selasar-loader

Dari semua negara yang pernah Anda kunjungi, mana yang terbaik (Selain Indonesia)? Mengapa?

Last Updated Dec 1, 2016

5 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Penikmat Budaya

VUakhxj_ZQ92gienuwW5A8366yVpbCPP.jpg

Jawaban saya: Turki!

Sebenarnya sudah lama saya ke Turki, tapi entah mengapa pengalamannya yang begitu berkesan itu selalu terngiang-ngiang di kepala. Kala itu saya mengikuti sebuah pelatihan lingkungan yang diselenggarakan oleh gerakan lingkungan internasional di bawah kepemimpinan Al Gore. Tentu membahas Climate Change.

Perjalanan saya ke Turki adalah perjalanan solo. Tidak ada teman perjalanan. Hanya dengan berbekal satu buah backpack, saya melancong ke negeri seberang. Negerinya Al Fatih, sang penakluk Konstatinopel. Kekaisaran Romawi Timur.

Mengapa Turki menjadi yang terbaik, saya punya beberapa alasannya:
A. Turki punya Istanbul
Saya pikir, Istanbul adalah kota museum. Hampir semua tempat bersejarah yang ingin kita temui di Turki ada di Istanbul. Sebut saja Hagia Sophia, Blue Mosque, Tokapi Palace, Maiden's Tower, Grand Bazars, sampai ke pengalaman melintasi Selat Bosphorus yang banyak terlihat banyak sekali peninggalan sejarah di sana.

B. Negeri Islam
Tidak sulit mencari masjid (meski tidak sebanyak di Indonesia) dan makanan halal di sana. Mungkin sedikit sekali terdapat musholla atau masjid kecil di Turki. Hampir semua masjid di Turki besar-besar dengan arsitektur masjid khas Ottoman yang sangat mewah.

C. Persinggungan Budaya Eropa dan Asia
Khususnya Istanbul dan beberapa daerah di sekitarnya, Turki tidak seperti Asia. Sangat Eropa dan metropolis. Saya bisa bilang, tidak ada pria dan wanita muda yang jelek di Turki. Bahkan banyak pemuda pemudi Istanbul (khususnya) yang lebih cantik dibandingkan dengan pemeran sinetron Turki yang marak belakangan ini.

Budayanya juga layaknya Eropa. Menarik untuk dikaji lebih lanjut. Di dekat Taksim Square, ada sebuah jalan panjang. Mirip seperti Jalan Legian di Bali. Sangat hidup di malam hari dengan makanan dan minuman halal, juga haram bertebaran di sana. Muda mudi Turki Eropa lalu lalang hingga menjelang pagi. Ketawa-ketiwi untuk sekadar minum teh atau pun ngobrol menghabiskan malam. Menarik!

D. Rasa Makanan yang (cukup) Dapat Diterima
Dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, Turki merupakan negara dengan rasa makanan yang bagi saya cukup bisa dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. Agak sedikit "datar", tapi masih ada rasanya.

Bagi orang Indonesia yang kangen kebab, Anda dapat merasakan Doner Kebab, kebabnya orang Turki. Rasanya tidak se-tasty kebab Indonesia. tapi lumayanlah. Doner enak ditutup dengan Yoghurt, makanan penutup lainnya khas Turki. Mengkonsumsi Yoghurt secara teratur inilah yang mungkin menjadi rahasia penduduk Turki (khususnya yang muda-muda) memiliki berat badan Ideal.

E. Tempat Belajar Sejarah
Berkunjung ke Turki, tidak akan pernah lengkap jika tidak mengunjungi Istanbul. Seperti saya sudah singgung dalam poin pertama, Istanbul penuh dengan situs kebudayaan. Belum lagi jika kita sedikit ke luar Istanbul, kita bisa lihat dan kunjungi banyak sekali bekas peninggalan bangsa Romawi Timur di sana, sebut saja beberapa tempat seperti Ephesos, Bodrum, Dalaman, Selçuk, Antakya ataupun Edirne.

Recommended!

Gambar via us.123rf.com

Answered Dec 20, 2016
x y
Tukang Nujum Cabul

07EnOG8kqY4BLss7ffU05TQI2kh-LKXL.jpg

Terlepas dari betapa cintanya saya pada eksotisme dan kenyamanan yang ditawarkan Jepang, Hungaria adalah negara terbaik yang pernah jadi persinggahan saya meski cuma untuk 2 minggu saja. Budapest mungkin bukan gambaran yang lengkap untuk mewakili Hungaria, namun saya kira eksotisme Budapest cukup menarik untuk jadi kunjungan wisata, minimal untuk orang yang terlalu sering menonton film espionase yang sering membawa kita ke kota-kota eksotis dunia.

Di Hungaria, harga barang konsumsi termasuk murah, bahkan untuk gaji Jakarta. Sebuah three course dinner untuk dua orang, saya cukup merogoh sekitar 300-500 ribu, termasuk dengan wine berkualitas baik. Di Jakarta, untuk hal yang kurang lebih sama, saya harus merogoh lebih dari 500 ribu rupiah. Untuk bir, spirits, liquor, dan wine, di Budapest sangat mudah mendapatkannya. Untuk segelas bir, cuma sekitar 15-20 ribu saja sudah lebih enak daripada Bir Bintang. Sebotol red wine yang nikmat, 100 ribu saja cukup.

Untuk yang lebih berbudaya, menonton konser musik di concert halls di sekitar Budapest juga tidak mahal. Mulai dari 50 ribu sampai 1,5 juta rupiah, yang masih lebih murah daripada menonton Coldplay, sudah bisa menikmati kemegahan musik klasik (dan segala musik lain, tergantung jadwal) di concert hall dengan akustik luar biasa dan kemegahan yang tak lekang dimakan zaman.

