selasar-loader

Untuk apa teknologi dibuat?

Last Updated Oct 5, 2017

4 answers

Sort by Date | Votes
Irul Bio
Dosen UNU Lampung

PeYTaLmRaLOgvYTvrQMXKdmjreqsKNd2.jpg

Kemajuan teknologi yang begitu pesat merangsang bidang ilmu lainnya yang juga ikut berkembang. Berbicara masalah perkembangan teknologi pasti tidak ada habisnya. Dari tahun ke tahun, teknologi terus berkembang dan hasilnya lebih canggih dari tahun sebelumnya.

Kita sebagai penikmat teknologi seolah dibuat melongo (bengong) karena hasil yang mereka ciptakan sangat menakjubkan. Berbagai perusahaan terus berlomba-lomba dalam mendesain sebuah teknologi. Karena, jika mampu mencipta sebuah teknologi yang lebih baik, seseorang akan mendapat sebuah keuntungan yang besar.

Dalam keseharian, kita bisa melihat orang berdagang tanpa adanya toko. Mereka aktif menawarkan produknya melalui kecanggihan teknologi. Walau begitu, pembeli tetap saja ramai untuk memesan. Toh pembeli tidak capek untuk datang ke toko. Cukup pegang smartphone, jadilah unsur jual beli barang. Selain itu, ojek yang dahulu selalu menunggu penumpang di perempatan atau pertigaan jalan sekarang beralih menjadi online. Dengan adanya ojek online, setidaknya kita tidak usah repot-repot jalan ke perempatan atau pertigaan, cukup telepon dan dengan segera, ojek online datang menghampiri.

Sebenarnya, teknologi dibuat untuk apa, sih?

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus melek (sadar) akan kemajuan teknologi. Jika tidak, maka kita akan ketinggalan zaman. Teknologi dibuat untuk membuat kehidupan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih baik.

Kemajuan teknologi bukan hanya termanifestasi dalam alat elektronik seperti gadget, laptop, dan alat canggih lainnya, melainkan juga tercipta pada bidang pendidikan seperti bioteknologi yang juga ikut mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

Perkembangan teknologi tidak melulu terjadi pada bidang elektronik, namun terjadi pada bidang ilmu lainnya, seperti pemuliaan genetika. Namun, pemuliaan genetika ini dilarang apabila dilakukan terhadap manusia meskipun pernah ada cloning kepada manusia di waktu yang lalu. Oleh karenanya, pemuliaan genetika hanya boleh dilakukan terhadap hewan dan tumbuhan saja. Pemuliaan genetika terus menjadi sorotan bagi peneliti dalam perkembangan teknologi.

Dalam dunia biologi, bioteknologi terus berkembang dengan harapan dapat lebih bermanfaat bagi manusia, meski juga bisa membahayakan. Apabila disalahgunakan, perkembangan bioteknologi dapat berbahaya bagi seluruh umat.

Selain itu, smartphone pada era ini seperti tidak terkalahkan kecanggihannya. Seolah-olah perannya begitu penting dalam kehidupan seseorang. Oleh sebab itu, banyak perusahan yang berlomba-lomba mendesain serta mengemas kecanggihan fitur untuk dimasukkan ke dalam smartphone. Selalu ada versi terbaru yang mengakibatkan harga smartphone tidak stabil; bisa dikatakan naik-turun.

Dengan kemajuan teknologi seperti smartphone, saya yakin bahwa di masa depan, dunia teknologi serta dunia maya akan lebih mudah diakses serta lebih terbuka dibandingkan saat ini. Oleh sebab itu, diperlukan teknologi keamanan yang semakin mumpuni. Semakin banyak orang yang menciptakan teknologi yang lebih maju, maka semakin banyak pula yang mencari celah untuk melemahkannya guna kepentingan pribadi.

Nah, sudah terbukti bahwa teknologi kini telah menjadi kebutuhan yang merata di berbagai sektor kehidupan manusia. Oleh sebab itu, ayo melek akan perkembangan teknologi. Mari berinovasi di berbagai lini demi kemajuan negeri!

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Oct 5, 2017
se7entime
FOSS Enthusiast | Bukan Programmer dan seBangsanya

Untuk mempermudah pekerjaan manusia, karena pada dasarnya manusia itu "malas". Maka, dicarilah dan terus dicari semua cara agar kehidupan manusia menjadi lebih mudah (lebih baik, bahasa halusnya).

Answered Oct 7, 2017
Awi Nanda Wijaksana
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Bagi saya pribadi perkembangan teknologi merupakan hal positif dikarenakan manusia memiliki perkembangan dari masa - ke masa yang memperbedakan manusia dengan makhluk lainnya. tapi itu hanya berlaku bagi teknologi yang di ciptakan dengan tujuan baik Teknologi pada dasarnya diciptakan untuk :

1. mempermudah pekerjaan manusia bukan untuk mempermalas manusia.

2. Menciptakan kedamaian bukan untuk permusuhan.

3. Mempertahankan kehidupan  bukan untuk menghilangkan/ menghancurkan kehidupan.

Answered Nov 3, 2017
Juwito Purnomo
RUMAH KEPEMIMPINAN REGIONAL 6 MEDAN ANGKATAN 8

Hadirnya teknologi di tengah-tengah manusia saat ini karena tingginya kebutuhan manusia terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan agar dapat dikerjakan dengan mudah, cepat, memiliki tingkat akurasi yang tinggi, mengurangi energi tubuh yang keluar serta mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi pada manusia.

Answered Feb 3, 2018