selasar-loader

Mengapa kita perlu merencanakan liburan ke Bandung?

Last Updated Oct 23, 2017

H06uNgyMB0UW8gDyEv_BDSRSum0jB1e1.png

Pekerjaan, tugas kuliah, deadline, atau kesibukan apapun sering menyita waktu Anda. Kadang-kadang sering bikin kita jadi males dan tidak produktif lagi di hari-hari selanjutnya.

Karena itu kita perlu merencanakan liburan bersama keluarga, piknik, atau sekedar me time. Bandung mungkin menjadi salah satu destinasi wisata yang patut ada dalam rencana selasares semuanya. Wisata kuliner, alam, atau Trans Studio Bandung bisa menjadi pilihannya.

Punya jawaban versi kamu? Ayo jawab kenapa kita harus merencanakan liburan ke Bandung! Caranya mudah sekali. Cukup jawab pertanyaan ini!

Kali ini akan ada hadiah:
Juara 1: 4 tiket TSB, 
Juara 2: 3 tiket TSB, dan 
Juara 3: 2 Tiket TSB

Mudah kan! Ayo jawab pertanyaan tersebut, jangan lupa share atau bagikan informasi di atas pada teman atau saudara kamu ya. Tunggu apa lagi!

Ketentuan :

- Pengumpulan jawaban 25 Oktober - 22 November

- Jawaban tidak boleh satu kalimat dan minimal 350 kata

- Silahkan untuk menyertakan gambar (di atas text jawaban) yang dapat mengilustrasikan pemikiran/ide/pengalaman/insight yang kamu miliki. Lebar maximal image adalah 1000px agar gambar tidak pecah

- Share jawaban kamu di media sosial yang kamu miliki

27 answers

Sort by Date | Votes

Siapa yang tak tahu kota Bandung? Dari dalam sampai luar negeri, orang-orang pasti mengenal Bandung sebagai kota wisata dari mulai gunung, air terjun, hutan, kuliner, sampai kotanya pun menjadi destinasi wisata. Contohnya adalah Tebing Keraton dan Maribaya. Di kota, ada TransStudio, Gedung Sate, sampai taman-taman yang unik-unik. Semuanya gampang dijangkau dengan berbagai transportasi.

Yang penting bagi saya adalah keramahan penduduk lokalnya sehingga kita bisa berwisata dengan tenang, nyaman, dan mudah ke mana-mana karena penduduk lokalnya care terhadap wisatawan. Kita gak perlu takut calo atau ditipu. Pokoknya, Bandung is the best untuk penduduk lokalnya yang selalu care dan ramah.

Answered Oct 26, 2017

Bandung adalah kota yang sangat indah dan memiliki banyak sekali tempat rekreasi yang sangat menarik. Warga dan rakyat sekitar Bandung sangat ramah dan baik terhadap tourist yang datang ke Bandung.

Saya sangat senang sekali dengan tempat rekreasi yang ada di Bandung karena tempat tersebut bisa membuat keluarga menjadi terhibur dan bahagia. Apalagi keindahan alam di daerah Lembang yang sangat indah dilihat dari atas gunung. Semoga Bandung bisa menjadi kota yang bisa membuat warga dan tourist betah dan senang.

Answered Oct 26, 2017
Sutiono Gunadi
I am a Food-Travel-Hotel writer, also interests on technology, movies, HIV/AIDS

is?eVBFdM7sVi4WMoByjxGwkemkQ1-3h6ZR0ZOLj 

(Sumber foto: www.indonesia-tourism.com)

Bandung adalah sebuah kota yang memiliki memori/kenangan khusus bagiku. Gagal kuliah di Bandung karena tidak diperbolehkan oleh almarhumah nenek, akhirnya saya berhasil mendapatkan kesempatan dua bulan tinggal di Bandung saat melakukan kerja praktik di Lembaga Elektronika Nasional LIPI.

Kota Bandung adalah kota yang sangat menarik; udaranya sejuk, kotanya bersih, dan banyak tempat yang patut dikunjungi. Tempat wisata alamnya sangat menarik, di antaranya adalah Dusun Bambu, Taman Begonia, Curug Malela, Lereng Anteng, Balitsa Lembang, Stone Garden, Situ Patenggang, dan Tebing Keraton.

Tempat kulinernya juga sangat menggoyang lidah, seperti Kampung Daun, Yoghurt Cisangkuy, The Peak, The Valley, Sapu Lidi, Batagor, dan Nasi Tutug Oncom. Anda juga dapat melakukan perjalanan heritage dengan mengunjungi atau melihat gedung-gedung dengan arsitektur kuno, termasuk mengunjungi rumah makan zaman dulu yang sudah berusia ratusan tahun, namun masih dipertahankan baik interior maupun cita rasanya.

Gedung pemerintahan juga memiliki arsitektur yang menarik, misalnya Kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dengan Gedung Sate-nya yang sangat artistik. Balaikota Bandung juga merupakan sebuah gedung tua dengan arsitektur kuno yang tetap terpelihara dengan baik.

Bandung juga menyediakan puluhan hotel murah, sehingga tidak terlalu membebani kantong. Namun, bagi Anda yang ingin menikmati hotel yang nyaman, hotel-hotel berbintang dengan kamar yang nyaman, taman yang indah, dan pemandangan yang menawan juga tidak kalah banyaknya.

Untuk anak-anak, banyak taman bermain dan rumah makan dengan pemandangan yang disukai anak-anak di Bandung, seperti Pinisi Resto, hotel dengan fasilitas bermain anak-anak seperti hotel Sheraton, rumah makan dengan kolam untuk anak-anak bermain air seperti One Eight Coffee, Le Delice Cafe, Bengkel Kopi dan Madame Sari Restaurant.

Anda juga dapat mengajak anak-anak Anda mengunjungi Farmhouse Susu Lembang atau bermain air panas di Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort. Alternatif lainnya adalah bekas penambangan batu alam di Kampung Batu Malakasari. Bila anak-anak Anda menyukai satwa, Anda dapat mengajaknya ke Jendela Alam dengan binatang kelinci, kambing, kijang dan lain-lain atau memberi makan rusa di Ranca Upas - Ciwidey, atau di kebun binatang mini di mal Paris van Java.

Anda dapat belajar pengetahuan di Bandung Science Centre atau belajar musik di Saung Angklung Mang Udjo. Dan tentunya, taman bermain yang paling disukai anak-anak sekarang adalah Trans Studio Bandung.

Perjalanan menuju ke Bandung dengan transportasi umum juga mudah, ada bis, kereta api dan pesawat udara, maupun kendaraan pribadi. Setelah puas menikmati Bandung, Anda juga dapat berburu oleh-oleh yang dapat Anda beli untuk dibagikan kepada keluarga maupun teman di rumah. 

