selasar-loader

Mungkinkah hoax beredar di selasar?

Last Updated Oct 11, 2017

Konten di selasar berasal dari para user, maka bukanlah suatu yang tidak mungkin apabila hoax atau informasi yang ngaco beredar di selasar. Bagaimana pandangan Selasar terhadap hoax? Mungkinkah hoax beredar di Selasar?

1 answer

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Pendiri dan Chief Business Development Officer Selasar

aoyX9Ykc8bZEBhRNiFG5wycm-hRiJfuJ.jpg

Jelas mungkin ada, karena Selasar adalah UGC (User Generated Content) platform. Pendeknya, setiap konten yang dihasilkan di Selasar berasal dari user

Untuk itulah maka ada beberapa usaha preventif yang kami lakukan dalam hal design produk dan tentunya kami secara proaktif menginisiasi program-program komunikasi kepada target market agar risiko itu bisa kita minimalisasi. 

Beberapa hal yang kami lakukan berkaitan dengan peredaran hoax di selasar di antaranya adalah.

a. Selasar sebagai social media for (personal) branding

Kami selalu sampaikan bahwa yang membedakan Selasar dengan social media lain adalah kemampuannya untuk membantu para user melakukan proses (personal) branding atas expertise dan experience yang dimilikinya. Lebih jauh lagi, kami ingin memberikan value terbaik untuk target market Selasar dengan menyediakan teknologi yang juga mumpuni untuk membuat sang user bukan hanya dikenal oleh publik, tetapi juga dapat memonetisasi skills dan expertise yang mereka miliki secara langsung pada platform ini. Detailnya bisa lihat di sini.

Untuk itulah kami berusaha sebaik mungkin untuk mengomunikasikan positioning dan differentiation Selasar dibandingkan dengan social media yang lain dengan asumsi para user Selasar mengerti akan positioning dan differentiation Selasar tersebut, harusnya para user tidak akan melakukan sesuatu yang dapat menghancurkan brand dan credibility yang dimilikinya.

b. Teknologi mention dan multiple-answers

Teknologi yang cukup membedakan Selasar dengan social media yang ada adalah para user dapat saling bertanya-menjawab satu sama lain. Perlu diketahui bahwa satu pertanyaan dapat dijawab oleh banyak jawaban (multiple answers). 

Perihal jawaban inilah yang membedakan Selasar dengan forum. Jika dalam forum, interaksi antarpengguna dilakukan dengan berkomentar. Di Selasar, interaksi antarpengguna dilakukan dengan menjawab. Karena faktor inilah yang akhirnya (proven) sampai jawaban ini dibuat, dapat dikatakan tidak ada junk ala forum di selasar.

Nah, dengan teknologi mention, satu jawaban atas pertanyaan yang ada dapat direspon oleh user lain dengan me-mention user yang bersangkutan. User hanya perlu menambahkan "@" kemudian (tanpa spasi) ketik nama user yang ingin di-mention. Ketika proses itu sudah dilakukan, user yang mentioned akan mendapatkan notifikasi bahwa ia sudah mentioned oleh user lain. Semudah itu.

Proses interaksi inilah yang akhirnya dapat membuat sebuah konten yang mengandung hoax dapat terverifikasi secara organik di Selasar. Crowd yang membaca dapat menanyakan/mempertanyakan/menyanggah informasi yang terindikasi mengandung unsur hoax tersebut langsung kepada content creator yang bersangkutan. 

Jika memang hal tersebut adalah sebuah ketidaksengajaan (asumsinya user berselasar untuk tujuan personal branding), maka setelah mentioned user lain yang terganggu atas konten hoax, si user tersebut dapat menyunting konten yang pernah ia buat sebelumnya dengan konten baru yang mengandung unsur kebenaran.

c. Report dari user lain

eCXI0LlKAzRKCCk-HxwChj-s4wb7xrj8.png

Teknologi lain yang dapat mencegah terjadi dan tersebarnya hoax di Selasar adalah user dapat saling menjaga konten yang ada satu sama lain.

Ketika ada konten yang mencurigakan mengandung unsur hoax, user dapat menekan icon bendera (flag) di sisi kanan bawah konten dan kemudian dapat melaporkan hal yang dicurigai tersebut ke admin. Seketika, admin Selasar akan mendapatkan report tersebut dan akan menindaklanjutinya dengan langkah-langkah taktis yang diperlukan.

d. Verified User

W496t2iC1AybqKIRJX7xr9OCl0llz6vc.png

Verified user ditandai dengan icon check list berwarna biru di kanan nama pada avatar kita di selasar. Yang membedakan verified user dan non-verified user adalah keistimewaan yang dimilikinya. Keistimewaan seorang verified user adalah si user tersebut dapat langsung mem-publish jurnal yang ia buat tanpa harus menunggu antrian kurasi dari para kurator konten yang ada di selasr.

Verified user diberikan dengan requirements tertentu (yang dapat dilihat di sini) yang mengindikasikan bahwa si user tersebut sudah mengerti dengan pasti value dan tujuan apa yang diinginkan selasar dari para user-nya. Contoh, apabila user sudah mengerti bahwa Selasar merupakan "panggung digital" baginya untuk menciptakan kesempatan di industri, maka si user tersebut sudah layak untuk mendapatkan verified badge tersebut.

Strategi layering seperti inilah yang diharapkan dapat memperkecil kemungkinan user baru berbuat onar di Selasar.

Answered Oct 11, 2017