selasar-loader

Mengapa mengenali dan memahami diri penting sebagai bekal pengasuhan? Apa yang perlu kita ketahui tentang diri kita?

Last Updated Sep 14, 2017

6f5JvEOirVDcG6Gr6FmLlas7ggXgbv6L.jpg

Anda merasa bukan orang tua yang ideal? 

Bingung bagaimana mengatasi masalah yang muncul karena perbedaan karakter yang ada dalam keluarga? 

Sering merasa disalahpahami dan tidak dipahami anak dan pasangan?

Salah satu penyebab konflik yang terjadi dalam keluarga adalah karena terdapat perbedaan karakter yang diawali dengan kekurangan dalam memahami karakter diri. Bagaimana cara kita menghadapi masalah dan merespon sesuatu mempengaruhi interaksi kita dengan orang lain.

Komunitas Anak Pintar dan Berawal Dari Rumah didukung oleh Selasar, proudly presents 

“Intensive Class: Mengenal Diri”

Apa yang didapat dari program ini:

  1. Gambaran mengenai karakter diri 
  2. Potensi masalah yang dapat muncul berkaitan dengan karakter yang dimiliki
  3. Mengenali sumber masalah yang ada saat ini, yang disebabkan oleh diri sendiri
  4. Pengetahuan tentang bagaimana cara mengatasinya.

Sesi ini akan dipandu oleh psikolog berpengalaman yang menangani masalah psikologis pada orang dewasa. Limited Class, hanya untuk 15 orang.

Tertarik mengikuti?

Caranya gampang!

1. Bagikan pengalaman Ayah-Bunda tentang pentingnya mengenali dan memahami diri sebagai bekal pengasuhan kepada anak dengan klik tombol answer di bawah pengumuman ini*

2. Kontak Ibu Anne 08176467587 (WA/SMS) atau Ibu Sherly 081373490499 (WA/SMS) mengenai teknis kegiatan

Ditunggu pendaftarannya ya, Ayah-Bunda!

 

*Sharing Ayah-Bunda akan menjadi bahan pelatihan nanti

4 answers

Sort by Date | Votes
Martina Mochtar
Istri dari seorang pecinta sosial, dan Ibu dari seorang Bocah Pemberani

hBbGSzuEcJc52YNOHJXf926iIz1yKMo9.png

Menjadi bungsu dari empat bersaudara, dengan jarak usia yang jauh dengan kakak-kakak lainnya membuat saya terasa sangat berbeda di rumah. Hal ini membuat saya merasa paling 'tidak beres', karena orang tua saya selalu membandingkan dengan cara, kebiasaan dan minat kakak-kakak yang sangat berbeda dengan saya.

Lama saya terpaksa meyakini bahwa memang ini merupakan kesalahan, dan kesalahan itu ada pada diri saya. Walaupun sebenarnya sering kali saya tidak mengerti, mengapa itu salah. Lambat laun akhirnya saya tau, perbedaan yang ada adalah akibat dari perbedaan generasi antara saya dan kakak-kakak saya yang lain. Pola penerimaan konsumsi informasi, serta kondisi teknologi yang sangat berbeda membuat secara otomatis banyak perbedaan yang muncul antara saya dan kakak-kakak. 

Kini walaupun saya akui saya berbeda, namun saya tidak lagi merasa bersalah atas perbedaan tersebut, selama saya yakini apa yang saya lakukan tidak menyalahi prinsip-prinsip yang ada, dan dapat mempertanggungjawabkannya. Berdasarkan pengalaman tersebut, saat ini saya rajin mempelajari mengenai generasi Z, untuk mengetahui pola pikir, minat dan caranya dalam bertindak. 

 

 

Answered Sep 14, 2017
Ma Isa Lombu
Selasares Garis Keras

VIqIbros6JZUOpJ9ltdzo3P3dXs9DIQe.jpg

"The apple doesn't fall far from the tree"

Saya menyadari benar bahwa idiom tersebut benar adanya bahwa karakter anak akan berada tidak jauh dari titik karakter yang dimiliki oleh orang tuanya. Bukan hanya karakter, sikap, perilaku bahkan kebiasaan seorang anak pasti tidak jauh dari orang tuanya.