Answered Oct 26, 2017
Syaifuddin Sayuti
Happy Holiday...

Bandung adalah kota yang selalu ngangenin buat saya. Banyak alasan tentang kenapa setiap liburan singkat, destinasi paling mudah dicapai dan masuk dalam daftar liburan adalah kota Bandung. Salah sekian alasannya adalah karena saya pernah tinggal cukup lama saat menempuh pendidikan S1 dan di kota ini pula saya mendapatkan jodoh. Dua hal ini membuat saya dan pasangan selalu punya alasan untuk kembali ke kota Bandung.

Bandung juga punya atmosfer yang berbeda dengan kota lain di Indonesia. Nuansa kesejarahan masa lalu berpadu dengan indahnya modernitas bisa dirasakan di kota ini.

5N2YrNHOlaFpsOwcbsbihii5wh0CvhR7.jpg
via skyscrappercity.com

Duduk-duduk menghabiskan sore di trotoar jalanan Braga atau Asia Afrika bisa jadi alternatif menikmati kota. Jika memilih suasana berbeda, kawasan alun-alun dengan lapangan Masjid Agung Bandung bisa digunakan untuk melepas penat yang murah meriah. Wisata jenis ini juga melimpah di sini; banyak taman yang bisa dijadikan tempat kongkow atau menyaksikan aksi-aksi komunitas tertentu, seperti Taman Jomblo, Taman Film, Taman Manula dan sejumlah taman tematik yang dibangun Pemda setempat.

Yang saya suka dari wisata sejarah Bandung adalah tempatnya. Berbagai museum, mulai dari Museum Geologi, Museum Pos, Museum Sri Baduga, hingga Museum Konferensi Asia Afrika bisa menjadi pilihan bagi keluarga.

vS7tbP2eqtLfZEU_pdSdGwCT2h7sQaJm.jpg
via tempatwisatamu.com

Wisata alam juga bisa jadi pilihan liburan di sini. Kawasan Utara Bandung menyediakan ragam destinasi, mulai dari Taman Hutan Raya Juanda dengan gua Jepangnya, air terjun Maribaya, The Lodge Maribaya, hingga kawasan dingin di Lembang.

Jika ingin menikmati atraksi budaya, datangi Saung Angklung Mang Udjo yang selalu menawarkan atraksi seni budaya yang menawan. Atau datang saja ke Trans Studio, pusat hiburan indoor terbesar di Indonesia. Di sini, Anda dijamin lupa waktu karena pesona beragam permainan dan atraksi di dalamnya. Datang berombongan adalah saran terbaik menikmati wahana di Trans Studio Bandung.  

Bandung juga surga bagi pembelanja. Banyak spot menarik tempat berbelanja yang juga dijadikan ikon wisata belanja, seperti Pasar Baru, Cihampelas, Cibaduyut, serta jejeran distro yang ada di Dago dan jalan Riau. Semuanya menawarkan produk unik, mulai dari kerajinan, fashion, hingga kuliner.

Alasan lain dan mungkin jadi yang terpenting jika ke Bandung adalah karena kota ini adalah gudangnya kuliner enak. Menurut saya, tak ada makanan yang tidak enak di Bandung. Semua kategorinya enak, mulai dari batagor pasar simpang dago, mie kocok belakang RS Boromeus, ayam goreng Lembang, dan sejumlah resto yang menawarkan aneka hidangan khas yang bikin lidah bukan hanya bergoyang, melainkan juga susah lupa. Ke Bandung tanpa kulineran? Tidak afdol.

Answered Oct 26, 2017

"Bandung bukan cuma masalah geografis, bagiku, tetapi juga melibatkan perasaan." (Pidi Baiq)

WrGmfEtbqpkkR-4XodFJdyBEOD9CVNHa.jpg

Banyak kenangan yang tersirat berkaitan dengan Bandung. Bagi wisatawan, bagi pituin asli, bahkan bagi para kolonialis Belanda. Bandung menyajikan romantisme yang tak akan lekang oleh waktu. Menyentuh emosi sekaligus memanjakan imajinasi lantaran keindahan visi. Berikut ini adalah 5 hal mengapa Anda harus mengunjungi Bandung.

1. Variasi Wisata

Di sini saya tidak akan menjelaskan tetek bengek list tempat wisata yang harus anda kunjungi. Bandung dengan sendirinya sudah lengkap untuk dijadikan tempat menari dalam kebahagiaan. Kemanapun Anda berpijak, entah itu di Bandung pusat, utara, selatan, timur, ataupun barat, pasti lah ada tempat keren untuk Anda kunjungi. Yang jadi pertanyaan adalah taste Anda seperti apa? Karena variasi wisata Bandung mampu mengusir dahaga kebosanan Anda.

2. Rekreasi Nostalgi

Bandung punya sejarah. Sejarah menawarkan cerita. Cerita sejarah di Bandung seakan membawa Anda bercanda dengan waktu. Bandung akan sulit membuat Anda move on, karena konsep masa lalu menjadi hal yang indah untuk dikenang dan diarungi sepanjang hari.

3. Pemanja Lidah 

Sudah tentu Bandung menjadi salah satu kota dengan bisnis kuliner terbaik di Indonesia. Di Bandun, Anda akan makan enak dengan variasi menu yang sangat banyak. Sudah tak asing di Bandung, kafe dan restoran yang berkonsep unik. Sayangnya, hal ini tidak bisa diutarakan dengan kata-kata, hanya bisa dibuktikan dengan lidah Anda. Buktikan sendiri dan rasakan sensasinya!

4. Back To Nature

Sama seperti permainan Harvest Moon, Bandung mampu memberikan atmosfer alam pegunungan yang indah. Salah satu keuntungan Bandung adalah dikelilingi oleh pegunungan. Atmosfer ketenangan nan sejuk ditemani oleh secangkir kopi hangat akan sangat cocok untuk melepas penat perkotaan.

5. Budaya

Baru-baru ini saya menonton film Thor: Ragnarok dan terpaku dengan salah satu quotes-nya.

"Asgard bukan tentang tempat, tapi tentang bangsanya...."

...dan ini berlaku untuk Bandung.

Bandung tanpa warganya seperti mie instan tanpa MSG; hambar! Warga Bandung terkenal dengan sifat ramah atau bahasa Sundanya yang someah. Budaya yang mengakar pun membuat Bandung menjadi salah satu kota artistik di dunia. Banyak komunitas unik bermunculan dikarenakan behaviour orang Bandung yang suka berkumpul. Bercengkrama dengan warga Bandung membuat Anda merasa hangat dan terus ingin berbincang, apalagi kalau Anda berbincang dengan mojang Bandung yang terkenal aduhaaaai. Obrolan manis diselingi senyum dari si dia? Kelar hidup Anda!

