selasar-loader

Apa motivasi dan langkah konkretmu mengabdi untuk pendidikan?

Last Updated Sep 6, 2017

Untuk menyelesaikan pendaftaran Gerakan UI Mengajar 7, yuk jawab pertanyaan di bawah ini! Panjang jawaban maksimal 100 kata untuk tiap pertanyaan. Buat jawabanmu semenarik mungkin, ya! :)

  1. Apa motivasimu mendaftar menjadi pengajar GUIM angkatan 7?
  2. Menurutmu, apa langkah konkret yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk pendidikan di Indonesia
Share jawaban kamu di Line dengan hastag #DaftarPengajarYuk #GUIM7
 
Selain share lewat Line, kamu juga bisa share melalui media sosial lainnya. 
 
 
Syarat dan Ketentuan
  1. Mahasiswa Aktif Universitas Indonesia jenjang S1 dan D3
  2. Di akhir jawaban, wajib menyertakan nama, NPM, dan fakultas dengan format: Nama Lengkap_NPM_Fakultas Contoh: Rizqika_1506492184_Kedokteran
  3. Deadline: 21 September 2017
 
Terima kasih
 
Panitia Gerakan UI Mengajar angkatan 7

161 answers

Sort by Date | Votes

Perkenalkan nama saya sandra febrianti dari fakultas farmasi UI 2017.  Pengajar merupakan proses kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai unsur termasuk kualitas pengajaran, kecerdasan, bakat dan minat siswa serta pengaruh motivasi, lingkungan sekolah, rumah dan dorongan orang tua terhadap siswa. menjadi seorang pengajar termasuk pekerjaan yang sangat mulia. motivasi saya menjadi pengajar adalah:

1. ingin berbagi ilmu dan mengamalkannya

2. salah satu sarana untuk membantu sesama

3. menggali potensi

4. menambah wawasan baru

GUIM merupakan salah satu wadah untuk menggali potensi mahasiswa untuk memajukan Indonesia. langkah konkret yang bisa saya lakukan adalah semoga saya bisa bekerja sama dengan baik, semoga saya dapat bertanggung jawab di GUIM, semoga saya bisa mengamalkannya ke semua orang,  semoga di GUIM saya bisa menjadi orang yang berguna dengan kemampuan yang saya miliki.

sandra febrianti_1706033985_fakultas farmasi

 

Answered Sep 11, 2017
azizah N H
A small human being in a big world

(1) saya ingin menjadi pengajar GUIM 7 agar dapat membatu meningkatkan kualitas hidup anak-anak Indonesia dan berbagi pengetahuan yang saya punya melalui pendidikan. Hampir genap 2 tahun saya menjalahin kehidupan baksos kesana-kemari menjadi penyuluh atau pun mengadakan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut untuk anak usia sekolah. Banyak dari mereka yang ternyata mengalami kerusakan gigi. Hal itu terjadi bukan karena mereka tidak mau menjaga kesgimul, tetapi  banyak dari mereka yang tidak tahu caranya karena rendahnya dan kurangnya akses mereka terhadap pendidikan & pengetahuan. Sejak itulah saya sadar bahwa pengetahuan adalah kunci utama untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan di sekolah merupakan salah satu media untuk mendapatkannya.

(2) Berbagi ilmu dan memberikan contoh yang baik. Berawal dari diri sendiri, Setiap mahasiswa dapat berbagi ilmu yang mereka miliki kepada adik-adik yang membutuhkan. Ilmu yang diberikan bisa apa saja mungkin tentang pelajaran, tentang cara memasak, bermain musik atau lainnya.  Karena mungkin sedikit ilmu yang diberikan dapat memberikan manfaat besar atau bahkan menjadi motivasi untuk bisa menjadi sama atau lebih baik dari diri kita. Jika tidak bisa mengajar maka hal lain yang bisa dilakukan yaitu, berikan contoh bagi mereka. Seperti berbuat jujur dan berkarakter baik. Karena jangan lupa bahwa kita juga masih menjadi subjek pendidikan Indonesia dan sejatinya mahasiswalah kakak tertua dari tingkatan pendidikan di Indonesia

