selasar-loader

Mengapa seseorang harus berkunjung ke Trans Studio Bandung?

Last Updated Sep 14, 2017

16 answers

Sort by Date | Votes

IS9flhCZF4ZMGgQUJntUqJAIetrHm0ph.jpg

Karena Trans Studio Bandung enak didatangi baik oleh yang datang sendirian maupun yang datang bersama keluarga atau teman.

Dulu, saya pernah datang sendirian ke sana. Sekarang, pengin banget bisa ajak keluarga.

 

Ilustrasi via Teri Hendrich (pinterest)

Answered Sep 18, 2017

z8gKKoneLPaGHU-C9VMKFytaHiC7tEcj.jpgKarena Trans Studio Bandung adalah tempat 
bermain dengan konsep yang sangat menarik. Di sana, tersedia beberapa wahana yang berbeda dari tempat bermain (theme park) pada umumnya. Selain itu, Trans Studio Bandung bisa memberikan keseruan yang berkesan sehingga sangat tepat bila Anda mengajak keluarga untuk bermain di Trans Studio Bandung. 

Answered Sep 18, 2017

IsObxc1OVVX4DNJ3Bqs21ETA-NzdSzka.jpg

Karena Trans Studio Bandung memiliki konsep yang berbeda, yaitu indoor. Mayoritas wahana yang seperti itu bersifat outdoor, sedangkan Trans Studio Bandung bersifat indoor sehingga akan memberi pengalaman baru dan kesan tersendiri.

 

Ilustrasi via youtube.com

Answered Sep 18, 2017
Delly Ferdian
Analis Economic Action

Biar bisa ngelupain mantan.

MHURADNG_j0WU6DtYY5nURQle8tX6FrH.jpg

Udah, itu aja.

 

 

Foto via Elle UK

Answered Sep 18, 2017
Adiva Syaifullah
Bukan orang biasa

ctB1sLHMWkNVSpcya-jgDBdtiaCociiZ.jpg

Saya mempunyai alasan kenapa seseorang harus banget ke transtudio bandung. Check it out! 

Bandung adalah kota unik dengan berjuta wisata di dalamnya, salah satunya adalah Trans Studio Bandung. Trans Studio Bandung adalah tempat wisata terlengkap dan termegah yang ada di Bandung. Ada berbagai fasilitas di sana, yaitu wahana-wahana yang diperuntukkan baik bagi orang dewasa sampai anak kecil. Di dalamnya, terdapat juga berbagai kuliner yang bisa dinikmati oleh pengunjung Trans Studio Bandung. Selain itu, Trans Studio Bandung juga menyediakan tempat untuk shopping.

Yang tidak kalah menarik, Trans Studio Bandung juga melengkapi dengan fasilitas hotel di dalamnya. Sangat recommended sekali buat semua kalangan, mulai dari dewasa sampai anak-anak. Dengan adanya Trans Studio Bandung, yang tidak kalah penting ialah kita harus berterima kasih dengan walikota Bandung, yaitu Ridwan Kamil, yang telah mendesain Bandung dengan sekeren dan semenarik sekarang :) 

Sumber gambar: PANTAUAN HARGA

Answered Sep 18, 2017

Karena di TSB, banyak permainan seru yang bisa dicoba. Tempatnya dekat dan sejuk, jadi pasti nyaman main di sana seharian, apalagi kalau kamu pergi bareng keluarga atau sahabat; pasti makin happy!

Answered Sep 19, 2017

Banyak wahana dan permainan yang seru nan menarik, termasuk pilihan wisata lainnya, seperti belanja, nonton, kuliner, hingga wisata (qalbu) religi. Trans Studio Bandung juga memiliki masjid yang super duper nyaman dengan kajian yang menarik dari para ustadz muda yang gaul, yang tidak pernah ada di mal lainnya. :)

 

Answered Sep 19, 2017

Karena Trans Studio Bandung sangat cocok untuk para pencari hiburan yang seru, asyik, maupun permainan yang memicu adrenalin. Wahananya sangat lengkap dan cukup memuaskan hasrat untuk melepas penat. Selain itu, banyak jenis permainan yang cukup berbeda dengan tempat hiburan lainnya. Jadi, perlu banget datang ke Trans Studio Bandung :)).