Itulah 5 hal mengapa Anda harus berkunjung ke Bandung. Semoga bermanfaat dan mampu menarik Anda ikut bahagia dalam ramainya kota Bandung. Terima kasih! Hatur nuhun!

(Semoga saya bisa main ke TSB karena postingan ini, hahahaha!)

 

Ilustrasi via ranseltravel.com

Answered Oct 26, 2017
Helman Taofani
Pendengar, pemirsa, dan mencoba menjadi yang digariskan Tuhan.

Lz5VuOQUDt2BbSbhIfH2xAABtrTRXz2T.jpg

Kunci pertanyaan ini adalah pentingnya merencanakan liburan ke Bandung. Jadi, saya akan fokus pada hal itu saja.

Liburan ke Bandung bisa agak tricky sehingga ada baiknya direncanakan. Perencanaan yang pertama adalah akses menuju Bandung. Bandung bisa diakses via beberapa moda transportasi, yaitu jalan raya (kendaraan pribadi, bis, travel/shuttle), jalur kereta, dan jalur udara, tergantung dari mana kita menuju Bandung. Pilihan paling populer adalah akses jalan raya dari Jakarta dan sekitarnya menuju Bandung.

Di sinilah pentingnya merencanakan karena jalur tersebut bisa sangat padat pada akhir pekan. Demikian juga dengan aturan 5 in 1 yang akan menyambut pengguna jalan tol Cipularang yang keluar di exit Pasteur (semacam exit utama).

Penggunaan jalur kereta dan pesawat juga harus direncanakan terlebih dahulu karena keterbatasan kapasitas. Di akhir pekan, kapasitas kereta ke Bandung bisa cepat ludes. Sementara penerbangan langsung ke Bandung juga tak terlampau banyak. Pergi dengan moda ini artinya membuat kita harus merencanakan liburan ke Bandung jauh-jauh hari.

Oleh karena itu, perencanaan yang paling utama adalah kapan dan bagaimana kita menuju Bandung.

Perencanaan yang kedua adalah mobilitas di dalam kota atau daerah sekitar Bandung. Bila menggunakan kendaraan pribadi, rencanakan rute yang menyesuaikan dengan kebiasaan lalu-lintas yang ada. Beberapa destinasi wisata Bandung (seperti Lembang, Dago, Jl. Riau, dan sebagainya) cenderung padat di akhir pekan sehingga jamak mengalami kemacetan.

Apabila ingin ke daerah sekitar, rencanakan juga jenis mobil yang akan digunakan. Minimal mobil harus siap dengan kontur kota Bandung yang dinamis. Banyak tanjakan dan turunan curam di destinasi-destinasi wisata, terutama di sekeliling Bandung yang berada di dataran tinggi.

Bila ingin menggunakan kendaraan umum, rencanakan juga dengan mempelajari rute angkot dan bis yang melayani perjalanan. Bandung dikenal sebagai kota angkot. Mobilitas paling umum dilakukan dengan menggunakan moda ini, meski sekarang kehadiran ojek online mulai dipilih sebagai alternatif. Anda perlu mengetahui titik-titik awal jalur angkot seperti terminal Cicaheum, Kalapa, Ledeng, Dago, dan sebagainya.

Perencanaan yang tak kalah penting juga menentukan jenis destinasi wisata apa yang akan dikunjungi. Bandung menawarkan banyak atraksi wisata. Yang populer antara lain wisata alam dataran tinggi yang mengelilingi Bandung (Dago Pakar, Maribaya, Lembang, dan banyak lagi). Jenis lain yang juga diminati adalah wisata belanja dan kuliner yang banyak terdapat di penjuru kota.

Bandung juga menawarkan wisata sejarah dengan peninggalan bangunan bersejarahnya. Kota tua Bandung yang beratmosfer Eropa cukup skenik sebagai latar foto-foto.

Jangan lupa, Bandung juga merupakan kota modern yang besar. Hiburan dan atraksi kiwari jamak dijumpa di Kota Kembang tersebut. Mal, taman bermain, dan pusat-pusat perbelanjaan dan perniagaan tersedia lengkap di sana.

Jadi, pilihan wisata ini juga sebaiknya direncanakan supaya nantinya tidak “too much plan, see nothing”.

 

Ilustrasi via rajatourbandung

Answered Oct 27, 2017
Dian Anthie
I love Blogging, Traveling, Kuliner, Art Culture, Education, Film, Parenting

2kEHcQEYhOn8HZOEz3H93kG2M6xfMUsI.jpg

Saya senang melakukan wisata kuliner. Karenanya, menurut saya, Kota Bandung merupakan salah satu surga para pencinta kuliner yang wajib saya kunjungi. Di Bandung, kita bisa menikmati berbagai macam jajanan dan makanan pasar, mulai dari seblak, cilor, cireng, mie kocok, hingga kue-kue ala artis kenamaan Ibukota yang tentu ada di Kota Bandung

Selain berwisata kuliner, kita juga bisa berkunjung ke Trans Studio Bandung. Di sana, banyak sekali arena bermain dan hiburan, mulai dari anak-anak hingga orang pun bisa menikmatinya.  

Selain itu, kita juga bisa berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu di daerah Lembang, Bandung. Udaranya sangat segar sekali, cocok bagi kita yang ingin refreshing dan menikmati suasana pegunungan.

Yang pasti, Kota Bandung punya 1000 pesona yang membuat kita jatuh cinta dan ingin kembali berkunjung ke sana. 

Answered Oct 27, 2017

Peai3lpRctChDTUsVfgfgTki9d3avjZs.jpg

Karena Bandung itu surganya tempat wisata. Hampir setiap kota memiliki tempat wisata yang sangat indah, namun Bandung punya keunikan sendiri. Selain tempat wisatanya indah dan mempesona, Bandung juga terkenal dengan kota yang paling bersih, tertata dengan baik. 

Hmm... katanya sih Bandung juga terkenal dengan penduduk yang ramah-tamahnya. Ditambah lagi, bandung itu punya tempat-tempat yang unik, salah satunya adalah Taman Jomblo, hihihi. Itulah alasan mengapa harus banget merencanakan liburan ke Bandung.

 

Ilustrasi via majalahkuntum.com

Answered Oct 28, 2017
Tiara Damaryanti
Communication Student Undergraduate at IISIP Jakarta

LQQb6YKnSoGBkBIAU45Ti5a2RavQYclt.jpeg

Bandung terkenal sebagai tempat "melarikan diri" dari penatnya Ibukota. Karena jaraknya tidak jauh dari Jakarta, tak ayal jika jalanan Bandung saat weekend selalu dihiasi oleh mobil-mobil dengan plat nomor kendaraan Jakarta.