Azizah Nur Hanifah_1506669072_Kedokteran Gigi

Answered Sep 12, 2017

1. Motivasi terbesar saya adalah karena adanya komunitas Sadewa, saya ingin setelah saya lulus kuliah dapat tetap bermanfaat untuk sesama manusia, dan memiliki wadah untuk tetap berkontribusi dengan tergabung di Sadewa. TIdak haya itu, saya ingin menambah pengalaman di bidang sosial, belajar menjadi pribadi yang dapat lebih bersyukur dan mengambil pelajaran dari lingkungan sekitar serta melatih diri agar lebih dapat berbaur di masyarakat dengan kebiasaan berbeda dari keseharian. Turut serta dalam terpenuhinya hak setiap anak dalam mengenyam pendidikan yang layak juga menjadi salah satu motivasi saya, ingin memotivasi dan termotivasi oleh mereka, berbagi cerita tentang kehidupan di luar lingkup kehidupan anak-anak.

2. “While we try to teach children all about life, children teach us what life is all about.” – Angela Schwindt

Mahasiswa adalah golongan yang beruntung! Karena mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang setingi-tingginya. Tidak dengan realita yang ada di Indonesia, bahwa terdapat 2,5 Juta anak tidak dapat mengenyam pendidikan lanjut (CNN Indonesia). Maka seyogianya mahasiswa dapat memanfaatkan keberuntungan menjadi sebuah semangat, motivasi dan inspirasi untuk anak-anak di Indonesia. Berbagi ilmu langsung kepada masyarakat dan terjun menyelami kehidupan anak-anak adalah hal konkret yang dapat dilakukan, sesungguhnya ketika kita mengajari anak-anak tentang kehidupan, maka merekalah yang mengajari kita apa itu kehidupan sebenarnya.

 

Aldi Dwi Putra_1406543201_Kesehatan Masyarakat

Answered Sep 12, 2017

“Giving is not just about making a donation.
It is about making a difference. ”
-Kathy Calvin

Motivasi ku mengabdi untuk pendidikan adalah karena ingin memberikan sesuatu kepada masyarakat, dan 'sesuatu' yang sangat mungkin aku berikan, sebagai seorang mahasiswa, adalah memberikan suatu perubahan melalui pendidikan, karena pendidikan adalah salah satu roda penggerak yang dapat mendorong pembangunan suatu bangsa ke arah yang lebih baik. 

Langkah konkret ku dalam mengabdi untuk pendidikan selama ini adalah dengan menjadi tenaga pengajar pendidikan non-formal untuk anak-anak di lingkungan sekitar tempat tinggal ku, serta dengan mendaftarkan diri di Gerakan UI Mengajar yang ke-7 ini. 

Buah mangga buah kedondong

GUIM, terima aku dong!

#DaftarPengajarYuk #GUIM7

Tiara Sekar Ayu_1506754810_Psikologi

Answered Sep 12, 2017

1. Motivasi saya untuk mengabdi untuk pendidikan karena saya memiliki minat dalam mengajar dan memiliki cita-cita untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan. Di negara kita Indonesia, pendidikan masih menjadi PR bagi pemerintah maupun masyarakat. Pemerataan dalam pendidikan masih berupa mimpi indah yang tidak kunjung diwujudkan negeri ini. Pendidikan hanya berfokus pada daerah-daerah sehingga seolah lupa akan adanya rakyat Indonesia lainnya di beberapa daerah yang juga berhak akan pendidikan yang baik namun tidak mendapatkannya. Untuk itu saya merasa mendapat panggilan untuk turut memberikan tenaga dan ilmu saya untuk berkontribusi bagi pendidikan. Meskipun terasa tidak memungkinan untuk memberi perubahan secara besar, setidaknya saya telah mencoba untuk membantu Indonesia untuk mengentaskan masalah ketidakmerataannya pendidikan di negeri ini. Bagi saya GUIM 7 adalah tempat yang tepat bagi saya untuk berkontribusi bagi pendidikan dimana saya dapat berinteraksi dan merasakan lansung bagaimana kehidupan serta ketertinggalan pendidikan di daerah-daerah terpencil. Pengalaman dan pembelajaran hidup yang didapatkan nantinya amatlah berharga sehingga saya memantapkan diri mengikuti program ini.