Answered Sep 22, 2017
Lavetta Mochtar
Ibu rumah tangga, istri dari perwira TNI AU dan ibu dari 2 anak, hobi memasak.

Ibaratnya, Trans Studio Bandung to whole package bangetlah! Semua permainan ada di sana, mulai dari permainan yang ringan untuk anak-anak balita sampai permainan yang extreme. Tapiii...kita aman dari kepanasan dan kehujanan.

Bila Anda suka narsis dengan berbagai selfie? Pas banget!

Selain itu juga, pada jam-jam tertentu setiap hari, ada live performance dari seniman-seniman Bandung yang keren-keren. Yang paling saya suka justru adalah live performance-nya.

SfiuKu_LhN19i7TyijZMvE0kNyfBWQzV.jpg

Untuk pecinta kuliner, TSB juga aman. Ada aneka makanan, mulai dari cemilan-cemilan sampai 'yang berat'. Jadi, kamu gak perlu keluar studio dulu untuk cari makan.

Tips kalau mau ke Trans Studio Bandung dari saya: datanglah dari jam 9.00 sampai jam 14.00. WIB. Gak bakalan nyesel!

 

Ilustrasi via twitter

Answered Sep 23, 2017

Karena selalu ada event menarik di sana.

Answered Sep 23, 2017
Kemala Dewi
Ibu Rumah Tangga Sejati

_4zRqQhio1Kk4MbDC0s5uFt8tvI2Uw_M.jpg

Semua orang pasti tahu, kota Bandung merupakan gudangnya pemuda-pemudi berbakat dengan segala kreativitas yang jarang sekali gagal mengundang decak kagum. Sebut saja Elfa's Singer, Kahitna, Noah, P Project, dan masih banyak lagi seniman-seniman muda asal Bandung lainnya. 

Keanekaragaman kreativitas tersebut terhimpun dalam satu destinasi hiburan, yaitu Trans Studio Bandung. 

Pertama kali saya mengunjungi Trans Studio Bandung terjadi tepatnya pada Juni 2012. Saya terkagum-kagum melihat parade di sore hari yang menampilkan icon-icon dengan wajah yang sangat cantik. Saya sampai harus membuka mata lebar-lebar untuk meyakini diri saya bahwa icon mermaid yang sedang melambaikan tangannya dari dalam kerang adalah memang asli orang Indonesia, bukan bule. 

Setelah itu, saya juga melihat rangkaian acara musik yang disuguhkan. Sangat menghibur.

Di samping wahana-wahana unik seperti Racecoaster dan Giantswing, bagi saya, keunggulan dari Trans Studio Bandung dibandingkan themepark lainnya adalah pertunjukannya. Anda harus catat ini: pertunjukannya 100% asli orang Indonesia dengan kualitas bakat Internasional.

Itulah alasan bagi saya harus ke Trans Studio Bandung

Sumber gambar: Instagram

Answered Sep 24, 2017

QE7GBYuEztNat67tQva6bxomfBK8U_Vm.png

Karena sebuah pernyataan akibat dari ‘Mengapa’, menurut saya, Trans Studio Bandung tidak ubahnya seperti taman rekreasi lainnya. Membosankan.

Ngapain sih ke Trans Studio, Mah? Bosen tau, mending ke Du*an” –Fadel before came in to Trans Studio, 9 Juli 2011.

Esoknya, 10 Juli 2011, Saya tetap diajak keluarga meskipun dalam keadaan badmood ke Trans Studio Bandung. Sesampainya di sana, rasa badmood saya belum hilang.

Yaudah coba dulu aja, semoga aja seru” –Fadel in front of Trans Studio Bandung, 10 Juli 2011

Ternyata, Trans Studio Bandung berbeda dari apa yang saya pikirkan sejak awal.