Bandung memiliki banyak pilihan tempat wisata maupun pilihan wisata kuliner, baik dari tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam maupun tempat wisata dalam ruangan (indoor) seperti Trans Studio Bandung. Sama halnya dengan tempat wisata, pilihan wisata kuliner pun sangat beragam, mulai dari cafe hingga makanan khas Bandung. Karena banyaknya pilihan wisata yang ditawarkan oleh Kota Kembang ini, tak heran jika Bandung selalu dijadikan alternatif liburan saat hari libur tiba.

Answered Oct 30, 2017

gt9pwbOSzMvD5OxWV9ziN4vRBHfqYhN6.png

Sebagai mahasiswa yang memiliki kegiatan, baik akademis maupun nonakademis yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran, kita merasa jenuh dan membutuhkan liburan untuk menjernihkan pikiran, menenangkan hati, dan refreshing. Destinasi liburan ini adalah ke Bandung!

Mengapa ke Bandung?

Karena Bandung adalah pilihan terbaik untuk berlibur. Dengan suasananya yang menyejukkan, Bandung menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur. Di samping itu, terdapat banyak makanan dengan cita rasa yang khas. Keragaman kuliner yang ada di Bandung menjadikan Bandung sebagai surga bagi penikmat kuliner.

v6hsD4ZeuAs8m0Vjq1wegSYYXr4qwx2g.png

Di Eropa, kita mengenal Paris sebagai kota pusat fashion. Di Indonesia yang merupakan negara tercinta ini, kota Bandung adalah salah satu kota destinasi wisata. Bandung yang dijuluki sebagai "Paris van Java" menjadi kiblat dalam dunia fashion dan mode di Indonesia. Di Bandung, banyak kita temukan aneka ragam baju dan barang fashion yang dijual cukup murah untuk para mahasiswa.

4bawNjcl93qtKW0PErmZRA0fGoaGjz0a.png

Tak kalah saing dengan luar negeri, di Bandung, terdapat banyak tempat wisata yang sangat menakjubkan, seperti di Braga. Di sana, terdapat potret keindahan metropolitan malam. Braga juga penuh dengan makanan yang bervariasi dan hiburan yang menarik.

Lain halnya dengan Observatorium Bosscha. Di sana, kita dapat melihat bintang-bintang melalui teleskop raksasa. Yang paling saya pribadi inginkan untuk ke sana adalah "Trans Studio Bandung". It is on my top wishlist. I want to go there as much I want to go to Paris. Too bad, tho, as I have no money, no time, but I really wish to go there.

Kalau saya menjadi pemenang kuis ini, I feel like the luckiest person. I hope that this opportunity will grant me my wish. Thank you for giving me for this opportunity.

Answered Oct 30, 2017
Fiqhi Fauzi
Mahasiswa FMIPA USU 2014 | Rumah Kepemimpinan 8 | Sekjen Inkubator Sains USU

Zu7pfRhtdGR_KOPJfMBFF0a9h7jvR8Gd.jpg

Karena bagiku, Bandung merupakan kota yang sangat istimewa. Kota yang memiliki udara sejuk, taman kotanya bersih dan rapi, penduduknya ramah, dan banyak tempat wisatanya. Pernah sekali saya ke Bandung sangat mengesankan. Bandung memiliki segalanya yang tidak ada di tempat saya. 

Answered Oct 31, 2017
Gunawan
Mahasiswa Ekonomi dan Studi Pembangunan IPB | Peserta Rumah Kepemimpinan Bogor

0o9i5cukHZafML0KGByHLuKcaDK0lV6i.jpg

Bagi saya, Bandung merupakan kota eksotik yang penuh dengan kenangan di dalamnya. Dengan statusnya sebagai ibukota Jawa Barat, Bandung memiliki keunikan baik dari segi budaya, alam, serta kehidupan urbannya. Sensasi pengalaman yang kita dapat selama berjalan-jalan disana akan membuat kenangan tersendiri sehingga kita akan nyaman dan tertarik untuk mengunjunginya kembali di lain waktu.

Kota yang dijuluki sebagai Paris van Java ini memiliki banyak sekali pilihan objek wisata yang dapat kita kunjungi. Objek-objek wisata tersebut dapat saya bagi ke dalam beberapa kategori, yaitu: 

1. Wisata Alam

Bandung memiliki kekayaan alam yang luar biasa indahnya sehingga dapat kita nikmati. Hal itu dikarenakan kondisi alamnya yang dikelilingi gunung dan berada di wilayah dataran tinggi sehingga sensasi kesejukan akan kita nikmati selama berada di Bandung. Wisata alam yang beberapa saya rekomendasikan untuk dikunjungi antara lain:

  • Wisata Kawah Putih
  • Gunung Tangkuban Parahu
  • Wisata Hutan Pinus Cikole
  • Situ Lembang
  • Curug Pelangi
  • Curug Malela
  • Ranca Upas
  • Wilayah Lembang
  • Gunung Puntang
  • Situ Patenggang
  • Dago Pakar
  • Puncak Ciumbuleuit 
  • dan masih banyak lagi.

2. Wisata Fashion

Bandung bisa dibilang sebagai surganya fashion di Indonesia sehingga dijuki sebagai Kota Fashion Indonesia. Bila kamu ingin menambah koleksi baju kau, di Bandung, kamu dapat dengan mudah mencari distro-distro yang menawarkan berbagai aksesoris serta fashion yang akan menunjang penampilanmu saat pergi keluar rumah, sebut saja kawasan Jalan Riau yang gak pernah sepi di kala hari libur/weekend. Jika ada hari libur panjang nasional, dijamin kota Bandung akan penuh sesak didatangi ribuan orang yang berniat berlibur dan cuci mata di kawasan Dago dan sekitarnya. Untuk masalah harga, kamu tidak perlu khawatir karena di Bandung, banyak distro-distro yang menawarkan baju dengan harga terjangkau.

Jika Anda memang penggemar mode sejati, maka datanglah ke Bandung dan rasakan sensasi berbelanja murah sambil bersantai menikmati indahnya Bandung.

3. Wisata Kuliner

Nah untuk maslaah kuliner, Bandung tidak kalah dengan kota-kota lainnya. Di kota ini kamu dapat menjumpai makanan atau minuman mulai dari yang tradisional banget khas sunda hingga makanan yang sudah dimodifikasi sedimikan rupa sehingga unik dan tidak dapat dijumpai di kota lain.
Untuk masalah tempat, di Bandung banyak pilihan yang dapat kamu bisa pilih sesuai dengan selera. Ada yang berkelas banget sekelas restoran, ada yang suasana alam dan budaya sundanya terasa banget, hingga makanan kelas kaki lima yang rasanya tidak kalah dengan makanan di restoran. 

