selasar-loader

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Last Updated Nov 16, 2016

Ada banyak nasihat dan kata-kata baik di dunia ini. Apa nasihat terbaik yang ada dalam hidup Anda?

159 answers

Sort by Date | Votes
Robby Syahrial
Menjalani hidup penuh drama india

Jangan pernah meninggalkan sholat. itu dari ibu saya. cuman itu yang dia katakan disetiap saya akan pergi atau sedang melakukan kegiatan apapun.

Answered Nov 18, 2016
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

Man jadda wa jadda - barang siapa bersungguh-sungguh dia akan berhasil 

Sering sekali disampaikan Ayah saya waktu kecil sampai SMA, sebelum saya studi di Bandung. Ayah saya lulusan Gontor, mungkin gurunya sangat menekankan ini juga seperti diceritakan di novel/film Negeri 5 Menara.

Answered Nov 18, 2016
Miftah Sabri
Pengembara, Pendiri dan CEO Selasar

Satajam tajam pisau labiah tajam lidah. (Bahasa Minang)

Ini nasihat dari kakek saya. (Setajam-tajam pisau, lebih tajam lidah). Benar adanya. Banyak kejadian besar terjadi hanya karena kata. Nasihat ini disampaikan Kakek ketika saya masih kecil di Bukittinggi sana. Mungkin ini yang membuat saya menjadi gandrung dengan kata-kata. Hingga besar, saya bertemu dengan kutipan dari Gabriel Garcia Marquez, Nobel Lauret dari Amerika Latin. Word is Sword. Kata kata adalah senjata!

Waktu saya menjawab ini, sedang terjadi prahara seorang tokoh politik yang "talongsong kecek" (terlanjur mengutarakan kata dengan enteng), akhirnya berbuah petaka. Saya menduga jika dulu tokoh tersebut pernah menerima nasihat sebagaimana saya menerima nasihat dari kakek saya, dia tidak akan seperti itu. 

 

 

 

 

Answered Nov 18, 2016
Qaedi Aqsa
Political Science University of Indonesia.

04DRD0M4anpjBE1dN43LIGAVFIz-ogcT.jpg

via thayyiba.com

 

Dima Bumi Dipijak, Disitu Langik Dijunjuang.

Pesan diatas yang selalu saya terapkan dalam pergaulan sejak sekolah. Mengenal banyak orang dengan latar belakang yang berbeda membuat saya harus adaptif. Mengerti kondisi akan membuat kita selalu berhati-hati dalam bersikap dan berbicara.

Answered Nov 21, 2016
Ma Isa Lombu
Seorang Lelaki, Suami dan Ayah

Zk6w37REOGTonpDdlD_KFkAQDraRKyJ4.jpg

Selalu berusaha untuk bersikap skeptis dalam segala hal. Skeptis yang sehat. Karena dengan skeptis yang sehat kita akan terus berkembang karena tidak mudah percaya akan kebenaran yang diklaim oleh seorang manusia dan yang pasti dengan skeptis yang sehat kita tidak akan mudah menyalahkan orang lain.

“Scepticism is the first step towards truth.” 
― Denis DiderotPensées philosophiques

Answered Nov 22, 2016
Ade Rainaldo
Beswan Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung || Penulis Buku Resonansi 2017

nasihat_1273115.jpg

Sumber gambar: https://www.toonpool.com/user/20021/files/nasihat_1273115.jpg (SUM)

 

Nasihat terbaik yang pernah saya dapatkan adalah bagaimana kejadian pendahulu kita agar tidak terulang kembali dan belajarlah dari polosnya anak-anak.

Answered Nov 22, 2016

orang-tua-menasehati-anak-_151231074328-

Sumber gambar: http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/orang-tua-menasehati-anak-_151231074328-817.jpg (SUM)

Jangan pernah digadaikan harga diri, idealisme, dan agama hanya demi mendapatkan sesuap nasi.

