selasar-loader

Mengapa topik tentang sains sangat jarang diupdate?

Last Updated Oct 6, 2017

Hampir tidak ada jawaban atau pertanyaan baru.

3 answers

Sort by Date | Votes
Nida Ulhaq Fitriyah
Medical Physics University of Indonesia - Rumah Kepemimpinan Jakarta

Mungkin memang di Indonesia, topik tentang sains jarang di-update. Tetapi, jika tertarik dengan update seputar dunia sains di seluruh dunia, saya merekomendasikan untuk membaca berita sains di sciencedaily.com.

Website tersebut memang masih berbahasa Inggris sehingga tidak semua orang bisa memanfaatkan web tersebut. Tetapi berita yang ada di dalamnya menurut saya sangat komprehensif karena berbagai topik ada mulai dari natural science, social science, health, technology, energy, dan masih banyak lagi.

Selain itu, web tersebut selalu meng-update beritanya secara rutin sehingga sangat menggambarkan perkembangan ilmu pengetahuan di berbagai belahan dunia.

Answered Dec 30, 2017
Muhammad Dzaky
Mahasiswa Fisika Teknik'15 Institut Teknologi Bandung

Sebenarnya di luar negeri, topik sains dengan cepat melakukan perkembangan. Di Indonesia sendiri memang sulit menentukan update berita tentang sains.

Tetapi jika lebih ditelusuri kembali terdapat situs-situs untuk update tentang sains. seperti contoh phys.org. Di web tersebut, menggunakan jurnal jurnal dari penelitian yang dapat dibaca oleh kalangan pelajar. Dan untuk mengetahui topik sains, dapat ditanyakan kepada dosen terkait.

Answered Feb 3, 2018
Zulfian Prasetyo
Penulis dan Editor

ahqwNrB_eHjVwf_PreU9kLFo2ZGipTNO.jpg

Saya asumsikan topik tentang sains yang dimaksud ialah yang berasal dari Selasar. Kalau ternyata salah, ya mohon maaf lahir dan batin. Hehehe.

Kenapa topik sains jarang update? Mungkin karena hal-hal di bawah ini terjadi.

  1. Peminatnya masih sedikit. Kalaupun banyak, aktivitas mereka masih pasif (baca-baca saja). Tidak seaktif topik-topik lain seperti pendidikan, gaya hidup, politik, mahasiswa, dan sebagainya.
  2. Orang lebih senang berbagi pengetahuan tentang sains di Selasar melalui fitur Jurnal, bukan Tanya dan Jawab.
  3. Belum ada komunitas yang memanfaatkan Selasar untuk berbagi pengetahuan di topik sains.
  4. (mudah-mudahan saya keliru) Topik Sains masih belum seksi di kalangan Selasares. Mungkin masih ada bayangan sains sebagai sesuatu yang berat dan serius, padahal bisa fun juga asal cara bertanya dan menjawabnya asik.

Jadi, kalau kamu wahai Anonymous memiliki semacam gank sains, silakan dihidupkan dengan saling lempar tanya-jawab. Mudah-mudahan dapat pahala. Lumayan, sekalian eksis juga di dunia persilatan Selasar. Mana tahu bonus jodoh. Eh.

Answered Feb 6, 2018