4. Taman dan Alun-Alun

Semenjak era kepemimpinan Ridwan Kamil, di Bandung banyak sekali taman tematik yang dibuat agar menarik wisatawan untuk ke Bandung. Jika kamu pengin menambah koleksi foto yang instagramable dan gratis, bisa nih main ke taman-taman tematik ini. Beberapa taman tematik yang ada di Bandung wajib kamu kunjungi antara lain:

  • Alun-alun Kota Bandung
  • Taman Vanda di Jalan Merdeka Bawah (dekat Gedung BI dan Balai Kota Bandung)
  • Taman Pustaka Bunga Cilaki
  • Taman Fotografi (rekomendasi banget buat kamu yang suka dengan fotografi)
  • Taman Pasupati atau yang lebih terkenal dengan sebutan Taman Jomblo
  • Taman Skate (rekomendasi banget buat kamu pecinta skateboard)
  • Taman Film
  • Taman Musik Centrum
  • Taman Lansia
  • Taman Super Hero
  • Taman Petpark
  • Taman Dewi Sartika
  • Taman Teras Cikapundung
  • Taman Balaikota
  • Taman Cikapundung Riverspot
  • Taman Cibeunying
5. Wisata Religi

Nah buat kamu yang pengen menenangkan diri dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, bisa nih kamu kunjungi beberapa tempat berikut.

  • Biara Karmel 
  • Vihara Vipassana Graha Lembang
  • Mesjid Raya Bandung
  • Kampung Mahmud
  • Ziarah ke Makam Boscha
  • Pondok Pesantren Daarut Tauhiid
  • Pusdai Kota Bandung
  • Kelenteng Satya Budhi
  • Katedral Santro Petrus
  • Masjid Al-Furqon UPI
  • Masjid Salman ITB
5. Edukasi dan Outbond
 
JIka kamu ingin menambah wawasan atau mengajak anak untuk rekreasi tetapi ada nilai edukasinya, di Bandung banyak kok tempat-tempat seperti itu. Beberapa tempat yang saya rekomendasikan antara lain:
  • Trans Studio Bandung
  • Museum Pos Indonesia
  • Museum Geologi
  • Saung Udjo
  • De 'Ranch
Nah itu mungkin alasan dari saya kenapa kamu harus coba liburan ke Bandung. Namun, ada sedikit tips bila kamu berlibur ke Bandung pas weekend, yaitu pilih waktu datang dan pulang dengan tepat agar waktu liburan kamu tidak habis hanya untuk "berasik ria" di jalan raya, hehe.
 
Selamat berlibur, yaaa! :)

Answered Nov 1, 2017

40J29PTd5Ls9orIhRnpaPGfk9xjMQRnd.jpg

Bandung adalah kota cerita. Setiap jalan yang kulalui di kota ini adalah historis, meski tak seromantis perjalanan Dilan dan Milea. Setiap sudut kota Bandung adalah art, karya seni.

Answered Nov 3, 2017

5HSOFd-hK5WuYmJkIYBolBWmQ0XVrInN.jpg

Kenapa kita harus merencanakan liburan ke Bandung?

Karena di Bandung lah kita akan mendapatkan semuanya. Cuaca dingin ada di Bandung. Makanan unik ada di Bandung. Tempat yang cocok untuk family time ada di Bandung. Girl/boyfriend pun ada. Pokoknya mah "lengkap kacida" lah mun ngalist Bandung sebagai kota tujuan libur.

Apalagi di Trans Studio Bandung. Kereeen pisaaaaaan! Kabeh aya di Trans Studio Bandung. Harga murah, wisataaa waaaaaah! :-D

Answered Nov 3, 2017
Nuradia Puspawati
Program Assistant at Tobacco Control Support Center (TCSC)

lPs4HN5btvh5W3p4hTvZCLWbrwiuqW7J.jpg

 

Sejujurnya, Bandung bukanlah destinasi terfavorit saya sejauh saya melakukan traveling di berbagai daerah di Indonesia. Namun, beberapa kali melakukan perjalanan di Kota Kembang ini dengan orang-orang yang selalu berbeda, membuat Bandung selalu punya tempat yang istimewa di hati saya. 

Dahulu sekali sekitar 9 tahun yang lalu saat saya pertama kali menginjakkan kaki di Kota Bandung bersama sahabat sekolah saya, Bandung Indah Plaza (BIP), Pasar Baru, dan Cibaduyut menjadi prioritas utama untuk dikunjungi. Selain itu, wisata alamnya seperti Lembang, Tangkuban Perahu, dan Ciwidey dengan breathtaking view-nya juga sangat menarik untuk dikunjungi. Jelang beberapa tahun setelahnya, Bandung semakin punya banyak pilihan destinasi dan tentunya, semakin modern dan unik. Dengan walikota yang baru dan sangat berjiwa muda, Kota Bandung semakin mempercantik diri dengan banyaknya taman-taman kota yang tematik; taman jomblo, taman musik, taman fotografi, taman lansia, dan sebagainya. 

Menjelang perhelatan besar Peringatan Konferensi Asia Afrika tahun 2015, Kota Bandung semakin diminati untuk jadi destinasi berlibur. Tahun itu saya bersama keluarga mengunjungi Bandung kembali dan pilihan kami adalah dengan melakukan walking tour dimulai dari Alun-alun dan Masjid Raya Kota Bandung serta ke Museum Asia Afrika. Meskipun Bandung sudah terkenal dengan macetnya, destinasi liburan, kuliner, ataupun fashion selalu menjadikan Bandung menarik. Terlebih, Walikota dan juga orang-orang Bandung punya peran besar menjadikan Bandung begitu istimewa.

Akhirnya bagi saya perjalanan ke sana tidak hanya soal liburan, namun juga selalu ada energi positif yang terluapkan dari setiap titik di Kota Bandung. Mungkin memang benar kata Pidi Baiq, Bandung diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum. 

Answered Nov 3, 2017

Bandung merupakan oase terdekat dari kerontangnya Jakarta. Kita sama-sama tahu, Jakarta dan Bandung merupakan dua kota besar dan sibuk. Namun, bagi saya, Bandung dapat menjadi seteguk air yang menghilangkan dahaga kesemrawutan ibukota. Satu hal; aura Bandung adalah berlibur.

eyq9yur30rg5mZ6xmpCuNhNaWgINDih2.jpg

Jawaban atas pertanyaan ini saya dapatkan satu tahun belakangan. Saat itu, pujaan hati saya masih bermukim di Bandung untuk menimba ilmu di sana. Oleh karena itu, saya harus sempatkan tiap akhir pekan untuk mengunjunginya. Tak pernah bosan saya berkunjung ke "Parisnya Jawa".

Pertama, kita harus merencanakan pergi ke sana karena sangat tidak direkomendasikan ke Bandung tanpa menginap. Malam di Bandung adalah malam romantis dengan bumbu udara sejuk. Menginap di sana tentu kita harus menentukan penginapan yang sesuai selera dan kantong. Pemilihan penginapan ini dapat menjadi kendala jika kita mendadak ke sana, apalagi akhir pekan, karena dapat dipastikan bahwa kesediaan kamar di hotel-hotel akan penuh.

