selasar-loader

Sampai sejauh mana pengembangan teknologi di Selasar yang mungkin dilakukan?

Last Updated Oct 6, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Pendiri dan Chief Business Development Officer Selasar

 YSPOeep_eEJWvkPbgrOk8b3fdyb9jP3Q.jpg

Selasar akan mengawinkan big data dengan artificial intelligence.

Selasar hadir di dunia ini memang untuk sebuah tujuan mulia, yakni untuk mengeluarkan isi otak kepala manusia secara masif agar terjadi pemerataan knowledge ke seluruh Indonesia. 

Selasar sejatinya tidak hanya hadir sebagai platform untuk sharing knowledge (berbagi pengetahuan), tetapi juga berbagi informasi yang bahkan tidak diakomodasi oleh Google sekalipun. Informasi yang lebih dalam (insight) dan yang berada dalam kompartemen otak yang terluar (experience) dengan cara kekinian. Caranya generasi baru untuk berkomunikasi di dunia maya. Social media.

Dalam perjalanannya, akhirnya kami sadar bahwa ada sesuatu yang lebih menciptakan multiplier effect dalam aktivitas membagi pengetahuan (sharing knowledge) yang kami lakukan, apa itu? Selasar membantu para user-nya untuk melakukan personal branding. Apa maksudnya? 

Pendeknya, kami yakin bahwa terdapat korelasi positif antara personal branding yang baik dengan terciptanya opportunity untuk orang yang melakukannya. Contoh konkretnya adalah apabila ada orang yang dikenal sebagai fotografer yang memiliki kredibilitas baik oleh lingkungan sekitarnya, maka cepat atau lambat, orang tersebut akan dihubungi oleh orang lain yang mengetahui keberadaannya untuk mengerjakan sebuah project fotografi.

Pertanyaannya adalah, di era teknologi seperti sekarang ini, bagaimana caranya agar personal brading seseorang bisa tampil di hadapan digital crowd. Caranya adalah dengan show off terkait dengan kapasitas profesional yang dimilikinya. 

Konsisten dengan contoh sebelumnya, apabila seorang fotografer ingin membangun personal branding-nya maka yang harus ia lakukan hanyalah dengan meng-upload hasil jepretan terbaiknya pada suatu platform media sosial agar khalayak luas dapat mengetahui karya dan portofolio-nya hingga pada akhirnya si fotografer tersebut memiliki brand equity yang baik sebagai seorang fotografer yang kredibel.

Nah, peran Selasar sebenarnya sesederhana menyediakan sebuah digital stage untuk para orang-orang yang sudah maupun yang belum memiliki brand equity yang baik untuk dapat membangun dan mengembangkannya melalui cara yang kekinian, bermedia sosial.

6TnhQRfA6vaV18H-0Kesqt7rEIHUwPOI.jpg

Dengan positioning seperti itu, diharapkan para user Selasar dapat secara aktif membagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasannya kepada orang lain secara aktif dan meng-update seluruh portofolio profesionalnya yang lain seperti riwayat pekerjaan, latar belakang pendidikan, kemampuan teknis, sertifikasi yang diperoleh dan hal-hal lain yang berkaitan dengan aktivitas profesional yang ia miliki. 

Untuk membuat interaksi di Selasar semakin menarik dan membuat ketagihan jutaan users-nya, Selasar menciptakan beberapa gimmick digital tertentu sesuai dengan hook model yang sudah valid dilakukan oleh produk teknologi lain. Lengkapnya tentang hook model dapat dilihat di sini.

Beberapa produk Selasar yang lain seperti digital session dan course juga akan menjadi portofolio profesional yang dapat digunakan oleh para user untuk memantapkan positioning profesionalnya di industri. Fitur ini akan memungkinkan para user mengadakan kelas digital yang dapat dinikmati oleh ratusan ribu, bahkan jutaan users Selasar yang lain dalam format video/audio dengan metode experential learning. 

u1tikDFu3M8asQ28YnzymZG0SHBGs91T.jpg

Menariknya, session dan course ini adalah kelas digital berbayar sehingga para user yang mengajar dalam kelas session ataupun course akan mendapatkan bayaran secara langsung dari para user yang melihat program tersebut. Mudahnya seperti Bukalapak atau Tokopedia, tetapi bukan handphone atau sepeda yang dijual, melainkan expertise dalam bentuk kelas training dan kursus digital.

Bagi para user yang menjadi peserta session ataupun course, selain mereka akan mendapatkan knowledge yang tidak ada subtitusinya di source digital lain, para peserta juga akan mendapatkan sertifikat, modul training, bahkan sesi konsultasi langsung dengan pakar di bidangnya masing-masing. Contoh, Darwis Triadi mengadakan course fotografi di Selasar dengan sejumlah biaya tertentu selama 4 kali pertemuan (digital). Di akhir course, para peserta akan mendapatkan sertifikat dari Darwis Triadi School of Photography. Kurang lebih seperti itu gambarannya.

Tidak hanya itu, Selasar juga menyediakan sebuah fitur yang memungkinkan seluruh usernya melakukan kegiatan (digital) professional networking. 