2. Langkah konkret yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk pendidikan adalah mulai membuka pikirannya dan peduli terhadap pendidikan di Indonesia. Menjadikan bahwa dengan berkontribusi dalam bentuk pendidikan mereka telah melakukan kontribusi untuk kemajuan bangsa. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk turut andil dalam memajukan pendidikan Indonesia salah satunya adalah membagi ilmu dalam bentuk mengajar kepada mereka yang membutuhkan ilmu. Hal yang diajarkan bisa beragam, namun dengan munculnya pemikiran dan langkah untuk turut andil dalam pendidikan dalam sebagian mahasiswa Indonesia bagi saya akan membawa perubahan yang baik bagi kemajuan bangsa

 

Annisa Syafira Efrial_1606877793_FEB

Answered Sep 13, 2017

1. Motivasi saya adalah untuk berbagi dan belajar. Berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Memberikan sesuatu yang saya miliki untuk membuat orang lebih baik lagi memberikan kebahagiaan tersendiri. Berbagi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan belajar-mengajar. Pendidikan merupakan hal yang menjadi perhatian saya sejak dulu, maka bergabung dengan GUIM 7 adalah langkah yang tepat untuk memantapkan passion saya. Selain itu, saya selalu percaya bahwa dengan mengajar, ia memberikan kebermanfaatan bagi orang lain dan ia pun juga turut belajar, baik dari segi ilmu ataupun hal pragmatis lainnya. GUIM 7 menjadi pilihan saya untuk berbagi, belajar, dan terjun dalam masyarakat.

 

2. Langkah konkretnya adalah terus belajar dengan sungguh-sungguh, berbagi, dan menekuni apa yang menjadi bidangnya. Seorang mahasiswa juga dapat turun langsung ke dalam masyarakat dan memberikan edukasi bermanfaat untuk orang-orang sekitarnya. Jika bidangnya dalam hal mengajar, maka mahasiswa dapat mencoba menjadi volunteer pengajar di tempat sekitarnya, di mana dibutuhkan para pendidik. Tetapi, jika bidangnya bukan dalam hal mengajar, seorang mahasiswa dapat mencoba berkontribusi dalam hal lain, seperti dengan hasil karya, membuat atau bergabung di perkumpulan yang bergerak di bidang pendidikan, ataupun dengan berdiplomasi dengan petinggi terkait pendidikan di Indonesia. Dengan begitu, jelas banyak ruang bagi mahasiswa untuk bergerak dalam ranah pendidikan.

 

Alberta Christina C.P._1506730615_FISIP

Answered Sep 13, 2017
Lestari Ningsih
Program Studi Indonesia 2014

​Begitu banyak orang inspiratif yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat, khususnya untuk pendidikan anak Indonesia dan mereka didatangkan dalam kegiatan sosial (seminar) sebagai pembicara.

Saya cukup sering menjadi peserta yang hanya dapat membayangkan dan merasa kagum dengan pengalaman yang disampaikan pembicara. Saya tidak bisa terus menerus hanya menjadi peserta tanpa pernah mencoba untuk memulai dan merasakan pengalaman itu sendiri. 