Konsep indoor yang berbeda dari taman rekreasi lainnya membuat saya terdecak kagum. Kenapa? Jelas, karena saya sendiri tidak perlu kepanasan saat siang hari dan gairah wahana saya tidak mudah surut.

Konsep lainnya adalah wisata wahana yang beragam. Saya masih ingat ketika saya mencoba Yamaha Coaster dengan sensasi mengerikan, Dunia Lain dengan sensasi menyeramkan, Giant Swing dengan sensasi life-hour, serta Negeri Raksasa yang membuat kedinginan (karena kebasahan). Selain wahana tersebut, terdapat pula wahana edukasi yang saya coba seperti Trans Science Center dan Trans City Theatre. Secara keseluruhan, pada hari itu, saya menghabiskan waktu sekitar 12 Jam. Saya sendiri belum cukup puas karena mustahil untuk mencoba semua fasilitas dalam sehari (VVIP mungkin bisa). Overall, saya senang, gembira, atau apapun itu. Ternyata, Trans Studio tidak seperti apa yang saya pikirkan.

Hari itu, 10 Juli 2011, kebetulan terdapat pentas arakan keliling Trans Studio Bandung. Saya tidak tahu apakah pentas arakan keliling ini hanya saat di hari itu atau setiap hari ada. Konsep ini menurut saya bagus karena selain dari penampilan kostum, terdapat pula atraksi di hari itu. Pokoknya, keren!

Akhirnya, saya ingin mengajak (re: mengharuskan) pembaca untuk menikmati fasilitas dari Trans Studio Bandung ini. Kenapa? Karena selain melepas kepenatan, pembaca sekalian bisa merasakan sesungguhnya seperti apa kehidupan di balik layar TV Trans TV/ Trans 7. Setelah lama sekali saya tidak berkunjung ke sana karena kesibukan. Saya sendiri merasa ingin kembali ke sana. Menurut pengalaman teman saya yang baru ke sana (Mei 2017), terdapat wahana baru interaktif. Aaaaa... pengin ke sana lagi. :’(

Setelah tiba di rumah, saya langsung mengabadikan (re: upload) foto kegiatan hari itu di Facebook. Syukur, saat menulis ini, saya punya kenangan yang bisa dibagikan ke pembaca sekalian.

Oke, ini adalah saran saya jika pembaca ingin mengunjungi Trans Studio Bandung; datanglah dengan membawa teman/keluarga. Keseruan justru ada di sana.

Sekian,
Fadel, 2017.

 

Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Answered Sep 24, 2017

Karena meski sudah ratusan purnama bolak-balik ke Bandung pun rasanya percuma dan omong kosong belaka kalau kamu belum ke Trans Studio Bandung.

#SayembaraSelasar
#PleaseVoteMewkwk

:")

Answered Sep 25, 2017
Dicky Firmansyah
Mahasiswa Keuangan Islam di STEI Tazkia

YBZoXTXHt4BDVl04RYgcXaCGG41tvWm-.jpg

Kenapa sih kalian harus ke Trans Studi Bandung? Karena di Trans Studio Bandung, selain kalian bisa bermain dan berpetualang di wahana yang keren dan pastinya seru abis, kalian juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan juga lho, karena ada banyak wahana berbasis sains dan teknologi yang bersifat edukatif di TSB.

Walau wahana di Trans Studio Bandung ini bersifat indoor, tapi TSB merupakan wahana indoor terbesar se-Asia Tenggara! Wah, penasaran dan gak kebayang, kan, bagaimana rasanya berpetualang di TSB? Dijamin ga bakal nyesel kalau kalian berkunjung ke TSB.

Jadi, selain senang dan seru di jiwa yang kalian dapatkan, ilmu pun akan kalian dapatkan setelah asyik berpetualang di TSB. Salam gembira untuk bertemu di Trans Studio Bandung.