Hal ini mungkin karena faktor bahwa anak yang dilahirkan di dunia ini adalah seperti kertas kosong (tabula rasa) dimana faktor yang menentukan dirinya seperti apa adalah lingkungan terdekatnya. Bahkan lebih jauh (bagi yang muslim), kita juga pernah mendengar hadist yang mengafirmasi teori "tabula rasa" yang saya singgung sebelumnya. Hadist tersebut adalah:

Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah telah bersabda:

مَا مِنْ مَوُلُودٍ إِلاَّ يُوْلَدُ عَلىَ الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ، كَمَا تُنْتِجُ الْبَهِيْمَةُ بَهِيْمَةً جَمْعَاءَ هَلْ تُحِسُّونَ فِيْهَا مِنْ جَدْعَاءَ؟

“Tidaklah setiap anak yang lahir kecuali dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka kedua orangtuanyalah yang akan menjadikannya sebagai Yahudi, Nasrani, atau Majusi...."

Hadits diriwayatkan oleh Al-Imam Malik t dalam Al-Muwaththa` (no. 507); Al-Imam Ahmad t dalam Musnad-nya (no. 8739); Al-Imam Al-Bukhari t dalam Kitabul Jana`iz (no. 1358, 1359, 1385), Kitabut Tafsir (no. 4775), Kitabul Qadar (no. 6599); Al-Imam Muslim t dalam Kitabul Qadar (no. 2658).

Nah karena faktor eksternal terdekat (baca: orang tua) adalah faktor yang paling dominan dalam menentukan seperti apa karakter/sikap/perilaku seorang anak, maka menjadi sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui seperti apa dirinya, apa yang baik pada dirinya, dan tentu apa yang buruk pada dirinya. Yang baik ataupun yang buruk dari orang tua akan terefleksi kepada baik buruknya seoranganak. Jika orang tuanya suka membaca, maka kemungkinan besar anaknya pun suka membaca. Sebaliknya jika sang orang tua suka membentak, maka kemungkinan besar sang anak juga suka membentak.

Untuk itulah maka buat saya pribadi yang paling penting untuk diketahui adalah karakter, sikap, perilaku dan kebiasaan pada diri kita. Hal-hal inilah yang nantinya akan diikuti oleh anak. Penting bagi kita untuk mengetahui siapa kita secara lebih baik untuk menonjolkan hal-hal terbaik dari dalam diri untuk menjadi teladan, dan tentu menghilangkan hal-hal buruk pada diri kita yang berpotensi juga untuk diikuti.

Demikian yang saya pahami..

 

Family is the first school for young children, and parents are powerful models.

Alice Sterling Honig | Professor emerita in the Syracuse University department of child and family studies

Answered Sep 14, 2017
Jiwo Damar Anarkie
Ingin hidup sehat

zhHckM0PeOrBsOQjU_qiZLgSaeHUmpjK.jpg

Bagi saya, cara terbaik untuk mengenal diri sendiri adalah dengan naik gunung. Saat mendaki gunung, kita sering dihadapkan pada sebuah tekanan, apalagi risiko terbesar dalam pendakian adalah kematian. Kondisi yang memaksa inilah menjadi sebuah wahana bagaimana kita mengenal diri lewat sikap dan respon kita menghadapi tekanan itu.

Namun demikian, rasanya jika pengalaman tak didukung pengetahuan seperti hampa. Justru kondisi ekstrimnya, kita kerap kali kebingungan tentang siapa diri kita.

Padahal karakter keluarga, ditentukan siapa diri kita, seberapa jauh kita kenal kelebihan kekurangan kita

Sayangnya, sebelum menikah, saya hanya mengenal diri berdasarkan pengalaman, tidak dibenturkan dengan khasanah ilmu pengetahuan. Jadi layaknya mengarungi samudra tanpa kompas. Boleh jadi saya banyak pengalaman, namun tidak sampai tujuan.

Maka dari itu, pelatihan nampaknya begitu penting bagi para orang tua terutama mereka yang baru punya anak.

Answered Sep 15, 2017
Ahmad Taufik
Interventionist

dOn88k3NQE-N6MQTiz6ezty3nw1cvhy0.jpg

Berbicara mengenai pengenalan diri, pikiran saya melayang pada sosok dosen yang terkenal dengan konsep AKU (Ambisi, Kenyataan, Usaha). Materi kuliah ini mendorong diri untuk merenung, merefleksikan perjalanan hidup, dan mengambil hikmah sehingga mendorong diri saya memahami betul hal-hal yang penting bagi diri sendiri, bagi hidup, sekaligus menyadari semua tantangan dan usaha yang akan diperjuangkan.

