selasar-loader

Kenapa Manhwa Semakin Berkembang Sekarang ini?

Last Updated Oct 16, 2017

Manhwa secara linguistik sama dengan penggunaan kata Manga dalam Bahasa Jepang, atau Manhua dalam Bahasa CIna, yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan komik atau kartun (termasuk di dalamnya kartun animasi) dari Korea. Walaupun di luar Korea lebih spesifik pada Korea Selatan di mana Manhwa menyebar sangat pesat ke belahan negara, pada dasarnya industri Manhwa berada juga di Korea Utara  (https://en.wikipedia.org/wiki/Manhwa)
 

Namun, dalam beberapa tahun terakhir banyak sekali Manhwa yang berunculan dan menyita perhatian para penikmat komik. Di Indonesia sendiri sebut saja ada Hot Blood Girl, Goong (yang sangat booming bertepatan dnegan pemutaran dramanya di layar televisi - yah saya juga salah satu korbannya), hingga Orange Maramalade yang abru saja di publish salah satu penerbit besar di sini. Walaupun ini kurang baik, jika kita lihat dalam website ilegal tentang mangascans, judul-judul Manhwa mulai bermunculan dengan berbagai genre, dari romantis, komedi hingga menjurus konten 17 tahun ke atas. Intinya ledakan Manhwa ini menyaingi pelopor komik dan kartun dari Jepang. Sedangkan apa yang membuat Manhwa ini menarik?

1. Segi cerita

Genre cerita Manhwa memang bervariasi,layaknya Manga Jepang. Mulai dari fiksi, hingga slice of life (kehidupan sehari-hari). Namun yang saya cermati, apa yang diangkat dalam cerita Manhwa adalah cerita kehidupan keseharian mereka yang sangat merealita. Lebih down to earth. Banyak sekali cerita Manhwa yang berkutat pada kerasnya khidupan sekolah setingkat SMA hingga selepas sekolah, entah itu masa kuliah ataupun dunia kerja. Ini berbanding terbalik dengan dunia Manga yang lebih banyak menampilkan usia remaja. Sempat disinggung mengapa Jepang sangat mengagungkan usia sekolah sebagai daya tarik, dan sangat jarang menceritakan Manga yang berkisar tentang dinamika sosial selepas sekolah. Walau tetap saja inti cerita si Kaya dan si Miskin memang susah dilepaskan dari cerita-cerita di Korea, namun banyak sekali kisah slice of life mereka yang mengharu biru.

2. Support dan Publish

Di Jepang, banyak cerita yang mengatakan tidak gampang untuk membuat Manga dan mendapatkan hak serialisasi. Seandainya Hak Serialisasi adalah lotre, maka bagi Mangaka (sebutan para pengarang komik) yang mendapatkan hak tersebut seperti mendapat jackpot lotre.Mereka mulai dari mengirimkan karya mereka ke dalam majalah mingguan, semacam kontes yang memperebutkan voting pembaca. Jika ada yang menarik mereka akan dtawari untuk membuatnya di dalam majalah mingguan secara berseri. Jika karyanya lebih hits lagi mereka dapat dibuatkan tankoubon. Di jepang beberapa waktu lalu dikenal dengan istilah the Big Three, yaitu komik hits hingga ke belahan dunia. Di dalamnya ada judul Naruto, Bleach, dan One Piece. Setelah itu Manga Jepang seolah-olah berusaha kembali mencari the next big three. Walaupun sudah ada beberapa judul yang sangat terkenal baik di Jepang maupun luar Jepang seperti Shingeki no Kyoujin (Attack of the Titan), Tokyo Ghoul, dan sebagainya. Para negara lain yang mendapatkan lisensi untuk menerbitkan komik tersebut pun tidka mudah. Belum lagi banyaknya kasus scan ilegal yang terkadang lebih banyak pembacanya mengkoleksi versi scan bajakan dibandingkan karya asli para Mangaka.

Berbanding terbalik dengan Manhwa, banyaknya portal bagi Author untuk menerbitkan karyanya dimanfaatkan habis-habisan dalam bentuk webtoon. Ambil contoh Naver, Leezhin, Tapas, dan masih banyak portal Webtoon mengupload karya Author Manhwa. beberapa diantaranya bahkan dapat dinikmati gratis. Bagi beberapa serial yang populer tentu saja ada beberapa dari mereka yang membuka donasi (patron) bagi siapapun yang menyukai karyanya dan memberikan support. Webtoon sendiri saat ini tidka hanya berasala dari Korea saja, webtoon-webtoon lokal juga sudah mulai menampilkan karyanya, dan di Indonesia sebagai salah satu negara pengguna internet terbesar sudah ad ayang menarik perhatian.

3. Jenuh

Secara pribadi saat ini saya lebih mennggu Manhwa kesukaan utuk terbit dibandingkan Manga. Sebagian besar alasan saya adalah jenuh dengan segi cerita Manga. Misalkan tahun kemairn genre superhero banyak dibaca, nyaris manga yang terbit bergenre sama. Tahun ini adalah reinkarnasi, maka manga bertema reinkarnasi bermunculan. 

Itu adalah beberapa analisa saya, menurut kalia apa jawbaannya Selasarers?

 

No answers yet

Question Overview


1 Followers
252 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa tempat belajar bahasa Inggris yang terbaik di Indonesia?

Apa lima buku horror favoritmu? Mengapa?

Mengapa di masa lalu kutu buku merupakan sebutan yang memalukan?

Komik apa yang paling baik dipakai untuk belajar tentang banyak hal?

Serial anime atau manga apa yang paling Anda sukai? Mengapa?

Jika Anda penggemar manga atau anime One Piece, siapa tokoh yang Anda suka dan Buah Setan jenis apa yang ingin Anda makan? Mengapa?

Mengapa banyak orang menyukai manga Jepang?

Siapa lawan Saitama (OPM) yang sebanding di dunia Marvel dan DC Comics?

Mengapa Anda menyukai karakter superhero Superman?

Komik, novel grafik, dan manga apa saja yang jalan ceritanya tidak kekanak-kanakan?

Mengapa penjualan manga jauh mengalahkan komik?

Apakah Anda termasuk Team DC Comics atau Team Marvel ?

Menurut Anda, siapakah yang akan menang jika Iron Man dan Batman bertarung?

Mengapa banyak orang menyukai anime?

Mengapa orang-orang suka kartun One Piece?

Apa Prediksi anda di One Piece Chapter 874 nanti?

Kenapa kekuatan tokoh utama di One Piece (Luffy) adalah karet?

Ada tiga sistem penulisan di Jepang, lalu mengapa mereka memakai ketiganya?

Apa buku yang paling menginspirasi yang pernah Anda baca?

Siapakah pengarang buku yang paling berbakat yang pernah ada?

Apa buku yang paling mengubah dunia?

Apa buku yang wajib dibaca oleh remaja?

Mengapa buku dari pengarang Jepang selalu memberikan unsur seks yang vulgar?

Mengapa buku Jostein Gaarder yang lain tidak ada yang sefenomenal Dunia Sophie?

Siapa pengarang Indonesia yang paling berpengaruh? Mengapa?

Manakah yang lebih baik, membaca buku fiksi atau nonfiksi?

Apakah buku yang paling berpengaruh dalam hidup Anda?

Novel apa yang paling mengesankan hati dan pikiran Anda?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?