selasar-loader

Bagaimana rasanya kembali memakai ponsel lama pada era smartphone seperti saat ini?

Last Updated Oct 21, 2017

Saya sedang memperhitungkan untuk kembali memakai ponsel fitur (featured phone) karena merasa lelah dengan konektivitas digital. Boleh bagikan pengalaman Anda?

4 answers

Sort by Date | Votes
M. Fazwan Wasahua
Pelayan Peradaban di Human Illumination

Op8vTOoys31XNVEWu_95bowZlXT8MGir.jpg

Awalnya, saya merasa aneh dan terbatas ruang geraknya. Namun setelah dinikmatin, ternyata mengagumkan. Saya bisa lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengobrol dengan teman-teman ketika bertemu tanpa harus sibuk dengan handphone.

 

Ilustrasi via cnet.com

Answered Oct 27, 2017

Saya pikir, bagus juga ponsel lama. Karena pengaruh dari ponsel canggih, interaksi di antara sesama secara langsung sangat kurang.

Answered Oct 28, 2017
Rizky Ananda Putra
Ketua BEM FEB Unair 2018 | Peserta Rumah Kepemimpinan Surabaya

Saya rasa jika kembali menggunakan ponsel lama tidak akan ada lagi orang orang yang sibuk bermain gadget saat rapat, kumpul, dan nongkrong bersama. Baterai ponsel lama pun lebih tahan lama dibandingkan smartphone seperti saat ini. Saya ingat dulu waktu pakai ponsel lama bisa menggunakan ponsel selama satu minggu tanpa di charge

Answered Dec 2, 2017
Muhammad Abimanyu Setyo Puji Asyhari
Pemuda Nganjuk, Mahasiswa Teknik Komputer ITS 2014, Peserta Rumah Kepemimpinan 8

Setahun silam, tepatnya pada bulan Juni 2016, smartphone saya mengalami kerusakan yaitu tidak bisa booting alias tidak bisa menyala lagi. Waktu itu pas bulan hectic untuk mempersiapkan segala urusan untuk mengawali kepengurusan di sebuah organisasi eksekutif kampus (red: BEM Fakultas), urusan mengenai pemilihan staff, pembuatan draft program kerja, atau pun koordinasi dengan pengurus lainnya. Akhirnya selama seminggu, saya menggunakan ponsel lama yang hanya bisa untuk SMS dan Telepon saja. Dengan kondisi yang ada saya merasa kewalahan dan terhambat segala aktifitas untuk menyelesaikan urusan-urusan itu. Sebab smartphone bisa mempercepat koordinasi dengan adanya fitur chat yang ada group bersama, bisa membuka dan mengakses berkas yang perlu untuk diselesaikan. Setelah seminggu, saya memutuskan unutk membeli smartphone baru, karena saya membutuhkan fiturnya untuk menyelesaikan segala keperluan yang saya sebutkan sebelumnya.

Tapi lagi-lagi harus kembali ke setiap individu ya. Jika smartphone ini membantu untuk meningkatkan produktifitas dari pengguna berarti pengguna tersebuat memang bijaksana dalam pemakaian. Namun ketika smartphone hanya digunakan untuk keperluan hiburan dan membuat produktifitas pengguna menurun ya berarti kurang bijak si pengguna untuk memakai smartphone. So, bijak memakai smartphone ya! ;)

Kalo pendapat mengenai smartphone atau ponsel lama, ada dua hal yang secara pribadi dapat saya sampaikan
1. Sesuaikan dengan kebutuhan kita, kalo cukup dengan ponsel lama dan kita bisa leboh enjoy dengan itu, please go a head
2. Bijak dalam penggunaan jika kita memilih untuk menggunakan smartphone

Semoga bermanfaat :)

Answered Dec 3, 2017