Jikalau pengenalan diri dihubungkan dengan pengasuhan anak, seseorang pada umumnya melakukan metode yang hampir sama dengan cara pengasuhan yang dilakukan oleh orangtua terhadap dirinya. Namun, hal terpenting dan sering dijumpai tanpa disadari adalah fakta bahwa kita berusaha melakukan pembaharuan perlahan-lahan atas cara pengasuhan anak berdasarkan hasil refleksi, evaluasi, perenungan diri terhadap cara pengasuhan orangtua kita.

Apalagi, kita hidup pada zaman sekarang yang akses informasi sangat mudah didapatkan. Kita seringkali menemukan pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak, teknik parenting, teknik komunikasi, sikap terhadap situasi tertentu dll sehingga lambat laun, kita akan menyadari bahwa cara pengasuhan orangtua kita dahulunya sudah tidak tepat lagi dengan anak kita sekarang. Maka, bersiap-siaplah untuk sering dikritisi oleh orangtua dan mertua kita ketika mereka melihat bagaimana kita mengasuh anak sekarang. Saya berkesimpulan bahwa untuk melakukan pengasuhan yang tepat terhadap anak kita, kita musti siap-siap berubah dan mau menerima perubahan.

 

Answered Sep 19, 2017

Question Overview


5 Followers
881 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa pertanyaan tersulit yang pernah ditanyakan oleh anak Anda dan apa jawaban Anda ketika itu?

Apakah empati itu dan mengapa penting? Bagaimana cara untuk menumbuhkan empati pada anak?

Bagaimana memotivasi anak untuk belajar dengan mandiri?

Bagaimana mengatasi masalah belajar pada anak?

Apa saja yang perlu diperhatikan tentang tumbuh kembang anak usia sekolah?

Faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan pada anak?

Seberapa penting penerapan aturan bagi anak di keluarga?

Bagaimana mengelola stress sebagai orang tua?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Benarkah anak yang suka tantrum memiliki kecerdasan di atas rata-rata?

Bagaimana cara yang tepat membuat anak yang pemalu menjadi aktif di kelas?

Bagaimana cara mendidik anak yang terpisah jauh dari orangtuanya?

Bolehkah orangtua memaksakan mimpinya yang tertunda kepada anaknya? Mengapa?

Sejauh apakah The Return of Superman mempengaruhi cara didik orangtua kepada anaknya di Korea juga Indonesia?

Bagaimana biasanya kondisi mental anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan broken home?

Bagaimana cara membuat anak tertarik membaca?

Bagaimana menghadapi anak yang melakukan pelecehan seksual?

Keluarga apa yang menurut anda ideal?

Bagaimana cara mengatasi anak yang manja?

Benarkah anak yang 'fatherless' berpotensi menjadi kemayu? Mengapa?

Bagaimana cara mengatasi anak yang memiliki rasa ingin tahu berlebih?

Mengapa anak lebih baik tidur di kamar sendiri alias terpisah dari orangtuanya?

Seberapa signifikan pengaruh pendidikan orangtua terhadap tumbuh kembang anak?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?

Apa yang terjadi apabila seseorang terlalu banyak mencium aroma parfum?

Apakah memakai parfum memiliki dampak buruk terhadap kesehatan?

Bahan kimia apa yang paling banyak digunakan dalam parfum?

Mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan?

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan berat badan?

Jika mengalami gejala sulit tidur, apa yang Anda lakukan?

Apakah minum susu dan makan apel sebelum tidur itu baik untuk kesehatan?

Apakah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna?

Apa dampak terlalu banyak duduk ketika bekerja bagi kesehatan?

Berapa lama batas maksimal seseorang berolahraga dalam satu hari?

Bagaimana positioning Indonesia di dunia global?

Kapan Perang Dunia III muncul?

Apa yang membuat Israel menang dalam perang melawan gabungan negara-negara Arab?

Mengapa Israel dalam beberapa dekade menjadi maju sekali jauh meninggalkan negara-negara arab di sekitarnya?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel?

Bagaimana cara mengakhiri konflik di Syiria?

Selain Korea Selatan, Singapura, apa ada cerita tentang negara lain yang dahulu miskin kini kaya raya?