Bandung memang menyediakan ratusan penginapan, namun penginapan yang mendapat rekomendasi dari para pelancong akan mengerucut jumlahnya dan orang berebut menginap di sana. Jadi, persiapkan waktu minimal seminggu sebelum keberangkatan untuk memilih penginapan favorit atau yang direkomendasikan oleh pelancong yang terlebih dahulu merasakannya.

Kedua, transportasi. Karena belum memiliki anak, saya dapat lebih bebas dalam menentukan jenis transportasi yang hendak digunakan. Namun, untuk urusan ke Bandung, saya lebih memilih menggunakan jasa travel. Travel dapat mengantarkan kita ke wilayah terdekat. Kita tinggal pilih saja pool yang paling dekat dengan destinasi kita. Berbeda dengan Bus AKAP yang tujuannya adalah terminal Leuwipanjang. Selain itu, jadwal perjalan dari armada travel sudah teratur.

Nah, untuk kelancaran perjalanan, kita sebaiknya merencanakannya dengan cara memesan karcis travel. Sudah lama karcis travel ini dapat dipesan secara daring. Saya biasa memesan tiket travel di situs tiketux.com

Ketiga, tujuan. Banyak sekali destinasi wisata di Kota Kembang ini, mulai dari wisata keluarga, galeri, museum, kafe, restoran, dan wisata alam. Kala menuju ke Bandung, setidaknya kita sudah memiliki rencana atau minimal bayangan akan pergi atau menghabisakan waktu ke mana. Ini penting dilakukan agar perjalanan kita lebih terencana, mengingat tempat-tempat tujuan kita tersebut memiliki waktu buka yang berbeda-beda.

Terakhir, Bandung tidak akan ada habis-habisnya untuk kita nikmati. Sebab, menurut Martinus Antonius Weselinus Brouwer, bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum. Oleh karena itu, hayu ka Bandung sadayana!

 

Ilustrasi via oneroadatatime.com

Answered Nov 4, 2017
Habibie Satrio Nugroho
Computer Science, University of Sumatera Utara | Rumah Kepemimpinan R6 Medan

Bandung yang merupakan kota di atas bukit, jauh dari lautan, serta memiliki bandara yang ada di sela-sela pegunungan. Bandung merupakan kota yang unik, memiliki aneka ragam budaya serta memiliki banyak hal unik di dalamnya. Kota ini memiliki gedung sate yang (sampai saat ini saya check di Google) saya tidak pernah tahu kenapa bangunan itu dinamakan gedung sate, padahal tidak berbentuk dan bergambar sate.

Keunikan lain kota Bandung adalah memiliki 2 universitas; yang satu tempat orang kece-kece, yang satunya lagi tempat orang kutu buku. Hayooo... kita bisa memilih tuh, mau ketemu yang kece atau yang kutu buku? Hehehe. Tetapi, Bandung tetaplah Bandung. Kota Lautan Api ini menyimpan banyak kisah kebudayaan serta perjuangan bangsa. Makanya, situs-situs destinasi liburan memilih Bandung menjadi tujuan yang sangat direkomendasikan. Apalagi sejak ada Trans Studio Bandung, serasa Singapore-nya Asia, tetapi ini asli Indonesia.

Bandung adalah kota yang jauh dari pantai, jadi teman-teman yang tidak suka main ke pantai karena takut hitam kulitnya bisa memilih Bandung terletak di atas bukit.

Halo... Halo, Bandung! Ibu Kota Periangan...
Tergambar dari lagunya bahwa kota ini dikemas menjadi sebuah tempat kebahagiaan yang hakiki.

Hal yang terakhir tentang mengapa saya memilih Bandung menjadi destinasi wisata adalah karena saya juga berdoa agar dikasih kesempatan liburan sekalian ketemu jodoh di Bandung, hahaha.

Answered Nov 11, 2017

Bandung adalah salah satu kota yang terkenal dengan sebutan atau julukan yang menarik. Salah satunya adalah Paris Van Java yang berarti Kota Paris dari Jawa. Pernahkah Anda berpikir dari mana julukan tersebut tercipta?

Dengan perspektif sosiologis, saya coba memberikan penjelasan secara singkat, sekaligus memberi rekomendasi kepada Anda untuk berkunjung ke Bandung.

Pada sesi sebelumnya, saya menjelaskan alasan orang-orang membutuhkan ruang publik di perkotaan. Nah pada sesi ini, saya mencoba menjelaskan kepada pembaca agar mereka tertarik berkunjung ke Bandung dengan perspektif yang menarik ini.

Belum lama ini, saya membaca sebuah buku karya Herry Priyono tentang pemikiran sosiolog kontemporer bernama Anthony Giddens berupa Teori Strukturasi. Giddens berpikir bahwa manusia tidak bersifat pasif dan terkekang oleh struktur sosial yang menuntun mereka. Dalam hakikatnya, manusia dapat menciptakan struktur sosialnya sendiri. 

2jXyaDSxgFZno7Crk2ac39vx_3oBzBj5.jpeg
Anthony Giddens via editoraunesp.com.br

Tak lupa, buku itu mengutip pandangan Giddens bahwa ia setuju dengan gagasan Levi-Strauss mengenai konsepsi "pemikiran agen-struktur" untuk menganalisis fenomena sosial yang terjadi sehari-hari. Levi-Strauss menjelaskan bahwa manusia dalm menggunakan interaksi di dalamnya juga mengkonstruksi makna yang fundamental. Makna ini kemudian ditangkap sebagai sebuah arti yang lumrah dan praktis. Dengan kata lain, makna yang mudah dimengerti.

Strauss membagi makna dalam interaksi manusia dalam dua tahap. Pertama adalah tahap Language (Bahasa). Pada tahap language, manusia memaknai sebuah kata dengan murni atau dengan sederhana. Jika kita ambil kata “Bandung”, maka kita akan memaknai “Bandung” ini sebagai sebuah kota. Hanya sebuah kota!

Namun, pemahaman itu akan terlihat berbeda jika kita memasuki tahap Parole (julukan). Pada tahap ini, manusia akan memaknai sebuah kata ataupun nama secara lebih mendalam. Tahap parole (julukan) menjadi interaksi yang berbeda. Pada tahap ini, timbul sebuah julukan yang melengkapi makna sebuah kata sehingga ia menjadi lebih berarti. Kata “Bandung: Kota Kembang” menjadi julukan bahwa Bandung menjadi sebuah simbol kota yang bersih nan asri. Bandung dinilai menjadi kota idaman bagi masyarakat dengan kecantikan kotanya. Julukan berikutnya, “Mojang Bandung”, secara Bahasa diartikan sebagai gadis asal bandung. Namun pada tahap parole, julukan ini identik dengan kecantikan gadis-gadis asal Bandung yang menjadi idaman para jomblo, hehehe.