Saya ingin ikut bekerja dan beraksi bersama GUIM 7 untuk mengajar adik-adik di Pangandaran. Sebab, saya sepakat dengan Pak Anies Baswedan bahwa tugas mendidik bukan hanya tanggung jawab pendidik, melainkan juga orang terdidik. Saya ingin memberi manfaat dengan ilmu yang saya miliki. 

Lestari Ningsih_1406538656_Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

#DaftarPengajarYuk #GUIM7

 

Answered Sep 13, 2017

Motivasi saya adalah karena saya ingin memberikan manfaat sebanyak mungkin bagi orang lain, apapun itu bentuknya. Saya berharap melalui GUIM ini saya dapat memberikan manfaat kepada anak-anak di pelosok negeri dengan cara berbagi ilmu, menginspirasi, dan lain-lain. Selain itu, saya merasa di Indonesia banyak anak-anak yang berpotensi namun sayangnya tidak didukung oleh fasilitas pendidikan yang memadai. Maka dari itu, saya berharap dapat turut serta memajukan Indonesia terutama di bidang pendidikan melalui GUIM ini.

Sebagai mahasiswa, yang dapat dilakukan misalnya dengan memenuhi fungsi ketiga mahasiswa yaitu pengabdian masyarakat. Mahasiswa seringkali lupa bahwa sejatinya kampus adalah tempat berlatih, medan sesungguhnya adalah di masyarakat. Sehingga peran mahasiswa, dalam hal ini di bidang pendidikan, bisa dengan terjun ke masyarakat langsung dan berkontribusi di sana. Konkritnya, mahasiswa dapat membuat atau setidaknya mengikuti program dan gerakan seperti GUIM ini. Tidak harus dalam bentuk mengajar, bisa juga misalnya menciptakan permainan edukasi untuk anak, mengusulkan sistem pendidikan pada pemerintah, dan lainnya. Jika kita bisa lebih peka dan kreatif, banyak yang bisa kita lakukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Raisya Faradesy Yudhaprasetya_1606826400_Matematika

Answered Sep 13, 2017

Makhluk yang paling mulia adalah, manusia yang mengetahui, mengamalkan, serta mengajar. Menjadi guru merupakan cita-cita saya, karena melalui guru dan melalui pendidikan, kita menjadi teladan bagi anak didik. Saya termasuk siswa di sekolah yang terinspirasi dari seorang guru. Kebijaksanaannya membentuk pribadi saya, dan saya masih menjalin hubungan baik dengan mereka sampai sekarang.

Saya berencana akan masuk ke lembaga pendidikan,baik formal maupun nonformal di 10-15 tahun kedepan. Dari kampus lah saya memulai pengalaman mengajar sedikit demi sedikit, mengikuti kegiatan pengajaran, mencoba membantu dosen, memperhatikan berita pendidikan Indonesia, agar saya semakin fokus dan  dapat melancarkan langkah saya kedepannya.

Nerissa Angelina_1406567574_FISIP

Answered Sep 13, 2017

motivasi saya adalah saya ingin menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain. lewat GUIM ini, saya dapat membantu dan menemani adik-adik saya dalam berproses untuk mencapai tujuan hidup mereka. membantu mereka untuk memahami pentingnya sebuah soft skill di dalam kehidupan ke depannya, bukan hanya tentang pelajaran baku di sekolah yang secara alur kehidupan mau tidak mau harus mereka ikuti. 

langkah konkret saya dalam mengabdi di bidang pendidikan apabila saya bisa ikut berkontribusi dalam GUIM saya tidak akan sekedar mengajari mereka ilmu yang saya miliki, tetapi saya akan membantu mereka untuk menemukan ingin seperti apa mereka nanti atau tujuan hidup apa yang ingin mereka capai dan sharing tentang misi-misi seperti apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai tujuan tersebut, saya akan menggunakan metode belajar yang semiformal dimana saya berperan sebagai fasilitator dan 'teman' untuk mereka, dan menggunakan media film untuk menyampaikan ilmunya serta melakukan ice breaking di setiap sela belajar untuk meningkatkan kekompakan danmenu

