selasar-loader

Apa inovasi teknologi yang diprediksi akan mengubah dunia?

Last Updated Oct 6, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Pendiri dan Chief Business Development Officer Selasar

aXOWbPp1jtgNBsBJO7Dw4LjrSmoBfDOL.jpg

Artificial Intelligence (AI)

Sebenarnya istilah ini adalah istilah yang cukup populer untuk orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi, jadi AI harusnya bukan sebuah terminologi yang baru di dunia ini.

Istilah Artificial Intelligence (AI) sebenarnya sudah mulai dipopulerkan (namun baru dibicarakan dalam skala yang sangat terbatas) pada tahun 1956 oleh seorang profesor dari Dartmouth University, John McCarthy. Dartmouth University, sebagai salah satu bagian dari kampus super elite dunia (Ivy League) mungkin merasa bertanggung jawab untuk membuat hidup manusia menjadi lebih baik, mudah dan indah. Maka, dalam salah satu workshop yang dilakukan pada tahun 1956, Prof. John McCarthy, sejumlah computer scientists serta mathematicians dari sejumlah daerah berkumpul untuk membicarakan, mendiskusikan, dan juga menganalisa kemungkinan penciptaan sebuah mesin yang dapat belajar dan mengembangkan informasi yang dipelajarinya layaknya manusia di masa depan. Kemampuan continuous learning yang dilakukan oleh computer/mesin itulah yang kita kenal sekarang ini dengan sebutan Artificial Intelligence (AI).

Untuk lebih memudahkan penjelasan, kawan-kawan dapat melihat video grafis berikut ini.

Saya tidak akan membahas tentang definisi AI pada jawaban ini. Yang jelas, kehadiran AI sebagai "otak buatan" yang selalu dapat belajar lebih cepat dan lebih banyak tanpa batasan ini akan mengubah dunia pada wujud terbarunya. Seperti revolusi industri, revolusi agraria, ataupun revolusi internet yang telah terjadi sebelumnya. Kehadiran AI yang dahulu kita hanya lihat di film-film science fiction seperti Star Wars, iRobot, Ex Machina, Terminator, Wall-E ataupun Matrix, kini sudah hadir di depan kita. 

Idealnya, kehadiran AI bukan merupakan ancaman bagi peradaban manusia karena sejatinya AI "diciptakan" oleh manusia untuk membuat kerja-kerja manusia dalam menyelesaikan masalah yang ada di dunia ini menjadi lebih cepat dan akurat. Kolaborasi manusia dan mesin, bukan manusia versus mesin, akan menjadikan dunia ini lebih mudah dan indah seperti tujuan pembahasan pertemuan di Dartmouth setengah abad yang lalu. 

Meskipun tidak dirancang untuk pada akhirnya menggantikan kerja-kerja manusia dan menjadikan kualitas intelegensia manusia menjadi "obsolate", saat ini kehadiran AI pada sejumlah teknologi sudah terbukti merupakan ancaman bagi eksistensi pekerjaan (yang sebelumnya) dilakukan oleh manusia. Teknologi yang teranyar adalah IBM Watson. 

Untuk lebih jelasnya, kawan-kawan dapat melihat penjelasan berikut ini.

Dengan teknologi Watson dari IBM (seperti diketahui pada video grafis di atas), mesin dapat belajar dengan sangat cepat atas milyaran/trilyunan konten/data dan mengembangkan data-data tersebut secara terus menerus untuk dapat diolah kembali untuk berbagai macam kepentingan, seperti mengidentifikasi penyakit yang diderita manusia, menyimpulkan portofolio investasi terbaik mana yang harus dipilih, dan berbagai macam hal yang membutuhkan kemampuan analisis lainnya.

Bicara AI tentu bicara tentang pengambangan teknologi yang super sophisticated karena dengan mengembangkan AI, manusia telah mengembangkan mesin dengan kemampuan berpikir yang lebih cepat dengan proses pembelajaran yang menyerupai manusia. 

Mungkin, pada 10 tahun yang akan datang, setiap orang sudah bisa berpartisipasi dalam pengembangan teknologi ini, termasuk anak-anak "di bawah umur" seperti yang sekarang telah dilakukan oleh 12 years old computer engineer yang satu ini. Di usia yang masih sangat belia, ia dipercaya sebagai seorang computer engineer termuda yang mengembangkan AI di project IBM Watson.

Simak:

Ketika teknologi ini berkembang terus-menerus, baik direkayasa oleh para computer scientist atau si AI yang mengembangkan dirinya sendiri, tentu pada akhirnya manusia menghadapi competitor peradaban yang sangat kuat. Terlebih lagi di masa depan, data yang sangat besar (big data) akan hadir secara lebih bebas, cuma-cuma, dan terbuka di dunia ini.

