selasar-loader

Berapa banyak programmer yang biasanya terlibat dalam membuat/mengembangkan sebuah website?

Last Updated Oct 20, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Asri Hanif Ronaza
The man who just visit in this world

Saya mulai menjawab dengan hadist Muslim nomor 2664 "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, 'Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu,' tetapi katakanlah, 'Ini telah ditakdirkan Allâh, dan Allâh berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan.'"

Dari sini, seorang muslim harus melatih kondisi fisiknya agar tetap prima beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita juga harus menjaga fisik untuk bersemangat dalam beraktifitas sehari-hari dan menjaga produktivitas. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga secara teratur.

Ada banyak kegiatan olahraga yang bisa dilakukan, akan tetapi harus ingat sesuai dengan aturan dalam Islam. Salah satu rekomendasi dari Islam adalah memanah dan berkuda. Kali ini, saya akan membahas sedikit tentang berkuda.

Kuda merupakan binatang yang beberapa kali disebutkan dalam Alquran seperti pada Ali Imran ayat 14, Al Adiyat ayat 1, dan lain-lain. Kuda disebutkan khusus dalam Alquran yang pastinya memiliki keutamaan. Salah satu keutamaan yang menarik bagi saya tentang berkuda adalah hadist riwayat al-Bukhari dari Abu Hurairah, “Barang siapa memelihara dan mempersiapkan seekor kuda untuk berperang fi sabilillah karena iman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan membenarkan janji-Nya, maka kenyang dan tidak hausnya (kuda itu), kotoran dan air kencingnya menjadi kebaikan-kebaikan yang akan (diletakkan) di dalam timbangan amalannya pada hari kiamat.” Dan juga hadist diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 2850 & 2852 & 3119 & 3643, Muslim no. 1873, At-Tirmidzi no. 1694, dan yang lainnya, "Kebaikan terikat pada ubun-ubun kuda hingga hari kiamat, yaitu adanya pahala (kelak di akhirat) dan ‎ghaniimah (harta rampasan perang)".

Hal ini menandakan, ketika kita dapat memelihara kuda dengan baik, maka kita mendapat kebaikannya. Apapun kegiatan yang dilakukan oleh kuda seperti makan, minum, kotorannya menjadi kebaikan. Bahkan, mengusap kepala kuda merupakan kebaikan. Akan tetapi, kita harus selalu ingat untuk tidak riya' dan sombong karena memiiki kuda .

Semoga kita semua dimudahkan untuk memiliki kuda. Jangan lupa, ada jenis dan warna kuda yang diutamakan, ya!

6A9VT-1er1ZijCkpjRRw8wvfqzXQKlS0.jpg

Sumber:

https://almanhaj.or.id/3841-mukmin-yang-kuat-lebih-baik-dan-lebih-dicintai-oleh-allah-subhanahu-wa-taala.html
http://wiyonggoputih.blogspot.co.id/2015/12/penjelasan-tentang-keutamaan-kuda.html

Sumber Gambar :

http://www.daaruttauhiid.org/berita/read/2453/kesan-aa-gym-berkuda-di-padang-pasir.html

Answered Nov 14, 2017
Royyan Dzakiy
Passionate about IT, startups and IoT! Let's discuss!

Untuk jawaban singkat, saya asumsikan website yang dibutuhkan harus dibuat dari 0 baik segi Front-End (tampilan depan) dan Back-End (CMS, Web Services, Server, Database). Baiknya minimal 3 orang, dengan minimal 1 mengisi di bagian Front atau Back. Kelak alokasi satu lagi bisa disesuaikan dengan kompleksitas web yang dibuat, apakah lebih kompleks di desain dan konten atau lebih kompleks pertukaran data dan web servicenya.

Untuk jawaban panjang, saya akan menjawab dengan tergantung scope website yang hendak anda buat. Scope disini adalah seberapa kompleks web yang dibuat baik dari segi teknologi maupun konten. Bicara teknologi, bisa saja sebuah laman depan sederhana dengan memanfaatkan HTML dan CSS dikatakan sebagai sebuah website. Tentunya ini bagi siapapun belajar sehari bisa jadi cukup dan tentunya dapat dilakukan sendiri. Tapi seiring banyaknya konten maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama (dan penambahan jumlah orang hanya sekedar untuk mempercepat hal itu saja). Bahkan sekarang sudah banyak template website yang dapat ditanam di web host dan sudah akan memberikan tampilan layaknya blog profesional, baik dari segi desain tema (Front-End), hingga berbagai fungsionalitas seperti plugin, extension dan Content Management System (Back-End). Maka cukup 1 atau 2 programmer untuk mengisi pekerjaan ini karena kompleksitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun jika bicara teknologi yang sudah menggunakan MEAN stack atau Full Stack website, maka akan dibutuhkan lebih banyak orang dengan keahlian yang berbeda pula. Sebut saja Front-End Engineer dan Back-End Engineer. Disini saya tidak akan menjelaskan apakah peran mereka tapi sederhananya dengan penambahan keahlian yang dibutuhkan, maka butuh lebih banyak orang juga. Kelak dengan bertumbuhnya website, lalu konten, traffic dan data semakin banyak, maka akan butuh lebih banyak lagi orang untuk mengontrol perubahan yang terjadi. Bahkan untuk website profesional bisa jadi butuh belasan sampai puluhan programmer (atau lebih tepatnya software engineer) untuk terus memantain, mendevelop dan menghembuskan nafas inovasi pada website ybs.

Salam~

Answered Feb 3, 2018
Sponsored

Question Overview


3 Followers
308 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Apakah Anda percaya pada anggapan bahwa terbakarnya Samsung Galaxy Note 7 dalam beberapa kasus itu bagian dari perang dagang iPhone?

Negara mana di Afrika yang paling maju dari sisi industri teknologi informasi dan internet?

Bagaimana cara belajar bahasa pemrograman secara autodidak?

Apa yang membuat Telkomsel begitu kuat dibanding operator yang lain?

Apa bentuk teknologi informasi yang paling mengubah dunia? Mengapa?

Apakah teknologi membantu atau (justru) melemahkan manusia? Mengapa?

Bagaimana sejarah awal mula digital age saat ini?

Mengapa Apple masih menduduki peringkat pertama perusahaan teknologi di Indonesia? Padahal Google mempunyai penemuan yang jauh lebih banyak

Bagaimana cara mengurangi ketergantungan terhadap ponsel?

Apakah konsep kedaulatan negara masih relevan dalam konteks internet?

Bagaimana cara agar hits suatu web bisa tinggi?

Apa yang membuat orang betah berlama-lama di suatu situs/web?

Mungkinkah Selasar menjadi salah satu situs web paling dikunjungi di Indonesia?

Apa itu WebAssembly?

Model bisnis apa saja yang biasa dilakukan oleh media online?

Mengapa selasar sangat lambat dimuat dibandingkan situs lain?

Dapatkah Anda bercerita lengkap tentang website atau blog yang Anda miliki sendiri?

Halaman website apa yang pertama kali Anda buka setiap terhubung dengan internet?

Apa perbedaan mendasar antara user interface (UI) dan user experience (UX)?

Apa perbedaan mendasar antara detik.com dengan kompas.com?