selasar-loader

Apakah sebaiknya FC Barcelona keluar dari La Liga pascareferendum Catalonia?

Last Updated Oct 4, 2017

Atau sebaiknya mereka tetap bergabung dengan La Liga? Apa alasannya? Apa konsekuensi dari keduanya?

2 answers

Sort by Date | Votes
Shendy Adam
Eks sport journalist di Harian Merdeka

LVprORaYlrVeLiKWQCkv3KOf0zfNO-qo.jpg

Pertanyaan yang cukup sulit. FC Barcelona pasti tidak akan gegabah dalam mengambil langkah. Konsekuensi dari setiap opsi harus betul-betul dipertimbangkan.

Jika hanya mengedepankan patriotisme, Blaugrana harus keluar dari La Liga. Titik. Katalunya harga mati! Konsekuensinya jelas, Barca akan kehilangan status sebagai salah satu tim elite di Benua Biru. Mereka harus berjuang dari titik nol. Barca bersama Espanyol dan Girona (sebagai klub asal Catalan yang tampil di Primera Division La Liga) akan menjadi motor penggerak bagi kompetisi baru yang akan dijalankan di negara Katalunya. Selain tiga klub itu, masih ada 17 lainnya yang siap tampil di Liga Katalunya.

Mungkin butuh waktu lebih dari lima tahun bagi Barcelona untuk bisa kembali ke level elite Eropa. Federasi sepak bola Katalunya jelas belum diakui statusnya oleh UEFA dan FIFA. Saat sudah diakui pun, nilai koefisien klub-klub Katalunya di ranking UEFA tidak akan cukup untuk bisa langsung dapat jatah tampil di Liga Champions. Berarti mereka harus rela untuk berebut tiket ke Piala UEFA dulu sambil menabung poin.

Lain cerita kalau Los Cules lebih mempertimbangkan aspek ekonomi; bertahan di La Liga akan menjadi pilihan logis. Pundi-pundi tidak akan terganggu. Apalagi mereka tetap bisa tampil di kompetisi paling prestisius sejagat, Liga Champions, yang menjanjikan guyuran fulus bejibun.

Keluar dari La Liga sama artinya dengan merelakan hilangnya sumber finansial dari hak siar televisi dan hak komersial lainnya. Sebetulnya, La Liga juga akan terdampak jika tak ada Barcelona. Nilai jual (value) kompetisi ini dipastikan akan berkurang. Tak ada lagi El Clasico akan menjadi kerugian besar bagi La Liga.

Hal ini bisa dilihat dari sikap Presiden La Liga, Javier Tebas. Di satu sisi, ia tidak berani berkata tegas Barca harus keluar dari La Liga atau tetap bertahan. Di sisi lain, ia seperti menakut-nakuti Los Azulgranas supaya tidak hengkang. "Federasi Catalonia tidak mematuhi FIFA dan pemain di tiga klub itu menjadi bebas transfer. Bisa dikatakan, semua pemain Barcelona bisa dibeli gratis," ujar Tebas seperti dikutip Liputan6.com.

Andai keluar dari La Liga, Barca sebetulnya punya opsi selain harus merintis dari awal bersama kompetisi baru di Katalunya, yaitu ambil bagian di kompetisi negara lain. Sekitar tahun 2015 lalu, mantan PM Prancis, Manuel Valls pernah berujar soal ini. "Monaco bermain di Ligue 1, jadi kenapa Barcelona tidak?" ujar Valls kepada suratkabar Journal du Dimanche. Selain Monaco di Ligue 1, ada juga Swansea City, klub Wales yang bermain di Premier League Inggris.

Kalau jawaban saya secara personal, FCB sebaiknya keluar dari La Liga jika negara Katalunya merdeka. Bahwa akan banyak kesulitan yang harus mereka lalui, itu adalah harga yang harus dibayar untuk memperjuangkan pride of nationality. Semboyan 'mes que un club' benar-benar terwujud jika Barca sampai mengambil langkah patriotis seperti ini.