Saat itu, manusia akan memberikan data-datanya ke dalam jagad maya (cloud) yang memiliki kapasitas yang tidak terbatas secara sukarela. Pada akhirnya, data-data tersebut (yang berupa angka, teks, gambar, suara dan bentuk ekspresi manusia lain di masa depan) akan menjadi "makanan" bagi si AI untuk diproses dan kemudian dikembangkan menjadi sebuah kesimpulan tertentu yang, sekali lagi, kesimpulan yang dibuat secara lebih cepat juga akurat, dibandingkan kesimpulan a la proses berpikir dan belajar yang dilakukan oleh manusia (dengan tingkat optimasi penggunaan otaknya saat ini).

Di masa itu, ketika kehadiran AI sudah semakin berkembang, akan banyak pekerjaan yang dilakukan manusia saat ini menjadi hilang. Kehadiran economist praktis tidak diperlukan lagi karena triliunan data-data mikro dan makroekonomi dari berbagai negara dan tahun, termasuk behavior manusia untuk merespons sebuah fenomena ekonomi, dapat dipelajari dalam kurun waktu yang sangat cepat oleh AI sehingga keputusan ekonomi untuk melakukan kebijakan ini dan itu dapat dikeluarkan dalam hitungan detik.

Di masa itu, ketika kehadiran AI sudah semakin berkembang, semua pekerjaan white collar yang membutuhkan analisa ataupun pekerjaan blue collar yang membutuhkan tenaga sudah digantikan oleh robot yang lebih pintar, lebih cepat belajar, dan bahkan lebih kuat serta akurat dibandingkan manusia.

gkH5dmmQIzE_1P9agG7ZAp9GoW50MxrH.jpg

Sudah tidak ada lagi supir taksi karena setiap mobil di dunia ini sudah dapat mengemudi secara otomatis. Sudah tidak ada lagi kuli angkut di pelabuhan karena sudah ada robot yang bekerja untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Sudah tidak ada lagi ustadz dan guru karena semua informasi yang dahulu mereka berikan kepada sesama untuk membuat manusia lebih pintar sudah digantikan oleh sebuah robot super cerdas yang akan menjawab dan menerangkan semua informasi yang kita butuhkan. 

Sudah tidak ada lagi manusia yang berperan sebagai dosen, dokter, akuntan, ahli hukum, penjaja makanan, cleaning service, bahkan computer engineer. Kenapa? Karena semua...(more)

Answered Oct 6, 2017

Question Overview


1 Followers
406 Views
Last Asked 1 year ago

Related Questions


Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Bagaimana proses mendirikan Bukalapak?

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?

Apa yang menyebabkan sebuah startup digital mengalami kegagalan pada tahun pertamanya?

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Apa yang menyebabkan jumlah venture capital di Indonesia tidak sebanyak di Amerika?

Apa rahasia membangun sebuah startup digital yang sukses?

Apa yang dimaksud dengan design thinking?

Apa yang dimaksud dengan design sprint?

Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Adakah kehidupan selain di bumi?

Mengapa permukaan bulan yang kita lihat di sini, selalu sama?

Mengapa pesawat tetap bisa terbang di atas bumi dan tidak terpengaruh dengan rotasi bumi?

Apakah mungkin jika pesawat terbang di suatu titik akan sampai lebih cepat di titik lain dengan menunggu bumi berotasi?

Mengapa nyamuk atau lalat tetap bisa terbang bebas meski ia di dalam mobil yang bergerak?

Berapa banyak sel yang dimiliki manusia sepanjang hidupnya?

Apa yang membuat sains di dunia Islam begitu maju di tahun 700-1100?

Mengapa jumlah jurnal ilmiah yang dilahirkan di Indonesia kalah jauh bila dibandingkan dengan negara lain?

Apa saja perusahaan besar di Indonesia yang memiliki banyak insinyur-insinyur dan ilmuwan-ilmuwan hebat Indonesia?

Apa saja prestasi ilmuan atau insinyur Indonesia yang diakui oleh dunia?

Apa dampak positif dan negatif Indonesia berada di jalur cincin api (ring of fire)?

Apa yang terjadi sebelum peristiwa Big Bang?

Mengapa alam semesta selalu mengembang?

Bagaimana caranya memotret galaksi bima sakti secara utuh, sedangkan kita (di bumi) berada di dalamnya?

Apakah ada makhluk hidup lain selain manusia di alam semesta ini?

Terkait adanya penampakan Unidentified Flying Object (UFO), apa yang Anda bisa jelaskan terkait hal ini?

Apa yang membuat pergerakan benda-benda langit selalu teratur dengan sangat detail?

Dari mana asalnya medan magnet pada Black Hole?

Bagaimana penjelasan ilmiah berubahnya kromosom dari satu makhluk hidup menjadi makhuk hidup lainnya menurut teori evolusi darwin?

Siapa manusia pertama menurut sains? Dan Apa indikator ia telah menjadi manusia pertama?