Answered Sep 14, 2017
fardel faris
pemikir yang menggunakan hati dan otak dalam satu kesatuan

1. motivasi saya menjadi pengajar dalam gerakan ui mengajar adalah untuk berpartisipasi aktif dalam upaya memeratakan kesadaran akan pentingnya pendidikan di seluruh wilayah indonesia. Saya memutuskan untuk mendaftar menjadi pengajar di gerakan ui mengajar karena saya yakin bahwa gerakan ui mengajar adalah wadah yang sangat tepat bagi pemuda seperti saya untuk menyebarkan inspirasi ke penjuru negeri. menyeabar inspirasi bukan hanya kepada kalangan siswa namun juga menyebar inspirasi kepada khalayak umum agar nantinya dapat lebih peduli dalam mengatasi masalah pendidikan di negeri ini. Disamping itu saya juga sangat ingin mendapat pengalaman langsung melihat kondisi pendidikan di daerah-daerah Indonesia agar nantinya saya dapat lebih jernih dalam memandang problematika dunia pendidikan Indonesia dan dapat lebih jernih pula dalam menentukan cara memeratakan pendidikan di tanah air Indonesia

2. menurut saya langkah kongkrit yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk pendidikan di indonesia adalah dengan membuat lebih banyak lagi gerakan-gerakan seperti ui mengajar ini,karena semakin masif gerakan seperti ini dilakukan maka aan semakin cepat pula tujuan pemerataan pendidikan bagi seluruh rakyat indonesia tercapai. Bukan hanya itu mahasiswa juga bisa membantu memajukan dunia pendidikan indonesia dengan cara mengontrol dan berpatisipasi aktif dalam setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

Answered Sep 15, 2017

Motivasi saya dalam mengikuti GUIM ini adalah saya sangat suka memberikan informasi kepada orang lain, dan saya juga senang apabila saya bisa bermanfaat bagi orang-orang disekitar saya. Karena, saya percaya terhadap perkataan nabi yang mengatakan bahwa sebaik-baiknya manusia, ialah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, dengan kesenangan saya untuk menyampaikan sebuah informasi, maka GUIM sangat cocok dijadikan kegiatan sosial yang harus diikuti oleh diri saya sendiri, selain itu GUIM adalah sebagai wadah antara pengedukasi dan teredukasi,karena GUIM adalah suatu wadah yang mempunyai feedback yang baik.

langkah konkret yang bisa dilakukan mahasiswa dalam penddikan di Indonesia adalah dengan belajar. setelah itu, dengan probabilitas pendidikan di Indonesia saat ini, sebagai orang-orang terpelajar bisa membantu anak-anak maupun siapapun untuk mendapatkan pengetahuan dan pendidikan yang sama dan layak. oleh karena itu, wajib bagi kita memberikan kontribusi terhadap orang-orang yang membutuhkan edukasi. karena mahasiswa ada karena adanya rakyat juga. jadi, mahasiswa bisa memberikan kontribusinya dengan mengadakan penyuluhan tentang isu-isu pendidikan yang ada, maupun dengan mengadakan gerakan pengajar bagi yang membutuhkan bantuan dari tangan seorang mahasiswa.


Fitria Ramadhanti_1706978042_Ilmu Keperawatan

Answered Sep 16, 2017

Cara terdekat untuk mengabdi dalam pendidikan Indonesia, yaitu dengan menjadi seorang pengajar. Pengajar apa pun itu; formal-nonformal. Mengajar pelajaran dalam bentuk hard skill atau soft skill. Selain itu, mengajar adalah cara untuk diri kita belajar. Belajar mengembangkan diri sendiri, maupun belajar untuk bersama-sama mengembangkan pribadi yang lain. Langkah konkret yang saya lakukan adalah dengan mendaftar menjadi pengajar GUIM 7. Entah akan seperti apa keputusannya nanti, tapi saya sudah mencoba untuk tidak melewatkan kesempatan yang ada untuk mengajar. Mengajarlah untuk belajar!