Answered Nov 22, 2016

images?q=tbn:ANd9GcSwyz0zgVhKPYm4RdHPlDj

Sumber gambar: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSwyz0zgVhKPYm4RdHPlDjJNcaqm2ZFFwse42v_4Hm6pKw9_O-YYQ (SUM)

 

Pesan terbaik yang pernah saya adalah "Suatu ketika bila badai berakhir, kamu mungkin sudah tidak ingat lagi bagaimana kamu melaluinya. Bahkan kamu mungkin tak yakin badai itu benar-benar sudah berakhir. Tetapi ada satu yang pasti, yaitu ketika kamu berhasil melewati badai itu, kamu sudah tidak lagi menjadi orang yang sama dengan sebelum kamu melewati badai itu."

Answered Nov 22, 2016
Rion Aja
belajar mendengarkan

Hasil gambar untuk pendengar yang baik

Sumber gambar: http://www.salingsapa.com/gambar/text/text-belajar-menjadi-pendengar-yang-baik-8210-l.jpg (SUM)

Nasihat yang paling saya ingat sampai sekarang dan masih belum bisa dilakukan secara penuh adalah "Jadilah pendengar yang baik". Nasihat ini paling ampuh untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin seperti Pak Jokowi yang memiliki kemampuan "mendengar" yang baik sehingga dapat membawanya ke Istana Negara. 

Answered Nov 23, 2016
Erin Nuzulia Istiqomah
Menjalani hidup untuk istirahat di surga-Nya

SZVuT7sZWWvoVsYG6w1rkysrVHU7qIQq.png

Gambar diambil oleh ENI

Hidup kita tidak untuk menyenangkan orang lain. Jadi, ketika apa yang kamu lakukan mendapat cibiran banyak pihak tetapi kamu yakin apa yang kamu lakukan benar, lanjutkan saja. Kita akan lelah jika hanya terus melakukan suatu hal untuk menyenangkan orang lain. Pada kenyataannya akan mustahil jika kita mampu menyenangkan semua pihak.

Kira-kira itu sepenggal nasihat yang kemudian mampu meredefinisi hidup saya.

Answered Nov 23, 2016
Hana Fitriani
Product manager & kontributor Selasar.com.

Hasil gambar untuk nasihat

Sumber gambar: http://www.mimbar-rakyat.com/wp-content/uploads/2015/04/Pantun-nasehat-.jpg (SUM)

 

Berikut ini adalah nasihat paling keren yang pernah saya dapatkan.

Anggap satu tahun = 365 hari. "Jika mulai dari hari pertama, kita melakukan progress sebanyak 1% saja, di hari ke-365, kita akan menjadi 37.8x lebih baik dari sebelumnya. Namun, jika sejak hari pertama kita melakukan kemunduran sebesar 1% saja, di akhir tahun kita mengalami penurunan kapasitas dari 1 ke 0.03." 

Nasihat ini mengajarkan saya untuk tetap istiqomah dalam kebaikan. Walaupun sederhana, asal dikerjakan dengan konsisten dan akseleratif, maka hasilnya akan besar.

Answered Nov 23, 2016
Pramudya Oktavinanda
Curiosity killed the cat, but satisfaction brought it back

AfcqXk-8HhQqGcYDpaR90-5l1Cy40RoG.png

gambar via PO

Mungkin bukan nasihat terbaik per se yang pernah saya baca atau dengar tetapi setidaknya ini adalah nasihat paling memorable bagi saya yang diambil dari komik Donal Bebek. Donal ini terkenal sebagai karakter pemarah yang tidak bisa mengendalikan emosinya. Suatu hari, gara-gara tidak bisa mengendalikan emosinya, dia membuat kekacauan di Kota Bebek dan harus melarikan diri (biasanya dia kabur ke Timbuktu). Kali ini, Donal memutuskan dia harus mencari solusi bagi masalah emosinya tersebut dan pergilah dia ke sebuah gunung terpencil untuk menemui pertapa terkenal yang dipercaya memiliki jawaban atas semua masalah kehidupan.

Setelah pendakian yang brutal dan melelahkan, dipaksa menikmati bubur rasa minyak bumi dari warga setempat di pegunungan itu dan kemudian dikejar warga sekampung karena dianggap menghina bubur tersebut karena Donal tak sanggup menghabiskannya, Donal akhirnya bertemu dengan si pertapa dan bertanya, "Apa rahasianya supaya tidak gampang marah? Jawaban si pertapa, "Gampang, ya jangan marah." Tentu saja Donal akhirnya marah-marah kembali karena merasa ditipu apalagi selama perjalanan itu sebenarnya, dia terus menerus menahan emosinya yang meluap-luap.