Sumber gambar: GOKILBRO

Answered Sep 27, 2017
Boris Toka Pelawi
Penikmat yang bukan pakar

Ini adalah pengalaman pertama saya bermain ke Trans Studio Bandung.

kjLQJdu8ZRRQnLogFSpHYowLkMlEwVux.jpg

Gambar: Pintu masuk Trans Studio Bandung (sumber dokpri)

Biarpun saya warga Bandung yang tinggal tak jauh dari Trans Studio Bandung (selanjutnya disingkat TSB), namun baru beberapa minggu yang lalu saya untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di tempat hiburan ini. Awalnya, ini terjadi karena saya mengajak teman untuk kumpul-kumpul setelah sekian lama tidak bertemu. Biasalah, ada yang kerja, ada yang kuliah, dan lain sebagainya. Rencana awal kami sih ketemu sambil ngopi, sambil ngobrol-ngobrol. Tapi entah bagaimana ceritanya, salah seorang dari kami membagikan promo tiket TSB untuk pengunjung yang ber-KTP Bandung di grup WhatsApp. Promonya adalah beli satu tiket gratis satu. Saat itu (kalau saya tak salah ingat) harga tiket normal adalah Rp.180 ribu. Kami bagi dua, jadilah kami membayar Rp90.000 per orang. Makanya, kami sampai paksa teman biar ikutan, biar genap, jadi bisa mengirit budget main.

Tetap saja, saya kurang tertarik, tapi karena semua sudah sepakat untuk main ke TSB, yasudah, jadilah itu pengalaman pertama saya mencicipi berbagai wahana di TSB. Di bawah ini saya coba bagikan kepada teman-teman video seadanya yang saya edit saat saya dan sahabat bermain ke TSB. Saya salah edit sehingga videonya tampak kekecilan.

Orang-orang yang tinggal di luar kota Bandung, sedikit saya informasikan bahwa Trans Studio Bandung sendiri terletak di dalam Trans Studio Mall-nya. Alamatnya adalah di Jalan Jendral Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung. Mudah kok, mencarinya. Letaknya di sebelah Bank Mega dan IBIS Hotel.

Oke, jadi singkat cerita, saya dan sahabat sampai di TSB. Nah sedikit info nih, masuk ke TSB itu tidak boleh bawa makanan atau minuman, jadi pastikan kita sudah sarapan dulu sebelum masuk ke dalam TSB. Karena kemarin ada di antara sahabat saya yang belum sarapan namun langsung main di berbagai wahana, akhirnya ada yang mual, lemas, hingga asam lambungnya naik! Hahaha. Tapi, di dalam juga ada yang jual makanan dan minuman kok. Ini saran kalau mau irit saja. Tapi ingat, di TSB kalau sudah masuk lalu keluar, maka tak boleh masuk lagi. Kata sahabat saya kemarin begitu.

Tampilan dalam TSB dalam video sedikit banyak sudah saya rekam, jadi teman-teman bisa tonton sendiri. Pertama kali masuk, sebenarnya kami ingin nyobain Yamaha Racing Coaster. Ini adalah wahana berupa jet coaster berkecepatan tinggi yang unik karena juga melewati bagian luar dari gedung utama.

c3hGrUmFUOcVg8nm6Z8RvGq8-pG4i_in.jpg

Sumber gambar (https://www.wisatania.com/wahana-permainan-seru-di-trans-studio-bandung)

Tapi sayang banget waktu itu, wahana ini sedang dalam proses maintenence sehingga tak bisa digunakan. Padahal, ini wahana paling inti yang ingin dicoba. Konon, wahana ini mempunyai kecepatan 120 kilometer per jam dengan waktu 3,5 detik. Juga, wahana ini hanya ada tiga unit di seluruh dunia; satu di Indonesia, dua lagi di Amerika Serikat.

49nfUFEQCz7y9MyKn_a6QxEO2qEAzjcB.jpg
Tampilan depan dan dalam Yamaha Racing Coaster. (sumber gambar:dok pri)

Tapi tenang, sekalipun ketika itu tidak bisa mencicipi wahana ini, masih banyak wahana lain yang bikin jantung mau copot, apalagi untuk saya yang baru pertama kali nyoba yang ginian. Akhirnya, wahana yang pertama kali kami coba adalah Vertigo. Tentang bagaimana pengalaman dari wahana Vertigo bisa ditonton pada video yang saya taruh di atas. 