Novia Maharani_1506683745_Psikologi_Psikologi

 

Answered Sep 16, 2017

Motivasi saya : Saya ingin membantu banyak orang yang membutuhkan, terkhusus anak-anak dalam konteks ini. Saya ingin bebagi ilmu, mengajarkan keterampilan dan menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam hidup mereka. Saya percaya mereka memiliki potensi besar tapi sayang dibatasi keadaan. Pendidikan gratis melalui pengabdian bagi saya adalah cara yang paling efektif untuk memberikan pengharapan kepada anak-anak sekaligus memerbaiki masa depan penerus bangsa.

Langkah Konkret : Mengikuti berbagai kegiatan pendidikan pengabdian di lingkungan kampus dan sekitarnya, melamar menjadi pengajar relawan di sekolah untuk anak-anak miskin (Sekolah Master Depok misalnya), memberikan donasi buku-buku bekas, alat tulis, dan seragam sekolah ke anak-anak yang membutuhkan, menulis berbagai artikel mengenai isu-isu pendidikan di media massa. Roberto Bellarmino Gratio_1706071604_Hukum

Answered Sep 16, 2017

Motivasi saya menjadi pengajar GUIM 7 adalah keinginan untuk berkontribusi lebih dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Karena majunya pendidikan akan membawa suatu bangsa pada taraf kehidupan yang lebih baik. Dan saya yakin perubahan besar diawali dari langkah-langkah kecil yang kita tempuh sehari-hari. Dan salah satu langkah yang bisa saya ambil adalah dengan mendaftar menjadi pengajar GUIM 7. Langkah konkret untuk dunia pendidikan yang bisa saya ambil saat ini adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kerelawanan di dalam atau di luar kampus. Salah satu kegiatan tersebut adalah Gerakan UI Mengajar angkatan 7. Lailatus Soimah_1406565461_Psikologi.

Answered Sep 16, 2017
Visti Melani
Was born in Banyumas on January, 2000. FIK UI 2017

Saya berkeinginan untuk menjadi pengajar GUIM karena saya berharap bahwa saya bisa membantu memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia. Saya ingin membagikan ilmu yang saya miliki agar lebih bermanfaat. Dengan adanya GUIM 7 ini, saya berharap bisa mengembangkan diri dan potensi yang saya miliki.

Langkah konkret mahasiswa untuk pendidikan di Indonesia salah  satunya  bisa berkontribusi melalui GUIM ini. Tidak hanya GUIM, mungkin juga aktivitas kepanitiaan lainnya yang menyangkut pendidikan di Indonesia

Visti Melani_1706038922_Ilmu Keperawatan

Answered Sep 16, 2017

Motivasi utama saya adalah Blessed to Be Blessing. Kesempatan untuk mengecap bangku pendidikan sampai pada bangku perkuliahan bukanlah menjadi suatu hal yang biasa ketika saya melihat banyak orang yang sangat berjuang untuk mendapat pendidikan yang layak. Rasa syukur tersebutlah yang terus memupuk keinginan saya untuk berbagi ilmu dan potensi yang saya miliki menjadi seorang guru. Bukan hanya itu saja, pengalaman menjadi seorang guru tidak pernah membuat saya kapok, karena setiap kali saya mengajar, saya melihat berbagai macam kejutan dari respon dan tingkah laku anak yang membuat saya terus mau belajar untuk mengajar lebih baik. Melalui Gerakan UI Mengajar inipun, saya bisa memberikan dan menemukan kejutan-kejutan unik dan inspiratif dari cerita, ceria, dan cita setiap anak dan guru di Pangandaran sebagai bentuk pengabdian saya dalam memajukan

TiffaniAngelicaTemajaya_1506762094_Vokasi

Answered Sep 17, 2017
Azmi Salma
Dentist soon to be. Universitas Indonesia batch 2015

1. Motivasi utama saya ada pada hadits berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

Dunia kita membutuhkan orang bermanfaat, salah satunya dengan menyebarkan ilmu agar nikmatnya pendidikan dirasakan merata dan menjadi ladang amal bagi penyebar ilmu. Maka dari itu, mahasiswa yang beruntung mendapatkan pendidikan layak harus sadar mengenai urgensi penyebaran kesadaran mengenai pendidikan serta ilmunya.