Untuk berbelanja, ada Great Market Hall, bangunan tiga lantai yang sebenarnya tidak jauh berbeda dari Pasar Induk, dengan beragam bahan makanan lokal dan impor yang harganya kadang bisa lebih murah dari pasar di Jakarta.

Berjalan-jalan ke salah satu kota tua dunia tidak lengkap tanpa mengunjungi museum dan kastil. Di Budapest, tiket untuk masuk ke museum kastil hanya 100 ribu rupiah per orang, sudah bisa menikmati sajian sejarah, dan ada beberapa museum lain yang gratis untuk umum, dengan arsitektur neoklasik yang akan memuaskan hasrat berfoto untuk pamer di Path dan Instagram.

 

Ilustrasi via wordpress.com

Answered Jan 23, 2017
Jonathan Sadikin
Traveler, writer, foodie, lawyer...

9buwZUTtkyDDgsFWenuF3Py5t7emIXgi.jpeg

Turki adalah tempat pernikahan akbar dua dunia, dengan Ibu dari segala Ibukota, Istanbul, berdiri elegan di tengah-tengahnya. Ada sesuatu dari Turki yang menarik mata dan hati, sejak pertama Anda menjatuhkan pandang pada birunya laut Bosforus ketika pesawat anda mendarat hingga waktunya Anda pergi dengan meninggalkan sebagian hati Anda di Turki. Ada kagum ketika menikmati arsitektur ramping dan megah Topkapi Palace dan mengagumi harta karun yang dipajang di ruangan-ruangannya. Ada sedikit ketakutan melihat pilar tangga dari kristal murni atau gantungan lampu raksasa dari emas.

Ada syahdu dari Masjid Biru dan Hagia Sofia yang akan menyentuh jiwa orang-orang paling skeptis di dunia. Pikiran dan mata Anda akan terhipnotis oleh Dervish wheel dan tarian perut nan eksotis. Bazaar dan pasar tertua di bumi menunggu di tengah-tengah keramaian kota dengan rempah-rempah langka, lampu cantik dan segala hal yang bisa ditemukan di bumi. Bentang alam luas menanti di luar kota, dengan rereuntuhan yang menggemakan masa silam nan agung. Di tepi tebing karang, terukir puluhan ceruk air panas yang nyaman. Di padang luas, genangan air asin mengapungkan Anda walau tak bisa berenang, memantulkan biru langit tanpa henti. Pagi buta, Anda dapat melayang bersama balon udara yang panas dan menikmati susunan karang putih yang membentuk kota rahasia.

Ada seribu satu cerita di Turki- cerita yang menggoda, menengangkan, menawan. Ada musik yang dimainkan di jalanan. Ada sesuatu dalam paras orang Turki yang membuatmu jatuh cinta...

Ah, rupanya hati saya tertinggal separuh di Turki.

Answered Apr 25, 2017
Doni Akbar
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Thailand.

Saya pernah tinggal di Thailand selama dua bulan untuk kegiatan volunteering. Saya tinggal bersama Thai family. Masyarakat lokal disana ramah-ramah dan menyenangkan. Biaya hidup murah, juga tempat disana cukup indah dan menarik

Answered Nov 3, 2017
Kays Abdul Fattah
Rumah Kepemimpinan 8 | Founder Banana Pirates | Agronomi dan Hortikultura IPB

Malaysia.

Mereka melakukan halal tourism dengan sangat baik. Di Malaysia, kita mudah menemukan masjid dan makanan halal. Biaya hidup pun tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Tata kotanya pun rapi dan tidak terlalu padat.

Answered Dec 5, 2017

Question Overview


6 Followers
1021 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa destinasi wisata yang menurut Anda paling keren di Indonesia?

Apa saja tempat wisata yang belum terkenal di Indonesia, tetapi memiliki potensi yang luar biasa?

Apa tempat wisata paling menarik di Indonesia yang pernah Anda kunjungi?

Bagaimana rasanya mengunjungi pulau-pulau terluar di Indonesia?

Seperti apa rasanya pergi ke luar negeri untuk pertama kali?

Bagaimana cara traveling dengan biaya murah?

Apa alasan terbesar Anda melakukan travelling budaya?

Pengalaman traveling apa yang paling berkesan dalam hidup Anda? Mengapa?

Dari semua makanan dari negara lain yang pernah Anda konsumsi, mana yang terbaik? Mengapa?

Negara mana yang tidak mau Anda kunjungi untuk yang kedua kali?

Gunung apa yang paling indah dan berkesan di Indonesia? Mengapa?

Apa destinasi wisata terbaik di Indonesia?

Apa yang istimewa dari Candi Borobudur sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Gili Trawangan sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Pulau Bali sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Nasional Gunung Rinjani sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Danau Toba sehingga banyak turis mengunjunginya?

Apa yang istimewa dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sehingga banyak turis mengunjunginya?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Bagaimana positioning Indonesia di dunia global?

Kapan Perang Dunia III muncul?

Apa yang membuat Israel menang dalam perang melawan gabungan negara-negara Arab?

Mengapa Israel dalam beberapa dekade menjadi maju sekali jauh meninggalkan negara-negara arab di sekitarnya?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel?

Bagaimana cara mengakhiri konflik di Syiria?

Selain Korea Selatan, Singapura, apa ada cerita tentang negara lain yang dahulu miskin kini kaya raya?