Walaupun tujuan utama kisah ini mungkin untuk melawak, saya pikir filosofinya mendalam sekali. Rahasia untuk tidak marah-marah ya jangan marah. Marah dalam segi tertentu bisa jadi memberikan energi positif tetapi dalam praktiknya, berapa banyak energi kemarahan yang justru akhirnya bersifat negatif dan menimbulkan pernyataan dan perbuatan yang kemudian kita sesali. Sama seperti Donal, saya pernah jadi orang yang gampang marah tetapi setelah mengalami banyak pengalaman dalam hidup, saya menyadari marah sering kali cuma buang-buang waktu. Ada banyak hal yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan senyuman yang manis. Hidup akan lebih indah kalau kita semua lebih adem sehingga solusi juga lebih gampang dicari ketika emosi dalam keadaan tenang dan terfokus. Dan ketika saya mengurangi kemarahan saya secara signifikan, saya pun menyadari hidup saya juga jadi jauh lebih nikmat. Jadi? Jangan marah-marah. Perbanyak piknik and have a nice day!  

Answered Nov 23, 2016
Banu Muhammad
pembelajar, alumni FEUI

Sumber gambar: http://aimashachibi.blogspot.co.id/2015/10/jangan-marah.html (SUM)

"Jangan marah, bagimu surga" 

Answered Nov 23, 2016
Armedianto Putra St Rky Mulia
DBM MNC Sky Vision ( MNC Group )

Hasil gambar untuk nasihat ayah kepada anaknya

Sumber gambar: https://i2.wp.com/www.abunawas-oye.com/wp-content/uploads/2016/03/artikel-43.jpg?resize=678%2C381 (SUM)

 

"Berusahalah membuat semua orang tersenyum, maka kamu akan bahagia."

Nasihat dari seorang pria terhebat dan luar biasa. Dia adalah papa, seorang yang mempunyai sifat mulia sebagai seorang "Oemarbakri" dengan bidang studi Matematika di sebuah SMP negeri. Ia adalah sosok yang keras, disiplin, rapi, dan jenius. Hal yang menarik dari sosok guru fenomenal ini adalah kasih sayang. Bapak selalu berpandangan berbeda dengan guru-guru yang lain. Bagi bapak, anak - anak nakal bukanlah suatu musuh yang harus dibasmi dan diberantas tetapi dirangkul dan disayangi karena mereka nakal disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ekonomi, kurangnya kasih sayang dan perhatian keluarga, pergaulan, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, tidak jarang bapak memberikan seragam, uang sekolah, buku tulis yang sering menjadi alasan mereka bolos nakal dan malas sekolah serta sudah tentu nasihat  dan rangkulan kasih sayang.

Di kehidupan sehari-hari, bapak adalah orang tua bagi kami dan ninik-mamak bagi kaumnya (ninik mamak berarti 'ketua adat', kaum adalah 'suku/marga') serta pemuka masyarakat yang dalam bahasa Minang "pai tampek batanyo, pulang tampek mangadu" ('ingin pergi tempat minta pendapat dan nasihat, di saat pulang nanti tempat berkeluh kesah').

Bapak tidak pernah lelah untuk menjalani hari demi hari untuk sebuah pengabdian, baik dalam pekerjaan maupun masyarakat. Bahkan, bapak menyediakan waktu untuk mengajar les "cuma-cuma" untuk santri MTI sebagai bekal menghadapi UAS. Bapak bagaikan kepiting yang mempunyai cangkang dan jepitan sangat keras tetapi di dalamnya sungguh lembut dan putih.

Nasihat yang selalu diberikan adalah "Berusahalah membuat semua orang tersenyum, maka kamu akan bahagia." Kalau kamu tidak merantau, kamu akan seperti katak dalam tempurung. Satu kali melangkah ke depan, pantang untuk surut. Di saat seorang laki laki mengambil keputusan, maka dia harus bertanggung jawab atas keputusannya dan besiaplah dalam menghadapi rintangan dan hambatannya. Jangan pernah mengharapkan belas kasihan orang lain tetapi berusahalah membantu dan meringankan beban orang lain."

