selasar-loader

Bagaimana caranya melakukan pembinaan karakter dan kreativitas kepada anak jalanan?

Last Updated Sep 19, 2017

Pembinaan dan pembelajaran yang dimaksud adalah non kurikulum akademik yang ditentukan oleh kemdikbud (SD, SMP, SMA). Tujuannya agar para anak jalanan mampu diberdayakan dengan baik dan tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

2 answers

Sort by Date | Votes
Dzaki Mahfuzh Hamadah
Mahasiswa Teknik Informatika yang masih harus banyak belajar

lR07MQt0TBQhL-mMB9siVrYKBxNYa9LL.jpg

Anak yang tidak mengenyam pendidikan formal dikarenakan latar belakang yang bermacam-macam dan lebih memilih untuk menggantungkan hidupnya di luar rumah seringkali disebut sebagai anak jalanan. Entah karena faktor ekonomi atau memang individu anak jalanan itu sendiri yang menolak untuk mengenyam pendidikan formal. Tentu treatment pendidikan untuk anak-anak jalanan berbeda dengan anak yang mengenyam pendidikan formal.

Berbicara tentang pembinaan karakter, kembali kita harus menilik bahwa karakter yang perlu ditekankan adalah good moral atau moral yang baik, entah apapun yang menjadi usungan pembina. Namun teknik khusus perlu diterapkan, menurut saya. Cara terbaik adalah dengan melakukan repetisi, membuat studi kasus yang nyata atas karakter yang akan diterapkan.

Contoh, ketika kita ingin membuat moral mengantre, sering-seringlah melakukan praktik yang membawa alat peraga berjumlah sedikit sehingga mengharuskan siswa mengantre untuk mencoba alat peraga tersebut. Praktis, mereka harus mengantri. Di situlah pembina harus mengajarkan makna dari mengantre.

Dalam hal kreativitas, anak jalanan lebih senang diajarkan hal-hal yang bersifat praktik sehingga apapun yang dibawa atau diajarkan haruslah bersifat practical atau dapat diperagakan, dan mengambil bahan dari sekitar karena mereka sangat akrab dengan barang-barang yang ada di daerah mereka sendiri.

Semoga bermanfaat!

 

Ilustrasi via benradit.wordpress.com

Answered Sep 20, 2017
Siti Fauziyyah
SITI FAUZIYYAH_FMIPA_UNJ_BAKTI NUSA

wHoFC8_pilEC0eN7Jxp2MAZuMNOMxbNL.jpg

 

Anak-anak yang seharusnya mengenyam jenjang pendidikan sebagai bekal hidup, memilih mengais rezeki di jalan raya, serta bekerja membahayakan keselamatan jiwa dengan pekerjaan yang beresiko untuk anak-anak.

Dengan membangun Pusat Pembinaan Kreatifitas dan Keterampilan Anak Jalanan karena sudah banyak sekali anak jalanan di ibukota bahkan hampir ada disetiap wilayah di Indonesia. Dengan pusat pembinaan tersebut diharap dapat menggali potensi anak jalanan, memberikan semangat kepada mereka, sekaligus penetralisir stigma negatif masyarakat terhadap keberadaan anak jalanan, menimbulkan kesadaran bagi masyarakat bahwa anak jalananpun harus senantiasa berhak mendapatkan perhatian serta aprtesiasi dan kehidupan yang layak seperti halnya anak-anak yang lain dan mengurangi serta menghilangkan semua aktifitas negatif anak jalanan dari segi penanaman akidah dan akhlak, serta pemberian bekal berupa kreatifitas dan pendidikan yang bermanfaat bagi kemajuan anak-anak jalanan di masa depan, serta berguna bagi nusa bangsa dan negara.

Konsep yang diterapkan adalah konsep transformasi yang diawali Dari ketidak teraturan perilaku anak jalanan, kemudian di integrasikan dengan nilai nilai islam maka terciptalah konsep transformasi, yang mengiringi perubahan perilaku dari ketidak teraturan menuju yang perilaku lebih teratur, begitu juga dengan bentuk, pola masa dan pola ruang.

Fungsi yang menyeluruh Pada Pusat Pembinaan Kreatifitas Dan Keterampilan Anak Jalanan, terlihat pada kegiatan yaitu griya baca, pelayanan konseling, bengkel karya, dan galeri karya. Guna memberikan pembinaan dan pelatihan yang bertujuan sebagai pengembangan potensi anak jalanan, baik akademik maupun life skill serta kesempatan bagi anak jalanan untuk berinteraksi sosial dengan masyarakat umum tanpa rasa canggung, meskipun banyak stigma negatif masyarakat tentang anak jalanan.

Answered Sep 3, 2018

Question Overview


3 Followers
749 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Seberapa penting pembangunan karakter bangsa?

Apakah peran orang tua dapat berpengaruh terhadap karakter anak?

Apa efek yang dapat ditimbulkan dari kurangnya kasih sayang orang tua terhadap anak?

Apakah karakter buruk dari seseorang dapat diubah?

Bagaimana cara agar dapat mengubah karakter buruk dari seseorang?

Bagaimana cara menghilangkan penyakit hati dari dalam diri manusia?

Bagaimana cara menyembuhkan sifat pemarah dalam diri kita?

Bagaimana cara menumbuhkan moral yang baik bagi masyarakat Indonesia?

Apakah mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kurang cukup untuk membangun karakter siswa? Mengapa?

Apa yang dimaksud karakter Elit Rubah vs Karakter Elit Singa oleh Vilvredo Pareto?

Apa itu kreativitas?

Apakah tips menulis terbaik yang pernah kamu dapatkan?

Apa manfaat bermain origami untuk perkembangan kecerdasan anak?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk meningkatkan kreatifitas pada anak?

Bagaimana pendapat Anda mengenai kreativitas iklan "Indoeskrim Nusantara"?

Apa saja tips dalam membuat teaser atau promosi acara kemahasiswaan yang kreatif?

Mengapa iklan rokok lebih kreatif dibandingkan iklan produk-produk lainnya?

Iklan rokok manakah yang paling kreatif menurut Anda?

Bagaimana cara meningkatkan kreativitas?

Mengapa orang Indonesia jarang menggunakan jembatan penyeberangan pada saat menyeberang jalan?

Apa dampak negatif dari pembangunan apartemen meikarta?

Gerakan sosial apa yang sampai sekarang masih jalan, punya dampak nyata, tapi kurang mendapatkan perhatian dari orang?