2. Langkah konkret mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menyebarkan ilmu yang telah didapatkan, minimal ilmu yang sesuai dengan jurusan yang diambil saat perkuliahan. Mahasiswa juga bisa menyebarkan keahlian selain akademik yang dimiliki agar mampu memberdayakan masyarakat. Gerakan ini perlu dilakukan bersama - sama,  agar pengaruhnya dapat meluas dan berkelanjutan. Entah menjadi tenaga pendidik atau relawan pendidikan, kegiatan tersebut mampu meningkatkan pendidikan Indonesia. Selain itu, keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan aktivitas keorganisasian juga menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian dapat membuahkan ilmu baru, dan aktivitas keorganisasian yang meluas manfaatnya mampu menjadi teladan untuk pendidikan karakter. 

 

Azmi Salma_1506668864_Kedokteran Gigi

Answered Sep 17, 2017

1. Motivasi saya dalam mengajar saya dapat dari orang-orang di sekitar saya, yakni kakak dan orangtua saya. Motivasi terbesar saya mengikuti GUIM adalah pengalaman kakak saya di dunia pendidikan sebagai relawan. Satu hal yang saya sangat ingat darinya "setiap anak berhak akan pendidikan dan hal terbesar yang mungkin kau beri bukan uang, cukup buku dan pengajaran". Banyak hal yang saya dapat dari pengalamannya dan saya tertarik untuk mengikuti langkah saudara saya. Salah satu yang saya peroleh darinya adalah pendidikan merupakan hak semua anak dan banyak anak yang belum mampu untuk menikmati bangku pendidikan. Banyak anak yang tidak seberuntung saya dan saya terdorong untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Melalui GUIM, saya berharap bisa memberikan pengajaran baik formal atau informal bagi anak-anak dan saya juga berharap kelak anak-anak tersebut mampu menjadi penerus bangsa yang berprestasi. Saya ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan karena saya percaya pendidikan mampu mengubah kehidupan dan kesejahteraan seseorang seperti yang orangtua saya alami melalui pendidikan. Dari orang di sekitar saya, saya melihat betapa pentingnya pendidikan dan saya ingin setiap anak mampu menikmatinya. Saya berharap perubahan itu juga terjadi pada anak-anak tersebut. 


2. Saya ingin memberi kontribusi konkret di dunia pendidikan. Salah satu caranya adalah mengikuti kegiatan sosial yang bergerak dibidang pendidikan. Mengorbankan waktu dan tenaga saya dalam pengajaran guna mengajar. Selain itu saya terinspirasi dari kegiatan saudara saya yang melakukan penggalangan dana yang kelak akan dibelikan buku dan diberikan pada anak-anak karena salah satu sumber wawasan terbesar adalah buku. 
:)


Riris Cantika Siahaan_1706057985_Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

Answered Sep 17, 2017
Rokhmatun Zakiah Darajad
What ever will be who knows. FT UI 2016

1. Education is one of important foundation of our country. A developing country become a developed country if the communities within are educated. The recent issues related education in our country make me motivated to take a look in depth and as young generation, there is no fault if we can share what we get or what we have either material, knowledge, or energy as long as giving advantage to others.
2. There are many ways to contribute in education world for Indonesia and I am as a current student could be teaching and sharing for children where they have limitation to take a study in school. 