Answered Oct 9, 2017
Anonymous

Well secara pendapat saja sih, menurut saya tidak perlu, beberapa orang mengatakan untuk pride of nation maka Barcelona sebagai club katalan harus keluar dari liga spanyol, tapi menurut saya, disitulah titik serunya.

Barcelona sudah dikenal sebagai salah satu club kuat di spanyol, dibawah bayang bayang Real madrid yang memang sudah adidaya dari awal pembentukan kompetisi. Dengan ditambahnya permasalahan kenegaraan ini, liga sepak bola tentunya akan menjadi sebuah kompetisi kehormatan melebihi sebelumnya, dari dulu el clasico bukan saja pertarungan antar club,  namun juga pertarungan antar kebangsaan, antara spanyol melawan orang catalan, secara simbolik seperti itu.

Apabila Catalunya berhasil merdeka, maka hal tersebut akan semakin intens, karna akan menanggung beban "pride" dari masing-masing club dan juga negara. Hal yang sangat disayangkan juga bisa dilihat dari hal trofi, karena trofi la liga sudah terlalu banyak di Barcelona, plus dengan keluar dari liga, berarti pilihan Barcelona hanya dua, yaitu menunggu Catalan memiliki liga tersendiri, atau numpang di liga lain seperti AS monaco. Tentunya keseruan akan berbeda apabila Barcelona keluar dari la liga, dan akan berdampak negatif juga dengan para pemain yang tentunya akan menentukan sikap untuk pindah atau stay di club dengan liga yang kurang jelas.

Answered Sep 18, 2018

Question Overview


4 Followers
576 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Mengapa Anda menyukai klub sepakbola Barcelona?

Siapa pelatih terbaik Barcelona sepanjang masa?

Bagaimana skuad ideal Barcelona menurut Anda?

Trio mana yang lebih hebat, apakah BBC (Benzema, Bale, Cristiano Ronaldo) atau MSN (Messi, Suarez, Neymar)?

Siapa yang layak menggantikan posisi Neymar di Barcelona pasca perpindahannya ke PSG? Mengapa?

Apakah hal paling menarik dari Alavés?

Apakah hal paling menarik dari Athletic Bilbao?

Apakah hal paling menarik dari Atlético Madrid?

Apakah hal paling menarik dari Barcelona?

Apakah hal paling menarik dari Celta Vigo?

Apakah hal paling menarik dari Deportivo La Coruña?

Apakah hal paling menarik dari Eibar?

Apakah hal paling menarik dari Espanyol?

Apakah hal paling menarik dari Granada?

Apakah hal paling menarik dari Las Palmas?

Apa yang membuat sepak bola Indonesia tidak berkembang?

Kenapa beberapa klub sepak bola mandiri/profitable, sementara sebagian klub sepak bola lainnya mengandalkan dana APBN?

Mengapa Brasil bisa menjadi juara dunia sepak bola berkali-kali dan apa rahasia suksesnya?

Apa yang pertama kali ada di kepala Anda saat diucapkan kata Manchester United? Alasannya?

Menurut Anda, apa faktor yang menentukan kemenangan Indonesia atas Singapura?

Mengapa pengorganisasian kompetisi bola basket lebih baik daripada sepak bola di Indonesia?

Apa pendapat Anda tentang klub sepakbola R.B. Leipzig?

Siapakah pemain Manchester United favorit Anda?

Siapa saja pemain Manchester United yang menyeberang ke Liverpool?

Apakah persamaan antara Manchester United dan Liverpool?

Siapa yang bakal keluar sebagai juara catur dunia yang saat ini sedang berhadapan antara Magnus Carlsen melawan Sergey Karjakin?

Apakah berolahraga memiliki pengaruh secara langsung terhadap perkembangan mental?

Apakah kerugian dari memiliki tubuh berotot?

Bagaimana cara Anda menyiasati kemalasan berolahraga pada pagi hari?

Apa tujuan terbesar Anda ketika berolahraga?

Bagaimana budaya populer diterapkan dalam dunia olahraga?

Siapa atlet Indonesia yang paling fenomenal?

Mengapa olahraga Indonesia mengalami kemunduran drastis sejak 2000an?