selasar-loader

Negara mana yang dapat menjadi contoh bagi penerapan energi terbarukan?

Last Updated Sep 12, 2017

3 answers

Sort by Date | Votes
Ahmadi Munib
Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan ITS 2014

Saya bisa merekomendasikan negara Balkan dan Timur Tengah, mereka berani untuk meginvestasikan angaran negaranya untuk melakukan percobaan pembangunan infrastruktur energi terbarukan seperti misal energi angin dan energi gelombang dengan pemanfaatan tidal energi.

Penggunaan energi terbarukan dirasa sebagai supporting system dari masalah energi yang dihadapi, mereka berfikir bahwa sesuatunya dapat dimanfaatkan dan dapat di produksi sendiri. Dan bukan menjadi follower dari penelitian negara lain.

Answered Feb 2, 2018
Fajril Mardiansah
Student in Engineering Physics (NRE Major), UGM | Rumah Kepemimpinan

Tidak ada negara spesifik yang menjadi percontohan untuk penerapan seluruh energi terbarukan. Hal ini karena energi terbarukan yang dibangun juga berdasarkan potensi negara tersebut. Contohnya, kalo energi angin bisa melihat teknologi dari negara-negara Nordik yang telah mengembangkan hingga PLTB off-shore. Kalau PLTA bisa melihat Tiongkok yang telah membuat DAM terbesar. Tenaga surya bisa melihat negara tetangga kita sendiri, yaitu Australia yang memanfaatkan panas matahari untuk membangkitkan energi dengan teknologi CSP dan Parabolic Trough.

Answered Apr 1, 2018
Muhammad Rizky Nurawan
Undergraduate Student of Physics at Unpad | Rumah Kepemimpinan Bandung #8

Yakni , China ( 1.064.337 GWh).

Renewable Energy

Three Gorges Dam, Hydro Power Plant dengan Kapasitas Terbesar di Dunia

Produksi energi terbarukan terbesar di Dunia adalah Tiongkok sebesar 1 Juta GWh dan menjadikan energi terbarukan memiliki porsi 25% dari total produksi listrik negara ini. Jumlah penduduk yang mencapai 1,3 miliar orang membuat, konsumsi energi listrik menjadi sangat tinggi di negara ini, sehingga tidak heran kapasitas pembangkit untuk energi terbarukan yang dimiliki negara ini akan sangat tinggi bila dibandingkan dengan negara lain. Saat ini Tiongkok memiliki kapasitas solar power sebesar 43 GW dan menjadikan negara ini memiliki kapasitas solar power tebesar di Dunia.

Wind Farm

Gansu Wind Farm, China, Wind Farm berkapasitas Terbesar di Dunia

Selain itu kapasitas pembangkit angin dari negeri tirai bambu juga menjadi nomor 1 di Dunia dengan total kapasitas pembangkit sebesar 129 GW dengan pembangkit terbesar yang dimiliki bernama Gansu wind farmdengan kapasitas 6 GW. Dan terakhir yang paling spektakuler adalah produksi energi listrik melalui hydro power yang dimiliki Tiongkok adalah yang terbesar di Dunia dengan kapasitas terpasang sebesar 319 GW dan salah satu pembangkit listrik tenaga air terbesar di Dunia terdapat di Tiongkok bernama Three Gorges dengan kapasitas 22.5 GW.

Answered Apr 3, 2018