My Lovely Father A DT Rky Mulia

Answered Nov 23, 2016
Zulfian Prasetyo
Selalu ada di kepala saya: untuk apa kita hidup? Bagaimana cara menjalankannya?

Hasil gambar untuk peraturan

Sumber gambar: http://buruh-online.com/wp-content/uploads/2016/11/regulation1.jpg (SUM)

 

"Taati peraturan, ikuti prosedur."

Peraturan ada untuk memudahkan hidup. Dalam konteks undang-undang, mengikuti undang-undang membuat Anda memiliki hak untuk dilindungi oleh negara. Ketika Anda melanggar undang-undang, kewajiban negara untuk melindungi Anda akan hilang.

Menaati peraturan juga membuat Anda hidup lebih tenang. Tidak perlu berbohong dan menciptakan kebohongan kedua, ketiga, dan seterusnya untuk menutupi kebohongan pertama. Mengikuti prosedur membuat Anda terhindar masalah. Mengapa? Karena prosedur dibuat salah satunya berdasarkan pengalaman dan kesalahan yang terjadi sebelumnya.

Kesimpulannya, ketika saya taat aturan, saya mendapatkan relatif lebih sedikit masalah.

Answered Nov 23, 2016
Anonymous

Hasil gambar untuk berbisik

Sumber gambar: http://www.esquire.co.id/gallery/teaser/8616c7dc2d010dd8cd5e032cd0b9aed2.jpg (SUM)

"Jika tidak bisa membicarakan kelebihan seseorang, setidaknya jangan bicarakan keburukannya"

Answered Nov 23, 2016
Zulmi Hendrik
suka mengamati dan menganalisa indahnya hidup

Hasil gambar untuk di atas langit masih ada langit

Sumber gambar: http://lh3.googleusercontent.com/-gLFbSyRV4U8/VsLcoauH15I/AAAAAAAAA7o/qhJX3s_aytg/s1600/1455610584867.jpg (SUM)

"Di atas langit masih ada langit

Sering saya bertemu dengan orang yang berperilaku angkuh, melihat orang lain dengan sebelah mata, merasa dirinya lebih dibanding dengan orang lain, dan yang bisa saya lakukan hanya mengingatkan diri saya agar jangan seperti itu, karena di atas langit masih ada langit.

 

Answered Nov 23, 2016

Sumber gambar: http://www.dream.co.id/your-story/nasihat-ayah-menyadarkan-aku-nasihat-ayah-menyadarkan-aku-141114y.html (SUM)

"Ketika kamu berjalan dan mendaki, kemudian terjatuh, jangan menangisi kejatuhanmu dan sibuk mengobati luka-lukamu. Hal yang paling penting adalah segera cari tangga mana yang kau pilih untuk naik kembali dan meneruskan perjalananmu."

Nasehat ini disampaikan oleh seorang yang telah menjadi teman, kakak, ibu, dan guru bagi saya ketika masa-masa kuliah yang berat saya jalani di tengah himpitan ekonomi dan kondisi kesehatan saya yang memburuk. Situasi dan kondisi ini melemparkan saya dalam keputusasaan dan konsep diri yang kian negatif. Beliau datang dan selalu membisikkan kalimat tersebut.

Dalam kehidupan ini, ada begitu banyak pilihan jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi, tinggal kita sendiri yang menentukan pilihan jalan mana yang kita ambil, karena manusia itu free will, bebas menentukan pilihannya.

Answered Nov 23, 2016
Muhammad Zulifan
Peneliti, Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam - UI

Hasil gambar untuk MELUKIS PELANGI

Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/-cUrQj4dYwsI/Txvo0X3wU5I/AAAAAAAAANA/r6iINOiLU0s/w1200-h630-p-k-no-nu/melukis-pelangi.jpg (SUM)

"Tetaplah melukis pelangi untuk keindahan dunia karena masih banyak penjuru bumi yang belum terjangkau"

Sebuah nasihat dari teman seperjuangan di kampus UI dahulu untuk senantiasa berkarya, sebuah karya yang cerah dan menceriakan seluruh penduduk negeri layaknya pelangi yang senantiasa dinanti.  