Wahana ini seperti permainan komidi putar dan akan membuat kita pusing karena berputar 360 derajat. Jujur, saya awalnya sudah bertekad tak bakal teriak. Eh, ternyata hal itu tak bisa saya lakukan karena memang kami serasa dilempar ke atas. Yang saya takutkan ialah pengaman yang saya kenakan lepas, walaupun saya sangat yakin setiap wahana di TSB sudah memenuhi standar keselamatan sehingga tak perlu takut hal yang tak diinginkan terjadi.

Setelah mencoba Vertigo, saya bersama sahabat tertawa puas karena sekalipun bikin jantung hampir copot, ada kepuasan setelah mencoba wahana yang menantang adrenalin ini. Malah ada sahabat yang ingin nambah, haha.

Seperti yang saya jelaskan di video, saat main wahana ini, saya coba berteriak I'm Spidermannnnnn! Jujur, saya teriak begitu. Saya membayangkan adegan sang manusia laba-laba saat bergelantungan dengan jaringnya di gedung-gedung pencakar langit Amerika sana. Kalau bukan karena mensugesti diri sebagai Spiderman, mungkin saya sudah nangis karena ketakutan, hahaha!

Habis itu, kami mencoba wahana Dragon Rider. Kata yang lain, wahana ini yang paling rendah dosis spot jantungnya, tapi menurut saya sama saja dengan wahana Vertigo; bikin jantung mau copot tapi seru! Jadi, di Dragon Rider ini, kita menunggangi naga (satu naga berdua) lalu sang naga berputar-putar, tapi kita yang naik di atasnya, di ajak lompat-lompat naik turun dengan cepat sehingga seolah terlempar ke atas. Pokoknya, cobain deh! Seru banget, kok.

3MIVVf0WN6D5LUlqaHMP_iMG7yP6ua1J.jpg
Nah, beginilah suasana area wahana Dragon Rider. Cowok yang sok keren itu saya. (sumber gambar dok.pribadi)

Sahabat saya sampai nyobain dua kali karena begitu senang bermain naga-nagaan ini. Setelah itu, seingat saya, kami mencoba wahana Negeri Raksasa. Salah seorang sahabat saya sudah nggak kuat, jadi dia tidak ikut nyobain wahana ini. Makanya, saran saya, pastikan Anda sudah sarapan yang cukup sebelum bermain di TSB. Kalau dilihat, sekilas wahana Negeri Raksasa ini tak ada ngeri-ngerinya karena kita hanya akan diajak naik turun saja. Padahal setelah nyoba, widiiih.... Menurut saya, lebih edan dari Vertigo!

Jadi, Negeri Raksasa ini ada ceritanya. Saat kita masuk, ada foto dan kisah-kisahnya di dindingnya. Lalu, saat naik wahana dan sampai di atas, kita akan diajak menonton video sejenak, video raksasa, dan saat kita sedang asyik nonton video, tiba-tiba wahana akan turun, kemudian naik lagi dengan kecepatan tinggi. Inilah yang bikin saya teriak-teriak. Seru bangetlah kalau diingat-ingat.

Saran saya, kalau naik wahana ini, jangan lihat ke bawah. Pandangan lurus saja ke depan. Karena pas saya coba lihat ke bawah, ngeri bangetlah dan bikin merinding! Ah, gampang... tutup...(more)

Answered Oct 4, 2017

7cknLe1ukwiYyQWdE5B0UDOqP1TyaYwm.jpg

Pada dasarnya, manusia hidup di tengah tengah aktivitas yang membelenggu mereka sehingga mereka harus terus bergerak dan bekerja mencapai targetnya.

Jika diumpamakan, manusia tinggal dalam sebuah kotak. Rutinitas berlaku bagaikan kotak yang mengurung mereka. Manusia tak bisa berbuat banyak.

