampak buruk untuk perekonomian?

Apakah konsekuensi deflasi terhadap kinerja perekonomian sebuah negara?

Ketika terjadi apresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar, langkah taktis apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan kerja perekonomian?

Apakah depresiasi nilai tukar selalu memiliki dampak negatif untuk perekonomian?

Mengapa pasar modal Indonesia perlu direstrukturisasi?

Apa itu infrastruktur?

Mengapa Anda menyukai Wali dan lagu-lagu apa yang masih Anda ingat grup band ini?

Bagaimana menumbuhkan keberanian anak untuk bermimpi?

Mengapa perkembangan teknologi di Indonesia sangat buruk?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Mengapa banyak anak perempuan yang menjadikan ayahnya sebagai cinta pertamanya?

Apa perbedaan menulis esai dengan menulis gagasan?

Apa yang menjadi alasan mengapa suatu negara menerapkan bebas visa terhadap negara lain?

Mengapa Indonesia sebagai negara maritim harus mengimpor garam?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Teknik Metalurgi?

Apa perbedaan antara sosiologi ekonomi dan ilmu ekonomi?

Apa yang menyebabkan manusia selalu menilai dari apa yang dia lihat?

Bagaimana efek otonomi daerah terhadap pengontrolan mutu di Indonesia?

Kabupaten apa yang mengalami inflasi paling tinggi pada tahun 2017?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Mengapa atlet olahraga Universitas Indonesia tidak memiliki prestasi yang membanggakan sebagaimana universitas besar di luar negeri pada umumnya?