Nah satu lagi yang tidak bisa kita lewatkan adalah “Bandung: Paris Van java”. Kata ini bermakna Bandung adalah kota yang memiliki selera fashion yang keren sehingga diibaratkan sebagai kota Paris, namun terletak di Pulau Jawa. Hal ini kemudian juga merujuk pada masyarakat Bandung yang cenderung senang membuat inovasi dalam berbagai bidang, contohnya inovasi dalam bidang fashion dan kuliner. Hal ini kemudian menjadi keunggulan produk kebudayaan masyarakat di Bandung, lho!

Penasaran? Bila kalian belum sempat berkunjung ke kota yang satu ini, wah bakalan nyesel banget, hehehe.
Hayu! Buat rencana liburan ke Bandung. Tunggu apa lagi?

Answered Nov 11, 2017
Aria Yusuf
Gaya Kanan

G3t33CWJUKngOyzLHMSie6Ls68JD7_FF.jpg

Bandung adalah kota yang tak terlalu jauh jaraknya dari Ibukota. Bandung adalah kota yang eksotis nan pelipur lara. Bandung memiliki sejuta pesona yang membuatnya menjadi alasan orang-orang memilihnya menjadi tujuan wisata. Keindahan alam dan suasana yang menyejukkan adalah salah satu dari alasan-alasan lainnya.

Bandung memang sedikit mirip dengan Ibukota, tetapi suasana budayanya masih lebih terasa. Bandung juga kini seakan menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Ibukota yang hendak menenangkan pikiran sejenak sebelum kembali ke rutinitas. Suasana hamparan pepohohan hijau di bukit serta musik khas tanah Sunda dapat dengan mudah kita temui di kota ini. Dengan keadaan demikian, memang tidak salah apabila wisata di Bandung selalu dipadati wisatawan pada akhir pekan.

Wisatawan tersebut datang dari berbagai penjuru dengan berbagai alasan. Ada yang datang karena urusan bisnis, ada pula yang datang karena ingin refreshing. Memang, Bandung ada untuk siapa saja dengan berbagai keperluan. Berbagai destinasi wisata terhampar di seluruh penjuru kota ini, mulai dari Alun–Alun Kota Bandung di pusat kota hingga Ciwidey di Bandung Selatan. Keduanya menjadi dua contoh konkret keindahan kota ini. Banyak hal bisa dilakukan seperti apa yang telah saya dan tim persiapkan untuk liburan akhir tahun.

Destinasi yang kami pilih adalah Situ Patenggang. Suasana tenang situ ditambah pepohonan yang mengitari Situ Patenggang membuat destinasi ini menjadi tempat yang patut untuk dikunjungi. Datang ketika mentari bersiap untuk pulang dan mendirikan tenda tepat di samping situ adalah hal yang luar biasa. Menjalani malam di bawah jutaan bintang yang menjadi atap ditemani secangkir kopi, sahabat, dan gitar akan menjadi malam yang pas untuk menyegarkan pikiran setelah menjalani rutinitas.

Pagi hari adalah waktu yang paling juara dari waktu yang ada ketika menghabiskan waktu di situ ini. Cahaya mentari yang masih malu-malu menampakkan diri bertabrakan dengan tenangnya air di Situ Patenggang membuat suasana menjadi tenang dan syahdu. Melihat dan merasakan suasana yang demikian membuat hati menjadi tenang dan pikiran menjadi segar. Sejuknya mentari pagi adalah golden time dalam rangkaian kegiatan di Situ Patenggang.

Udara yang sejuk ditambah pemandangan yang indah merupakan pelipur lara yang paling pas. Berat rasanya untuk meninggalkan waktu–waktu yang demikian. Apabila masih merasa kurang dengan magisnya Situ Patenggang, kita bisa menjalani hari dengan menjelajahi Jalan Braga yang khas dan penuh akan memori. Terakhir, untuk menutup hari yang indah, kita bisa naik ke Bukit Moko dan menikmati indahnya sunset dari atas bukit.

Sekian cerita saya tentang Bandung, Selamat Berlibur!

 

Sumber foto: 500px

Answered Nov 12, 2017

Ketika seorang Ayah menanyakan sesuatu kepada seorang anak,

"Nak, kenapa, sih, kamu perlu berencana berlibur ke Bandung?"

"Aku tidak tau pasti, Ayah. Tapi Bandung itu kota eksotis, menurutku. Maka aku perlu berencana berlibur ke Bandung pekan ini."

Setiap orang pasti mempunyai rencana, entah itu rencana berlibur ataupun tidak. Saya pun bermaksud berlibur ke Bandung pekan ini. Maka saya butuh sebuah rencana/persiapan agar liburan saya menjadi worth.

Disukai atau tidak, Bandung memang menyimpan banyak ‘harta karun’. Bandoeng tempoe doeloe tentu berbeda dengan Bandung tempo kini. Jika Anda pernah mendengar istilah "Bandung Lautan Api", maka Anda tidak salah dengar. Bandoeng tempoe doeloe memang tidak sama sekali pantas sebagai tujuan rekreasi. Bagaimana tidak, Anda tidak dapat menemukan barang berharga maupun bangunan eksotis di kota yang telah habis dibakar oleh penduduknya sendiri. Bukan tanpa alasan, pembumihangusan kota Bandung ditujukan agar tidak terjadi pendudukan atas barang ataupun bangunan oleh sekutu. Sudahkah Anda mengetahuinya? Silakan membaca sejarah terlebih dahulu, lalu merencanakan berlibur ke Kota Bandung. Besar harapan saya agar liburan Anda penuh makna.

Namun, Anda tak perlu bimbang. Bandung tempo kini sudah jauh berbeda. Anda kini dapat menikmati berbagai fasilitas serta panorama dari daya tarik yang ditawarkan Kota Bandung. Anda tahu Kawah Putih atau Situ Patenggang? Itu hanya 2 per sekian dari banyak keindahan kota Bandung. Tak ayal, Bandung dijuluki Kota Kembang. Kenapa kudu Kota Kembang? Karena Kembang melambangkan bagaimana Kota Bandung dipandang sebagai pusat keindahan dan eksotis-sentral dari berbagai kota di Indonesia.

Kenapa tidak Jakarta? Kenapa tidak Malang? Kenapa kudu Bandung yang dijuluki Kota Kembang?

 

Anda perlu ke Bandung untuk menemukan jawaban tersebut! Karena jawaban ini cukup subjektif, maka lakukan by yourself. :)

 

SwlLpUsKLdmWN7uJivy8rScT0N-F72EE.jpgSource : 99tourtravel

Sebelum itu, Anda perlu menyusun sebuah rencana.