Semakin banyak 'kotak', semakin semerawut lagi jika mereka tinggal di wilayah perkotaan. Bisa dibilang bahwa wilayah kota adalah arena kontestasi, seperti kata Pierre Bordieu. Arena ini kemudian dimanfaatkan beberapa orang untuk menunjukkan kapitalnya.

Ruang dalam pengertian Henry Lefebvre adalah sebuah ekslusivitas. Artinya, ruang ruang publik juga bersifat ekslusif yang diciptakan oleh aktor-aktor. Lefevbre juga berpendapat bahwa kehidupan manusia di kota harus ditunjang dan dijamin dengan adanya hak-hak atas masyarakat kota. Hal ini kemudian tertulis dalam The Rebel Cities karya David Harvey bahwa hak atas kota perlu dipenuhi.

Hadirnya ruang publik kemudian dapat memenuhi kebutuhan psikis bagi mereka yang membutuhkannya. Pernah mendengar bahwa Georg Simmel yang berpendapat bahwa manusia memiliki masa dimana ia akan berada pada titik jenuh dan mereka akan pergi untuk menghilangkan titik jenuh tersebut?

Sejalur dengan Simmel, manusia perlu sesuatu yang bersifat menghibur untuk menghilangkan kejenuhan. Ruang publik adalah jawabannya.

Trans Studio menawarkan solusi untuk mereka yang dilanda aktivitas rutin sehingga membuat mereka jenuh. Trans Studio dapat menjamin kepuasan Anda dengan wahana yang seru juga asik, sekaligus menantang adrenalin. 

Trans Studio adalah ruang publik bersifat ekslusif yang dapat memuaskan Anda dalam mencari kesenangan dan hiburan. Jadi, tunggu apa lagi?

Sumber gambar: YouTube

Answered Oct 9, 2017

Question Overview


and 7 more
25 Followers
2366 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana implementasi growth hacking atau akuisisi user baru yang paling efektif untuk sebuah produk media digital?

Mengapa Indonesia merupakan negara yang miskin?

Bagaimana pendapat Anda terkait pernikahan beda agama?

Perubahan seperti apa yang Anda inginkan di Indonesia?

Mengapa teleskop tidak bisa melihat lebih jauh dari 13,8 miliar tahun cahaya?

Apa sebab munculnya ekstremisme di dunia ini?

Mengapa langit berwarna biru?

Bagaimana nasib perempuan-perempuan Jerman setelah Nazi kalah dalam Perang Dunia II?

Bagaimana cara Nazi mengenali orang Yahudi pada Perang Dunia II?

Apa yang bisa Indonesia lakukan untuk meningkatkan kejayaan industri filmnya?

Apakah di masa yang akan datang, ada film yang menyaingi ranking The Shawshank Redemption dan The Godfather di IMDB?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapat dari menonton film?

Berapa pendapatan selebriti Indonesia per bulan?

Berapa pendapatan penyanyi group band Indonesia setiap bulan?

Apakah Michael Jackson benar-benar memiliki dampak positif bagi industri musik?

Apa humor paling cerdas yang pernah Anda dengar atau baca?

Siapa humoris paling cerdas di Indonesia menurut Anda?

Apa cerita paling lucu yang pernah Anda dengar?

Mengapa lagu-lagu zaman sekarang memiliki umur popularitas yang singkat?

Siapakah YouTuber Indonesia yang Anda anggap paling sukses?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa saja hal yang membuat Bandung lebih baik dari kota-kota lainnya?

Tempat hiburan malam apa yang paling "undercover" di di Bandung?

Apa saja tempat wisata yang mengesankan dan wajib dikunjungi di Bandung?

Apa saja fakta-fakta yang paling mengerikan tentang Bandung?

Apakah yang menarik di Kota Bandung?

Menurut Anda apakah Bandung kota yang toleran?

Apa yang membuat kota Bandung demikian memikat dan berkesan buat Anda?

Gedung bersejarah mana saja yang bisa dikunjungi pesepeda di Bandung?

Bagaimana sejarah dari rivalitas klasik antara Persib dengan Persija?

Kuliner apa yang paling Anda sukai jika berada di Kota Bandung?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?