selasar-loader

Bagaimana cara tidur nyenyak?

Last Updated Oct 25, 2017

Saya mengalami masalah istirahat. Ini menyebabkan saya bangun dengan tidak segar. Saya lalu mengambil kesimpulan bahwa ini diakibatkan oleh tidur saya yang tidak nyenyak. Bagaimana cara mengatasinya? Mohon bantuan Anda.

3 answers

Sort by Date | Votes
Ahmad Fauzan Kamaluddin
Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan Jakarta

Jadikan waktu tidur sebagai waktu istirahat, tidur lah ketika merasa membutuhkan tidur untuk rehat sejenak dari aktivitas, yang terpenting jangan menjadikan tidur sebagai pelarian dari kehidupan.

Answered Nov 1, 2017
Dhita Mutiara Nabella
Biologi UI 2015 | Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 | CEO GreAction Community

Salah satu cara untuk tidur nyenyak yaitu mengambil air wudhu sebelum tidur, sikat gigi, dan cuci muka. Selanjutnya, memastikan tempat tidur bersih, minum susu, dan matikan lampu, atau menggunakan lampu yang redup. 

Answered Nov 1, 2017
Kusuma Herawati
FIK UI Spesialisasi Kep. Anak/Rumah Kepemimpinan Jakarta Batch 8

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Tidur yang nyenyak (berkualitas) sangat penting untuk diperhatikan mengingat peran penting tidur dalam mengembalikan stamina, meningkatkan fungsi kognitif, dan penurunan tingkat stres atau masalah psikologis lainnya.

Untuk dapat tidur nyenyak atau tidur yang berkualitas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :

a.     Ritual sebelum tidur

Ritual sebelum tidur yang biasa dilakukan seperti berdo’a, mendengarkan musik instrumen, mendengarkan murotal (bagi yang muslim), minum susu dan lain-lain. Ritual seperti ini bukan hanya membantu untuk lebih cepat jatuh tertidur, tetapi juga dapat memberikan kenyamanan. Bagi muslim khususnya yang terbiasa melakukan ritual do’a sebelum tidur dapat memberikan rasa aman sehingga mencegah kemungkinan seringnya terbangun secara tiba-tiba saat tertidur. Dapat juga dengan membayangkan hal-hal positif seperti pencapaian yang didapatkan hari ini atau harapan untuk hari esok. Hal tersebut juga mempengaruhi kenyamanan seseorang untuk dapat tidur lebih nyenyak.

b.     Lakukan sleep hygiene

Sleep hygiene menjadi bagian penting juga untuk dapat tidur nyenyak atau berkualitas. Sleep hygiene yang dimaksud seperti menggosok gigi sebelum tidur, mencuci muka, tangan, dan kaki (serta kebersihan badan sepenuhnya), juga kebersihan dan kerapihan tempat tidur.

c.     Lakukan aktivitas yang optimal

Padatnya aktivitas menyebabkan tidur yang lebih nyenyak karena tubuh diberdayakan penuh sehingga saat beristirahat tubuh akan menuntut lebih karena kelelahan. Apalagi setelah beraktivitas yang menyenangkan dan memberikan kepuasan saat melakukannya. Hal itu akan lebih dapat meningkatkan kepuasaan saat tertidur.

d.     Hindari porsi makan besar sebelum tidur

Makan yang terlalu banyak akan memaksa sistem pencernaan tubuh bekerja lebih sehingga menganggu jam biologis lainnya.

e.     Lingkungan

Lingkungan juga penting untuk memberikan kenyamanan seseorang untuk dapat tidur dengan nyenyak. Misalnya terkait pencahayaan ruangan, suhu, kelembaban, ventilasi, dan lain-lain.

Setiap hal di atas pada ujungnya memang akan dikaitkan dengan kenyamanan saat tertidur karena hal tersebut yang mempu mewujudkan tidur yang berkualitas atau nyenyak.

Referensi :

1. Potter,P.A. & Perry, G.A. (2011). Fundamental of Nursing. Singapore : Elsevier.

2. Journal of Sleep Research by American Sleep Association

3. Assessing Sleep Quality (ebook)

Answered Feb 26, 2018