Answered Sep 17, 2017

Question Overview


and 169 more
187 Followers
10444 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apa yang kamu dapatkan setelah FGD kemarin?

Bagaimana pandanganmu terhadap aspek pendidikan di titik aksi Gerakan UI Mengajar? Adakah hal unik yang kamu temukan selama menjadi panitia/pengajar di sana?

Selama aksi Gerakan UI mengajar, bagaimana cara kalian untuk berbaur dengan masyarakat sekitar? Ceritakan pengalaman yang paling berkesan dengan masyarakat di sana!

Hal positif apa yang bisa kamu pelajari dari pengalaman 25 hari aksi Gerakan UI Mengajar?

Ceritakan pengalaman seru bersama panitia dan pengajar selama aksi Gerakan UI Mengajar!

Bagaimana sistem pendidikan di Jerman berlangsung selama Perang Dunia II?

Adakah kajian ilmiah tentang parfum?

Bagaimanakah cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja?

Bagaimana cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja, khususnya seks bebas?

Apa saja faktor yang menginspirasi bagi remaja untuk melakukan kenakalannya?

Apakah rehabilitasi sudah cukup untuk menghentikan pengguna narkoba yang sudah terjerumus?

Apa yang mempengaruhi kaum remaja untuk melakukan seks bebas?

Apakah bisa kita menghilangkan seks bebas di kalangan remaja?

Apa itu sistem pendidikan anak Montessori?

Pada usia berapakah anak akan mampu menyerap pendidikan seks usia dini dengan baik?

Mengapa Kamu Mendaftar Gerakan UI Mengajar?

Benarkah anak yang suka tantrum memiliki kecerdasan di atas rata-rata?

Bagaimana cara yang tepat membuat anak yang pemalu menjadi aktif di kelas?

Bagaimana cara mendidik anak yang terpisah jauh dari orangtuanya?

Bolehkah orangtua memaksakan mimpinya yang tertunda kepada anaknya? Mengapa?

Sejauh apakah The Return of Superman mempengaruhi cara didik orangtua kepada anaknya di Korea juga Indonesia?

Bagaimana biasanya kondisi mental anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan broken home?

Bagaimana cara membuat anak tertarik membaca?

Bagaimana menghadapi anak yang melakukan pelecehan seksual?

Keluarga apa yang menurut anda ideal?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

[Diary #1] Bagaimana pengalaman mengajar pertamamu?

[Diary #3] Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis.

Kontribusi apa yang bisa kamu berikana kepada Bangsa dan Negara ini?

Siapa Guru SD Favorit Anda?

Apakah skill atau keahlian paling utama yang harus dimiliki seorang guru sekolah dasar?

Pelajaran apa yang paling Anda sukai ketika SD?

Apa pelajaran yang paling Anda sukai ketika SD?

Siapa orang yang berperan penting dalam dunia pendidikan Anda?

Mengapa anak zaman sekarang banyak yang berdandan lebih tua dari umur aslinya?

Menurut Anda, sudahkah pendidikan karakter diterapkan dengan baik di tingkat Sekolah Dasar?

Sudah pantaskah sistem full day school bagi siswa SD?

Apa hal-hal menarik yang pernah kamu alami selama SD?

Di mana sekolah dasar (SD) negeri terbaik di Indonesia? Mengapa?

Bagaimana rasanya kuliah di UI?

Mengapa kuliah di Universitas Indonesia begitu menarik dan prestisius?

Bagaimana cara masuk UI (Universitas Indonesia)?

Mengapa Depok berantakan meski ada kampus UI di sana?

Apa pengalaman paling mengesankan selama kuliah di Fasilkom UI?

Apa fakultas terbaik di UI (Universitas Indonesia)?

Apakah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) penting untuk memperoleh pekerjaan?

Apa kelebihan kuliah di Universitas Indonesia (UI)?

Siapa Whinda Y Sabri Psikolog Sosial UI Founder SANDS Analytics?

Siapa Ruby Saputra?