Apa yang harus saya lakukan apabila terdapat "bugs" atau fitur yang tidak bekerja pada Selasar?

Apakah Selasar mengikuti Quora?

Bagaimana cara mendaftar masuk Selasar?

Mengapa Selasar menggunakan pertanyaan dan jawaban berbahasa Indonesia?

Jenis pertanyaan dan jawaban seperti apa sajakah yang dilarang di Selasar?

Bagaimana cara mengganti profil dan memunculkan short bio di Selasar?

Mengapa Selasar bisa sangat berpengaruh positif untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban?

Jawaban dan pertanyaan seperti apa yang pantas tampil di Selasar?

Apakah Selasar dapat mengakomodasi keinginan seorang ahli untuk meningkatkan personal branding?

Apa yang paling membedakan Selasar dengan media sosial/platform lainnya?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Bagaimana rasanya ditinggalkan oleh orang yang sangat dicintai?

Lagu apa yang membuat Anda teringat pada mantan kekasih?

Siapa nama mantan pacar pertama kamu? Bagaimana kabar dia saat ini?

Bagaimana cara mendekati/PDKT dengan wanita yang benar?

Siapakah cinta pertama Anda?

Gejala apakah yang biasanya dialami oleh orang yang sedang jatuh cinta?

Seperti apa patah hati (broken heart) terhebat yang pernah Anda alami?

Apakah menyukai pria mapan lantas membuat perempuan menjadi materialistis (matre)?

Apa yang harus disiapkan di masa pra kehamilan untuk calon ibu?

Apa tanda-tanda kehamilan?

Kenapa bayi yang lahir zaman sekarang diberikan nama dengan penulisan aneh dan agak sulit diucapkan?

Bagaimana cara terbaik menjawab pertanyaan anak, "Bagaimana cara sperma dan ovum bertemu sampai terjadi kehamilan?"?

Apa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa mual saat hamil?

Bagaimana perasaan Anda ketika mengetahui Anda akan memiliki anak?

Bagaimana hukumnya jika seseorang bersenggama saat istri sedang hamil?

Apa perbedaan air ketuban dengan plasenta?

Apa saja penyebab keguguran pada kandungan?

Apa itu TORCH?

Apakah Feature Punya News Source?

Apa buku tentang Jurnalisme Warga yang sangat berkesan buat Anda?

Apa manfaat menulis Journal di Selasar?

Pada usia berapakah anak boleh diajarkan bahasa asing? Mengapa?

Pentingkah mengajarkan bahasa daerah kepada anak?

Bagaimana cara yang bijak menjawab pertanyaan anak tentang seks?

Pentingkah orangtua memberikan nama yang baik kepada anaknya? Mengapa?

Seberapa berbahayakah kondisi anak yang memiliki kedekatan berlebih dengan pengasuhnya?

Mengapa channel mainan di YouTube cenderung memiliki banyak sekali penonton?

Di manakah kota terbaik di Indonesia untuk masa pensiun? Mengapa?

Bagaimana perasaan orangtua ketika pertama kali mendengar anaknya bisa bicara?

Bagaimana Menghadapi Anak yang sedang Tantrum? (Jedotin Kepala ke Tembok)

Mengapa Tuhan membuat surga, padahal insentif tertinggi umat Islam adalah ridha Allah?

Apakah Tuhan perlu dibela?

Apakah Syiah bukan Islam?

Mengapa Nabi Muhammad tidak mengizinkan Ali mempoligami Fatimah?

Apa yang dimaksud dengan bid'ah?

Apa yang dimaksud dengan munafik?

Apa yang dimaksud dengan halal?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apa yang dimaksud dengan mubah?

Mengapa Ibrahim meninggalkan Hajar dan Ismail sendirian di Mekah?

Apakah skill yang paling utama yang harus dimiliki CEO?

Apakah perbedaan pemimpin dengan bos?

Dari segi leadership, apakah Jokowi lebih baik dari Donald Trump?

Apakah seorang CEO haruslah seorang Extrovert dan pandai menjual?

Apakah pemimpin itu dibentuk atau dilahirkan?

Bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik?

Di manakah kita bisa menemukan tim yang sevisi untuk membangun sebuah bisnis/ start-up?

Menurut Anda, seperti apa profil kepemimpinan Indonesia di masa mendatang?

Apakah ditetapkannya Setya Novanto sebagai tersangka menjadi bukti krisis kepemimpinan nasional?