Pada fitur Selasar network yang ada di Selasar, para user dapat berinteraksi dengan sesama kolega pada peer group profesionalnya masing-masing. Misal, ribuan orang pecinta fotografi, para fotografer, juga kurator foto berkumpul dalam sebuah grup profesional "fotografi". Di sana, para user dapat berbagi pengetahuan, sharing karya, saling menanggapi komentar dan hal-hal konstruktif lainnya terkait dengan bidang pekerjaan yang dilakukan.

vlXCRjSvDyHS9fZVIiWE27qyubqoDnlv.jpg

Tidak hanya itu, secara berkala Selasar juga akan melempar ke para users-nya berbagai macam tes psikologi yang dapat diisi untuk memudahkan users mengetahui personality traits dirinya masing-masing. 

Dengan berbagai fitur yang saya sebutkan di atas, diharapkan para users dapat melakukan proses showing off kemampuan dan kepakaran dirinya secara lebih aktif dan menyenangkan, serta dapat terhubung dengan jutaan profesional lainnya dalam satu platform media sosial. Selasar: knowledge sharing platform for personal branding.

Keseruan tidak selesai sampai di sana. Justru di sini menariknya. 

8ThNyZX8BCAXl_X_PcbpRs9KviczOwgD.jpg

Dengan menggunakan teknologi Quantum Computing, miliaran bahkan triliunan data users tersebut, baik yang berupa data angka, teks, gambar, video, suara, behavior, habit dan bahkan interaksinya di social media lain yang terhubung dengan sistem di Selasar akan diolah oleh mesin cerdas yang dapat berpikir sendiri (artificial intelligence).

Dikarenakan artificial intelligence (AI) adalah teknologi yang dapat berpikir dan belajar dengan sendirinya, maka berbagai macam request dari admin ataupun user dari berbagai varian request ataupun pertanyaan akan dapat direspon dengan kualitas yang baik oleh AI...(more)

Answered Oct 6, 2017

Question Overview


3 Followers
315 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Apa yang harus saya lakukan apabila terdapat "bugs" atau fitur yang tidak bekerja pada Selasar?

Apakah Selasar mengikuti Quora?

Bagaimana cara mendaftar masuk Selasar?

Mengapa Selasar menggunakan pertanyaan dan jawaban berbahasa Indonesia?

Jenis pertanyaan dan jawaban seperti apa sajakah yang dilarang di Selasar?

Bagaimana cara mengganti profil dan memunculkan short bio di Selasar?

Mengapa Selasar bisa sangat berpengaruh positif untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban?

Jawaban dan pertanyaan seperti apa yang pantas tampil di Selasar?

Apakah Selasar dapat mengakomodasi keinginan seorang ahli untuk meningkatkan personal branding?

Apa yang paling membedakan Selasar dengan media sosial/platform lainnya?

Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Apa dampak positif dan negatif Indonesia berada di jalur cincin api (ring of fire)?

Apa yang terjadi sebelum peristiwa Big Bang?

Mengapa alam semesta selalu mengembang?

Bagaimana caranya memotret galaksi bima sakti secara utuh, sedangkan kita (di bumi) berada di dalamnya?

Apakah ada makhluk hidup lain selain manusia di alam semesta ini?

Terkait adanya penampakan Unidentified Flying Object (UFO), apa yang Anda bisa jelaskan terkait hal ini?

Apa yang membuat pergerakan benda-benda langit selalu teratur dengan sangat detail?

Dari mana asalnya medan magnet pada Black Hole?

Bagaimana penjelasan ilmiah berubahnya kromosom dari satu makhluk hidup menjadi makhuk hidup lainnya menurut teori evolusi darwin?

Siapa manusia pertama menurut sains? Dan Apa indikator ia telah menjadi manusia pertama?

Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Bagaimana proses mendirikan Bukalapak?

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?

Apa yang menyebabkan sebuah startup digital mengalami kegagalan pada tahun pertamanya?

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Apa yang menyebabkan jumlah venture capital di Indonesia tidak sebanyak di Amerika?

Apa rahasia membangun sebuah startup digital yang sukses?

Apa yang dimaksud dengan design thinking?

Apa yang dimaksud dengan design sprint?

Bagaimana cara mendapatkan pendanaan awal sebuah startup?

Bagaimanakah struktur korporasi startup-startup di Indonesia di masa awal-awal?

Apakah perbedaan menjadi CEO Start Up dengan menjadi CEO korporasi?

Seberapa jauh Whats App merevolusi hidup Anda?

Bagaimana cara kita menilai penting atau tidaknya sebuah fitur untuk ditambahkan ke dalam platform atau produk dan cara mengukur keberhasilan fitur tersebut?

Apakah Ada tahu kegiatan terdekat yang akan dilaksanakan IMAJIKU?

Apakah Anda tahu kegiatan terdekat yang akan dilaksanakan Jagaciti.id?

Apa itu 1010dry?

Apa itu Amteklab?

Apa itu Caption?