Bahwa di sana masih banyak manusia yang lebih suka melukis awan kelam yang membuat langit di negeri ini makin kelabu. Namun, kita yakin bahwa adanya mendung yang kelam adalah pertanda bahwa pelangi kan segera datang.  

Indonesia perlu lebih banyak karya yang mencerahkan dan membuat masyarakatnya makin optimis menyongsong era kebangkitannya.

Itu alasan saya selama ini bergabung menjadi penulis di Selasar! 

Answered Nov 23, 2016

Hasil gambar untuk nasihat kakek

Sumber gambar: http://image-serve.hipwee.com/wp-content/uploads/2015/12/debriefdaily-com.jpg (SUM)

Nasihat dari kakek.

"Iduik tu marantau, rajin-rajin, pandai-pandai, banyak garak daripado garik, awak bodoh jan mangaku santiang"

Hidup ini adalah perantauan, rajinlah bekerja dan beribadah, pintar-pintarlah menghadapi persoalannya, harus banyak melakukan sesuatu dan menghasilkan karya tanpa rasa takut dan ragu, dan yang paling penting adalah sederhana, jangan merasa diri paling pintar.

Answered Nov 23, 2016

Question Overview


and 172 more
190 Followers
12750 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana menjelaskan bahwa ada kemungkinan kehidupan lain selain di Bumi ini?

Apa motto hidup paling keren?

Apakah seseorang mempunyai karakter bawaan yang tidak bisa diubah?

Apa ketakutan terbesar dalam hidupmu? Mengapa?

Siapakah cinta pertama Anda?

Seberapa pentingkah olahraga bagi Anda ?

Apa yang Anda lakukan ketika mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan?

Apa pengalaman paling bermakna dalam kehidupan Anda?

Siapakah orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan Anda?

Apa sepatah kata/nasihat yang Anda berikan kepada generasi muda berusia 15-20 tahun?

Apa tips/trik yang bisa dilakukan dalam 5 menit dan bisa mengubah hidup kita di masa depan?

Bagaimana cara terbaik untuk memaafkan diri sendiri?

Apa nasihat Anda untuk remaja SMA sebagai bekal menghadapi masa depannya?

Apa nasihat Anda untuk remaja kuliahan sebagai bekal menghadapi masa depannya?

Apa itu makna Sura Dira Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti?

Bagaimana cara terbaik melupakan kesalahan orang lain setelah kita memaafkannya?

Bagaimana cara terbaik menjawab pertanyaan "Kapan nikah?"?

Benarkah kebangkitan umat Islam akan hadir dari Indonesia?

Apa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan dan membuat Anda bahagia?

Bagaimana cara sederhana/singkat menjadi orang yang rapi dan teratur?

Apa satu kebiasaan Anda yang membuat hidup Anda sangat produktif?

Bagaimana cara singkat/sederhana untuk membiasakan bangun pagi?

Bagaimana cara terbaik untuk keluar dari zona nyaman?

Apa yang akan kamu lakukan bila hidupmu tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan?

Bagaimana cara berhenti melukai diri sendiri?

Apa yang kalian semua harapkan untuk pendidikan di Indonesia?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apa tujuan dibangunnya Pertamina Tower UGM?

Pilih mana, menjadi mahasiswa pengabdi IPK atau pengabdi organisasi mahasiswa?

Bagaimana pengalaman pertama mendongeng di depan anak-anak?

Bagaimana Anda memaknai tujuan kehidupan?

Siapa orang yang selalu menyemangati hidup Anda?

Apakah pendidikan anti korupsi sejak dini itu penting? Mengapa?

Apakah Anda tahu bahaya dari korupsi?

Siapa Drs. Musholli, pendiri Nurul Fikri?

Bagaimana cara agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu?

Apa kelebihan kuliah di jurusan Psikologi?

Apa yang membuat seseorang kurang disukai?

Apakah seseorang yang mempunyai kepribadian introvert bisa berubah menjadi seseorang yang berkepribadian ekstrovert?

Peristiwa besar apa yang dimulai dari kehidupan di kampus?