selasar-loader

Apa tujuan mengembangkan bom nuklir jika manusia sudah tahu dampaknya meliputi seluruh dunia?

Last Updated Oct 20, 2017

Mereka paham bom tersebut sama sekali tidak bisa digunakan dalam perang karena akan mengancam keselamatan mereka sendiri.

2 answers

Sort by Date | Votes
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

Mungkin sebagai pertahanan diri agar negaranya tidak mudah diancam atau diserang negara lain.

Answered Dec 18, 2017
Restu Bagus Riyanto
Wakil Ketua BEM IM FKM UI 2017 | Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

Terlepas dari efek destruktif yang dihasilkannya, tidak dapat dipungkiri bahwa nuklir telah menjadi elemen dari kekuatan nasional negara-negara besar untuk melindungi kepentingan nasionalnya dan bagian dari strategi politik keamanan guna mencapai dan mempertahankan kekuasaan. 

Politik internasional era Perang Dingin merupakan politik nuklir yang didominasi AS dan Uni Soviet demi menciptakan perimbangan kekuatan atau balance of power. Dengan cara ini, perdamaian dunia dapat dicapai dan perang dapat dicegah. 

Dalam sistem internasional yang anarkis, perilaku aktor negara dapat menjadi sangat agresif apabila kepentingan nasionalnya terancam, setidaknya dalam pandangan kaum realis tradisional yang meyakini kekuasaan dan kepentingan nasional sebagai nilai utama yang dikejar dalam politik internasional. Perang besar akan terjadi dan menciptakan kehancuran total peradaban manusia jika nuklir dipakai untuk mencapai tujuan tersebut seperti yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki.

Answered Apr 1, 2018