Bagaimana cara merencanakan liburan yang tepat ke Kota Bandung?

Pembaca yang budiman, pesatnya kemajuan teknologi membuat akses transportasi menjadi mudah. Saya harap pertanyaan ini bukan sebuah polemik yang mesti dibesarkan. Anda dapat menaiki kendaraan pribadi ataupun kendaran komersil. Untuk masalah jalur, Anda dapat melalui jalur udara ataupun darat. Saya tidak berani berkata kalau bisa melalui jalur laut dikarenakan saya belum pernah melaluinya. Kalau jalur udara, Anda dapat turun di Bandara. Sungguh menarik, bukan? Jalur darat bisa ditempuh melalui tol maupun KRL[1].

Bandung sendiri menyediakan 5 pintu tol utama, yakni Tol Pasteur, Tol Baros, Tol Pasir Koja, Tol Kopo, Tol Toha, Tol Buah Batu, dan Tol Cileunyi. Tentu, Anda dapat mengakses salah satunya. Untuk KRL sendiri, PT. KAI[2] menyediakan berbagai rute ke Bandung. Setahu saya, ada rute Bogor-Bandung (sekitar 140 KM) dan rute Jakarta-Bandung (sekitar 166 KM). Selengkapnya, Anda dapat mengecek di website PT. KAI.

Namun, Anda perlu merencanakan lebih matang untuk berlibur ke Bandung saat hari bersejarah karena jumlah pemudik yang ingin menikmati keindahan Kota Bandung bukan hanya ratusan, tetapi ribuan.

Nah, selain memikirkan bagaimana rute untuk bepergian ke Bandung, Anda juga perlu untuk memikirkan moda transportasi di dalam Kota Bandung. Bila Anda adalah pengguna kendaraan pribadi, hal itu mungkin tak masalah. Namun, bila merupakan pengguna kendaraan umum, Anda perlu berencana lebih. Pemkot[3] Bandung memang menyediakan banyak alternatif transportasi. Anda dapat memilih Opang, Angkot, Bemo (hanya ditemui dibeberapa tempat), hingga Bus Kopaja. Namun, ada yang patut disayangkan. Pasalnya, Pemot Bandung telah melarang angkutan online di kota Bandung. Hal ini tentu mempengaruhi semangat liburan Anda dan teman-teman pembaca. Tapi, tak perlu risau ya, karena ini masih dalam peninjauan kembali.

4mJ4nlwJdux7rTbUY3g2WmOMDCZUE24I.jpgGoogle Image

Hampir setiap inch dari Kota Bandung mempunyai makna bagi saya.

Karenanya, tak heran, Kota Bandung hampir menjadi destinasi yang menyaingi Kota Bali. Berdasarkan data statistik Disparbud[4], kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara mencapai 6.5 juta jiwa pada Semester 1 tahun 2016. Angka ini diprediksi akan terus naik setiap periodenya seiring peningkatan kualitas dan kuantitas sisi pariwasata Kota Bandung.

Selain itu, saya juga sempat mewawancarai beberapa teman saya di UNPAD[5] dan ITB[6]. Secara keseluruhan, mereka mengatakan merasa senang dengan pelayanan fasilitas Pemkot Bandung.

FljNM59Vu__P0945eXmpraWQpHbhit7Q.jpgCombined by Photoshop

Lalu, mengapa Anda masih ingin bertekad mengunjungi Paris sementara Bandung sendiri menjadi incaran para turis Perancis? Anda perlu mengubah mindset.

Saya kira, tidak akan pernah cukup kata untuk menggambarkan secara detail seisi kota Bandung. Sebab itu, saya berharap Anda dapat berkunjung sendiri dan menikmati suasana Kota Bandung.

Akhir kalimat, selalu ingat perkataan Pidi Baiq dan M.A.W.Brouwer tentang Bandung.

 cXw8KlX8ybTURSGKCSEQw6NWI-ORDbOb.jpgCombined by Photoshop

“Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi.”

“Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum.”

Silahkan renungkan. Sekian.

 

[1]Kereta Rel Listrik
[2]Kereta Api Indonesia
[3]Pemerintah Kota
[4]Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
[5]Universitas Padjajaran
[6]Institut Teknologi Bandung

Answered Nov 16, 2017
Sponsored

Question Overview


and 16 more
34 Followers
3009 Views
Last Asked 10 months ago

Related Questions


Bagaimana implementasi growth hacking atau akuisisi user baru yang paling efektif untuk sebuah produk media digital?

Mengapa Indonesia merupakan negara yang miskin?

Bagaimana pendapat Anda terkait pernikahan beda agama?

Perubahan seperti apa yang Anda inginkan di Indonesia?

Mengapa teleskop tidak bisa melihat lebih jauh dari 13,8 miliar tahun cahaya?

Apa sebab munculnya ekstremisme di dunia ini?

Mengapa langit berwarna biru?

Bagaimana nasib perempuan-perempuan Jerman setelah Nazi kalah dalam Perang Dunia II?

Bagaimana cara Nazi mengenali orang Yahudi pada Perang Dunia II?

Apa yang bisa Indonesia lakukan untuk meningkatkan kejayaan industri filmnya?

Apa destinasi wisata yang menurut Anda paling keren di Indonesia?

Ceritakan aktivitas apa yang paling sering Anda lakukan bersama keluarga atau pasangan Anda saat liburan akhir pekan?

Bagaimana tips merencanakan dan mengelola keuangan untuk liburan akhir tahun?

Mengapa sektor pariwisata Indonesia selalu kalah dibanding Thailand dan bahkan Malaysia dari sisi pengunjung?

Bagaimana cara Anda untuk menghabiskan waktu libur?

Anda lebih memilih untuk berlibur ke Antartika, Gurun Sahara, Hutan Amazone atau Samudra Pasifik?

Bagaimana pengalaman anda saat berlbur ke Pulau Kakaban?

Definisikan liburan seperti apa yang dapat sekejap menghilangkan penat Anda?

Negara mana yang ingin anda tuju?

Apa destinasi liburan yang paling Anda inginkan bersama orangtua Anda?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa saja hal yang membuat Bandung lebih baik dari kota-kota lainnya?

Tempat hiburan malam apa yang paling "undercover" di di Bandung?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Bandung?

Apa saja fakta-fakta yang paling mengerikan tentang Bandung?

Apakah yang menarik di Kota Bandung?

Menurut Anda apakah Bandung kota yang toleran?

Apa yang membuat kota Bandung demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Gedung bersejarah mana saja yang bisa dikunjungi pesepeda di Bandung?

Bagaimana sejarah dari rivalitas klasik antara Persib dengan Persija?

Kuliner apa yang paling Anda sukai jika berada di Kota Bandung?